Pemilu 2019 di Sumut Aman, Polri dan TNI Tetap Rutin Patroli

Oleh : Admin Radar Medan | 18 Apr 2019, 15:09:39 WIB | 👁 1574 Lihat
Metropolitan
Pemilu 2019 di Sumut Aman, Polri dan TNI Tetap Rutin Patroli

RADARMEDAN.COM - Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menyebutkan situasi Kamtibmas di Provinsi Sumatera Utara pada saat pesta demokrasi berjalan aman dan damai.

“Masyarakat Sumut sudah menjalankan hak politiknya dengan baik, tidak ada gangguan, intimidasi dan lain-lain,” kata Kapolda kepada sejumlah wartawan, Rabu (17/4) pukul 18.40 WIB.

Dalam pengamanan ini, sebut dia, Poldasu dibantu dengan seluruh unsur TNI (Kodam I/BB, Lantamal I Belawan, Dan Lanud dan Pangkosek) serta jajaran. “Sangat terbantu dengan kesadaran masyarakat. Ternyata kesadaran bahwa kamtibmas adalah kebutuhan semua masyarakat,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar sabar menunggu penetapan hasil resmi dari KPU. “Hormati keputusan masyarakat, patuhi aturan hukum dan jaga ketertiban bersama. Ini adalah pesta demokrasi Bangsa Indonesia, pestanya warga Sumatera Utara, kemenangan kita semua, mari bersatu padu memajukan Sumatera Utara menyongsong masa depan yang lebih baik.

Pada siang harinya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI MS Fadhilah bersama ratusan personil gabungan TNI-Polri melakukan patroli skala besar saat hari pesta demokrasi Pemilu 2019 dimulai. Hal ini dilakukan guna menjamin pelaksanaan keamanan di hari pencoblosan.

Patroli ini, dimulai dari titik kumpul di Lapangan Merdeka, kemudian berkonvoi dengan sepeda motor mengarah ke Jalan Guru Patimpus – Jalan Gatot Subroto – Jalan Iskandar Muda – Jalan Abdulah Lubis -Jalan Sei Baharok – Jalan Gajah Mada – Jalan S Parman.

Lalu dilanjutkan ke Jalan Sudirman – Jalan Pemuda – Jalan M.T Haryono – Jalan Thamrin – jalan Asia – Komplek Asia Mega mas – Jalan Wahidin – Jalan AR Hakim – Jalan Prof H M Yamin dan kembali ke Lapangan Merdeka.

Kapolda Sumut mengatakan, patroli gabungan skala besar ini dilakukan selain untuk memastikan keamanan di hari pencoblosan. Bukan hanya itu saja, patroli ini untuk melihat langsung kesiapan personel di pos pantau serta ceking Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum Polrestabes Medan.

“Patroli gabungan ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya kepada wartawan.

Adapun Pos Pantau dan TPS yang dilakukan pengecekan ialah, Pos Pantau OMB Medan Baru yang terletak di Jalan Iskandar Muda Kantor Camat Medan Petisah, TPS 21 Jalan Seibahorok No 15 Medan,TPS 5 Jalan Asia Simpang Singapore Baru,TPS 2 Jalan Asia Baru, serta TPS 16 Jalan Asia simpang Jalan Suasa Kelurahan Sri Rengas II Kecamatan Medan Area.

“Kami turun ke lapangan seluruhnya agar tampak sinergitas TNI-Polri dan kami menyiapkan 34 pos pantau bila sewaktu-waktu diperlukan,” jelasnya.

Terkait tertundanya Pemilu di 4 Kecamatan Kabupaten Nias Selatan, Kapoldasu telah memerintahkan Kapolres Nias Selatan melalui sentral Gakkumdu untuk menyelidiki hal tersebut.

“Sudah saya arahkan Kapolres Nias Selatan melalui sentral Gakkumdu untuk menindak petugas KPU yang dinilai lalai menjalani tugasnya dengan mendorong (mendistribusi) ke TPS-TPS. Ini bentuk kelalaian,” sebut Agus kepada wartawan, usai meninjau TPS di Medan.

Empat kecamatan di Kabupaten Nias Selatan yang tertunda itu, yakni Kecamatan Gomo, Kecamatan Siduori, Kecamatan Somambawa dan Kecamatan Mazino.

Agus menjelaskan sudah ada sanksi kepada komisioner dan petugas KPU Kabupaten Nias Selatan yang lalai tersebut. Mereka bisa dipidanakan dengan menggunakan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu.

“Bisa kenakan pasal-pasal untuk penyelanggara. Bila dengan sengaja melalaikan kewajibannya. Pasalnya, Pasal 50, Pasal 517, Pasal 530 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017,” jelas jenderal berbintang dua ini.

Agus menjelaskan, dalam pemantauan dirinya bersama jajaran TNI untuk saat ini tidak ada kendala selain di 4 Kemacatan di Kabupaten Nias Selatan. Kemudian, di Kota Medan disiapkan 34 pos pantau untuk mengantisipasi ganguan pelaksanaan Pemilu.

“Situasi Kamtibmas di Sumatera Utara berjalan aman. Berkat sinergitas antara Polda Sumut didukungan Jajaran TNI. Kita langsung memantau ke beberapa TPS dan kita juga pantau melalui helikopter di Kabupaten/Kota di Sumut,” ungkap Agus.(tribratanews/red)


TAG : sumut,sekitar-kita,politik


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220923-WA0001_compress36.jpg

Protes Jalan Rusak, Warga Labuhanbatu Tanam 1000 Pohon

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:29:52, 24 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Ratusan warga Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Gegara tidak kunjung diperbaiki, warga kecewa hingga menanam 1000 pohon di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah, Kamis (22/9/2022). Adapun kegiatan penanaman 1000 pohon . . .

Berita Selengkapnya
jln.jpg

Sempat Macet Total, Jalan Lintas Sidikalang- Merek Sudah Bisa Dilalui

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:57:50, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Jalan lintas Merek- Sidikalang yang sempat longsor, Rabu(21/9/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB kini sudah bisa dilalui oleh keendaraan bermotor. Kepala Dinas PUPR Pemkab Dairi, Ir.Hotmaida Dina Uli Butar Butar,MT dan BPBD serta OPD dan perangkat lainnya turun kelokasi dengan menggunakan alat berat dibantu oleh pihak . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220922_074748_compress16.jpg

Polsek Tigapanah Grebek Mesin Judi Ikan-ikan, Dua Pelaku Diamankan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:57:48, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO — Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, beserta jajaran tidak pandang bulu dalam penegakkan supremasi hukum di Kab. Karo. Termasuk mengenai penyakit masyarakat terkait perjudian di wilayah Kabupaten Karo. Kali ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tigapanah berhasil mengungkap perjudian jenis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220921-WA0002_compress47.jpg

KNPI Namorambe Demo Kejati Sumut, Minta Kajati Usut Dugaan Korupsi di Namorambe

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:13:50, 21 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Namorambe kembali menggelar aksi damai dan menyambangi Kantor Kejati Sumatera Utara dan Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang dengan lebih kurang 30 masa yang terdiri dari pengurus PK KNPI Kecamatan Namorambe, masyarakat Namorambe dan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220903-WA0016_compress88.jpg

Harga BBM Naik, Segini Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔19:35:30, 03 Sep 2022

RADARMEDAN.COM — Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax, harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.  " Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1662103992016.jpg

Agar Tidak Menuai Polemik, Pos Retribusi Wisata Air Terjun Sipiso-piso Dipindah Lebih Kedalam

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:44:33, 02 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Agar tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang akan ke Tongging, Paropo dan Silalahi akhirnya Dinas Pariwisata Tanah Karo memindahkan pos pengutipan retribusi agak kedalam pintu masuk Air Terjun.  Kadis Pariwisata Karo Munarta Ginting SP mengatakan terus melakukan perubahan objek agar jangan menjadi polemik kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220830-WA0002_compress20.jpg

Empat Hari Sempat Hilang, Johan Lumbantoruan Ditemukan Tewas di Sungai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔07:46:28, 31 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Johan Lumbantoruan ( 32 ) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Kabupaten Taput ditemukan tewas akibat hanyut di Sungai Sidoras Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Selasa ( 30/8/2022). Diketahui, korban pergi dari rumah tujuan keladang dengan mengenderai sepeda motornya pada hari sabtu ( 27/8 ) sekira . . .

Berita Selengkapnya
lantik6.jpg

Gubsu Lantik Walikota P Siantar dan Walikota Tanjungbalai, Ini Pesannya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:08:27, 22 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rahmayadi melantik Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani dan Walikota Tanjungbalai Waris Tholib. Kepada keduanya, Edy Rahmayadi meminta untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.  Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo