Ketua Umum HBB Minta Polri Ungkap Penembakan Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat

Oleh : Radar Medan | 14 Jul 2022, 18:42:02 WIB | 👁 1421 Lihat
Komunitas
Ketua Umum HBB Minta Polri Ungkap Penembakan Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat

RADARMEDAN.COM - Tewasnya Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat, anggota brimob dari Jambi dalam insiden penembakan di Jakarta pada Jumat (8/7/2022), menjadi perhatian publik. Berbagai dugaan muncul dari kejanggalan yang ditunjukkan pihak-pihak terkait dan Kepolisian dalam memberikan bukti. Dengan adanya pembiaran prosesi pemakaman tanpa upacara kenegaraan, juga menjadi pertanyaan publik.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Horas Bangso Batak (HBB) Lamsiang Sitompul, SH,MH saat ditanyai tanggapannya mengenai peristiwa keji tersebut. Menurutnya, fakta-fakta yang terungkap sejak jenazah tiba di rumah duka, menjadi satu alasan untuk mempertanyakan peristiwa sebenarnya.

“Publik tentu tidak percaya dengan keterangan-keterangan yang dibuat pihak kepolisian. Kejanggalan demi kejanggalan terjadi, dimana peristiwa terjadi pada Jumat, kemudian dipublis pada hari Senin. Dari kondisi jenazah juga kita duga, korban ditembak setelah meninggal. Dengan banyaknya luka sayatan bahkan luka-luka yang diduga akibat penganiayaan. Kapolri harus bertanggungjawab atas peristiwa itu. Bagaimana seorang anggota kepolisian meninggal dengan keji, institusi itu seolah berupaya menyembunyikan fakta. Terkesan melindungi oknum tertentu, dan kita duga ini adalah pembunuhan berencana,” ujar Lamsiang di Medan, Kamis (11/7/2022).

Sejumlah data telah dipaparkan di media beberapa hari terakhir, dimana kejanggalan demi kejanggalan diungkap media.

Bagaimanapun, lanjut Lamsing, oknum-oknum yang terlibat berupaya melindungi data yang sebenarnya, sesungguhnya tidak sulit bagi Polri untuk mengungkapnya.

"Nah, sekarang kita hanya meminta keseriusan dan ketulusannya. Apakah masih ada kejujuran di sana atau tidak,” ujarnya.

Seperti diberitakan berbagai media, bahwa sejak peristiwa penembakan, tempat kejadian perkara hingga tiga hari tidak dipasang police line, bahkan kasus ini seoalh ditutup-tutupi. Padahal pemilik rumah adalah aparat yang paham akan hukum.

“Nah, kita harus mendorong keterbukaan disini. Bagaimana keluarga korban saat ini hanya bisa meratapi kesedihan di tengah kebrutalan oknum-oknum yang sesungguhnya harus menjadi panglima penegakan hukum di negara ini. Sangat sedih,” ketusnya.

Adanya tudingan-tudingan pelecehan seksual sebagaimana dituduhkan, tentunya juga sangat tidak berdasar. “Korbannya sudah sejauh mana dilakukan pemeriksaan? Banyak hal janggal disana,” katanya.

Lamsiang menegaskan, bahwa pasal pembunuhan berencana tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan dalam perkara ini.

“Ini dugaan kita, bagaimana peristiwa seolah terencana bahkan sejak dua minggu sebelum peristiwa, jika benar CCTV rusak. Atau jangan-jangan sengaja dihapus?” katanya.

Lamsiang mengatakan, Horas Bangso Batak juga merasa duka yang sangat dalam dengan perlakuan terhadap korban dan keluarga.

“Pertama, kenapa tidak diantarkan dengan ambulance, kenapa keluarga dilarang melihat jenazah, kenapa tidak dimakamkan dengan upacara kepolisian? Kita berduka atas ketidak adilan ini. Maka kita mengutuk cara-cara arogan di tubuh Polri,” ujarnya.

Lamsiang juga meminta agar autopsi ulang dilakukan serta memeriksa para saksi dengan menggunakan lie detektor.

"Kita juga meminta perlindungan agar keluarga tidak diintimidasi sebagaimana kemarin, rumah keluarga korban dikepung oleh sekelompok orang. Ini cara-cara yang sangat kita sayangkan, kita minta itu dihentikan," katanya sembari meminta agar Ferdy Sambo dinonaktifkan.

Dalam proses penyidikan, lanjut Lamsiang, agar pihak keluarga atau kuasa hukumnya diberi akses untuk melihat proses penyidikan itu.

"Kita ingin agar hak korban dilindungi. Dan jangan keluarga korban diintimidasi. Hentikanlah intimidasi terhadap keluarga korban, kasihan mereka. Kemarin rumahnya dikepung, dilarang ambil video dan tekanan-tekanan lainnya, tidak boleh begitu," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat, sejak dua tahun terakhir bertugas sebagai ajudan Kadiv Propam Mabes Polri, Irjen Ferdy Sambo. (LS)/RED/PE


TAG : samosir-toba-taput-humbahas,humbang-hasundutan,deliserdang-sergai-tebing-tinggi,sumut,hukum,komunita


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220923-WA0001_compress36.jpg

Protes Jalan Rusak, Warga Labuhanbatu Tanam 1000 Pohon

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:29:52, 24 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Ratusan warga Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Gegara tidak kunjung diperbaiki, warga kecewa hingga menanam 1000 pohon di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah, Kamis (22/9/2022). Adapun kegiatan penanaman 1000 pohon . . .

Berita Selengkapnya
jln.jpg

Sempat Macet Total, Jalan Lintas Sidikalang- Merek Sudah Bisa Dilalui

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:57:50, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Jalan lintas Merek- Sidikalang yang sempat longsor, Rabu(21/9/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB kini sudah bisa dilalui oleh keendaraan bermotor. Kepala Dinas PUPR Pemkab Dairi, Ir.Hotmaida Dina Uli Butar Butar,MT dan BPBD serta OPD dan perangkat lainnya turun kelokasi dengan menggunakan alat berat dibantu oleh pihak . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220922_074748_compress16.jpg

Polsek Tigapanah Grebek Mesin Judi Ikan-ikan, Dua Pelaku Diamankan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:57:48, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO — Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, beserta jajaran tidak pandang bulu dalam penegakkan supremasi hukum di Kab. Karo. Termasuk mengenai penyakit masyarakat terkait perjudian di wilayah Kabupaten Karo. Kali ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tigapanah berhasil mengungkap perjudian jenis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220921-WA0002_compress47.jpg

KNPI Namorambe Demo Kejati Sumut, Minta Kajati Usut Dugaan Korupsi di Namorambe

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:13:50, 21 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Namorambe kembali menggelar aksi damai dan menyambangi Kantor Kejati Sumatera Utara dan Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang dengan lebih kurang 30 masa yang terdiri dari pengurus PK KNPI Kecamatan Namorambe, masyarakat Namorambe dan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220903-WA0016_compress88.jpg

Harga BBM Naik, Segini Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔19:35:30, 03 Sep 2022

RADARMEDAN.COM — Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax, harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.  " Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1662103992016.jpg

Agar Tidak Menuai Polemik, Pos Retribusi Wisata Air Terjun Sipiso-piso Dipindah Lebih Kedalam

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:44:33, 02 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Agar tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang akan ke Tongging, Paropo dan Silalahi akhirnya Dinas Pariwisata Tanah Karo memindahkan pos pengutipan retribusi agak kedalam pintu masuk Air Terjun.  Kadis Pariwisata Karo Munarta Ginting SP mengatakan terus melakukan perubahan objek agar jangan menjadi polemik kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220830-WA0002_compress20.jpg

Empat Hari Sempat Hilang, Johan Lumbantoruan Ditemukan Tewas di Sungai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔07:46:28, 31 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Johan Lumbantoruan ( 32 ) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Kabupaten Taput ditemukan tewas akibat hanyut di Sungai Sidoras Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Selasa ( 30/8/2022). Diketahui, korban pergi dari rumah tujuan keladang dengan mengenderai sepeda motornya pada hari sabtu ( 27/8 ) sekira . . .

Berita Selengkapnya
lantik6.jpg

Gubsu Lantik Walikota P Siantar dan Walikota Tanjungbalai, Ini Pesannya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:08:27, 22 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rahmayadi melantik Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani dan Walikota Tanjungbalai Waris Tholib. Kepada keduanya, Edy Rahmayadi meminta untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.  Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo