Pelleng Sicina Mbara, Kuliner Khas Pakpak Bharat, Bagaimana Rasanya

Oleh : Radar Medan | 26 Agu 2020, 23:13:10 WIB | 👁 16352 Lihat
Kedai Kopi
Pelleng Sicina Mbara, Kuliner Khas Pakpak Bharat, Bagaimana Rasanya

Keterangan Gambar : Pelleng Sicina Mbara


RADARMEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Indonesia memiliki beragam suku dan budaya dan tentunya makanan khas yang sangat beragam. Setiap daerah punya andalan kuliner yang selalu ingin dicoba.

Satu diantaranya adalah Pelleng Sicina Mbara makanan khas Pakpak. Penasaran seperti apa?

Dengan semangat, seorang alumni IKAMPUS (Ikatan Mahasiswa Pakpak Univeristas Sumatera Utara) yang dahulu sebagai Pendiri IKAMPUS pada tahun 2013 bernama breken bancin menceritakan satu makanan khas Pakpak yang selalu ada disetiap pegelaran dan tentunya selalu dimasak oleh IKAMPUS (Ikatan Mahasiswa Pakpak Universitas Sumatera Utara)

Namanya Pelleng Sicina Mbara. Makanan khas Pakpak. Semacam bubur, kuning, seperti tumpeng, tapi bukan tumpeng," cerita Breken saat cerita di di kedde kopi 27 Agustus 2020

Ia kemudian menjelaskan, jika nasi tumpeng berbentuk kerucut, maka Pelleng berbentuk bulat.

Nasi Pelleng yang sudah diberi bumbu dan kunyit agar bewarna kuning, selanjutnya dimasak seperti bubur. Adonan nasi yang lembek kemudian dibentuk bulat dan ditambah dengan cina rawit (cabai rawit). Biasanya dilengkap dengan lauk ayam gulai.

"Umumnya sih cabai merah. Karena mengacu pada konteks yang dinamakan Pelleng Sicina Mbara tadi," ungkap laki-laki yang biasa dipanggil Breken/pilang

Ia lalu melanjutkan, semakin ke sini, karena masyarakat inginnya yang rasa pedas jadi diganti ke rawit, tapi tidak mengubah makna karena cabai rawit juga ada yang merah

"Rawitnya langsung bulat-bulat ditancapkan ke nasinya. Banyaknya sesuai selera," ungkap Alumni Sastra Batak USU stambuk 2010

 Pelleng ini terbilang akrab di setiap masyarakat Pakpak. Karena ada di setiap acara acara khusus, acara keluarga, pemberkatan, festival budaya. Penyambutan tamu atau ada seorang anak yang akan mengikuti ujian, biasanya orangtua memasakkan Pelleng untuknya.

Pelleng Sicina Mbara, dari cerita Breken Bancin adalah itu makanan yang menggambarkan orang Pakpak, "Semua yang ada di Pelleng mencirikan seorang Pakpak. Pedas, lembek. Tapi karena lembek itu enaknya," katanya. 

Cara makan Pelleng paling nikmat kata Breken Bancin adalah memakai tangan. Selain pedas dan lembek, Pelleng juga manis yang juga menggambarkan orang Pakpak manis-manis.

Namun, saat ditanya soal pedas yang berarti orang Pakpak pedas, Breken bancin menjawab, "Ya, pedas-pedas nyucuk lah, " tawanya. 

(Mahripat Berutu/PR) 


TAG : makanan-khas,pakpak-bharat,kuliner


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20210729-WA0007_compress98.jpg

Berkat Transformasi Berkelanjutan, Kinerja Keuangan PLN Tetap Positif Saat Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔15:58:10, 29 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Di tengah tekanan pandemi Covid-19, PLN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 6,6 triliun hingga semester I 2021.  Berdasarkan Laporan Keuangan Konsolidasi PLN semester I 2021 (unaudited) yang diterbitkan pada tanggal 28 Juli 2021, pencapaian laba perusahaan ditopang kenaikan penjualan tenaga listrik serta . . .

Berita Selengkapnya
b8c1050c-21de-4121-9769-eec6bfcd32a7.jpg

Kawasan Perbukitan Tongging Kembali Terbakar, Puluhan Hektar Area Menghitam

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:19:03, 29 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, KARO -  Kawasan perbukitan desa Tongging, kecamatan Merek, kabupaten Karo kembali terbakar pagi ini, Kamis 29 Juli 2021 sekira pukul 09.50 WIB. Informasi yang diperoleh wartawan dari lapangan kebakaran ini berawal dari pinggiran perladangan atau jalan menuju Paropo. Salah seorang anggota Forhidos, Jentri Tamsar mengatakan . . .

Berita Selengkapnya
PDIPKECAM.jpg

Arteria Dahlan Kecam Oknum yang Lindungi Enam Kader Eks PDI Perjuangan Samosir

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔19:26:53, 28 Jul 2021

RADARMEDAN.COM - Dinamika politik yang terjadi di Kabupaten Samosir terus bergulir. Setelah sebelumnya ada indikasi money politics pada pilkada Samosir, kini PDI Perjuangan menyoroti enam eks kader yang telah dipecat, namun masih membawa bendara Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Samosir.  Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Hukum Badan . . .

Berita Selengkapnya
kapoldamui.jpg

Pembunuhan Ketua MUI Labura Ternyata Sudah Direncanakan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:11:58, 28 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Polisi akhirnya menetapkan Suprianto alias AD (35) sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana. Dia diduga telah merencanakan pembunuhan terhadap Ketua MUI Labuhanbatu Utara (Labura) Aminnur Rasyid Aruan (50). Hal tersebut terungkap saat paparan kasus yang disampaikan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra . . .

Berita Selengkapnya
muilb.jpg

Ketua MUI Labura Dibunuh, Pelaku Sembunyi di Kebun Sawit, Ditangkap Kedua Kakinya Ditembak

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:11:07, 28 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU, Tidak butuh waktu lama, Kepolisan Polres Labuhanbatu berhasil meringkus pelaku pembuhan keji terhadap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Labuhanbatu Utara (Labura), H Aminurrasyid Aruan (50) warga Jalan Dorowati, Wonosari Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Labura. Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan . . .

Berita Selengkapnya
soechi.jpg

Wali Kota Medan Tinjau Bangunan Ex Hotel Soechi yang Akan Dijadikan Lokasi Isolasi Mandiri

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔21:33:02, 14 Jul 2021

RADARMEDAN.COM - Wali Kota Medan, Bobby Nasution meninjau langsung bangunan ex Hotel Soechi yang berlokasi dijalan Cirebon. Kec. Medan Kota, Rabu (14/7). Rencananya bangunan yang terdiri dari 12 lantai dengan kapasitas 247 kamar ini akan dijadikan lokasi alternatif bagi masyarakat kota Medan yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar virus . . .

Berita Selengkapnya
be1f8cc5-293b-4bf7-97b9-f86c613a1b36.jpg

Akhirnya Polisi Ungkap Otak Pelaku Pembakaran Rumah dan Penyerangan Dialami Wartawan Binjai

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:16:14, 14 Jul 2021

RADARMEDAN, BINJAI - Aksi pembakaran rumah dan penyerangan yang terjadi beberapa waktu lalu dialami wartawan Metro24, Syahzara Sopian, di Binjai, Sumatera Utara, penuh dengan teka-teki dugaan siapa otak pelakunya.  Akhirnya Unit Sat Reskim Polres Binjai memaparkan telah berhasil mengungkap otak pelaku pembakaran rumah dan . . .

Berita Selengkapnya
PPKM.jpg

PPKM Darurat Diberlakukan di Medan, Bobby Nasution Imbau Masyarakat Tidak Panic Buying

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔07:26:38, 12 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan yang akan dimulai, Senin (12/7) sampai 20 Juli 2021 untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (9/7). Medan menjadi salah satu dari 15 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali untuk memberlakukan PPKM . . .

Berita Selengkapnya
jrs.jpg

Perkuat Pembelajaran di Masa Pandemi, Dosen Unimed Dampingi Guru Mengembangkan E-Modul Interaktif

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔21:18:18, 10 Jul 2021

RADARMEDAN.COM - Tim Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) memberikan pendampingan dalam mengembangkan E-Modul kepada guru-guru mata pelajaran Sejarah yang tergabung dalam Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumatera Utara, Sabtu (10/7/2021).  Program Kemitraaan pada masyarakat (PKM) mengangkat tajuk . . .

Berita Selengkapnya
61e43a11-843f-4067-b142-5fb25bb30ce3.jpg

Aliansi Gerakan Masyarakat Tutup TPL Demo di Gedung DPRD dan Kantor Bupati Taput

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔16:36:24, 07 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, TAPANULI UTARA - Aksi masyarakat yang bergabung dalam Aliansi Gerakan Masyarakat (Gerak) tutup TPL, hari ini menyampaikan aksi demonstrasi di Gedung DPRD dan kantor bupati Tapanuli Utara Rabu 07 Juli 2021. Dalam orasinya Jantoni Tarihoran menyampaikan agar pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Taput segera mengambil sikap . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo