Wali Kota Medan : Harus Berani Memaafkan dan Minta Maaf, Harus Tau Berterima kasih

Oleh : Radar Medan | 26 Nov 2022, 12:38:11 WIB | 👁 551 Lihat
Berita Kota
Wali Kota Medan : Harus Berani Memaafkan dan Minta Maaf, Harus Tau Berterima kasih

RADARMEDAN.COM, DELISERDANG - Ada dua poin penekanan yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemko Medan Tahun 2022 yang berlangsung di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, Jumat (25/11) malam. Poin pertama harus berani memaafkan dan meminta maaf, sedangkan yang kedua harus dapat berterima kasih.

Sebelum menyampaikan penekanan kedua poin tersebut, Bobby Nasution dalam kegiatan yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan ini juga mengungkapkan, sebelumnya telah menyampaikan kepada pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan dan Camat se-Kota Medan agar melaksanakan 4 poin penting yang harus dilakukan dalam menduduki suatu jabatan.

"Keempat poin itu yakni loyal kepada keluarga, loyal kepada masyarakat, loyal kepada pimpinan dan pintar. Malam ini saya tambah dua poin lagi yaitu harus berani memaafkan dan meminta maaf serta harus dapat berterima kasih," kata Bobby Nasution.

Dalam bekerja, tegas Bobby Nasution, pimpinan OPD dan Camat harus berani memaafkan dan minta maaf. "Kadang kita merasa sudah bekerja dan berbuat yang terbaik untuk Kota Medan, tapi kalau masih ada orang yang merasa kurang dan mengkritiknya, maafkan lah. Mungkin apa yang telah kita lakukan ini belum kena di hati mereka," ungkapnya.

Selain memaafkan, Bobby Nasution juga mengajak pimpinan OPD dan Camat untuk berani meminta maaf karena belum sepenuhnya memenuhi keinginan tersebut. Yang pasti, ungkapnya, setiap kegiatan yang dilakukan membawa satu nilai kebaikan, itu sudah mencapai keberkahan sesuai visi yakni mewujudkan masyarakat yang berkah, maju dan kondusif.

"Tapi jika ada yang merasa apa yang kita lakukan ini belum membawa satu kebaikan, berarti visi kita belum tercapai. Jadi, ini menjadi PR kita untuk mewujudkan itu," ujarnya di hadapan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK, Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad SIP MSi, Kajari Medan Wahyu Sabrudin SIP SH MH, Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat HS SIK MH, Kajari Belawan Nusirwan Syahrul SH MH dan Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman.

Selanjutnya poin yang kedua, jelas Bobby Nasution, pimpinan OPD dan Camat harus memiliki rasa terima kasih, terutama kepada siapa yang telah berjasa dan berbuat. "Rasa terima kasih itu perlu sebagai landasan kita berinovasi dan berkreasi guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Di penghujung arahannya, menantu Presiden Joko Widodo ini mengungkapkan, visi Medan yang berkah, maju dan kondusif tidak dapat dilakukan Pemko Medan sendiri tapi butuh bantuan dan kolaborasi dari seluruh unsur Forkopimda Kota Medan. "Mari kita bersama-sama mewujudkan visi Medan berkah, maju dan kondusif," harapnya.

Sebelumnya, Wali Wali Kota Medan H Aulia Rachman yang juga sebagai pemateri dalam acara tersebut mengungkapkan, dirinya dan Wali Kota merupakan orang baru di dalam tata pemerintahan di Pemko Medan. Meski demikian, tegasnya, jangan anggap tidak tahu menahu. Untuk itu semua OPD dan Camat harus sama-sama memahami dan fokus guna mewujudkan masyarakat Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif.

"Kita dapat lihat bersama apakah sudah berjalan dengan sempurna, sebab masih ada ditemukan ego sektoral di antara kita. Hilangkan itu dan mari kita duduk bersama untuk memecahkan permasalahan yang ada," ujar Aulia Rachman.

Selanjutnya, Aulia mengingatkan, pimpinan OPD dan Camat harus dapat memahami langkah apa yang dapat diambil guna mewujudkan visi misi Wali Kota. Kemudian melakukan inovasi dan mewujudkan Medan Satu Data. Sebab, data itu penting dalam mengambil langkah yang akan dilakukan, termasuk dalam mewujudkan Medan berkah, maju dan kondusif.

Terakhir, Aulia berpesan, pimpinan OPD dan Camat harus tahu dan memahami wilayah teritorial kerjanya masing-masing. "Selain itu bangun emosional dengan bawahan kita, sebab tidak sedikit mereka yang memiliki pengetahuan yang cukup baik. Tinggal kita buat formulanya dan sampaikan kepada Pak Wali Kota untuk ditindaklanjuti," pungkasnya.

Selain Aulia Rachman, Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad SIP MSi juga menjadi pemateri dalam kegiatan yang dihadiri seluruh pimpinan OPD dan Camat se-Kota Medan tersebut. Kepala BKDPSDM Kota Medan Sutan Tolang Lubis dalam laporannya menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk menajamkan potensi dan keterampilan persuasif baik secara individual maupun kolaboratif, guna memperkaya khasanah mindset para pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

"Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai 25-26 November 2022. Selain menghadirkan sejumlah narasumber untuk peningkatan kapasitas, kegiatan juga akan diisi dengan program outbond yang akan melatih kompetensi komunikasi dan pengembangan pribadi seluruh peserta," terang Sutan. (hms)/PE


TAG :


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo