Hati-Hati! Gejala Hepatitis A Sulit Disadari

Oleh : Admin Radar Medan | 30 Des 2019, 10:52:38 WIB | 👁 3034 Lihat
Opini
Hati-Hati! Gejala Hepatitis A Sulit Disadari

RADARMEDAN.COM - Saatini virus hepatitis A sedang menjadi perbincangan masyarakat di Indonesia, karena virus ini sedang mewabah di berbagai daerah. Puluhan siswa dan guru di sejumlah sekolahan yang berada di Depok telah terinfeksi virus hepatitis A ini dalam kurun waktu Januari 2018 hingga Desember 2018.
Hepatitis A bukan sakit hati biasa, melainkan penyakit yang menyerang sel-sel hati manusia, sehingga dapat berdampak buruk pada kemampuan hati untuk berfungsi. Hepatitis A disebabkan oleh virus yang menular yang bernama virus hepatitis A. Di Asia Tenggara, penyakit ini telah menyerang sebanyak 400.000 orang per tahunnya dengan angka kematian hingga 800 jiwa. Dan yang lebih disayangkan, sebagian besar dari pengidap hepatitis A adalah anak-anak. Mari ketahui bahaya hepatitis A lebih lanjut dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Hepatitis A
Seseorang dapat mengidap penyakit hati ini apabila terkena virus hepatitis A yang di mana virus ini sangat cepat dan sangat mudah menyebar.Cara virus ini menyebar adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja dari pengidap hepatitis A ini. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat memudahkan penyebaran virus sebagai berikut:

1. Tidak menjaga kebersihan.
Penyebaran virus ini dapat lebih cepat karena tidak menjaga kebersihan contohnya seperti tidak mencuci tangan saat hendak makan, tidak mencuci kaki setelah keluar dari rumah, kurangnya kebersihan alat-alat makan, dan sebagainya.

2. Kontaklangsungdenganpengidap hepatitis A.
Kontak langsung dengan pengidap juga memudahkan virus ini untuk menyebar seperti saling bersentuhan. Bersentuhan dapat terjadi disengaja ataupun tidak disengaja. Maka dari itu kita harus lebih berhati-hati saat berkomunikasi dengan pengidap hepatitis A.

3. Berhubungan intim dengan pengidap.
Sebaiknya hindari berhubungan intim dengan pengidap hepatitis A karena hal ini juga merupakan cara virus hepatitis A menularkan virusnya.

4. Pria yang berhubungan intim dengan sesama pria.
Hindari berhubungan intim dengan sesama pria karena hal ini menyebabkan virus hepatitis A dapat menular dengan lebih mudah dan cepat.

5. Menggunakan jarum suntik yang sama dengan pengidap.
Hindari penggunaan jarum suntik yang sama dengan pengidap hepatitis A karena hal ini dapat memudahkan virus hepatitis A menular melalui darah yang dimasukkan oleh jarum suntik bekas pengidap. 

6. Bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran ,misalnya membersihkan selokan. 
Sebaiknya kurangi dan jika bisa hindari bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran seperti membersihkan selokan karena di selokan terdapat kotoran-kotoran yang menjadi sumber virus yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit hepatitis A serta di selokan terdapat nyamuk dengan jumlah yang banyak dan bisa saja nantinya dapat menyebabkan demam berdarah. 

Gejala Hepatitis A 
Pengidap hepatitis A akan mengalami gejala awal seperti demam, mual, muntah, nyeri pada sendi otot, dan diare. Namun, apabila virus hepatitis A ini sudah menyerang bagian organ hati, ada beberapa gejala lain yang nantinya akan muncul, yaitu urin berwarna gelap, tinja berwarna pucat, sakit kuning dan gatal-gatal. Selain itu, perut bagian kanan atas jugaa kan terasa sakit apabila ditekan. 
Namun, gejala hepatitis A tersebut tidak dialami oleh semua pengidap. Contohnya, hanya sedikit pengidap hepatitis A di bawahumur 6 tahun, yaitu satu dari 10 anak, yang mengalami sakit kuning. Itulah mengapa penyakit hepatitis A terkadang sulit untuk disadari oleh masyarakat.

Bahaya Komplikasi Hepatitis A
Sebenarnya bahaya hepatitis A tidak separah hepatitis B dan hepatitis C, karena hepatitis A tidak menyebabkan gangguan hati jangka panjang (kronis) dan jarang berakibat fatal. Namun, hepatitis A dapat menyebabkan kerusakan hati akut yang cukup berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan kematian, terutama pada orang yang sudah pernah mengidap penyakit hati sebelum terkena hepatitis A dan pada pengidap manula. Selain itu, pada sebagian kasus, hepatitis A dapat kambuh kembali. Walaupun hepatitis A tidak separah hepatitis B dan C tetap saja jangan mengabaikan jika mulai muncul gejala-gejala yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena semua penyakit jika dibiarkan akan berbahaya bagi diri kita.

Cara Mengatasi Hepatitis A
Tidak perlu penanganan khusus untuk mengobati penyakit hepatitis A karena tubuh memiliki sistem kekebalan yang dapat melawan virus dengan sendirinya. Dokterpun hanya akan memberikan obat-obatan yang berguna untuk meredakan gejala yang ditimbulkan oleh virus hepatitis A, seperti obat pereda rasa nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen, serta obat untuk meredakan sakit mual dan muntah. Jadi, pengidap hepatitis A dapat menjalani perawatan sendiri dirumah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Selama masa perawatan, pengidap juga perlu beristirahat dengan total dan tidak mengonsumsi alkohol maupun obat-obatan yang dapat berdampak pada hati.

Pengidap hepatitis A juga perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah penularan virus ke orang lain:
1. Tidak melakukan hubungan intim dulu dengan pasangan sampai benar-benar sembuh dari penyakit hepatitis A.
2. Tidak berbagi alat makan dengan penghuni rumah lainnya. 
3. Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih secara teratur, khususnya setelah dari kamar kecil.
4. Hindari berbagi handuk dengan orang lain dan jangan mencampur cucian pakaian dengan milik orang lain.
5. Untuk sementara lebih baik jangan menyiapkan makanan dulu untuk orang lain.
6. Sebaiknya tidak keluar rumah dulu untuk bepergian sampai seminggu setidaknya setelah gejala mulai terasa.

Jangan lupa untuk periksakan diri kedokter secara teratur untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan, kebanyakan pengidap hepatitis Akan sembuh dalam waktu kurang lebih dua sampai enam bulan tanpa menimbulkan masalah yang serius. 


Penulis :AlyaZahara
Mahasiswi Semester 1 VokasiUniversitas Indonesia
Prodi KomunikasiHubunganMasyarakat 2019


TAG : opini,gaya-hidup,kesehatan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya
honorer1.jpg

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔06:38:35, 17 Jan 2023

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Sejumlah guru honorer SMK Negeri 1 Pangkatan di Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara kecewa, pasalnya, jam mengajar guru honorer dikurangi/dipangkas kepala sekolah. Hal itu dikatakan salah . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo