Diduga Oknum TNI Tembak Warga Simalungun Pasca Penggerebekan

Oleh : Radar Medan | 13 Mei 2023, 07:41:01 WIB | 👁 643 Lihat
Hukum dan Kriminal
Diduga Oknum TNI Tembak Warga Simalungun Pasca Penggerebekan

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Personil Detasemen Polisi Militer (Den POM) I/1 Siantar gelar rekontruksi dijalan Lapangan Bola, Lingkungan III, kelurahan Pamatang Tanah Jawa, kecamatan Tanah Jawa, kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (11/05/2023).

Rekontruksi dilakukan terkait peristiwa penembakan terhadap seorang warga berinisial SS. Warga ini diduga ditembak oleh oknum TNI. 

SS alami luka tembak dibagian perut, dan sempat dibawa ke Rumah Sakit (RS) Vita Insani, Kota Siantar. Kemudian dirujuk ke RS Putri Hijau, Medan.

Penembakan diduga terkait masalah narkoba, dan saat sejumlah personil TNI diduga dari Tim Intel Kodam I/BB melakukan penggrebekan. 

Kamis siang, sejumlah personil Den POM I/1 Siantar masih tampak berada di sekitar lokasi rekontruksi. Baik berpakaian dinas CPM (Corps Polisi Militer) maupun berpakaian sipil bahkan Wakil Komandan (Wadan) Den Pom I/1 Siantar, Mayor CPM Antonius Sembiring, juga ada di lokasi.

Hanya saja, Mayor CPM Antonius Sembiring tidak berkenan memberikan keterangan kepada jurnalis yang mewawancarainya. "Langsung sama komandanlah (Komandan Den POM I/1 Siantar)," katanya.

Sementara itu, Kepala Lingkungan (Kepling) III Kelurahan Pamatang Tanah Jawa, Ahmad Wahid Sinaga yang ikut menyaksikan rekontruksi mengatakan, Rabu malam (10/05/2023), sekira 6 personil TNI melakukan penggrebekan rumah/gudang milik JH.

Dari rekontruksi tersebut diketahui Ahmad Wahid, ketika penggrebekan berlangsung, warga berinisial GS (paman dari JH) melakukan aksi perlawanan. Dengan mengambil dan melemparkan batu ke arah personil TNI yang sedang menggrebek.

"Sempat dia (GS) dipiting," ucap Ahmad Wahid Sinaga.

Pada penggrebekan itu, lanjut Ahmad Wahid, sejumlah suara letusan senjata api terdengar. Hanya saja, ia tidak tahu seperti apa, tiba-tiba SS terkena tembakan.

"Kena bagian perutnya. Lalu seng tembus (terkena peluru), dan bambu juga kena," sebut Ahmad Wahid Sinaga.

Lebih lanjut Kepling ini menegaskan, saat penggrebekan dilakukan, ia tidak ada dilibatkan. Begitu pula dengan Lurah Pamatang Tanah Jawa K Sinaga, juga tidak dilibatkan. Sehingga, kedua unsur pemerintahan setempat ini, awalnya sama-sama tidak mengetahui ada penggrebekan dan penembakan terjadi di wilayahnya. 

Informasi awal, sebelum tertembak, SS disebut pada siang harinya ditangkap oleh sejumlah oknum TNI. 

Saat dikonfirmasi, Komandan Den POM I/1 Siantar Mayor CPM Junilham Sitorus mengatakan Den POM I/1 belum menangani perkara tersebut dan masih sebatas mengumpulkan barang bukti dan meminta keterangan saksi.

"Perkara ini belum kami tangani, belum ada yang melapor. Kami hanya mengumpulkan barang bukti saja atau saksi-saksi," ucap Mayor CPM Junilham Sitorus.

Komandan Den POM I/1 Siantar ini membenarkan pihaknya telah melakukan rekontruksi. Ia juga membenarkan ada warga yang terkena tembakan. Hanya saja, siapa yang melakukan penembakan, katanya masih dalam penyelidikan.

"Betul melakukan rekonstruksi di lokasi, dan ada warga yang terkena tembakan. Nah. Ini yang masih dilakukan pendalaman saksi saksinya," ujar Mayor CPM Junilham Sitorus.

Saat dipertanyakan SS terlebih dahulu ditangkap oleh anggota TNI dari Kodam I/BB, lalu beberapa lama kemudian terkena tembakan, kata Mayor CPM Junilham, penyelidikan Den POM I/1 Siantar belum sampai kesana. 

"Belum sampai ke sana. Karena ini hanya saksi saksi ringan saja. Karena di situ ada tembakan, kita berkoordinasi dengan kepolisian. Di situ ada pak Kapolsek juga. Sehingga kita bersama sama, tembakan ini siapa yang melakukan. Kalau dia sipil, nanti pak polisi yang melakukan penyelidikan penyidikannya," tutur Mayor CPM Junilham Sitorus.

Selanjutnya, bila nantinya ada melibatkan oknum TNI, maka penyelidikan dan penyidikan perkara itu akan ditangani Den POM I/1 Siantar. "Kalau dia ada yang melibatkan anggota TNI, nanti kita yang melakukan penyelidikan penyidikannya. Ini penanganan awal saja," katanya. (Andrew Panjaitan/Tim)/PE


TAG : kriminal,siantar--simalungun,sekitar-kita


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo