Percepat Pemulihan Ekonomi, Ini Empat Langkah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

Oleh : Radar Medan | 10 Apr 2021, 10:25:48 WIB | 👁 1369 Lihat
Ekonomi
Percepat Pemulihan Ekonomi, Ini Empat Langkah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

RADARMEDAN.COM – Percepat pemulihan ekonomi, terutama menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan empat langkah, yaitu percepatan serapan APBD Kabupaten/Kota, pengawasan distribusi bahan pangan, memastikan ketersediaan bahan pangan dengan harga terjangkau, dan penyesuaian Pemungutan Pajak Bahan Bakar Kendaraan (PBBKB).

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Edy Rahmayadi, saat memberikan sambutan di acara Rapat Koordinasi High Level Meeting TPID dan Peluncuran Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Sumut di Ballroom Adimulya Hotel Medan, Jumat (9/4).

Untuk serapan anggaran APBD, Edy Rahmayadi mendorong Pemko/Pemkab mempercepat tender-tender dan juga belanja daerah. Serapan anggaran APBD akan menjadi stimulus ekonomi di masing-masing daerah, sehingga membantu pemulihan ekonomi. Sedangkan penyesuaian PBBKB dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga pemerintah bisa meningkatkan serapan anggarannya dan menghindari deflasi.

“Pemkab/Pemko harus lakukan percepatan serapan anggaran, karena hal itu akan menjadi stimulus ekonomi di daerah kita masing-masing. Penyesuaian PBBKB juga dilakukan untuk itu, agar serapan anggaran di Sumut lebih besar, sehingga kita bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kita dan menghindari deflasi berat,” ujar Edy Rahmayadi.

Kemudian, katanya, pemerintah juga perlu memastikan ketersediaan bahan pangan dan memonitor harga karena biasanya harga bahan pangan melonjak menjelang Ramadan dan Lebaran. Sumut sendiri cukup baik dalam memproduksi kebutuhan pangan seperti beras, cabai merah, cabai rawit, daging ayam, telur ayam dan minyak, keenam bahan pangan ini surplus.

Tetapi, untuk bawang merah, Sumut baru mampu memproduksi 64% dari total kebutuhan, sedangkan bawang putih 4,6%, gula pasir Sumut 100% memasok dari luar daerah. Untuk memastikan ketersediaan bahan pangan dan harga yang terjangkau perlu dilakukan monitoring pada sektor distribusinya.

Edy Rahmayadi berharap Tim Satgas Pangan bisa bekerja ekstra untuk memonitor distribusi bahan pangan.

“Kita banyak yang surplus, jadi harusnya tidak ada alasan yang surplus naik harganya, walau ini menjelang Ramadan dan Lebaran, bila naik drastis berarti ada masalah entah itu distribusi atau permainan tengkulak, Satgas Pangan perlu memonitoring ketat hal ini. Kalau harganya melonjak bisa-bisa masyarakat tak mampu beli dan kita mengalami deflasi,” kata Edy.

Ketersediaan bahan pangan dan harga berpengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi Sumut yang terdampak Covid-19 sejak tahun lalu. Kuartal IV tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Sumut sudah terkontraksi 2,21% (yoy). Edy Rahmayadi berharap kuartal I tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sumut diharapkan mampu mencapai 0%.

“Kita harus bekerja sekuat tenaga agar kuartal I tahun ini paling tidak pertumbuhan ekonomi kita mencapai 0%, karena itu empat langkah ini kita ambil,” kata Edy Rahmayadi, yang didampingi Sekdaprov Sumut R Sabrina.

Kepala BI Perwakilan Sumut Soekowardojo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sumut triwulan I tahun ini diprediksi masih terkontraksi 1,07%, sehingga perlu upaya-upaya khusus agar hal tersebut tidak terjadi. Selain empat upaya yang dilakukan Pemprov Sumut, juga perlu dilakukan pengimplementasian Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (EPTD).

Sampai saat ini, katanya, sudah ada 21 Pemko/Pemkab di Sumut yang sudah memiliki Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk pengimplementasian (EPTD), selanjutnya akan disusul daerah-daerah lain.

“Pertumbuhan ekonomi sudah menunjukkan perbaikan, tetapi hasil assessment kami prediksi kami masih minus, tetapi untuk tahun 2021 secara keseluruhan diprediksikan tumbuh 4,5%. Dan dengan mengimplementasikan EPTD keuangan daerah akan lebih transparan karena semua terdata sehingga optimalisasi pendapatan daerah bisa dilakukan,” kata Soekowardojo usai peluncuran TP2DD Pemprov Sumut bersama Edy Rahmayadi.

Turut hadir pada acara Rapat Koordinasi High Level Meeting TPID dan Peluncuran TP2DD Sumut Wakapolda Sumut Dadang Hartanto, Kepala OJK Regional 5 Sumbagut Yusup Ansori dan Pimpinan Perum Bulog Wilayah Sumut Arif Mandu. Selain itu juga hadir Bupati/Walikota se- Sumut baik secara fisik maupun virtual dan OPD terkait Pemprov dan Pemkab/Pemko.(Humas)/PE


TAG : sumut,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

Screenshot_20210506_080621_compress80.jpg

Wakil Walikota Medan Ultimatum Dinas Pendidikan 2x24 Jam Selesaikan Dana Bantuan Guru Honorer

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔11:50:30, 06 Mei 2021

RADARMEDAN.COM - Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Pendidikan Kota Medan. Hal itu dilakukan karena ada laporan dari para tenaga pengajar yang sampai saat ini bantuan honorer tenaga pendidik belum cair. "Saya terima laporan jika bantuan dana honorer tenaga guru belum cair. Apa masalahnya, . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210501_154611_compress20.jpg

Satu Warga Dairi Meninggal Positif Covid-19, Dimakamkan Secara Protokol Kesehatan

🔖 KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔15:51:22, 01 Mei 2021

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Satu warga Dairi inisial KL berusia 71 tahun meninggal dunia dalam status terkonfirmasi positif Covid-19. Warga dari itu sebelumnya memiliki penyakit terdahulu yakni gagal ginjal kronis dan sudah melakukan cuci darah selama 10 tahun lebih. "Warga ini sempat mendapat perawatan di RSU Bina Kasih sejak 26 April 21 lalu . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210430_142432_compress23.jpg

Manager Kimia Farma Kualanamu Raup Untung Rp30 Juta Perhari dari Antigen Bekas

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:28:07, 30 Apr 2021

RADARMEDAN.COM - Polda Sumut menyatakan Plt Business Manajer Laboratorium Kimia Farma Medan berinisial PM yang merangkap Kepala Layanan Kimia Farma Diagnostik Bandara Kualanamu meraup keuntungan sebesar Rp30 juta per hari dari pelayanan tes antigen menggunakan alat bekas. Nominal tersebut terungkap penyidikan yang dilakukan Direskrimsus Polda . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210226_185000_compress73.jpg

Panas, Saling Serang di Medsos Politisi Gerindra, Begini Tulis Bobby Nasution

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔08:51:35, 30 Apr 2021

RADARMEDAN.COM - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Romo Muhammad Syafii, terlibat debat panas dengan Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, terkait pencopotan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin yang dianggap Bobby lamban menangani Covid-19 di Kota Medan. Pencopotan itu menuai reaksi dari Romo Syafii yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210430-WA0000_compress65.jpg

Polda Sumut Tetapkan Lima Orang Tersangka Penggunaan Alat Bekas Rapid Test dan Swab di Kualanamu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔06:12:07, 30 Apr 2021

RADARMEDAN.COM - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) berhasil mengungkap penggunaan alat bekas rapid test antigen atau swab antigen di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Selasa (27/04/2021) lalu. Hal itu disampaikan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, pada saat gelar jumpa pers di Mapolda Sumut, Kamis . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210429_160810_compress81.jpg

Viral Babi Ngepet di Depok Ternyata Hoax, Pelaku Minta Maaf kepada Publik

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:18:29, 29 Apr 2021

RADARMEDAN.COM, DEPOK - AI (44), tersangka penyebar hoaks babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat, meminta maaf kepada publik atas perbuatannya. Ia kini ditahan Polres Metro Depok.  "Saya pertama mau mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kejadian pada hari Selasa yang viral itu, babi ngepet, adalah berita hoaks atau berita . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210428-WA0027.jpg

Beredar Kabar Polisi Grebek Lokasi Tes Antigen Bekas di Kualanamu

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔22:05:59, 28 Apr 2021

RADARMEDAN.COM - Beredarnya kabar viral di media sosial, bahwa personel polisi dari satuan Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumut (Ditreskrimsus Poldasu) telah menggerebek lokasi yang diduga tempat tes antigen dengan alat bekas di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, telah menuai keresahan warga yang hendak melakukan perjalanan dengan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210427-WA0005_compress96.jpg

KPU Labuhanbatu Tetapkan Paslon Erik-Rosa Pemenang Pilkada 2020

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔09:01:10, 28 Apr 2021

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu akhirnya menetapkan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu nomor urut 2, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar sebagai pemenang Pilkada Labuhanbatu tahun 2020. Hal ini ditetapkan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi Penghitungan Suara Ulang . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1619520152987_compress94.jpg

Dubes Ceko Kagumi Keindahan Pariwisata di Sumut Khususnya Danau Toba

🔖 INTERNASIONAL 👤Radar Medan 🕔17:49:42, 27 Apr 2021

RADARMEDAN.COM – Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek mengagumi keindahan sejumlah destinasi pariwisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya destinasi super prioritas Danau Toba. Bahkan Ceko berniat menjalin kerja sama dan membangun hotel di kawasan pariwisata. Hal tersebut diungkapkan Jaroslav Dolecek saat berkunjung . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210427_111429_compress94.jpg

Vandiko Gultom Minta ASN Samosir Loyal Kepada Masyarakat dalam Melayani Jangan Dilayani

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:42:41, 27 Apr 2021

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Usai dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi Senin (26/4/2021), Bupati Samosir Vandiko Gultom dan Martua Sitanggang langsung memimpin apel perdana dilapangan pemerintah daerah Samosir, Selasa(274/2021). Saat apel perdana itu dalam menyampaikan kata sambutan, Bupati Samosir Vandiko Gultom langsung . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo

Video Terbaru

Lihat Semua Video