Gubernur Sumut Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mgr Dr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap

Oleh : Radar Medan | 08 Nov 2020, 16:16:18 WIB | 👁 3486 Lihat
Tokoh
Gubernur Sumut Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mgr Dr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap

RADARMEDAN.COM - Komitmen dalam menjunjung tinggi nilai kebangsaan yang Berbhinneka Tunggal Ika, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Mgr Dr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap di dalam Gereja Katedral Keuskupan Agung Medan.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berterimakasih atas dedikasi dan peran mantan Uskup Agung Medan Almarhum Mgr Dr Anicetus Bongsu (AB) Sinaga OFM Cap yang selaku tokoh agama Katolik yang selama kepemimpinannya mampu menciptakan kerukunan umat beragama di Sumut.

"Oleh karnanya saya mewakili rakyat Sumatera Utara hadir disini merasa kehilangan sekali atas kepergian saudaraku ini untuk selama-lamanya menghadap Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Esa," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumut berkunjung bersama rombongan melayat jenazah Mgr Dr Anicetus B Sinaga OFM Cap di Gereja Katedral Keuskupan Agung Medan, Minggu (8/11/2020).

"Umat Katolik saat di bawah kepemimpinan Uskup Agung Medan Mgr Anicetus Bongsu Sinaga ini sangat banyak berperan dalam membantu pemerintah, umat beragama Katolik lainnya baik di pedesaan dan perkotaan selama ini turut serta berperan mengisi pembangunan di Kota Medan dan Sumatera Utara. Sehingga banyak umat katolik menjadi tokoh dan pemimpin serta menjadi panutan saat ini,” kata Gubsu.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang tiba sekira pukul 11.30 WIB, di depan jemaat Katolik menyampaikan ungkapan rasa dukacitanya yang begitu mendalam. Orang nomor satu di jajaran Pemprovsu ini mengaku sedih atas wafatnya Mgr Dr Anicetus Bongsu Sinaga OFM Cap yang saat ini menjabat sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga.

Pada kesempatan tersebut, diakui Edy, ia tidak mengetahui bahwa sebelumnya Mgr Anicetus sedang sakit. Bahkan ia mengatakan baru mendapatkan info terkait meninggalnya Mgr Anicetus satu jam yang lalu, sebelum tiba di gereja sekitar 11.30 WIB.

"Saya minta maaf saya tidak tahu beliau sakit. Semua ini adalah kehendak Tuhan, kita semua menyayangi beliau, tapi Tuhan lebih menyayanginya," ucap Edy.

Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan baru dua bulan lalu berkomunikasi dengan Almarhum Mgr Anicetus Sinaga ini tentang pembangunan Catholic Center di Sibolga.

"Sekarang siapa yang meneruskan Catholic Center Sibolga setelah tidak ada beliau," ungkapnya.

Lanjut Edy, Almarhum Mgr Anicetus Sinaga ini dulunya sering memanggilnya dengan sebutan 'saudaraku' , walaupun beda agama, namun kali ini Edy yang memanggil saudaraku kepada Mgr Anicetus Sinaga.

"Saudara saya Mgr Anicetus Sinaga selamat jalan, terimakasih untuk nasehat-nasehatnya selama ini. Beliau orang baik, salah seorang tokoh masyarakat yang mengasihi semua umatnya. Semoga Tuhan selalu memberkati," ujar Edy Rahmayadi dihadapan seluruh umat Katolik beserta dengan para petinggi di Kepengurusan Keuskupan Agung Medan yang menyambutnya saat menyampaikan kata sambutannya di dalam Gereja Katedral Keuskupan Agung Medan yang bertempat di Jalan Pemuda Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Secara terpisah Sekjen Keuskupan Agung Medan (KAM) Pastor Borta Rumapea, O. Carm mengatakan kepada awak media, bahwa jenazah Mgr Anicetus Sinaga ini akan dibawa ke Sibolga pada Senin (9/11/2020).

Pembicaraan terkait pemberangkatan dan penghormatan terakhir kepada Mgr Anicetus Sinaga telah dibicarakan oleh pihak Keuskupan Agung Medan dan Keuskupan Sibolga.

"Selamat pagi untuk kita semua. Hasil pembicaraan dengan Mgr Kornelius Sipayung dan Kuria Katedral Medan, pertama: Minggu, 8 November 2020, Misa Requiem di Katedral Medan pukul 17.00 WIB," demikian tertuang dalam selebaran resmi yang mengatasnamakan Kolegium Konsultores Sibolga dan Keuskupan Agung Medan.

Sekjen KAM Pastor Borta Rumapea juga mengatakan kepada awak media bahwa pada hari ini, Minggu (8/11/2020) akan dilangsungkan pemberangkatan jenazah Almarhum Mgr Anicetus Sinaga pada pukul 21.00 WIB dari Gereja Katedral Medan menuju Sibolga.

"Minggu, 8 November 2020, pukul 21.00 WIB, pemberangkatan jenazah dari Katedral Medan menuju Sibolga. Dan akan singgah sejenak di Sinaksak," katanya.

Pada keesokan harinya, Senin (9/11/2020), setibanya di Sibolga, jenazah Mgr Anicetus Sinaga akan disemayamkan di Katedral Sibolga.

"Senin, 9 November 2020 setelah tiba di Sibolga dilanjutkan acara penyambutan di Katedral Sibolga. Pukul 10.00 WIB misa penyambutan dan pukul 18.00 WIB Misa Requiem," terangnya.

"Selasa, 10 November 2020, pada pukul 07.00 WIB Misa Requiem, pukul 12.00 WIB makan siang, pukul 14.00 WIB Misa Pemakaman di Katedral. Selanjutnya setelah Misa Pemakaman, akan dilanjutkan dengan pemakaman di Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang, Pandan, Tapteng. Kami mohon doanya agar seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar seturut kehendak Tuhan" akhirinya.
(Rio-RM)/PE


TAG : tokoh,sumut


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

forensik.jpg

Dokter Forensik: Sempurna Pasaribu Masih Hidup saat Rumah Dibakar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:35:04, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Teka-teki apakah korban Rico Sempurna Pasaribu beserta istrinya, Efprida Boru Ginting, anaknya SP (13), dan cucu LS (3), dibunuh baru dibakar rumahnya, Kamis dinihari (27/6/2024) di Jalan Nibung Surbakti, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), terungkap.  Dokter Forensik RS Bhayangkara TK II Medan, dr Ismurizal SpF, . . .

Berita Selengkapnya
kkj.jpg

Diduga Pembunuhan Berencana, Keluarga Rico Pasaribu Jurnalis dari Karo Lapor ke Polda Sumut

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:23:44, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) mengecam dugaan aksi pembakaran rumah jurnalis Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (27/6/2024) lalu. Kebakaran itu menewaskan Rico dan tiga anggota keluarganya. Anak korban yang berinisial EP meyakini, kebakaran itu tidak wajar. EP yang didampingi KKJ . . .

Berita Selengkapnya
sci.jpg

Inilah SCI, Metode Digunakan Polda Sumut Ungkap Tersangka Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:45:53, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Tak butuh lama, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) berhasil menangkap tersangka pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu yang terjadi pada Kamis dinihari (27/6/2024), di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Karo. Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut tak terlepas dari penggunaan metode modern Scientific Crime . . .

Berita Selengkapnya
pembunuhan.jpg

Kematian Wartawan Tibrata di Karo Mengarah ke Pembunuhan, 2 Tersangka Diciduk Bersama Barang Bukti

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:54:26, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Dua tersangka pembunuh wartawan Tribrata TV, dan satu keluarga terjadi pada Kamis (27/6/24) dinihari, berhasil diciduk Polres Tanah Karo. Kapoldasu Komjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, didampingi Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, dalam keterangan konferensi . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20240707-104933_WhatsApp_compress52.jpg

Ratusan Orang Casis Bintara dan Tamtama Kecewa, Ombudsman Bantah Dilibatkan Pengawas Eksternal

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔10:25:45, 13 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Ratusan calon pelamar atau calon siswa Bintara dan Tamtama Polri 2024 kecewa usai menerima pengumuman seleksi di Gedung Auditorium USU, Sabtu 6/7/2024. Ratusan orang yang sebagian besar dari keluarga calon siswa menyoraki Kapolda Sumatra Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat menuju mobilnya di Gedung . . .

Berita Selengkapnya
dprd8.jpg

Hari Pertama Ngantor di Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni Kunjungi Kantor DPRD

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔23:20:01, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Hari ini merupakan pertama kalinya Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni resmi berkantor di Sumut, dan langsung mengunjungi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Sutarto, guna perkuat sinergitas. Kegiatan ini berlangsung di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240627-WA0188_compress2.jpg

4 Orang Tewas, Polres Tanah Karo Lakukan Penyelidikan Terkait Terbakarnya Rumah Wartawan Online

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:57:15, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM,KARO - Sempurna Pasaribu Wartawan Media Online dan keluarganya tewas terbakar di sebuah kios di Jalan Nabung Surbakti, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo Kamis (27/6/2024) dinihari sekira pukul 02.30 WIB. PLH. Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan, S.I.K, M.H, membenarkan terjadinya peristiwa . . .

Berita Selengkapnya
20240621_152452_compress27.jpg

Kasus Pelajar SMP Tewas Mandek, Didampingi LBH Medan Ibu Ini Minta Perhatian Presiden Jokowi

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔12:42:24, 22 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Seorang pelajar SMP inisial MHS (15) diduga tewas usai dianiaya oknum TNI saat menertibkan tawuran. Didampingi Direktur LBH Medan Irvan Saputra, SH. MH, dan Richard D Hutapea (PBH) Sipil Politik LBH Medan selaku Kuasa Hukum Lenny Damanik, mengatakan penganiayaan itu diduga terjadi di dekat rel kereta api di Jalan Pelikan Ujung, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240622-WA0042.jpg

Ratusan Bangunan Mewah di CBD Disoroti DPRD dan Lembaga Swadaya Masyarakat

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔10:41:02, 22 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Lembaga Swadaya Masyarakat yang bernama Barisan Rakyat Peduli Negara (Barapena) Sumatera Utara, menyoroti ratusan  bangunan perumahan mewah diduga berdiri tanpa plang IMB/PBG di Jalan Lapangan Golf (Komplek CBD) Polonia  Kelurahan Suka Damai,  Kecamatan Medan Polonia, Sabtu  (22/6/2024). Kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240614-WA0101_compress58.jpg

Bareskrim Polri Ungkap Laboratorium Ekstasi Clandestine di Medan Area

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔12:51:34, 14 Jun 2024

RADARMEDAN.COM  - Dalam menindak tegas jaringan peredaran narkoba, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan didukung oleh Polda Sumut serta Bea dan Cukai berhasil mengungkap laboratorium ekstasi clandestine. Operasi ini, dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024, berakhir dengan pembongkaran fasilitas pembuatan obat terlarang . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo