Menyambut HUT RI, 76 Pejuang Literasi Menulis Buku Merdeka Belajar Merdeka Mengajar

Oleh : Radar Medan | 17 Agu 2021, 13:02:52 WIB | 👁 2359 Lihat
Pendidikan
Menyambut HUT RI, 76 Pejuang Literasi Menulis Buku Merdeka Belajar Merdeka Mengajar

Keterangan Gambar : Sampul Buku Merdeka Belajar Merdeka Mengajar


RADARMEDAN. COM - Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-76 dan untuk mendukung Program Merdeka Belajar di Tahun Akademik 2021-2022, para akademisi dan praktisi pendidikan yang berjumlah 76 orang dari berbagai latar belakang keilmuan dan beragam institusi pendidikan di seluruh nusantara menuangkan ide, gagasan, dan pemikiran kreatifnya terkait konsep dan implementasi kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Janner Simarmata Founder Yayasan Kita Menulis yang juga dosen PTIK Universitas Negeri Medan, menyampaikan bahwa sejalan dengan program Kemendagri.

"Beberapa waktu yang lalu pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan program kebijakan pendidikan yang dikenal dengan nama Merdeka Belajar. Untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, yang kemudian dilanjutkan untuk jenjang pendidikan tinggi dengan nama Kampus Merdeka,” ucapnya.

Sebagai penggiat literasi, lanjut Janner ia mengundang para akademisi dari berbagai institusi pendidikan di seluruh nusantara untuk bersama-sama menuangkan ide, gagasan, pemikiran dan pengalaman mengajarnya dalam bentuk tulisan dan memfasilitasi penerbitannya menjadi buku.

“Buku yang dilaunching hari ini adalah buku hasil karya 76 orang akademisi dan praktisi pendidikan dari seluruh wilayah nusantara dan penerbitan buku ini adalah momentum yang tepat dengan adanya peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 76 dengan tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, “imbuh Janner.

Janner juga memberikan ucapan terima kasih kepada 76 penulis karena mereka adalah pelaku langsung pendidikan di lapangan (baca : sekolah dan kampus) mendeskripsikan pandangan dan pengalaman mereka mengajar secara merdeka untuk memajukan mutu pendidikan nasional.

“Karena merekalah adalah pejuang-pejuang literasi sehingga buku ini dapat diterbitkan dengan judul Merdeka Belajar Merdeka Mengajar, ISBN: 978-623-342-180-5 (print) E-ISBN: 978-623-342-183-6 (online) dengan jumlah 442 halaman,” pungkasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Rektor-Rektor yang telah mengapresiasi dengan memberikan Kata Sambutan buku ini, di antaranya Dr. Syamsul Gultom, S.KM., M.Kes. (Rektor Universitas Negeri Medan), Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si. (Rektor Universitas Islam Malang), Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D., IPU. (Rektor Institut Teknologi Del), Dr. H. Ahmad Amarullah, M.Pd. (Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang [UMT] Indonesia), Dr. Marsum, BE., S.Pd., MHP. (Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang).

Sementara itu, Agung Prihatmojo Dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Lampung yang juga penulis buku ini menyampaikan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 76 menjadi gelora semangat merdeka belajar di masa pandemic Covid-19. Masih ada setitik harapan, mimpi, dan cita-cita yang harus tetap dihidupkan.

“Kemerdekaan bukan hanya sekadar cerita namun harus sebuah aksi nyata. Buku ini merupakan bentuk partisipasi akademisi dalam mewujudkan Merdeka Belajar yang bahagia,” ucap Agung.

Kesempatan yang sama, Dr. Dyah Gandasari, SP, MM dosen Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor juga mengatakan dengan terbitnya Buku Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar merupakan buku monumental yang khusus dihadirkan untuk menyambut dan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 76.

Menurutnya, buku ini merupakan hasil karya dari 76 putra putri bangsa di seluruh Indonesia. Kehadiran buku ini menegaskan keberadaan kemerdekaan berpikir yang diaktualisasikan dalam proses pembelajaran di era Covid 19. Nuansa merdeka belajar dan merdeka mengajar diharapkan dapat lebih membentuk karakter bangsa yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, kompeten, dan berbudi luhur sesuai dengan jiwa Pancasila.

“Dengan membaca buku ini, akan terasa kehadiran kemerdekaan berpikir. Kesempatan membaca tidak datang untuk yang kedua kali. Mari membaca Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar,” ujar Dyah.

Ashriady, SKM., M.Kes dosen Poltekkes Kemenkes Mamuju mengungkapkan buku ini diramu dari berbagai sudut pandang anak negeri tentang konsep Merdeka Belajar. Perbedaan sudut pandang itu diharapkan dapat menambah khazanah dunia pendidikan serta menunjukkan keberagaman pemikiran anak bangsa yang kehadirannya dapat saling melengkapi satu sama lain.

“Keterbukaan dalam menyampaikan gagasan perlu dibudayakan sebagai bagian dari implementasi nilai-nilai kemerdekaan. Kondisi Pandemi Covid-19 dengan aktivitas lebih banyak di rumah memberikan ruang yang besar bagi anak bangsa untuk menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan,” tandasnya.

Berikut adalah nama-nama penulis buku Merdeka Belajar Merdeka Mengajar, Nugrahini Susantinah Wisnujati, Efbertias Sitorus, Martono Anggusti, Rahmi Ramadhani, Wiputra Cendana, Ismail Marzuki,Andriano Simarmata, Diena Dwidienawati Tjiptadi, Erniati Bachtiar,Dian Cita Sari, Ifit Novita Sari, Jamaludin, Sakirman, Ernest Grace,Puji Hastuti, Yulia Rizki Ramadhani, Anita Purba, Agung Prihatmojo,Erwin Firdaus, Michael Recard, Karwanto, Lusy Tunik Muharlisiani, Rano I Sudra, Nurul Fadilah, Annisa Ilmi Faried,

Didin Hadi Saputra, Ika Yuniwati, Sardjana Orba Manullang, Agung Nugroho Catur Saputro, RahmanTanjung, Romindo, Muhammad Ali Mursid Alfathoni, Efendi Sianturi, Dina Chamidah,Deddy Wahyudin Purba, Ramen A Purba, Syafrizal, Arsen Nahum Pasaribu,Eko Sutrisno, Bertha Natalina Silitonga, Devi Yendrianof, Ahmad Fauzi,Dyah Gandasari, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Arin Tentrem Mawati,Salamun, Mochamad Thohiron, Moad, Rasinus, Mariana Simanjuntak, Marto Silalahi, Sukarman Purba, Muhammad Fitri Rahmadana, Febrianty,Eko Sudarmanto, Rini Mastuti, Andi Susilawaty, Bonaraja Purba,Nenny Ika Putri Simarmata, Muhammad Nadzirin Anshari Nur, Suhendi Syam,Muhammad Hasan, Ana Widyastuti, Meicky Shoreamanis Panggabean,Dedi Satriawan, Leon A. Abdillah, Tasnim, Ronal Watrianthos, Ashriady,I Made Marthana Yusa, Jamaludin, Ilham Djufri, Khairunnisa Samosir,Yuswardi, Hijriani, Wawan Cahyadin. (js).red/PE


TAG : sumut,pendidikan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo