Kreativitas Mahasiswa Asal Pakpak Bharat, Olah Sampah Proyek Jadi Omzet Jutaan Rupiah

Oleh : Radar Medan | 18 Okt 2020, 13:33:31 WIB | 👁 1601 Lihat
Ekonomi
Kreativitas Mahasiswa Asal Pakpak Bharat, Olah Sampah Proyek Jadi Omzet Jutaan Rupiah

Keterangan Gambar : Jawari Hasugian, salah satu mahasiswa asal Singgabur kabupaten Pakpak Bharat mengubah sampah jadi perabot menarik (18/10) Foto : Istimewa


RADARMEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Sejak pandemi COVID-19 enam bulan lalu, proses belajar mengajar beralih ke daring. Namun hal itu tak berarti membuat para mahasiswa tidak bisa mengembangkan kreativitas

Jawari Hasugian, salah satu mahasiswa asal Singgabur kabupaten Pakpak Bharat yang sedang menjalani semester 3 fakultas hukum di salah satu universistas swasta di Medan ini memilih tidak pulang kampung tetap berada di Medan dan membuat kreativitas dari barang bekas menjadi barang  yang bernilai jual tinggi.


Saat RADARMEDAN.COM Mengkonfirmasi pada hari Minggu 18 Oktober 2020 dan langsung mewawancarai mahasiswa tersebut, ide ini muncul berawal dari adanya TPS bekesting dan kayu dari Proyek yang digunakan Oleh PT. OKT (Orang Kaya Tua) yang kebetulan berada di dekat tempat tinggalnya.

Namun siapa sangka pemuda yang akrab di sapa Jewe ini mampu mengolah barang bekas mejadi barang yang bernilai tinggi

 "Saya sangat tertarik mengolah sampah dari proyek ini karna melihat barang yang datang dari proyek masih layak dimanfaatkan, tentu di proyek besar itu triplek maupun kayu yang di gunakan itukan harus yang berkualitas,tripleknya tebal dan kayunyapun pilihan, meskipun bekas kualitasnya masih okelah,"jelas Jawary Hasugian kepada RADARMEDAN.COM.

Jawary berusaha mengolah sampah-sampah proyek seperti triplek  dan kayu menjadi barang-barang  kreasi minimalis.

Dalam pengolahannya mahasiwa ini tentu saja memilih barang yang masih berkualitas. 

Pengolahan dan alat yang digunakan pun untuk pembuatan  furniture ini mulai dari perakitan, pengamplasan, dempul dan pengecetan, produk yang di buat pun beragam mulai dari rak bunga, rak sepatu, rak dinding(shelf),meja belajar dan produk lainnya.

Untuk memasarkan produknya mulanya ia tawarkan kepada warga di sekitar tempat tinggalnya di jalan Pintu air IV Simalingkar B  Kota Medan. Namun saat ini ia juga ingin memulai menawarkan  produknya melalui akun media sosialnya di instagram @Okt_craft 

Usahanya terus mengalami peningkatan, sehingga saat ini  ia juga telah di bantu dua orang karyawan.

Dalam beberapa bulan ini diperkirakan ia telah mampu menjual berbagai produk hingga omset penjualan telah mencapai puluhan juta rupiah.

Meskipun  Pemuda berusia 20 tahun ini tidak ada latar belakang di bidang meubel/furniture, ia tetap berusaha dan akan terus memproduksi barang -barang tersebut dengan  desain yang lebih menarik dan modern.

"Dalam hal ini masih banyak kendala yang dia alami seperti tenaga kerja yang lebih ahli, alat yang masih terbatas, namun walupun pun demikian kita tetap membuat produk seoptimal mungkin dan semoga bermanfaat bagi masyarakat,"pungkas Jewe.

Mahripat berutu/PE


TAG : pakpak-bharat,sekitar-kita,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

f1bfa41c-6b21-4f41-98d4-cfaaad340130.jpg

Pakar Ekonomi : Korupsi dan Lemahnya Perencanaan Bikin Anggaran Pusat Minim ke Medan

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔11:42:11, 05 Des 2020

RADARMEDAN.COM, Medan - Pemerintah kabupaten/kota, tak terkecuali Medan, harus mampu menyelaraskan program dengan program pemerintah pusat. Ini menjadi jaminan agar penyerapan dana alokasi khusus (DAK) terbuka lebar. Sudah menjadi perbincangan publik, ketertinggalan Kota Medan di antaranya terjadi akibat kekurangan dana untuk membangun proyek . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20201204_105117_compress61.jpg

Jalur Medan-Berastagi Terputus, Sekitar 20 Titik Longsor, Pengendara Diimbau Pakai Jalur Alternatif

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔11:16:07, 04 Des 2020

RADARMEDAN.COM, KARO - Beberapa titik jalan ruas jalan Medan-Berastagi longsor yang menyebabkan jalan terputus, bahkan disebutkan jika titik longsor sekitar 20 titik. Salahsatu petugas Lantas mengatakan, jumlah titik ruas yang longsor saat ini sedang didata namun kepada pengendara diminta untuk mencari jalur alternatif lain karena saat ini jalan . . .

Berita Selengkapnya
received_399952804536651_compress36.jpg

Hujan Lebat, Rumah Bantaran Jalan Palang Merah Meluap Hingga Atap Rumah

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔09:25:36, 04 Des 2020

RADARMEDAN.COM - Bantaran sungai di Jalan Palang Merah meluap hingga atap rumah, banjir tersebut karena terjadi curah hujan yang tinggi sehingga air tidak tertampung sungai lagi. Air sungai Deli tersebut diperkirakan meredam puluhan rumah tempat tinggal warga yang bermukim disekitar sungai itu.  Salahsatu warga, Supriadi mengatakan, air . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201128-WA0017_compress45.jpg

Kopi LAPANG adalah Kopi Robusta Siap Seduh Olahan UMKM Pakpak Bharat yang Nikmat

🔖 KEDAI KOPI 👤Radar Medan 🕔22:56:22, 30 Nov 2020

RADARMEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Kopi Lapang asal Kecamatan STTU Julu Laembulan, Pakpak Bharat adalah salah satu produksi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Kabupaten Pakpak Bharat yang mengolah biji kopi Robusta menjadi bubuk kopi yang siap seduh. Dahulu kota ini bagian dari Kota Sidikalang, Dairi sebelum dimekarkan menjadi Kabupaten . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201130-WA0000.jpg

Persoalan Ladang, Jasa Sembiring Tewas Ditembak Senapan Angin

🔖 LANGKAT 👤Radar Medan 🕔10:03:53, 30 Nov 2020

RADARMEDAN.COM, LANGKAT - Salah seorang warga Dusun Pamah Pideren, Desa Kutambaru Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat Sumatera Utara, bernama Jasa Adilda Sembiring (39) telah tewas ditembak Rencana Surbakti (33) menggunakan senapan angin peluru kaliber 4,5 mm hingga tembus kedadanya, pada hari Minggu (29/11). Peristiwa tersebut bermula, saat . . .

Berita Selengkapnya
BlurImage_28-11-2020-6-41-51_compress69.jpg

Diduga Depresi, Seorang Wanita Akhiri Hidupnya Dipohon Jambu

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔06:47:48, 28 Nov 2020

RADARMEDAN.COM,KARO -Warga Desa Durin Gugun digegerkan atas penemuan seorang perempuan bernama Carles Beru Ginting (41) Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo. Korban ditemukan tewas dalam keadaan tergantung dipohon jambu diperladangan Paya Tuan miliknya Desa Durin Rugun, Jumat (27/11/2020) berkisar pukul 13:00 WIB. Penemuan wanita tergantung . . .

Berita Selengkapnya
20201125_170441_compress69.jpg

Ini Curhatan Guru Honor ke Bobby: dengan Gaji Rp 400 Ribu Tetap Bertahan Mengajar

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔09:56:39, 26 Nov 2020

RADARMEDAN.COM, Medan - Di momen hari guru Rabu 25 November 2020, calon Wali Kota Medan nomor urut 2, Bobby Nasution mendapati kisah pelik dari guru honorer di Kota Medan. Meski sudah 15 tahun mengabdi sebagai guru honor, dengan gaji Rp.400 ribu per bulan, namun dia tetap bertahan dengan harapan diangkat sebagai pegawai negeri. Juli Hica . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201124-WA0012_compress57.jpg

Warga Aornakan II Laporkan Salah Satu Cabup Pakpak Bharat ke Bawaslu, Ini Sebabnya

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔19:24:44, 24 Nov 2020

RADARMEDAN.COM, PAKPAK BHARAT-Sejumlah masyarakat Desa Aornakan II, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut melaporkan salah satu calon bupati Pakpak Bharat ke Bawaslu Pakpak Bharat, Senin (24/11/2020).  Dalam laporannya, masyarakat Desa Aornakan II yang didampingi kuasa hukumnya Aliando Boangmanalu, SH., MH soal beredarnya video di media . . .

Berita Selengkapnya
tabrakansiantar.jpg

Tragis, Kecelakaan Maut Renggut Tiga Nyawa Anak Kecil dan Dua Orangtua, Supir Truk Melarikan Diri

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔08:55:42, 20 Nov 2020

RADARMEDAN.COM, Simalungun - Bagaikan disambar petir disiang bolong, Ruliana br Gultom(30) penduduk Simpang Karang Anyer Kelurahan Dolok Marlawan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun menjerit histeris saat mendengar ketiga anaknya yang disayanginya terkapar dijalanan akibat terlindas  Truk Fuso diduga bermuatan pulp kertas, Kamis . . .

Berita Selengkapnya
BlurImage_19-11-2020-11-15-1_compress32.jpg

Heboh, 3 Pria Ditemukan Tewas di Kawasan Wisata Penatapen Doulu Berastagi

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:19:58, 19 Nov 2020

RADARMEDAN.COM, KARO- Tiga (3) orang pria ditemukan tewas di kawasan wisata Penatapen Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Rabu (18/11/2020) sore. Ketiganya meninggal di dalam kamar warung pembakaran jagung Arsenal. Kapolres Tanah Karo, AKBP. Yustinus Setyo Indriono SIK melalui Kapolsekta Berastagi, Kompol L. Marpaung kepada . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution

Video Terbaru

Lihat Semua Video