Amir Roez Feat Ocka Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia Lewat Rilis Lagu Seperti Waktu

Oleh : Radar Medan | 07 Jul 2021, 15:59:18 WIB | 👁 7683 Lihat
Hiburan
Amir Roez Feat Ocka Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia Lewat Rilis Lagu Seperti Waktu

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini, wabah tersebut juga menimbulkan prasangka dan rasa saling curiga yang berujung pada caci maki, baik antara individu maupun kelompok tertentu. Tak ingin kondisi tersebut memberi efek negatif pada psikologis masyarakat, Amir Roez featuring Ocka memberi pesan perdamaian melalui lagu terbaru berjudul Seperti Waktu, dirilis pada Rabu, 7 Juli 2021 di kanal YouTube Sembilan Production Official.

Amir Roez saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Rabu (7/7/2021) menyerukan perdamaian lewat seni.

“Salah satu cara untuk menyerukan perdamaian adalah melalui kesenian yang tak jemu-jemu untuk mengajak saling memahami perbedaan dan menerima kenyataan bahwa kita tengah bernasib sama saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Satu andil seniman adalah dengan karya seninya. Lagu Seperti Waktu saya tulis dan nyanyikan bareng Ocka, putri kandung saya, Sarjana Filsafat dari Universitas Indonesia. Lagu tersebut sudah tersedia di berbagai platform musik digital sejak 26 Juni 2021. Proses kreatif penggarapan lagu Seperti Waktu dengan membuat melodi lagunya terlebih dahulu, sebelum liriknya ditulis. Setelah melalui revisi lirik beberapa kali, baru kami merasa rasa pas antara pesan lagu dengan musiknya,” kata Amir Roez.

Mendengar nama Amir Roez tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta musik. Penyanyi Rock dari era 80-an tersebut pernah jadi Juri Karaoke World Championship (KWC) 2020, dan Juri FLS2N Solo Vokal SMA Tingkat Nasional 2013 – 2017. Amir Roez juga pernah jadi pengisi soundtrack beberapa film layar lebar, seperti; Macan Kampus, Catatan si Boy 2, Kristal-Kristal Cinta, dan lainnya. Lagu Goyang Dunia yang dirilis Amir Roez masuk dalam 13 Tembang Unggulan 1990 yang dikompilasi oleh label musik Team. 

Serangkaian karya lagu lainnya yang pernah dirilis Amir Roez turut jadi sejarah tersendiri bagi perkembangan musik di Tanah Air.

Saat ini Amir Roez dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Divisi Program di Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Provinsi DKI Jakarta, dan juga jadi Staff Ahli Vocal di Gladiresik Music Lab. Amir Roez, serta aktif melahirkan karya-karya lagu terbaru di project pribadinya melalui label musik yang ia dirikan, Sembilan Production. Mantan vokalis Elpamas tersebut baru saja membentuk grup band CRID bersama Toto Tewel (Elpamas) dan Mando (eks GrassRock). 

Pada kesempatan yang sama, Ocka mengatakan lagu Seperti Waktu terinspirasi dari musik Falling in Between dari Toto, sedangkan liriknya ter-inflame dari lagu As yang dinyanyikan Stevie Wonder.

“Lagu Seperti Waktu ditulis karena melihat banyaknya isu perbedaan yang disampaikan dengan intensi kebencian, hingga memupuk ‘pendidikan kebencian’, mulai dari kelompok-kelompok terkecil, seperti keluarga. Ketidakadilan dan kejahatan yang dilakukan oleh ‘oknum’ digeneralisir untuk membenci sebuah ras, suku, maupun agama. Hal ini sangat mengkhawatirkan, dimana kita hidup di negara yang masyarakatnya sangat beragam. Hingga muncul banyak pertanyaan ‘Mengapa Kau biarkan mereka saling mencaci memaki?’ Adalah sebuah pertanyaan reflektif kepada diri sendiri,” kata Ocka.

Ocka juga mengatakan, lagu Seperti Waktu kami tulis untuk mengajak kita semua untuk tidak saling membenci. ‘Hingga hanyalah cinta yang tersisa’ adalah penggalan liriknya yang menyuarakan sebuah tujuan atau misi kedamaian di seluruh penjuru. Walau terdengar sangat utopis namun setidaknya mampu menggerakkan sebagian kecil dari kelompok manusia.”

Seperti dijelaskan Ocka, Seperti Waktu dijadikan sebagai judul lagu tersebut berfilosofi pada waktu, karena waktu mutlak berjalan maju, tidak pernah off-tempo, tidak pula bisa mundur. Waktu yang selalu ikhlas berjalan dan ‘mengerti kapan ia harus berganti’ adalah yang ia pahami sebagai pesan untuk memupuk kedamaian secara sadar dan ikhlas di setiap hati manusia.

 “Lagu Seperti Waktu bergenre musik rock dengan sedikit sentuhan progresif, agar pesan lagunya bisa lebih tersampaikan dengan balutan musik genre tersebut. SemangArt-nya lebih terasa. Sudah menjadi darah daging saya di genre rock, juga saya dedikasikan hidup untuk musik rock, khususnya,” kata Ocka.

“Saya Aamiin kan dulu ini, semoga lagu Seperti Waktu bisa mendunia, aamiin. Release dengan versi English-nya bisa aja dan selalu relevan di masa apapun sebetulnya,” kata Amir Roez. (M Fadli)/PE


TAG : musik,nasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

Screenshot_20240221-212703_WhatsApp_compress3.jpg

Perkara Uang Saksi Caleg Belum Dilunasi, Abang Tikam Adik Kandung

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:41:51, 21 Feb 2024

RADARMEDAN.COM - Satuan Reserse Kiriminal Polrestabes Medan dan Polsek Sunggal membekuk seorang pria karena menikam adik kandungnya sendiri diduga hanya karena uang kekurangan sebagai saksi salah satu Calon Legislatif (Caleg) belum di bayarkan oleh korban. Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Dr. Teddy John Sahala Marbun, SH., M.Hum di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240216-WA0190_compress70.jpg

Polda Sumut Tangkap 3 Pelaku Aniaya Wartawan Suruhan Bandar Narkoba

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:53:53, 16 Feb 2024

RADARMEDAN.COM -Tim Subdit III/Jatanras Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut berhasil meringkus tiga tersangka penganiayaan dan pembakaran mobil wartawan. Dari penyidikan polisi, tiga tersangka terindikasi menerima upah atau bayaran atas perbuatannya dari bandar narkoba. "Sementara ini kita dalami dari pemeriksaan lebih lanjut. Tapi, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240215-WA0090_compress50.jpg

Beredar Video Polisi Bawa Kotak Suara Terombang-ambing di Laut Nias Selatan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:58:31, 15 Feb 2024

RADARMEDAN.COM, NIAS SELATAN - Sehari setelah pemungutan suara Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan melalui PPS desa mulai mengembalikan surat suara pasca Pencoblosan dan logistik lainnya untuk dikumpulkan di pulau Tello. Bripda Eben Zebua salah seorang Polisi yang bertugas di pulau terluar harus berjuang mengarungi . . .

Berita Selengkapnya
parli.jpg

Ini Penjelasan Ambang Batas Parlemen, Jika Tak Capai 4% Suara Tidak akan Peroleh Kursi di DPR

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:36:06, 15 Feb 2024

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Sebanyak 18 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, sedang berjuang memperoleh ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold/PT). Perolehan ambang batas parlemen itu, sangat penting untuk parpol yang bertanding di Pemilu 2024. Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240214-WA0141_compress24.jpg

Kapolda Sumut, Gubsu dan Pangdam Tinjau TPS Pastikan Pemungutan Suara Aman

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔15:09:44, 14 Feb 2024

RADARMEDAN.COM -  Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) 013 yang berlokasi di Jalan Pintu Air, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/1). Bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan serta para pejabat lainnya, kedatangan Kapoldasu ke TPS 013 untuk . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20240207-170117_WhatsApp_compress97.jpg

Bupati Simalungun Hadiri Peresmian Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebingtinggi-Parapat

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔17:06:00, 07 Feb 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri peresmian Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebingtinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura dan ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh, Sumut. Peresmian tersebut langsung dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo, di Gerbang Tol Limapuluh Kecamatan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240205-WA0007_compress72.jpg

Polres Labuhanbatu Berhasil Gagalkan Aksi Geng Motor, 1 Diamankan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔16:00:06, 06 Feb 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban situasi kamtibmas di Kabupaten Labuhanbatu terutama menjelang Pemilu 2024, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Dr Bernhard Malau memerintahkan Tim Patroli Presisi untuk rutin melaksanakan patroli di daerah-daerah yang dianggap rawan tindak pidana, Senin (05/02/2024) Patroli . . .

Berita Selengkapnya
DPRD-SU.jpg

Ini 100 Kursi DPRD Sumut yang akan Diperebutkan dari 12 Dapil pada Pileg 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔07:43:48, 02 Feb 2024

RADARMEDAN.COM - Pilpres dan Pemilihan Calon Anggota Legislatif 2024 bakal digelar pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Ada 100 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023, berikut nama Daerah Pemilihan (Dapil) dan jumlah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1706180118400_compress3.jpg

Penemuan Mayat Wanita Sampai Busuk Gegerkan Warga Sidikalang

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔18:02:12, 25 Jan 2024

RADARMEDAN.COM, SIDIKALANG - Seorang wanita ditemukan meninggal dunia dengan kondisi membusuk di dalam rumahnya yang berlokasi di Jalan Parluasan Desa Huta Rakyat Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, Rabu (24/1/2024).  Perempuan tersebut diketahui bernama Rostianna Br Rajagukguk yang berusia 78 Tahun, yang meninggal dengan kondisi . . .

Berita Selengkapnya
IMG_20240125_162938.jpg

Waspadai Penipuan Mangatasnamakan Perpajakan Bergerilya Cari Mangsa

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:36:00, 25 Jan 2024

RADARMEDAN.COM, MEDAN - Berbagai macam upaya dilakukan oleh komplotan para penipu, mulai marak undangan palsu, tilang palsu kini mereka kembali mencatut nama perpajakan. Saat beraksi mereka mengaku sebagai staff perpajakan untuk berpura-pura menagih pajak dengan seolah-olah mengirimkan surat ke alamat kantor yang ditagih pajaknya dengan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo