Pasca Kebocoran Gas di Sumur PLTP di Madina, Polisi Periksa 3 Orang Pihak PT SMGP

Oleh : Radar Medan | 26 Apr 2022, 07:43:27 WIB | 👁 1945 Lihat
Umum
Pasca Kebocoran Gas di Sumur PLTP di Madina, Polisi Periksa 3 Orang Pihak PT SMGP

RADARMEDAN.COM - Tim penyidik Polres Mandailing Natal bersama Ditreskrimum Polda Sumatera Utara telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, pasca peristiwa bocornya salah satu sumur pengeboran pada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) milik PT Sorik Merapi Geothermal Power (SMGP) di Kabupaten Mandailing Natal. Dari informasi yang diperoleh, tim penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang, yang merupakan pihak dari PT SMGP.

Kapolres Madina, AKBP HM Reza Chairul mengatakan, ketiga orang yang diperiksa masing – masing berinisial T, YP, dan MR. Namun, pihaknya belum membeberkan terkait jabatan untuk ketiganya. Ketiganya diperiksa terkait kasus bocornya sumur pengeboran di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Madina.

“Tiga orang sudah kita periksa. Tiga orang ini yang dari pihak perusahaan. Inisialnya masing – masing T, YP, dan MR,” ucap AKBP Reza kepada RRI, Senin (25/4/2022) sore.

Meski sebagai pihak terperiksa, namun untuk status ketiganya juga masih sebagai saksi. Namun, tidak tertutup kemungkinan ada pemanggilan saksi lain jika dibutuhkan tim penyidik.

“Masih sebagai saksi mereka. Nanti akan berkembang itu. Sementara yang sudah kami infokan itu. Sementara mereka yang baru kita wawancarai,” katanya.

Selain memeriksa para saksi, tim laboratorium forensik (Labfor) Polda Sumut juga telah mengambil sampel material lumpur yang keluar dari dalam sumur pengeboran untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium Polda Sumut.

“Kemarin (tim labfor) sudah mengambil sampel dan di bawa ke laboratorium. Terus ada sampel yang sudah diambil tim labfor,” ujar AKBP Reza.

Sementara, untuk mendukung penyidikan kepolisian, pihaknya juga telah meminta perusahaan menutup sementara operasional pengeboran di lokasi TKP. Termasuk mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, dan tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang sumbernya tidak benar.

“Khusus di sumur yang bermasalah dihentikan (operasional pengeboran). (Warga) gadak yang ngungsi. Yang sakit aja yang di rumah sakit. Kalau warga lain sudah di rumah masing – masing. Sudah nol (paparan) dan aman,” imbau kapolres.

“Warga gak usah panik kalau kejadian ini, gak usah buat anarkis juga. Jangan percayai informasi yang tidak bertanggung jawab. Jangan percaya hoax dan provokasi,” sambungnya.

Sementara Bupati Mandailing Natal, HM Jafar Sukhairi Nasution memastikan saat ini kondisi warganya yang sebelumnya dirawat di RSUD Panyabungan sudah berangsur pulih. Termasuk kondisi di lokasi TKP juga sudah dikendalikan oleh perusahaan bersama TNI/Polri.

“Udah aman dan terkendali semburan lumpur sudah. Warga kita juga sudah mulai pulih,” ucap bupati.

Sebelumnya, 21 warga Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi serta dua pekerja PT SMGP dilarikan ke RSUD Panyabungan pada Minggu (24/4/2022), setelah diduga mengeluh mual dan pusing akibat paparan semburan lumpur disertai gas H2S dari dalam sumur pengeboran proyek PLTP. Termasuk seorang balita berusia 6 bulan berinisial NZ juga dilarikan ke rumah sakit diduga terpapar gas H2S. (KBRN)/PE


TAG : tapanuli,asahan-labura-labusel,sumut,sekitar-kita


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya
honorer1.jpg

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔06:38:35, 17 Jan 2023

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Sejumlah guru honorer SMK Negeri 1 Pangkatan di Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara kecewa, pasalnya, jam mengajar guru honorer dikurangi/dipangkas kepala sekolah. Hal itu dikatakan salah . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo