Akhirnya Pelaku BECAK HANTU dilumpuhkan Tim Pegasus Polrestabes Medan dengan Timah Panas
Sempat Viral Di Medsos Pencurian Bermoduskan Becak Hantu

Oleh : Admin Radar Medan | 19 Jul 2019, 08:20:28 WIB | 👁 1352 Lihat
Hukum dan Kriminal
Akhirnya Pelaku BECAK HANTU dilumpuhkan Tim Pegasus Polrestabes Medan dengan Timah Panas

Keterangan Gambar : Pelaku pencurian dilakukan komplotan pengendara becak bermotor jenis pengangkut barang yang menggunakan kerudung mirip hantu (Tribrata)


RADARMEDAN.COM - Aksi pencurian dilakoni para pelaku dengan berbagai modus. Terbaru, para pelaku pencurian dilakukan komplotan pengendara becak bermotor jenis pengangkut barang yang menggunakan kerudung mirip hantu, dengan menutupi wajah.Bermoduskan mencari sisa makanan ( nasi busuk )untuk dijadikan makanan ternak, para pelaku biasanya beraksi dimalam hari. Aksi para pelaku pun sempat viral di media sosial, namun para pelaku terbilang licin dan sulit ditangkap. Sankin licinya, para pelaku kerap beraksi di malam hari dengan memakai kerudung, masyarakat menyebutnya “becak hantu”.

Aksi kawanan becak hantu membuat polisi langsung ambil tindakan. Salah seorang korban, Amrizal (36) seorang anggota TNI AD jadi korbannya. Ia kehilangan kreta Yamaha Mio Soul warna Merah BK 4455 HBT dari rumahnya di Jalan Tuba II, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai, pada Kamis (11/7) kemarin, sekira jam 05.30 wib.Korban lainnya juga datang melapor atas nama, Abdi Noor (34) warga Marelan VII, Pasar I Tengah dan Hendri Winardi (35) warga Jalan Brigjen Zein Hamid Medan. Keduanya juga kehilangan kendaraan dan barang berharga dari rumahnya usai dibobol kawanan pencuri ‘becak berhantu’.

Dari rekaman CCTV salah satu korban, terbukti para pelaku yang biasanya berjumlah 2 sampai 4 orang dengan menggunakan becak barang dan memakai kerudung hingga menutupi wajahnya, berhasil membongkar rumah para korban dan terkadang menyikat kreta dari parkiran rumah korban. Berdasarkan laporan korban dan video aksi para pelaku yang sempat viral, petugas  Pegasus satreskrim Polrestabes Medan langsung melakukan penyelidikan. Pada Selasa (16/7) malam, polisi pun berhasil melacak salah satu pelakunya yang berada di Jalan Garuda IV, Prumnas Mandala.

Bertempat di sebuah Rumah makan disekitar Jalan Garuda, pelaku bernama, NP alias Natal (22) warga Jalan Elang Ujung, Prumnas Mandala, Medan Denai, diringkus.
Malam itu juga, polisi berhasil mendapatkan nama salah satu pelaku lainnya dan berhasil meringkus, PS alias Gondit (22) tetangga pelaku Natal di Jalan Panglima Denai. Polisi menciduk Gondit pada saat akan beraksi mengendarai becak miliknya menuju kawasan Jalan Selambo.Sejam kemudian sekitar pukul 24.00 wib, polisi mengetahui keberadaan pelaku, AS alias Toni (17) yang juga tetangga kedua pelaku lainnya. Remaja pengangguran ini diringkus di Jalan Tangguk Bongkar II, Simpang Jalan Karaoke. Saat itu pelaku sedang mengendarai kreta Honda Vario Merah BK 2805 AIE dan petugas berhasil mengejar lalu meringkusnya.

Ketiga pelaku pun dikumpulkan dan dilakukan introgasi. Untuk meringkus komplotan lainnya dan menunjukan TKP yang pernah dijarah para pelaku. Akan tetapi, pelaku Gondit dan Natal berusaha kabur dan melawan petugas. Akhirnya, polisi mengambil tindakan tegas dan menembak kedua kaki dari kedua pelaku. Polisi pun memboyong kedua pelaku yang terluka ke RS Bhayangkara Medan.Setelah mendapat perawatan, pelaku kembali dibawa ke Komando Polrestabes Medan. 

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto menjelaskan, para tersangka mengakui perbuatannya. Bahkan sedikitnya ada 10 lokasi yang pernah dan sudah berhasil dilakukan pelaku dalam misi pencurian.

“Mereka ada 17 orang. Semua saling kenal dan merupakan komplotan. Beberapa tersangka lain yakni, Jimran, Markus, Kopral, Kocu, dan salah seorang perempuan biasa dipanggil Ida. Mereka masih dalam pengejaran berstatus DPO. Seluruh barang hasil curian mereka dijual kepada tersangka, Alex yang kini masih kita kejar,” kata, Kapolrestabes Medan, saat menggelar konfrensi pers kepada wartawan di Lobi Utama Mapolrestabes Medan, Kamis (18/07).
Kombes Pol Dadang juga merinci ada lebih 20 lokasi yang berhasil dijarah para pelakunya, yaitu; Jalan Pancing dekat MMTC pada (14/7) Hilang Honda Beat warna Merah.
Kemudian di Jalan Tembung, juga berhasil menggondol  Honda Beat Pop, di Jalan Denai,  Supra 125, di Jalan Mandala, para pelaku mencuri Honda Vario dan Yamaha Mio.
Selanjutnya di Jalan Wahidin, Medan Area dan di Jalan Asia. Disini aksi pelaku terekam CCTV.
Kemudian di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan Medan, di kost-kosan Jalan Patumbak, serta di kawasan Jalan Medan Area, di Jalan Tg Tiram, Medan Perjuangan, di Jalan HM. Joni, Jalan SM. Raja, Jalan Bilal, serta di Jalan Aksara, Medan, dan lainnya.

“Mereka beraksi ke beberapa kawasan menggunakan becak masing-masing dengan beberapa orang. Setiap beraksi selalu di malam hari hingga subuh. Jadi, kata ‘becak hantu’ itu ungkapan dari masyarakat aja. Saat ini kita masih memburu tersangka lainnya,” pungkas, Kombes Pol Dadang.
Sementara kedua pelaku yang kakinya ditembus peluru polisi saat diwawancarai mengaku baru menyikat sedikitnya 8 unit sepedamotor. Dirinya juga tak menyangkal aksi mereka viral di medsos dan disebut-sebut sebagai pencuri menggunakan ‘becak berhantu’.
“Setiap sepeda motor uang berhasil dicuri, kami jual seharga Rp 1,8 juta sampai 2 juta. Uangnya saya buat main judi dan beli sabu. Saya cuma diajak aja kok,” aku, PS.

Sementara, Natal Perangin-angin hanya mengaku 3 unit kreta yang berhasil didapatnya dari 5 lokasi.
“Aku cuma 3 kreta aja. Setiap kreta ku jual 2 juta dan 1,5 juta. Semua barangnya kami jual sama si Alex (buron). Si Alek itu orang Jalan Murai, Prumnas Mandala juga bang. Saat beraksi kami pura-pura cari makanan nasi sisa buat ternak babi,” bebernya. (Tribrata)/red


TAG : kriminal,medan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1709879949770_crop_88_compress1.jpg

Unik, Gubsu dan Bupati/Wali Kota Se Sumut Naik Becak Menuju Lokasi Musrenbang

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔13:45:56, 08 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Ada yang unik dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 Sumatera Utara (Sumut). Untuk menuju lokasi Musrenbang di Hotel Santika Dyandra Medan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin yang mengenakan baju adat Toba, naik becak bersama para Bupati/Wali Kota . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo