DPRD Karo Rapat kerja dengan Tim Gugus Tugas Bahas Penanganan Covid-19

Oleh : Radar Medan | 07 Apr 2020, 18:31:32 WIB | 👁 867 Lihat
Politik
DPRD Karo Rapat kerja dengan Tim Gugus Tugas Bahas Penanganan Covid-19

RADARMEDAN.COM, KARO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karo menggelar Rapat kerja(raker) bersama Tim Gugus Tugas(gustu) penanganan Covid-19 dan OPD terkait untuk membahas situasi yang berkembang di wilayah Tanah Karo, Selasa (7/4/2020) pukul 11.00 WIB diruang rapat DPRD Kabupaten Karo. 

Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan dalam pengantar rapat kerja turut dihadiri Fraksi dan Komisi DPRD Karo 12 orang, meminta supaya Pemkab Karo memaparkan langkah apa saja yang sudah dilakukan bersama tim Gustu dalam penanganan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. 

"Kami perlu tahu, karena lembaga DPRD Karo adalah berfungsi legislasi anggaran dan fungsi pengawasan, dalam menyikapi bencana non-alam Covid-19 ini. Apa yang dibutuhkan kedepan baik segi anggaran dan yang lainnya, supaya DPRD Karo bisa memutuskan sikap dalam rapat kerja ini, secara detail dirincikan,"katanya. 

Menanggapi hal itu, Ketua Gustu Bupati Karo Terkelin Brahmana menerangkan kepada DPRD Karo untuk diketahui saat ini, bahwa perombakan tim Gugus tugas yang baru sudah disahkan hari ini (7/4/2020) sesuai SK Bupati Karo Nomor : 360/116/BPBD /2020 tanggal 7 April 2020. 

Dikatakan, sebelumnya ketua Gustu yang lama Martin sitepu sudah banyak melakukan kegiatan penyemprotan Disinfektan bahkan menyuarakan anjuran kepada level tingkat camat/desa/lurah /kepling agar masyarakat mematuhi aturan protokol pencegahan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Selain itu rajin cuci tangan, social distancing, phsycal distancing, jaga jarak, hindari kerumunan serta menggunakan masker,"kata Terkelin Brahmana. 

Terkait pembahasan anggaran, Terkelin mengaku OPD tekhnis sedang menyusun biaya anggran, sehingga secara detail belum dapat dipaparkan, masih tahap penyelesaian. 

" Tiba saatnya nanti kita akan sampaikan, jika berkenan dewan yang terhormat supaya disetujui,"katanya. 

Sementara wakil ketua Gustu 2, Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo Indriono mengatakan, jauh hari personil Polres Tanah Karo sudah membantu tim Gugus tugas dalam pencegahan wabah virus Covid-19, baik pendampingan kelapangan Penyemprotan Disinfektan, bahkan mobil water cannon juga diterjunkan untuk ikut melakukan Penyemprotan. 

"Kita juga menjalankan maklumat Kapolri dengan cara menyiapkan personil khusus patroli pada pagi, siang dan malam hari, untuk memberikan edukasi sekaligus menghimbau agar masyarakat tidak membentuk massa berkerumun, dan nongkrong berdamai ramai,"ujar AKBP Yustinus.

Dikesempatan yang sama wakil ketua Gugus 1 Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal sependapat dengan ketua Gustu bapak Bupati bahwa kegiatan dalam penanganan wabah Covid-19 selama ini sudah berjalan secara berkala baik. Penyemprotan Disinfektan maupun imbauan kedesa-desa Koramil bersama Camat agar masyarakat lakukan isolasi mandiri bila baru masuk ke desanya yang datang dari luar Tanah Karo.

Lanjut Taufik, yang sangat krusial kedepan untuk dipertimbangkan sebagai saran wakil ketua Gugus tugas, mengingat kabupaten Karo adalah basis jalur sentral ke beberapa kabupaten dan provinsi Aceh Tenggara, dan letaknya strategis terdiri dari sejumlah titik perbatasan keluar arus masuk kendaraan. 

"Untuk antisipasi ini, wilayah jalur masuk perbatasan agar dibuatkan Pos Tim Gustu terpadu, gunanya mengoptimalkan pengawasan dan pencegahan preventif bagi kendaraan arus masuk dan keluar,"katanya. 

" Tekhnis dan taktiknya nanti, tim terpadu sudah dibentuk, maka akan diberikan tata cara Pemeiksaan dilapangan, hal ini sudah biasa kita lakukan didaerah operasi, tentu sebelum kita kerjakan, tim Gugus tugas yang akan di Plot (tempatkan), kita adakan dulu simulasi, agar para personil yang bertugas paham Tupoksinya, "tambah Taufik. 

Disisi waktu yang sama, anggota DPRD Karo Jun Arif Bangun dan Herti Delima mengatakan, dalam penanganan Covid-19, jelas butuh anggaran. Khusus untuk APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis yang bersentuhan langsung jika ada pasien terpapar. 

"Fraksi golkar dan Fraksi Hanura tidak keberatan anggaran ditampung dan disediakan, demi keselamatan masyarakat banyak, sebab ini prioritas paling utama,"kata Jun Arif dan Herti. 

Pantauan dilapangan, hasil rapat kerja DPRD bersama bupati dan Forkopimda belum diputuskan terkait anggaran penanganan Covid-19, berhubung pihak Eksekutif rabu (8/4/2020) akan menyerahkan data dan jawaban yang diminta DPRD Karo secara detail dan rinci. 

Turut hadir dalam rapat kerja wakil bupati karo Cory Seriwaty br Sebayang, Sekda Drs kamperas Terkelin Purba, asisten 1 Davit Trimei, asisten 3 Mulianta Tarigan, asisten 2 Dapat kita Sinulingga, Kalak BPBD Ir Martin Sitepu, Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, kadis kesehatan drg Irna Safrina, Ka DPKPAD Andreasta Tarigan, Dansubdenpom I/2-1 Kapten Cpm Dwi Darsono.(RT/RM)PR


TAG : karo,politik


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

inCollage_20200712_180319184_compress91.jpg

Pengunjung Wisata Pantai Sialang Buah Membludak, Tak Indahkan Protokol Kesehatan

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔18:05:56, 12 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, SERGAI - Wisata pinggiran laut dipantai Sialang Buah Teluk Mengkudu Serdang Bedagai, Minggu (12/07/2020) sekitar pukul 14.00 WIB  ramai dikerumuni  ribuan pengunjung dari berbagai daerah Sumatera Utara. Hal ini tampak terlihat puluhan mobil pribadi dan ratusan sepeda motor terparkir disekitaran lokasi wisata tersebut . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20200711_122109_compress13.jpg

Viral di Medsos Mobil RI 2 Isi Minyak Pakai Jeriken, Ini Penjelasan Istana

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔12:27:40, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Di media sosial viral potongan video mobil RI 2, kendaraan dinas Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sedang diisi bahan bakarnya menggunakan jeriken. Diisukan mobil tersebut kehabisan BBM di tengah jalan. Pihak Istana Wapres pun memberi penjelasan. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar sudah mengetahui soal . . .

Berita Selengkapnya
Relawan-Jokowi.jpg

BaraJP Sumut dan Daerah Dukung Langkah Eric Tohir Reformasi BUMN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:58:14, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Barisan Relawan Jokowi Presiden Wilayah Sumatera Utara (BaraJP) Sumut mendukung Eric Tohir benahi BUMN. Hal ini disampaikan Heryanson Munthe, Ketua DPD BaraJP Sumut di Medan menepis adanya relawan Jokowi yang menyudutkan Menteri BUMN. " Sampai saat ini kinerja Menteri BUMN dibawah kepemimpinan pak Eric Tohir masih baik, . . .

Berita Selengkapnya
384a6a26-c24b-4f70-bfa9-12685ecdd14e.jpg

Tiga Wanita Cantik Diringkus di Kawasan Medan Denai Karena Miliki Narkoba

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:44:56, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Tiga Cewek Cantik Miliki Sabu Ditangkap di Medan. Adapun Tiga orang wanita berparas cantik di Medan ditangkap dalam kasus yang diduga terkait dengan kepemilikan narkoba jenis sabu. Wanita ketiga yang ditangkap berinisial LS (34), RAL (29) dan RS (29) warga Kecamatan Medan Denai. “Mereka ditangkap di rumah . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20200710_194440226_compress43.jpg

Ketua Dewan Masjid Karo Tatap Muka Workers Comunity Pemenangan KARO JAMBI - PAULUS SITEPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔19:46:01, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO- Ketua Dewan Masjid Kabupaten Karo, H. Mulia Purba beserta beberapa pengurus Masjid Tatap Muka dengan Workers Comunity Pemenang KARO JAMBI - PAULUS SITEPU, di Berastagi Cotage Jumat (10/7/2020) sekira pukul 14:00 WIB. Usai melaksanakan Sholat Jumat, kedatangan Ketua Dewan Masjid berserta pengurus disambut langsung oleh DR . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200710-WA0022_compress18.jpg

Air Tak Mengalir, Warga Keluhkan Kinerja Tirtanadi Berastagi

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:32:02, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM,KARO - Sudah lebih satu pekan air di kawasan desa Merdeka, Gongsol, Surya Indah, jalan Kolam dan kawasan Gundaling, tak mengalir. Akibatnya, warga terganggu dalam urusan mandi, mencuci, terlebih untuk mengikuti anjuran protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 untuk cuci tangan sangat susah. Bukan cuma keluhan yang dilontarkan . . .

Berita Selengkapnya
copot.jpg

Kapolsek Percut Sei Tuan Dicopot, 6 Personel Lainnya Diperiksa

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔08:48:02, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Buntut dari penganiayaan terhadap saksi pembunuhan bernama Sarpan (57) hingga babak belur di Mapolsek Percut Sei Tuan. Kini jabatan, Kapolsek Percut Sei Tuan,  Kompol Otniel Siahaan sebagai Kapolsek Percut Sei Tuan dicopot dan digantikan oleh AKP Ricky Pripurna Atmaja, yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Pidum . . .

Berita Selengkapnya
BlurImage_8-7-2020-7-18-36_compress23.jpg

Diduga Depresi, Ginting Akhiri Hidupnya Dipohon Alpukat

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:27:13, 08 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO-Warga Desa Singa Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo tiba-tiba gempar, pasalnya salah satu warga bernama Jainal Ginting (29) ditemukan tergantung di pohon alpukat tepatnya diperladangan juma reba desa Singa. Kejadian ini pertama kali diketahui oleh Hebri Ginting(45) dan Odi Perangin-angin (12) ketika kedua warga tersebut . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200707-WA0036_compress78.jpg

Bupati Dairi Tegaskan Pelantikan Pejabat Tidak Ada Mahar atau Upeti yang Harus Dibayar

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:01:11, 08 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu melantik pejabat pimpinan tinggi pratama (setingkat eselon II) dan administrator (eselon III), di Gedung Balai Budaya, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Selasa (7/7/2020) sore.  Menurut Bupati, pelantikan ini merupakan tuntutan kebutuhan organisasi yang segera harus . . .

Berita Selengkapnya
saksipbatan.jpg

Polisi Periksa Saksi Terkait Penutupan Jalan Air Terjun Sipiso-piso

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔23:11:09, 07 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO - Terkait adanya penutupan jalan menuju daerah wisata Air Terjun Sipiso-piso beberapa waktu lalu, aparat penegak hukum panggil sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. Seperti diberitakan media ini sebelumnya, adanya temuan sejumlah batu besar di jalan menuju Air Terjun Sipiso-piso dilakukan oknum OTK, hingga saat ini . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution