Lion Air Gratiskan Rapid Test Antigen untuk Sejumlah Rute, Termasuk Medan - Jakarta

Oleh : Radar Medan | 22 Feb 2021, 10:34:41 WIB | 👁 519 Lihat
Ekonomi
Lion Air Gratiskan Rapid Test Antigen untuk Sejumlah Rute, Termasuk Medan - Jakarta

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Lion Air menyediakan layanan gratis untuk uji kesehatan antigen (Rapid Test antigen Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di enam rute penerbangannya mulai 22 Februari 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan ketersediaan Rapid Test Antigen Covid-19 secara gratis khusus semua penerbangan domestik pada rute Lion Air yang dilayani pergi pulang (PP), meliputi Jakarta – Medan – Jakarta, kemudian Jakarta – Padang – Jakarta, lalu Jakarta – Pekanbaru – Jakarta. Setelah itu, Jakarta – Palembang – Jakarta, Jakarta – Pangkalpinang – Jakarta serta Jakarta – Banjarmasin – Jakarta

Sementara itu untuk kota dan bandar udara keberangkatan diantaranya Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK), Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO), Padang – Bandar Udara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat (PDG).

Lalu Pekanbaru – Bandar Udara Interasional Sultan Syarif Kasim II di Simpang Tiga, Riau (PKU), Palembang – Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Talang Betutu, Sukarami, Sumatera Selatan (PLM), Pangkalpinang – Bandar Udara Depati Amir di Dul, Beluluk, Pangkalan Baru, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung (PGK). Kemudian Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ).

Harapan terbesar dari program dimaksud akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara, mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan,” ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (20/2/2021)

Maskapai dengan kode penerbangan JT tersebut juga memerinci ketentuan pelaksanaan “gratis” Rapid Test Antigen Covid-19, sebagai berikut yakni khusus calon penumpang yang mempunyai tiket penerbangan Lion Air, pada:

a. Periode pemesanan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya,

b. Periode penerbangan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya.

Kemudian penumpang wajib memiliki voucher Rapid Test Antigen Covid-19. Proses mendapatkan voucher Rapid Test Antigen Covid-19, bersamaan ketika melakukan pembelian atau pemesanan tiket (issued ticket) mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya.

a. Secara online (www.lionair.co.id, online travel agent dan call center) harus memilih menu “Layanan Rapid Test”,

b. Secara offline (ke kantor penjualan Lion Air, kantor agen mitra perjalanan dan lainnya) wajib menyampaikan bahwa: membutuhkan (ingin memperoleh) voucher Rapid Test Antigen Covid-19.

Selain itu, penumpang pun Wajib menunjukkan voucher Rapid Test Antigen Covid-19 saat datang ke fasilitas kesehatan jaringan kerjasama Lion Air.

Pelaksanaan Rapid Test Antigen Covid-19 khusus di jaringan kerjasama Lion Air dengan fasilitas kesehatan (klinik, rumah sakit, laboratorium dan lainnya),

Adapun, bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air (tiket dipesan dan diterbitkan mulai 22 Februari 2021) dan belum melaksanakan Rapid Test Antigen Covid-19, maka untuk mendapatkan voucher Rapid Test Antigen Covid-19 dengan:

a. Mengisi atau memasukkan (input) kode pemesanan tiket (booking code) pada www.lionair.co.id

b. Alternatif menunjukkan kode pemesanan melalui kantor penjualan Lion Air Group.

Sementara itu, Dalam upaya mendukung program digitalisasi secara bertahap pada dokumen kesehatan perjalanan udara, setiap penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan secara elektronik (digital) dan terintegrasi dengan platform kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic Health Alert Card – eHAC) sebagai salah satu kelengkapan dokumen perjalanan udara.

Penumpang silakan mengecek tahapan ini:

1. Sebelum keberangkatan

Calon penumpang diharapkan mengunduh (download) aplikasi e-HAC melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple Store atau dapat diakses https://inahac.kemkes.go.id/

Calon penumpang menerima surat hasil uji kesehatan elektronik dan mendapat QR Code (quick response code) di aplikasi e-HAC. Kode ini adalah barcode dua dimensi yang bisa memberikan informasi secara langsung sesuai data dan hasil tes Covid-19.

Calon penumpang akan menunjukkan barcode (QR code) kepada petugas lembaga terkait yang melakukan verifikasi (pemeriksaan) dokumen uji kesehatan di terminal bandar udara.

Sistem e-HAC dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam hal ini Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

2. Saat kedatangan

Penumpang mendaftarkan diri pada aplikasi e-HAC sebelum keberangkatan atau ketika setelah mendarat dengan mengisi semua persyaratan sesuai kolom (form) yang ada/ tertera, berdasarkan data diri serta riwayat secara benar dan tepat.

Panduan mengisi e-HAC silakan untuk membaca dan cermati dari petunjuk berikut ini:

Setelah tiba di terminal kedatangan bandar udara tujuan, tunjukkan barcode (QR code) pada aplikasi e-HAC kepada petugas kesehatan. Mesin pemindai (scanner) akan membaca dan memeriksa data-data yang sudah isi sebelumnya.(bisnis.com /PR) 


TAG : ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20210304-WA0043.jpg

Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Kabupaten Samosir

🔖 KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔21:41:20, 04 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir mengeluarkan surat perihal jadwal pelaksanaan Vaksinasi covid-19 tahap II untuk pelayanan publik. Sesuai dengan surat Bupati Samosir No. 440. 444/DINKES/III/2021 yang ditanda tangani Plh. Sekda Kabupaten Samosir, Lemen Manurung S.Pd, diterima oleh RADARMEDAN.COM dari Kepala Dinas Kesehatan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210303-WA0014_compress69.jpg

Tim Basarnas Medan Evakuasi Sesosok Mayat Didalam Jurang di Wilayah Kecamatan Merek

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:48:36, 03 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Mendapat laporan dari Kabag Ops Polres Tanah Karo, Kompol.D.Munthe,SH atas adanya penemuan mayat di dasar Jurang diwilayah Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, pada Selasa (02/03) sekira pukul 22.13.WIB. Menindaklanjuti laporan tersebut, Basarnas Medan menurunkan Tim Petugas Siaga Rescuer yang berjumlah 8 orang ke TKP di . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20210302_163819371_compress21.jpg

Wanita Ditemukan Meninggal di Penatapan Desa Daulu, Ini Dia Ciri-cirinya

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔16:44:32, 02 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Berdasarkan informasi dari masyarakat yang layak dipercaya atas ditemukannya mayat di Desa Daulu Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo pada hari Selasa tanggal 02 maret 2021, sekira pukul 10.30 WIB di sebuah kamar warung yang sudah tidak ditempati. Hal ini di sampaikan Kapolsekta Berastagi KOMPOL Lindung Marpaung didampingi . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210302_150810_compress26.jpg

Pelaku Habisi Suami Istri di Binjai Berhasil Dibekuk Polisi

🔖 BINJAI 👤Radar Medan 🕔15:12:14, 02 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, BINJAI - Aparat Reskrim Polres Kota Binjai menangkap Sulistiono alias Sulis (24) warga Dusun IX, Sei Mencirim, Desa Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang di lokasi persembunyiannya di Kabupaten Batubara setelah lima hari dalam pelarian usai melakukan pembunuhan terhadap sepasang suami istri. Kapolres Binjai . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210302_104706_compress49.jpg

Guguran Awan Panas Gunung Sinabung Kembali Terjadi, Ketinggian Diperkirakan 5 Kilometer

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:06:10, 02 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Awan panas guguran gunung api Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara kembali terjadi dengan ketinggian sekitar 5 meter, Selasa(2/3/2021) pagi.  Petugas pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) gunung api Sinabung mencatat, awan panas yang terpantau mengarah ke Timur dan Tenggara gunung tersebut . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210301-WA0000_compress97.jpg

Pria Bersimbah Darah Ditemukan Meninggal Dunia Disamping Alfamidi Negerilama

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔12:48:45, 01 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Seorang pria bernama Syahputra Dalimunthe, warga Negerilama ditemukan meninggal dunia dengan kepala bersimbah darah. Jasad pria tersebut ditemukan tepat disamping pusat perbelanjaan  Alfamidi Negerilama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Senin (01/3) dini hari. Saat ini, terduga . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210225-WA0023_compress1.jpg

Kuasa Hukum Fauzi Munthe: Penghentian Kasus 4 Nakes oleh Kejari Pematangsiantar Penemuan Hukum Baru

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔20:42:16, 25 Feb 2021

RADARMEDAN.COM, Pematangsiantar- Penghentian perkara atas 4 Tenaga Kesehatan (Nakes) RSUD Djasamen Saragih oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar mendapat tanggapan dari Kuasa Hukum Pelapor (Fauzi Munthe), Kamis (25/02/2021) sore sekitar pukul 16.00 WIB di Kantor LBH AMANAH HAQ, Jalan Ade Irma Suryani Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210224-WA0026_compress57.jpg

Mendadak..!! Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Hentikan Penuntutan 4 Nakes RS Djasamen Saragih

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:53:40, 24 Feb 2021

RADARMEDAN.COM, Pematangsiantar - Kejaksaan Negeri Pematangsiantar menghentikan Kasus pemandian Jenazah wanita oleh terdakwa 4 Tenaga Kesehatan Djasamen Saragih Pematangsiantar Rabu, (24/02/2021).  Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Siantar menggelar Konferensi Pers secara mendadak, yang langsung dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210219-WA0000_compress47.jpg

BaraJP Sumut Berduka, Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden Meninggal Dunia

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔10:16:23, 19 Feb 2021

RARMEDAN.COM - Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Viktor S Sirait meninggal dunia hari Kamis (18/2/2021) dini hari. Viktor dikenal sebagai loyalis yang aktif mendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo selama kontestasi Pilpres. Viktor dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung dan sempat dilarikan ke Rumah Sakit . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210218_174011_compress24.jpg

Kapolda Sumut dan Kabareskrim Polri Berganti, Ini Nama Penggantinya

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔17:44:26, 18 Feb 2021

RADARMEDAN.COM - Sesuai dengan Telegram Kapolri Nomor ST/318/II/KEP/2021 Tanggal 18 Februari 2021 yang diperoleh RADARMEDAN.COM jabatan Kepala Kepolisian Daerah(Kapolda) Sumatera Utara berganti. Dalam TR tersebut Kapolda Sumut dijabat oleh Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulut.  Sementara jabatan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo

Video Terbaru

Lihat Semua Video