Guru Sekolah Minggu GKPS dapat Pelatihan di Batam

Oleh : Radar Medan | 05 Mei 2020, 11:52:30 WIB | 👁 1821 Lihat
Komunitas
Guru Sekolah Minggu GKPS dapat Pelatihan di Batam

RADARMEDAN.COM, Batam - Untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam mendidik anak sekolah minggu, guru Sekolah Minggu Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) mendapat pelatihan selama tiga hari (22-24) di hotel Golden View, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu(23/3/2019). Sekretaris Jenderal GKPS, Pdt.DR. Paul Ulrich Munthe sebelum acara menyampaikan kata sambutan, agar pelayanan terhadap anak senantiasa berkesunambungan, terarah dan semakin berkualitas .

Kemandirian para Guru Sekolah Minggu dalam bertheologia sangat dibutuhkan dalam kapasitasnya selaku ujung tombak pemberitaan injil kepada Anak Sekolah Minggu untuk menghasilkan generasi GKPS yang kokoh, teguh, berakar dan berbuah didalam pengetahuan akan Kristus yang pada gilirannya akan bisa menghasilkan, berkembang, bertumbuh degan baik dan tangguh dalam menghadapi perkembangan zaman. "Mari ikuti pembinaan ini agar semakin bertumbuh generasi kita yang takut akan firman Tuhan dan mampu menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju," ujarnya.

Dalam acara tersebut narasumber, Heny Handjaya SE MTh dan Pdt Oklin Jovalina Tarigan memberikan pemaparan tentang teknik konseling anak di sekolah Minggu. Heny juga menyampaikan mendidik anak Sekolah Minggu bukan hanya sekedar bernyanyi dan mendengarkan pujian namun guru Sekolah Minggu juga harus bisa menjadi sahabat dari anak Sekolah Minggu. "Guru Sekolah Minggu harus mampu menjadi pendengar dan menjadi jembatan serta dapat membimbing anak melakukan hal yang terbaik dalam kehidupan sehari-hari," ujar narasumber. Mendengar anak, berarti guru Sekolah Minggu harus bisa memperhatikan apa yang disampaikan selama percakapan berlangsung mulai dari tingkahlaku anak dan sikapnya saat berbicara. Selain itu ada beberapa type anak yang sering dijumpai saat Sekolah Minggu berjalan, seperti anak yang pemalu, pendiam dan tidak suka menjadi anak yang diperhatikan. " Mendengar bukan hanya masalah percakapan namun dari ekspresi dan gaya bicara dan bahasa tubuh mereka.

Berhati-hatilah dalam memberikan respon, cukup dengan bahasa tubuh yang anda sampaikan maka si anak akan memahaminya," katanya. Heny juga membeberkan beberapa tips untuk mendapatkan informasi dari anak yang dilayani oleh guru Sekolah Minggu. Menjadi pendengar yang baik dan jangan menyela ketika anak ingin menyampaikan sesuatu, ketika anak ingin menyampaikan kekhawatirannya jangan langsung menyela dan memberikan saran. " Bagi anak lebih suka kita sebagai pendengar. Biarkan dia menyelesaikan apa yang akan disampaikan, jangan langsung menyela nanti apa yang akan disampaikannya tidak tercapai, ini hal yang penting bagi kita sebagai pelayan anak di sekolah minggu," ungkapnya. Dalam menjalankan aktifitas sebagai guru perlu memahami karakter dari anak Sekolah Minggu seperti, anak hanya menganggukkan kepala, sering memalingkan wajah kearah lain, anak menggigit bibir bawah gemetar, anak mengeluarkan suara keras dan kasar, berkata dengan suara monoton, anak menahan suara dengan ragu-ragu, anak hanya mengangkat bahu, anak meremas tangannya, anak memegang kursi erat-erat, anak menggoyangkan kakinya secara terus-menerus. "Ini adalah mengenali bahasa tubuh anak saat berbicara.

 

Sebagai guru Sekolah Minggu hal ini wajib kita perhatikan agar kita memahami karakter dari si anak tersebut," ujarnya. Selain sebagai pendengar, guru Sekolah Minggu juga harus bisa membimbing anak dengan pendekatan yang lembut, tidak marah ketika si anak tidak melaksanakan nasehat yang diberikan,kuasai apa yang dibicarakan, jadilah orang yang dipercayai oleh anak, dalam memberikan nasehat sedikit demi sedikit tidak langsung sekaligus seperti ceramah. "Hormati pendapat anak, dalam menyampaikan sesuatu jangan berbelit gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak. Cara menyampaikan penuh kasih agar perilaku anak berubah mengarah kepada yang baik," katanya. Sementara, Pdt Oklin Jovalina Tarigan menyampaikan materi lagu pujian dan kreativitas guru Sekolah Minggu.

Guru Sekolah Minggu lebih jeli dan harus menguasai lagu pujian. Selain itu pelaksanaan ibadah bukan hanya saat kebaktian namun agar anak bisa menjadi totalitas sehari-hari. "Berikan kreasi saat menyanyikan lagu pujian dengan bentuk tepuk tangan, gerakan dan kreasi bersahut-sahutan. Jelaskan arti lagu dan perhatikan posisi anak saat menyanyi karena lagu pujian bukan dinyanyikan sesuka hati namun sesuai dengan thema dan firman Tuhan yang disampaikan," ujarnya. Salahsatu peserta guru sekolah minggu GKPS Maranatha Medan, Sorma Purba mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi guru sekolah minggu. Dimana banyak hal baru yang disampaikan oleh narasumber sebagai bekal dalam mendidik anak sekolah minggu kedepannya. " Banyak hal yang baru kami peroleh, memang selama ini sebagian sudah sering kita laksanakan namun teknis masih banyak yang perlu kami pelajari," katanya. Sorma juga menyampaikan, pembinaan yang dilakukan oleh GKPS dalam menyegarkan dalam tata cara mendidik anak sekolah minggu memang perlu diterapkan agar semakin dalamnya pengetahuan para guru sekolah minggu. "Semakin banyak hal yang kita pahami dalam pembinaan ini, semakin segar juga dalam memberikan pemahaman kepada anak sekolah minggu, semakin baik lagi kedepannya inilah harapan kami," ujarnya.


TAG : pendidikan,nasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo