PDI Perjuangan Sumut Laporkan Penyebut Soekarno Pengkhianat

Oleh : Radar Medan | 13 Agu 2022, 14:13:17 WIB | 👁 736 Lihat
Politik
PDI Perjuangan Sumut Laporkan Penyebut Soekarno Pengkhianat

RADARMEDAN.COM - Melalui kuasa hukumnya Badan Bantuan Hukum dan Advokat Rakyat (BBHAR) PDI Perjuangan Sumut dengan nomor 28/S.P/BBHAR-DPD PDI P SUMUT/VIII/2022 melaporkan Achmad Zen dan Jas  Hendryawan pemilik akun Tiktok@jas_hendryawan ke Polda Sumut karena pernyataanya yang menyebut Soekarno pengkhianat.

Laporan yang dikirim langsung oleh Ketua BBHAR Nurdin Sipayung dan Sekretaris Jimmy Albertinus Ke Polda Sumut Jalan SM Raja Medan tersebut diterima Dumas Polda Sumut pada tanggal 10 Agustus 2022.

"Achmad Zen dalam sebuah sesi ceramahnya menyatakan bahwa Pancasila bukan kesepakatan Ulama tetapi buatan Soekarno yang menjual kesepakatan Ulama kepada umat, inilah bentuk pengkhianatan Soekarno, menurut kami bahwa pernyataan Achmad Zen tersebut mengandung unsur pidana dan menyesatkan fakta sejarah," ujar Nurdin Sipayung melalui siaran persnya pada Sabtu (13/8/2022)

Selanjutnya, Nurdin menyatakan bahwa kepolisian harus segera bertindak cepat untuk memanggil dan memeriksa Achmad Zen untuk meminta keterangannya terhadap pernyataan tersebut, sebab Perkataan dalarn ceramah yang termuat di akun media sosial Tik Tok atas nama @jas_hendryawan tersebut tentu membuat keluarga dari Founding Father Bangsa dan Negara Indonesia lr.Soekarno tersinggung, termasuk para kader dan simpatisan PDI Perjuangan serta para pecinta pemikiran - pemikiran serta  ajaran lr.Soekarno

"Pernyataan Achmad Zen sudah terlanjur viral, dikhawatirkan bahwa opini beliau yang tanpa bukti-bukti ilmiah dapat memberikan dampak pembodohan kepada rakyat dan telah sengaja dengan kesadaran penuh memanipulasi sejarah yang sebanarnya," lanjut Nurdin

Sebagaimana diketahui bahwa beredar di tengah-tengah masyarakat sebuah cuplikan ceramah Achmad Zen yang menyatakan Soekarno pengkhianat dengan menjual kesepakatan ulama yang menurut Achmad Zen tidak pernah ada.

Acmad Zen juga mengkampanyekan Khilafah yang menurutnya datang dari Allah sebagai solusi dari semua persoalan bangsa,

Bahwa konten video dalam akun media sosial Tik Tok atas nama @jas_hendryawan   tersebut, adalah ceramah yang diduga dilakukan pada acara Ngaji Ngalap Barokah dengan penceramah diduga  KH. AHMAD ZAENUDDIN berlandaskan tema "Dunia Dalam Ancaman Resesi Global Syariah dan Khilafah Solusinya" yang dilaksanakan pada hari Sabtu, Tanggal 23 Juli 2022 Pukul 08.00 WIB yang  bertempat  di Aula  Pondok  Pesantren Al - Husna Kecamatan Cikampek Kabupaten  Karawang Provinsi Jawa Barat dan diduga acara tersebut diprakarsai oleh AHMAD KHOZINUDIN,  S.H;

Bahwa kalimat yang disampaikan dalam isi ceramah tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan kepada khalayak masyarakat Indonesia, karena selain berpotensi memecah  Persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Republik Indonesia, apa yang dituduhkan  dalam ceramah tersebut tidak didasarkan pada literatur sejarah yang tercatat di ANRI   (Arsip  Nasional  Republik  Indonesia), Sejarah Kemerdekaan Bangsa dan Negara Indonesia yang ada di Kementeriaan Pendidikan dan karya-karya ilmiah lainnya yang diuji dalam forum ilmiah oleh para lintas pakar;

"Ajaran Khilafah bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara Republik Indonesia, pernyataan Achmad Zen dapat juga dikatagorikan sebagai tindakan makar terhadap ideologi Pancasila," pungkas Nurdin

Perbuatan tersebut dapat dikualifikasikan sebagai perbuatan pidana sebagaimana  yang telah diatur dalam :

Pasal 14 Ayat  (1) Undang- Undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Pidana yang menyebutkan:

(1) Barang siapa, dengan menylarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi tingginya sepuluh tahun;

(2) Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat  menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberltahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun.

Bahwa Pasal  28 Ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang  Perubahan  atas  UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang lnformasi dan Transaksi Elektronik) yang menyebutkan :

Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak  menyebarkan informasi yang ditujukan untuk  menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompo kmasyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Bahwa ancaman sanksi pidananya diatur  dalam Pasal  45A Ayat (2) UU Nomor 19 Tahun  2016 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang  lnformasi  dan Transaksi Elektronik (ril/AJ)/pe


TAG : politik,nasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220923-WA0001_compress36.jpg

Protes Jalan Rusak, Warga Labuhanbatu Tanam 1000 Pohon

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:29:52, 24 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Ratusan warga Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Gegara tidak kunjung diperbaiki, warga kecewa hingga menanam 1000 pohon di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah, Kamis (22/9/2022). Adapun kegiatan penanaman 1000 pohon . . .

Berita Selengkapnya
jln.jpg

Sempat Macet Total, Jalan Lintas Sidikalang- Merek Sudah Bisa Dilalui

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:57:50, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Jalan lintas Merek- Sidikalang yang sempat longsor, Rabu(21/9/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB kini sudah bisa dilalui oleh keendaraan bermotor. Kepala Dinas PUPR Pemkab Dairi, Ir.Hotmaida Dina Uli Butar Butar,MT dan BPBD serta OPD dan perangkat lainnya turun kelokasi dengan menggunakan alat berat dibantu oleh pihak . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220922_074748_compress16.jpg

Polsek Tigapanah Grebek Mesin Judi Ikan-ikan, Dua Pelaku Diamankan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:57:48, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO — Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, beserta jajaran tidak pandang bulu dalam penegakkan supremasi hukum di Kab. Karo. Termasuk mengenai penyakit masyarakat terkait perjudian di wilayah Kabupaten Karo. Kali ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tigapanah berhasil mengungkap perjudian jenis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220921-WA0002_compress47.jpg

KNPI Namorambe Demo Kejati Sumut, Minta Kajati Usut Dugaan Korupsi di Namorambe

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:13:50, 21 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Namorambe kembali menggelar aksi damai dan menyambangi Kantor Kejati Sumatera Utara dan Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang dengan lebih kurang 30 masa yang terdiri dari pengurus PK KNPI Kecamatan Namorambe, masyarakat Namorambe dan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220903-WA0016_compress88.jpg

Harga BBM Naik, Segini Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔19:35:30, 03 Sep 2022

RADARMEDAN.COM — Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax, harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.  " Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1662103992016.jpg

Agar Tidak Menuai Polemik, Pos Retribusi Wisata Air Terjun Sipiso-piso Dipindah Lebih Kedalam

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:44:33, 02 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Agar tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang akan ke Tongging, Paropo dan Silalahi akhirnya Dinas Pariwisata Tanah Karo memindahkan pos pengutipan retribusi agak kedalam pintu masuk Air Terjun.  Kadis Pariwisata Karo Munarta Ginting SP mengatakan terus melakukan perubahan objek agar jangan menjadi polemik kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220830-WA0002_compress20.jpg

Empat Hari Sempat Hilang, Johan Lumbantoruan Ditemukan Tewas di Sungai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔07:46:28, 31 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Johan Lumbantoruan ( 32 ) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Kabupaten Taput ditemukan tewas akibat hanyut di Sungai Sidoras Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Selasa ( 30/8/2022). Diketahui, korban pergi dari rumah tujuan keladang dengan mengenderai sepeda motornya pada hari sabtu ( 27/8 ) sekira . . .

Berita Selengkapnya
lantik6.jpg

Gubsu Lantik Walikota P Siantar dan Walikota Tanjungbalai, Ini Pesannya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:08:27, 22 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rahmayadi melantik Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani dan Walikota Tanjungbalai Waris Tholib. Kepada keduanya, Edy Rahmayadi meminta untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.  Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo