Pembabatan Hutan Desa Berlanjut di Aek Hotang, Puluhan Warga Pangambatan Protes
Warga Minta Bara JP Turun ke Lokasi

Oleh : Radar Medan | 19 Mei 2022, 17:32:45 WIB | 👁 3938 Lihat
Daerah
Pembabatan Hutan Desa Berlanjut di Aek Hotang, Puluhan Warga Pangambatan Protes

Keterangan Gambar : Puluhan warga desa Pangambatan, dusun Aek Hotang, kecamatan Merek, kabupaten Karo mendatangi lokasi pembabatan hutan desa Pangambatan di dusun Aek Hotang, Rabu 18 Mei 2022. (Foto Istimewa)


RADARMEDAN.COM, KARO - Puluhan warga desa Pangambatan, dusun Aek Hotang, kecamatan Merek, kabupaten Karo mendatangi lokasi pembabatan hutan desa Pangambatan, Rabu 18 Mei 2022.

Kedatangan puluhan warga yang kebanyakan adalah wanita membuat ramai seketika lokasi. Terlihat 2 truk "Kingkong" bermuatan Pinus dicegat warga.

Seorang warga Aek Hotang yang berhasil dihubungi wartawan media ini, P Simanjorang (26) mengatakan keberatan atas perambahan hutan desa tersebut.

" Kami sebagai warga keberatan dengan perambahan ini, tolonglah pemerintah peduli dan dengarkan suara masyarakat kecil ini," kata Simanjorang.

Ia berharap hutan di sekitarnya harus dilestarikan karena merupakan daerah tangkapan air bagi kawasan Danau Toba dan pertanian sekitarnya.

Penelusuran wartawan, penebangan dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan Surat Keterangan Kepemilikan Tanah yang dikeluarkan Kepala Desa Pangambatan tertanggal 08 Agustus 2018. Namun saat wartawan mencoba menghubungi Pemdes menanyakan keabsahan surat tersebut belum berhasil.


Warga Minta Bara JP Turun ke Lokasi Penebangan



Setelah mendapat informasi dari media sosial, adanya penebangan hutan di kawasan desa Aek Hotang, Bara JP Sumatera Utara turun ke lokasi, Minggu 15 Mei 2022.

"Atas permintaan warga, kiriman Akun Sariana Mutiara Munthe di Group Barisan Relawan Jokowi Presiden Sumatera Utara, setelah melihat dokumentasi-dokumentasi yang dikirim kita turun ke lokasi, tentu kita akan mendalami informasi ini, apakah masih kawasan hutan atau bukan," kata Heryanson Munthe, Ketua DPD Bara JP Sumut.

Menurutnya, yang berwenang menyatakan itu hutan atau bukan adalah Dinas Kehutanan.

"Iya kita akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan, apakah lokasi itu masih kawasan hutan atau sudah APL," katanya.

Menurutnya, banyak lokasi yang berubah sesuai dengan perubahan SK Menhut 44 Tahun 2005 ke SK Menhut II Nomor 579 tahun 2014, ada hutan menjadi tidak hutan, dan ada tidak hutan menjadi hutan. 

"Yang pasti kita akan berkoordinasi dengan semua pihak nantinya, perubahan SK Menhut II Nomor 579 banyak membuat wilayah berubah, nah kalaupun area itu sudah tidak hutan, katakan APL (Area Penggunaan Lain) ada mekanisme untuk pelepasan lahan tersebut, Pemkab Karo harus dilibatkan," jelas Munthe. (SP)/red


TAG : karo,sumut,sekitar-kita,komunitas


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

Screenshot_20220809-202143_detikcom_compress55.jpg

Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Ini Pernyataan Lengkap Kapolri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:29:42, 09 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo resmi menyandang status sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Ferdy diduga memerintah Bharada Richard Eliezer membunuh Brigadir J. "Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220804-WA0001_compress41.jpg

Polisi Grebek Jalan Baru Rantauprapat, Sejumlah Sabu Diamankan Bersama Dua Pelaku

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:08:07, 04 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, dan KBO Res Narkoba Polres Labuhanbatu kembali melakukan Pres Rilis terkait pengungkapan kasus Narkotika Gol I bukan tanaman, jenis sabu. Pada pres rilis, Martualesi Sitepu menyampaikan, pengungkapan diawali karena adanya . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1658211930832_compress98.jpg

Warga Partibi Lama Minta Penegak Hukum Usut Mafia Perambah Ribuan Ton Kayu Siosar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔15:03:39, 19 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Warga Desa Partibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo meminta aparat penegak hukum agar mengusut kasus perambah hutan yang terjadi di Siosar.  Para pelaku bebas merambah hutan dengan alasan untuk pembersihan lahan pengungsi gunung Sinabung, faktanya hingga sampai saat ini sudah berapa banyak kayu dari hasil . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-07-17_at_7_49_15_PM.jpg

Kebakaran Hutan di Muara, 1 Orang Warga Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:15:18, 17 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang terjadi di dusun Buntu Raha desa Sitanggor, kecamatan Muara, kabupaten Tapanuli Utara mengakibatkan satu orang warga meninggal dunia. Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi SIK.MH  melalui Kasi Humas , Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, satu  orang . . .

Berita Selengkapnya
KAPOLRS.jpg

Kapolda Sumut Lantik 5 Kapolres Termasuk Kapolres Taput

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔15:35:33, 14 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah kapolres di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Rabu (13/7). Upacara serah terima jabatan (sertijab) kapolres itu pun dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.  Adapun sejumlah kapolres yang . . .

Berita Selengkapnya
614ad807f245f.jpg

Bara JP Sumut Minta Presiden Joko Widodo Bentuk Tim Masalah Tanah Untungkan Masyarakat

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔09:49:10, 12 Jul 2022

RADARMEDAN.COM -  Presiden Joko Widodo menggelar rapat bersama Menteri Agraria Hadi Tjahjanto, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi dan sejumlah pejabat lainnya di Jakarta, Senin 11 Juli 2022 terkait permasalahan tanah di Sumatera Utara. Saat diwawancarai wartawan, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan masalah tanah di memang banyak di Sumatera . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1657186560160_crop_41_compress31.jpg

Hari Kedua di Sumut, Presiden akan Hadiri Puncak Peringatan Harganas 2022

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:39:55, 07 Jul 2022

RADARMEDAN.COM - Presiden Joko Widodo akan mengawali hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Kamis, 7 Juli 2022, dengan mengunjungi Pasar Petisah, Kota Medan. Presiden akan membagikan sejumlah bantuan sosial bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang. Selepas itu, Presiden akan meninjau Pusat . . .

Berita Selengkapnya
Untitled3.jpg

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:34:00, 06 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, NIAS Presiden Joko Widodo meninjau proyek peningkatan struktur jalan Laehuwa-Ombolata-Tumula-Faekhuna’a di Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu, 6 Juli 2022. Pembangunan infrastruktur jalan tersebut dimaksudkan untuk membangun konektivitas antarwilayah di Pulau Nias. Saat memberikan keterangan seusai . . .

Berita Selengkapnya
LANUDKJKD.jpg

Gubsu Edy Rahmayadi Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Medan

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔01:05:32, 06 Jul 2022

RADARMEDAN.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Selasa (5/7). Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis menyambut langsung kedatangan Presiden dan rombongan. Presiden direncanakan akan . . .

Berita Selengkapnya
004739600_1610180407-jkw7.jpg

Presiden Joko Widodo Akan Kunjungi Medan, Nias dan Belawan

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔15:17:17, 05 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, Presiden Joko Widodo akan mengadakan kunjungan kerja ke Medan, 5-7 Juli 2022. Sejumlah agenda kegiatan yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo dari berkunjung berkunjung ke Medan Belawan, Kota Medan hingga ke pulau Nias. Presiden Joko Widodo dan rombongan dijadwalkan tiba di Medan pada hari Selasa sore sekitar pukul 16.00 . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo