Pemko Medan Turunkan 300 Personil Satpol PP Tertibkan Pedagang Didepan RS Santa Elisabeth

Oleh : Admin Radar Medan | 02 Agu 2019, 15:16:31 WIB | 👁 315 Lihat
Metropolitan
Pemko Medan Turunkan 300 Personil Satpol PP Tertibkan Pedagang Didepan RS Santa Elisabeth

RADARMEDAN.COM - Sebanyak 300 personel Satpol PP diturunkan untuk menertibkan puluhan pedagang warung kopi (warkop) yang menggelar lapak di seputaran Taman Ahmad Yani, persisnya depan RS Santa Elisabeth Jalan H Misbah, Kelurahan Jati, Kecamatan Medan Maimun, Kamis (1/8/2019) kemarin.

Meski sempat ricuh dan mendapat perlawanan sengit dari para pedagang namun penertiban tetap berjalan dengan lancar. Seluruh lapak milik pedagang yang sudah puluhan tahun berjualan di kawasan tersebut pun berhasil dirubuhkan.

Sebelum penertiban dilakukan, puluhan pedagang secara bergantian tak putus melakukan orasi menolak dilakukannya penertiban begitu melihat petugas Satpol PP tiba di lokasi. Apalagi kehadiran petugas Satpol PP bersama dengan satu unit backhoe loader. Bahkan, beberapa ibu-ibu pedagang sengaja duduk di depan alat berat milik Dinas PU Kota Medan agar tidak dapat dijalankan guna mendukung prosesi penertiban.

Suasana sontak ricuh, teriakan puluhan pedagang menolak pembongkaran terus menggema. Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan tak bergeming sedikit pun. Seluruh anggotanya kemudian dikumpulkan bersama personel dari Polretabes Medan dan Kodim 0201/BS yang turut diperbantukan mendukung pembongkaran. Sofyan selanjutnya memberikan sejumlah arahan, selain minta penertiban dilakukan secara persuasif, juga diingatkan untuk menghindari bentrokan dengan pedagang.

Usai memberikan arahan, Sofyan pun membawa seluruh personel berjalan mendekati lapak milik pedagang yang umumnya didirikan di atas parit dan bahu jalan. Suasana semakin ricuh, tidak hanya melontarkan sumpah serapah dan kalimat makian, para pedagang juga coba menghalangi penertiban. Namun upaya tersebut gagal, Sofyan beserta seluruh personel terus merangsek maju mendekati objek penertiban.

Dengan menggunakan toa, Sofyan minta kepada seluruh pedagang untuk segera mengosongkan lokasi. “Kami minta kepada seluruh bapak dan ibu pedagang untuk segera mengosongkan tempat ini. Kami bedrikan waktu setengah jam mulai dari sekarang untuk mengeluarkan seluruh barang dan peralatan miliknya. Apabila instruksi ini tidak diindahkan, kami langsung menertibkan!” kata Sofyan.

Sebagian besar pedagang langsung ciut, mereka segera mengeluarkan gerobak, meja dan bangku dari dalam tenda. Sedangkan sebagian kecil pedagang coba bertahan, mereka berharap penertiban urung dilakukan. Melihat itu Sofyan pun kembali mengimbau para pedagang untuk segera mengosongkan lokasi. Bersamaan itu dia memerintahkan anggotanya untuk membantu pedagang melakukan pengosongan.

Tepat setengah jam dari waktu yang diberikan, Sofyan pun langsung memerintahkan anggota melakukan penertiban. Dengan cepat petugas Satpol PP pun langsung menarik tenda bersama-sama. Setelah beberapa kali menggoyangnya, tenda pun ambruk. Beberapa pedagang tidak terima, mereka mendorong petugas Satpol PP hingga terjatuh.

Ulah beberapa pedagang sontak membuat petugas Satpol PP emosi karena merasa dihalang-halangi dalam melaksanakan tugas, mereka pun balik menolak sehingga beberapa pedagang juga terjatuh. Setelah berhasil mengamankan beberapa pedagang yang memberikan perlawanan, penertiban dilanjutkan kembali. Seluruh tenda yang selama ini digunakan para pedagang untuk tempat berjualan pun berhasil dirubuhkan.

Setelah itu backhoe loader diturunkan, selain membersihkan tenda dan besi dari bahu jalan, seluruh permukaan parit yang ditutup dengan menggunakan papan juga dibongkar. Selain itu backhoe loader juga meratakan tenda yang belum sepenuhnya roboh karena besi penyongkong dicor. Bersamaan itu petugas Satpol PP pun membersihkan tenda maupun besi dari atas bahu jalan dan memasukkan dalam truk.

Penertiban yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB akhirnya rampung sekitar pukul 12.00 WIB. Meski demikian backhoe loader masih terus bekerja membersihkan sisa material tenda dan lapak lainnya, termasuk menghancurkan bangunaan meja batu yang digunakan para pedagang tempat memasak dan mencuci gelas dan piring. Sedangkan sejumlah pedagang tampak mengamankan sejumlah besi penyanggah tenda agar tidak diangkut petugas Satpol PP.

Usai penertiban, Sofyan mengatakan, penertiban dilakukan dalam rangka menegakan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No.9/2009 tentang Larangan Penutupan Drainase Oleh Bangunan Liar Serta Ruang Manfaat Jalan. Dikatakan Sofyan, selain melanggar Perwal No.9/2019, kehadiran lapak memilik pedagang sangat mengganggu estetika serta memicu terjadinya kemacetan sehingga sangat mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan yang melintasi kawasan ini.

“Sebelum dilakukan penertiban, para pedagang telah berulangkali disurati agar mengosongkan lokasi dan membongkar sendiri seluruh lapak milik mereka. Namun surat yang disampaikan tidak ditanggapi, mereka tetap berjualan sehingga kita turun melakukan penertiban! Jujur, hati kecil saya sebenarnya tidak sampai hari melakukan penertiban, sebab mereka sudah puluhan tahun berjualan di tempat ini. Tapi, itu harus disampingkan karena tugas yang kita lakukan dalam rangka penegakan Perwal No.9/2019,” jelas Sofyan.

Usai penertiban, tegas Sofyan, sejumlah petugas Satpol PP akan diturunkan untuk menjaga kawasan yang baru ditertibkan guna mencegah pedagang kembali menggelar lapak dan berjualan di kawasan tersebut. “Penjagaan akan kita lakukan bersama dengan jajaran Kecamatan Medan Maimun. Bersamaan dengan penjagaan yang dilakukan, OPD terkait akan melakukan penataan di lokasi yang selama ini dijadikan tempat pedagang berjualan,” pungkasnya.(humas/red/PR)


TAG : sumut,sekitar-kita,metropolitan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

inCollage_20200712_180319184_compress91.jpg

Pengunjung Wisata Pantai Sialang Buah Membludak, Tak Indahkan Protokol Kesehatan

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔18:05:56, 12 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, SERGAI - Wisata pinggiran laut dipantai Sialang Buah Teluk Mengkudu Serdang Bedagai, Minggu (12/07/2020) sekitar pukul 14.00 WIB  ramai dikerumuni  ribuan pengunjung dari berbagai daerah Sumatera Utara. Hal ini tampak terlihat puluhan mobil pribadi dan ratusan sepeda motor terparkir disekitaran lokasi wisata tersebut . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20200711_122109_compress13.jpg

Viral di Medsos Mobil RI 2 Isi Minyak Pakai Jeriken, Ini Penjelasan Istana

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔12:27:40, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Di media sosial viral potongan video mobil RI 2, kendaraan dinas Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sedang diisi bahan bakarnya menggunakan jeriken. Diisukan mobil tersebut kehabisan BBM di tengah jalan. Pihak Istana Wapres pun memberi penjelasan. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar sudah mengetahui soal . . .

Berita Selengkapnya
Relawan-Jokowi.jpg

BaraJP Sumut dan Daerah Dukung Langkah Eric Tohir Reformasi BUMN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:58:14, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Barisan Relawan Jokowi Presiden Wilayah Sumatera Utara (BaraJP) Sumut mendukung Eric Tohir benahi BUMN. Hal ini disampaikan Heryanson Munthe, Ketua DPD BaraJP Sumut di Medan menepis adanya relawan Jokowi yang menyudutkan Menteri BUMN. " Sampai saat ini kinerja Menteri BUMN dibawah kepemimpinan pak Eric Tohir masih baik, . . .

Berita Selengkapnya
384a6a26-c24b-4f70-bfa9-12685ecdd14e.jpg

Tiga Wanita Cantik Diringkus di Kawasan Medan Denai Karena Miliki Narkoba

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:44:56, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Tiga Cewek Cantik Miliki Sabu Ditangkap di Medan. Adapun Tiga orang wanita berparas cantik di Medan ditangkap dalam kasus yang diduga terkait dengan kepemilikan narkoba jenis sabu. Wanita ketiga yang ditangkap berinisial LS (34), RAL (29) dan RS (29) warga Kecamatan Medan Denai. “Mereka ditangkap di rumah . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20200710_194440226_compress43.jpg

Ketua Dewan Masjid Karo Tatap Muka Workers Comunity Pemenangan KARO JAMBI - PAULUS SITEPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔19:46:01, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO- Ketua Dewan Masjid Kabupaten Karo, H. Mulia Purba beserta beberapa pengurus Masjid Tatap Muka dengan Workers Comunity Pemenang KARO JAMBI - PAULUS SITEPU, di Berastagi Cotage Jumat (10/7/2020) sekira pukul 14:00 WIB. Usai melaksanakan Sholat Jumat, kedatangan Ketua Dewan Masjid berserta pengurus disambut langsung oleh DR . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200710-WA0022_compress18.jpg

Air Tak Mengalir, Warga Keluhkan Kinerja Tirtanadi Berastagi

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:32:02, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM,KARO - Sudah lebih satu pekan air di kawasan desa Merdeka, Gongsol, Surya Indah, jalan Kolam dan kawasan Gundaling, tak mengalir. Akibatnya, warga terganggu dalam urusan mandi, mencuci, terlebih untuk mengikuti anjuran protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 untuk cuci tangan sangat susah. Bukan cuma keluhan yang dilontarkan . . .

Berita Selengkapnya
copot.jpg

Kapolsek Percut Sei Tuan Dicopot, 6 Personel Lainnya Diperiksa

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔08:48:02, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Buntut dari penganiayaan terhadap saksi pembunuhan bernama Sarpan (57) hingga babak belur di Mapolsek Percut Sei Tuan. Kini jabatan, Kapolsek Percut Sei Tuan,  Kompol Otniel Siahaan sebagai Kapolsek Percut Sei Tuan dicopot dan digantikan oleh AKP Ricky Pripurna Atmaja, yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Pidum . . .

Berita Selengkapnya
BlurImage_8-7-2020-7-18-36_compress23.jpg

Diduga Depresi, Ginting Akhiri Hidupnya Dipohon Alpukat

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:27:13, 08 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO-Warga Desa Singa Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo tiba-tiba gempar, pasalnya salah satu warga bernama Jainal Ginting (29) ditemukan tergantung di pohon alpukat tepatnya diperladangan juma reba desa Singa. Kejadian ini pertama kali diketahui oleh Hebri Ginting(45) dan Odi Perangin-angin (12) ketika kedua warga tersebut . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200707-WA0036_compress78.jpg

Bupati Dairi Tegaskan Pelantikan Pejabat Tidak Ada Mahar atau Upeti yang Harus Dibayar

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:01:11, 08 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu melantik pejabat pimpinan tinggi pratama (setingkat eselon II) dan administrator (eselon III), di Gedung Balai Budaya, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Selasa (7/7/2020) sore.  Menurut Bupati, pelantikan ini merupakan tuntutan kebutuhan organisasi yang segera harus . . .

Berita Selengkapnya
saksipbatan.jpg

Polisi Periksa Saksi Terkait Penutupan Jalan Air Terjun Sipiso-piso

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔23:11:09, 07 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO - Terkait adanya penutupan jalan menuju daerah wisata Air Terjun Sipiso-piso beberapa waktu lalu, aparat penegak hukum panggil sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. Seperti diberitakan media ini sebelumnya, adanya temuan sejumlah batu besar di jalan menuju Air Terjun Sipiso-piso dilakukan oknum OTK, hingga saat ini . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution