Setelah Mengitari Danau Toba 135 Kilometer, Ini Kata Mereka Tentang Orang Batak Kepada Wagub

Oleh : Admin Radar Medan | 13 Jul 2019, 09:42:53 WIB | 👁 976 Lihat
Wisata
Setelah Mengitari Danau Toba 135 Kilometer, Ini Kata Mereka Tentang Orang Batak Kepada Wagub

RADARMEDAN.COM - Setelah menyelesaikan Ekspedisi Kayak Pelajar 2019 di Danau Toba, tim ekspedisi Udara, Rimba dan Laut (URal) SMA 28 Jakarta menemui Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di rumah dinasnya di Jalan Tengku Daud, Kota Medan.

Kepada Musa, keenam kayakers URal yang terdiri dari Agri Nurfajri, Nur Aliya Sabira, Aryadieni Farah Ayu Santoso, Rafif Ibrahim, Fahmi, Muhammad Gibran dan Landung Yudanto menceritakan pengalamannya. Mengitari lingkar dalam Danau Toba sejauh 135 kilometer mulai 2 sampai 9 Juli 2019 dengan kayak membuat mereka begitu terpesona dengan keindahan danau vulkanik terbesar dunia ini.

Selama seminggu, selain bermain air, mereka juga menyinggahi beberapa tempat seputaran danau seperti pelabuhan ferry Tomok, Onan Runggu lalu ke Kecamatan Palipi, Polres Kabupaten Samosir, dan Pantai Batu Hoda. "Mengitari lingkar dalam Danau Toba selama satu minggu, yang kami dapati cuma pemandangan yang begitu indah. Bayangkan, kita di tengah danau yang luas lihat kiri dan kanannya tebing-tebing indah. Ini pengalaman yang sangat luar biasa," kata Ketua Ekspedisi Agri Nurfajri tak bisa menyembunyikan kekagumannya, Jumat (12/7/2019).

Mereka memilih Danau Toba untuk ekspedisi tahun ini karena peduli dengan danau yang beberapa waktu lalu mendapat musibah karamnya KM Sinar Bangun, tragedi yang menelan 197 korban jiwa. Bukan hanya itu, banyak cerita-cerita sumbang di luar Sumut tentang Danau Toba yang ingin mereka buktikan kebenaran. "Ekspedisi ini ingin memastikan Danau Toba aman. Kami saja dengan kayak, masih SMA bisa mengelilinginya. Ada juga cerita orang Batak di Danau Toba galak-galak, ternyata yang kami temui mereka ramah-ramah," kata Agri.

"Mereka menjamu kami dengan sangat baik. Memang ada segelintir yang masih kurang peduli dengan kebersihan, kami sembari berkayak juga memungut sampah yang ada di danau," tuturnya. Bawa kayak dari Jakarta Saleh Alatas selaku pembina mengatakan, kayak dipilih karena Danau Toba harusnya bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk olahraga ini. Alasannya, karena memiliki garis pantai panjang, pemandangan indah, dan air yang tidak terlalu berombak. Sayangnya, untuk saat ini sulit mendapatkan kayak, timnya harus membawa kayak sendiri dari Jakarta.

"Olahraga kayak sedang digandrungi, Danau Toba tempat yang sangat cocok untuk kayak. Banyak tempat-tempat yang sangat layak dikunjungi dan susah diakses dari darat, jadi kayak sangat cocok," kata Saleh. Pembina lain, Nila Kusumawardani menambahkan, kayak bisa menjadi transportasi alternatif untuk masyarakat atau wisatawan yang berkunjung. Selain itu, olahraga ini menjadi indikator Danau Toba aman dikunjungi dengan syarat standar keselamatan dipenuhi. Selain tim kayak, URal juga datang bersama tim Sosiologi Pedesaan yang terdiri dari Kayten Sadewo, Safira Diva Syaharani, dan Rakha Ayu Rengganis.

Tim ini bertugas mempelajari budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat. Ada juga tim pendukung sebanyak empat orang yang bertugas untuk kelancaran ekspedisi ini. Musa sangat mengapresiasi kegiatan URal dan berterima kasih telah mempromosikan dan peduli dengan Danau Toba. Dari pengalaman yang diceritakan, dia mendapat beberapa masukan untuk ditindaklanjuti supaya Danau Toba semakin baik. Untungnya pasti untuk Sumut, wisatawan semakin banyak yang datang sehingga pendapatan masyarakat juga meningkat. "Mari sama-sama kita jaga Danau Toba untuk kebaikan kita bersama. Bayangkan, orang dari luar saja peduli dengan Danau Toba, kita masyarakat Sumut harusnya lebih sadar,” kata Musa. (Kompas : Penulis : Kontributor Medan, Mei Leandha Editor : Aprillia Ika)/Red


TAG : danau-toba,budaya,parawisata,danau-toba,wisata,olahraga


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo