Duel Maut di Simalungun Gegara Sawit, 1 Orang Tewas

Oleh : Radar Medan | 10 Okt 2024, 16:46:18 WIB | 👁 117 Lihat
Hukum dan Kriminal
Duel Maut di Simalungun Gegara Sawit, 1 Orang Tewas

Keterangan Gambar : Polsek Bosar Maligas, Polres Simalungun, Polda Sumatera Utara mengamankan tersangka di Ujung Padang, Simalungun, Rabu, 9 Oktober 2024


RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Polsek Bosar Maligas, Polres Simalungun, Polda Sumatera Utara, menangani sebuah kasus penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seorang warga pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Kapolsek Bosar Maligas, IPTU Sonni G. Silalahi, S.H, menjelaskan kronologi kejadian yang mengakibatkan kematian tragis seorang warga bernama Darus Iman Syah (31), akibat duel maut dengan tersangka bernama Erdiansyah (24), yang juga merupakan tetangganya di Huta II, Bandar Selamat, Nagori Pagar Bosi, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun.

Insiden berdarah tersebut berawal dari cekcok mulut antara korban Darus Iman Syah dan seorang saksi bernama Midin, yang merupakan ayah pelaku Erdiansyah. Peristiwa tersebut terjadi di halaman rumah Midin sekitar pukul 18.30 WIB. Menurut keterangan saksi, Midin menegur korban terkait dugaan pencurian buah sawit di ladang miliknya.

“Rus, kau ada mengambil buah sawit di ladang, kalau memang ada, ngomonglah. Kalau sekadar minta uang rokok, kan saya kasih," ujar Midin saat menegur korban.

Namun, teguran tersebut dijawab dengan nada menantang oleh korban, yang kemudian memicu cekcok mulut di antara keduanya.

Setelah pertengkaran tersebut, Midin memilih kembali ke rumahnya. Namun, sekitar pukul 19.00 WIB, korban Darus Iman Syah datang ke rumah Midin dengan membawa sebilah parang, dalam keadaan emosi dan langsung menyerang Midin. Midin pun berlari menyelamatkan diri ke dalam rumah, tetapi pertikaian tidak berhenti di situ.

Dalam kejadian ini, korban Darus Iman Syah (31) merupakan warga Huta II, Bandar Selamat, Nagori Pagar Bosi, yang berprofesi sebagai wiraswasta. Tersangka penganiayaan yang menyebabkan kematian korban adalah Erdiansyah (24), yang juga tinggal di wilayah yang sama dan bekerja sebagai wiraswasta. Saksi-saksi yang berada di lokasi pada saat kejadian meliputi Midin (55), yang merupakan ayah dari tersangka, serta beberapa tetangga lainnya.

Setelah Midin melarikan diri, tersangka Erdiansyah yang melihat korban membawa parang dan menyerang ayahnya, langsung turun tangan untuk melerai. Namun, upaya melerai ini berubah menjadi duel maut antara korban dan tersangka. Keduanya terlibat baku hantam hingga korban mengayunkan parang ke arah tersangka. Erdiansyah berhasil menangkis serangan tersebut dan dengan cepat mengarahkan parang tersebut kembali ke arah korban, yang mengenai kepala dan perut korban. Luka-luka serius yang diderita korban membuatnya tak terselamatkan meskipun warga sekitar berusaha memberikan pertolongan dan membawa korban ke rumah sakit.

Kejadian ini berlangsung di halaman rumah Midin di Huta II, Bandar Selamat, Nagori Pagar Bosi, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, pada Rabu malam, 9 Oktober 2024. Kejadian mulai memanas sekitar pukul 18.30 WIB ketika cekcok pertama terjadi antara korban dan saksi Midin, yang kemudian berlanjut menjadi duel maut pada pukul 19.00 WIB.

Pemicu utama peristiwa ini adalah teguran dari saksi Midin kepada korban terkait dugaan pencurian buah sawit. Teguran yang seharusnya bisa diakhiri dengan percakapan damai justru berubah menjadi konflik ketika korban menanggapi dengan sikap menantang. Emosi yang tak terkontrol, serta tindakan korban yang menyerang Midin dengan parang, memicu terjadinya duel antara korban dan pelaku, yang akhirnya merenggut nyawa korban.

Kapolsek Bosar Maligas, IPTU Sonni G. Silalahi, S.H, beserta jajaran personel Polsek Bosar Maligas langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekitar pukul 21.00 WIB setelah menerima laporan. Polisi segera melakukan cek TKP, mengamankan tersangka Erdiansyah, serta mengumpulkan data dari korban dan keluarga korban.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan terhadap korban, ditemukan beberapa luka serius pada tubuh korban, antara lain luka pada kening kiri, pelipis kiri, kepala bagian kanan, luka lecet pada leher dan tangan kiri, luka tusuk di perut sebelah kanan, serta luka robek pada telapak tangan.

Pihak kepolisian juga berkoordinasi dengan keluarga korban untuk membawa jenazah ke rumah sakit guna dilakukan autopsi. Namun, keluarga korban, khususnya ibu korban, Dartik, menolak autopsi dengan mengajukan surat permohonan dan pernyataan yang ditandatangani oleh keluarga korban.

Polisi telah mengamankan tersangka Erdiansyah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait insiden ini. Sementara itu, proses hukum masih berjalan untuk mengumpulkan bukti-bukti tambahan, termasuk keterangan dari para saksi yang berada di lokasi kejadian.

Kasus ini menjadi perhatian serius dari pihak kepolisian, mengingat pentingnya menjaga ketertiban dan penegakan hukum di masyarakat.

Kapolsek Bosar Maligas, IPTU Sonni G. Silalahi, S.H, menyampaikan bahwa Polri berkomitmen untuk menangani setiap kasus kekerasan secara profesional, adil, dan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Masyarakat diimbau untuk selalu menyelesaikan masalah secara damai dan menghindari tindakan kekerasan yang bisa merugikan semua pihak. Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi semua pihak bahwa kekerasan bukanlah solusi dalam menyelesaikan masalah, dan hukum harus ditegakkan demi keadilan.(R/HM/PE)


TAG : siantar--simalungun,sumut,hukum


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

lepas1.jpg

Kabar Gembira Wisatawan di Medan, Satwa Unik Taman Cadika Bertambah

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:04:58, 10 Okt 2024

RADARMEDAN.COM - Ada kabar gembira bagi warga Kota Medan, terutama para pencinta satwa. Pasalnya, koleksi satwa unik di Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan yang baru selesai direvitalisasi kini bertambah menyusul hadirnya sebanyak 15 ekor Rusa Totol Jinak jenis Axis-Axis dari Istana Kepresidenan Bogor.  Pj Sekda Kota Medan Topan . . .

Berita Selengkapnya
klhk2.jpg

Minta Keadilan, DPW PSPI Sumut Dampingi Perjuangan Warga Langkat Peroleh Haknya

🔖 LANGKAT 👤Radar Medan 🕔08:27:27, 09 Okt 2024

RADARMEDAN.COM - Sejumlah Pengurus dan Anggota PSPI Sumut bersama keluarga Marhaeni Kristina mengadakan aksi damai di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Utara, Selasa, 8/10/2024. Peserta aksi membentangkan spanduk tegakkan Peraturan Pemerintah dan cabut ijin cacat prosedur. Koordinator aksi, Kuntang Sukma Tarigan dalam orasinya . . .

Berita Selengkapnya
rumahwartawanlb.jpg

Tersangka Pembakaran Rumah Wartawan di Labuhanbatu Terungkap

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:37:23, 08 Okt 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Polres Labuhanbatu berhasil mengungkap kasus pembakaran rumah dan mobil wartawan serta jaringan bandar narkoba di Labuhanbatu. Otak pelaku pembakaran tersebut yakni KA alias DK yang juga merupakan ketua salah satu Organisasi Masyakarat (Ormas) di Labuhanbatu. Kapolres Labuhanbatu AKBP Dr Bernhard L Malau, dalam . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20241007-WA0150_compress56.jpg

Petani di Balige Curhat Sama Bobby Nasution, Soal Pupuk Hingga Infrastruktur

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:34:53, 07 Okt 2024

RADARMEDAN.COM, TOBA Balige - Bobby Nasution terlihat blusukan ke persawahan warga di Desa Lumban Silintong Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Senin (7/10/2024).  Sedianya, Bobby akan berkegiatan di tempat lain, namun karena permintaan khusus para petani yang sangat ingin bertemu dan Curhat dengannya, maka Bobby pun tak sungkan blusukan . . .

Berita Selengkapnya
menteri-perdagangan-zulkifli-hasan_169_compress89.jpg

Zulhas Beberkan Ngerinya Dampak Deflasi: Petani Bangkrut-Pedagang Tutup Toko

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔08:32:31, 06 Okt 2024

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan buka-bukaan ngerinya dampak deflasi di Indonesia. Selama 5 bulan berturut-turut deflasi sudah terjadi di Indonesia, artinya harga-harga kebutuhan pokok di tengah masyarakat mengalami penurunan, dikutip dari rubrik ekonomi detik.com, Minggu 6/10/2024. Menurut pria yang akrab disapa . . .

Berita Selengkapnya
Maulid2.jpg

Bobby Nasution Hadiri Maulid Akbar Komunitas Dai Milenial Deliserdang

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔19:20:39, 03 Okt 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Muhammad Bobby Afif Nasution Calon Gubernur Nomor Urut 1 menghadiri undangan Maulid Akbar Komunitas Dai Milenial Deliserdang di Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjungmorawa Kamis (3/10/2024).  Usai ditepungtawari oleh warga, Bobby menyampaikan bahwa jika kelak terpilih menjadi pemimpin di Sumatera Utara, akan . . .

Berita Selengkapnya
jangan_jelekanpa.jpg

Pesan Pilkada Damai Bobby ke Relawan dan Pendukung: Jangan Jelekkan Pak Edy

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔07:49:59, 01 Okt 2024

RADARMEDAN.COM, Padang Lawas - Calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) nomor urut 1 Bobby Nasution mengajak para relawan dan pendukungnya agar tidak menjelekkan rivalnya Edy Rahmayadi, ketika sedang mengkampanyekan dirinya dan wakilnya Surya. "Kalau ada disini pendukung dan simpatisan Bobby-Surya, sampaikan saja apa yang menjadi alasan . . .

Berita Selengkapnya
20240914_172859_compress31.jpg

Bersama 20 Ribu Penonton, Sheila On 7 Bakal Ramaikan Akhir Pekan di Medan

🔖 HIBURAN 👤Radar Medan 🕔18:13:44, 14 Sep 2024

RADARMEDAN.COM - Diperkirakan 20 Ribu penonton bakal ramaikan akhir pekan di Lanud Suwondo Medan, 14/9/2024. Kehadiran Band Nasional Sheila On 7 membuat penggemarnya berbondong-bondong, pasalnya sejak 7 tahun yang lalu baru ini Band Sheila On 7 tampil di Medan. Andri verraning Ayu dari Antara Suara dan Muhammad Faqih dari Goldlive . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240910-WA0174_compress17.jpg

Bupati Simalungun Dampingi Presiden RI Resmikan Jalan Tol Trans Sumatera

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:47:03, 10 Sep 2024

RADARMEDAN.COM,SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mendapingi Presidan Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera, di Gerbang Tol Sinasak Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, Sumut, Selasa (10/9/2024).   Jalan tol Trans Sumatera yang diresmikan Presiden RI yaitu di Kabupaten Langkat, . . .

Berita Selengkapnya
tokoh.jpg

64 Tokoh Peroleh Tanda Kehormatan dari Presiden Joko Widodo, Ini Daftarnya

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔12:35:45, 15 Agu 2024

RADARMEDAN.COM, JAKARTA  - Presiden Joko Widodo menganugerahkan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Republik Indonesia kepada para tokoh di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 14 Agustus 2024. Tanda Jasa Medali Kepeloporan dan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama, Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Gubernur Sumut Pilihan Anda?
  Tidak Ada Pilihan
  Edy Rahmayadi
  Bobby Afif Nasution