Durian Pakpak Bharat Diminati Hingga ke Jakarta

Oleh : Radar Medan | 09 Sep 2021, 13:47:57 WIB | 👁 10681 Lihat
Kuliner
Durian Pakpak Bharat Diminati Hingga ke Jakarta

RADAR MEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Pecinta durian saat ini tentu sangat senang dengan datang musim durian yang sedang membanjiri banyak wilayah di seluruh pelosok Negeri. Salah satu Daerah penghasil buah yang terkenal dengan sebutan raja buah ini yakni Pakpak Bharat yang saat ini sedang memasuki musim panen raya buah durian. Daerah yang bertetangga dengan Provinsi Aceh ini memang sangat terkenal dengan buah duriannya yang legit dan wangi serta dengan tekstur dan warna yang sangat menarik.

Dibulan-bulan terakhir ini, sejumlah kecamatan di wilayah ini sedang mengalami masa puncak panen durian. Buah durian terlihat membanjiri beberpa ruas jalan diantaranya di Kecamatan Tinada, Sitellu Tali Urang Jehe serta Kerajaan yang memang terkenal sebagai pusat penghasil durian.

Banyaknya buah durian dipasaran tentunya berpengaruh pada nilai jual durian yang mau tidak mau mengalami penurunan drastic. Para petani durian mulai mengeluhkan turunnya nilai beli dari masyarakat pecinta durian.

Musim durian yang terjadi secara serentak tahun ini di berbagai wilayah sangat berpengaruh pada pendapatan kami para petani durian. 

"Durian jadi kurang laku, mungkin karena banyak juga durian lain dari daerah lain ya, kami juga agak kesulitan memasarkan buah ini, karena buah durian sangat rentan rusak dan cepat busuk sehingga menjadi sebuah kendala bila harus dikirim ke daerah lain yang agak jauh misalkan Medan atau Jakarta, "ungkap A Berutu, salah seorang petani durian di Sitellu Tali Urang Jehe, Kamis(9/9/2021). 

Mengatasi masalah seperti ini, para pedagang dan engepul durian yang sengaja datang dari luar daerah mau tidak mau harus memutar otak guna menjaga kualitas dan mutu durian tetap terjaga sampai ketangan konsumen. Salah satunya dengan pemanfaatan “Unit Thermo King”, yakni truk dengan fasilitas pendingin yang aman untuk mengemas serta mengirim buah durian guna menjaga kualitas buah durian dalam waktu yang relatif lama.

Seperti misalnya Sri br Sembiring, salah seorang pedagang durian asal Jakarta yang sengaja datang ke Daerah kecamatan Tinada guna mengumpulkan serta membeli buah durian dari masyarakat sekitar. Buah durian yang terkumpul selanjutnya dikemas kedalam truk pendingin ini untuk dikirim ke Jakarta.

"Untuk wilayah Pakpak Bharat ini saya sediakan dua unit truk Thermo King ini untuk membantu operasional kami mengumpul dan mengirim buah durian langsung ke Jakarta, buah durian daerah ini sangat terknal dan diminati banyak kalangan di Jakarta, sayangnya memang agak jauh ya tempatnya, jadi kami harus pakai truk pendingin khusus ini untuk menjaga durian tetap segar dan awet sampai nanti di Jakarta, "ungkap Sri Sembiring disela kesibukannya menyusun buah durian di Desa Mahala, Kecamatan Tinada.

Dia menambahkan dalam satu minggu biasanya bisa mengirim hingga empat truk serupa ke Jakarta yang nantinya akan diedarkan di Jakarta Pusat dan Bekasi. 

Sementara itu Hendri Solin, MM, Camat Tinada sendiri mengakui tentang buah durian yang saat ini sedang membanjiri wilayah Kecamatan Tinada.

Di Kecamatan ini ada beberapa Desa yang terkenal sebagai penghasil durian diantaranya Mahala, Majanggut dan desa lainnya. 

"Masalahnya saat ini memang sedang mengalami penurunan harga, ini dikarenakan pada musim tahun ini terjadi musim buah serentak dengan beberpa wilayah lain, tentunya berpengaruh pada nilai daya beli, dengan adanya unit pendingin seperti yang dipergunakan oleh ibu Sri ini sangat membantu kami dalam memasarkan buah ini bahkan sampai ke Kota-Kota Besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi dan lain-lainnya, mudah-mudahan hal ini dapat mempelopori para pedagang lainnya untuk datang dan membeli hasil-hasil bumi dari Pakpak Bharat ini, "ungkap Hendri Solin di Tinada. (MB/PR) 


TAG : pakpak-bharat


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya
meraung.jpg

Namboru Panjaitan ini Menangis Meraung Minta Perhatian Presiden Jokowi dan Menteri LBP

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔07:33:49, 18 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO -  Perayaan HUT RI biasanya dilaksanakan dengan kegembiraan diiringi berbagai pertandingan. Tapi kali ini aksi berbeda dilaksanakan 300an warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara.  Usai melaksanakan upacara kemerdekaan, 17 Agustus 2022 ratusan warga ini menangis menyampaikan . . .

Berita Selengkapnya
upacarapartibi.jpg

Heboh, Upacara Bendera HUT-RI ke-77, 300an Petani Menangis Minta Perhatian Presiden Jokowi

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔17:41:57, 17 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Upacara penaikan bendera biasanya diisi dengan kegembiraan, bahkan tidak jarang diisi dengan pertandingan-pertandingan seru yang meriah. Tapi kali ini situasi berbeda tampak pada warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Warga yang sebagian besar petani ini mengadakan upacara . . .

Berita Selengkapnya
Indonesia_Kuat.jpg

Sambut HUT RI Ke-77, Dosen Se-Indonesia Menulis Buku untuk Indonesia Kuat

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔08:47:25, 16 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI bertema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, sejumlah kademisi lintas perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri mengerjakan penulisan buku secara kolaborasi (15/08/22). Buku ini diberi judul Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar yang dikerjakan sejak 23 Juli-30 Juli . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220809-202143_detikcom_compress55.jpg

Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Ini Pernyataan Lengkap Kapolri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:29:42, 09 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo resmi menyandang status sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Ferdy diduga memerintah Bharada Richard Eliezer membunuh Brigadir J. "Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220804-WA0001_compress41.jpg

Polisi Grebek Jalan Baru Rantauprapat, Sejumlah Sabu Diamankan Bersama Dua Pelaku

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:08:07, 04 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, dan KBO Res Narkoba Polres Labuhanbatu kembali melakukan Pres Rilis terkait pengungkapan kasus Narkotika Gol I bukan tanaman, jenis sabu. Pada pres rilis, Martualesi Sitepu menyampaikan, pengungkapan diawali karena adanya . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1658211930832_compress98.jpg

Warga Partibi Lama Minta Penegak Hukum Usut Mafia Perambah Ribuan Ton Kayu Siosar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔15:03:39, 19 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Warga Desa Partibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo meminta aparat penegak hukum agar mengusut kasus perambah hutan yang terjadi di Siosar.  Para pelaku bebas merambah hutan dengan alasan untuk pembersihan lahan pengungsi gunung Sinabung, faktanya hingga sampai saat ini sudah berapa banyak kayu dari hasil . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-07-17_at_7_49_15_PM.jpg

Kebakaran Hutan di Muara, 1 Orang Warga Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:15:18, 17 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang terjadi di dusun Buntu Raha desa Sitanggor, kecamatan Muara, kabupaten Tapanuli Utara mengakibatkan satu orang warga meninggal dunia. Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi SIK.MH  melalui Kasi Humas , Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, satu  orang . . .

Berita Selengkapnya
KAPOLRS.jpg

Kapolda Sumut Lantik 5 Kapolres Termasuk Kapolres Taput

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔15:35:33, 14 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah kapolres di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Rabu (13/7). Upacara serah terima jabatan (sertijab) kapolres itu pun dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.  Adapun sejumlah kapolres yang . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo