Memasuki Hari Kelima Ramadhan, Tim PKK Kota Medan Lakukan Pengajian

Oleh : Admin Radar Medan | 10 Mei 2019, 21:02:29 WIB | 👁 642 Lihat
Komunitas
Memasuki Hari Kelima Ramadhan, Tim PKK Kota Medan Lakukan Pengajian

RADARMEDAN.COM - Memasuki hari kelima Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan menyelenggarakan Pengajian Ramadhan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman No. 35, Medan, Jumat (10/5).

Pengajian ini diikuti sedikitnya 250 orang yang terdiri dari Anggota TP. PKK Kota Medan, para Ketua TP. PKK Kecamatan, Ketua TP. PKK Kelurahan Se Kota Medan, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Medan, Pengajian Al-Hidayah Kota Medan serta Pengajian Aisyiah Kota Medan.

Sejak pagi satu persatu jama'ah pengajian mulai berdatangan memenuhi Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan dengan mengenakan pakaian serba putih. Meskipun cuaca pada hari kelima puasa ini cukup terik namun tidak menyurutkan langkah para Ibu-ibu pengajian mengikuti pengajian Ramadhan.

Ketua TP. PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH yang pada kesempatan itu diwakili Hj. Nurul Khairani Akhyar, SE selaku Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada seluruh jama'ah pengajian yang berhadir. Nurul menyampaikan, pengajian Ramadhan ini merupakan bagian dari kecintaan terhadap Al-Qur'an serta upaya mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Pengajian Ramadhan yang diselenggarakan TP. PKK Kota Medan ini merupakan upaya kita semua untuk selalu mencintai Al-Qur'an serta mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada jama'ah pengajian yang hadir dan bersama-sama melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an,” ujarnya.

Selain merupakan wujud kecintaan kepada Al-Qur'an, Nurul juga berharap pengajian Ramadhan ini menjadi alat pemersatu dan penguat tali silaturrahmi antara TP PKK Kota Medan dengan unsur ibu-ibu pengajian dari BKMT, Al-Hidayah dan Aisyiah. Nurul sangat menyadari bahwa kaum ibu merupakan bagian tidak terlepas dari pembangunan, khususnya pembangunan karakter generasi muda bangsa.

“Melalui pengajian Ramadhan ini mari kita pupuk rasa persaudaraan yang kuat serta pererat tali silaturahmi antara kita semua kaum ibu yang menjadi tonggak pembangunan karakter anak bangsa. Untuk itulah, selaku tonggak, kita semua harus lebih kokoh, dengan mengikuti berbagai kegiatan pengajian kita juga membekali diri untuk menjadi madrasah bagi anak-anak kita semua,” kata Nurul.

Kemudian, Nurul juga mengatakan, Bulan Ramadhan merupakan ladang amalan bagi kaum muslimin. Untuk itu diakhir sambutannya, Nurul mengajak seluruh jama'ah pengajian untuk terus meningkatkan ritme ibadah selama bulan Ramadhan yang nantinya juga diharapkan dapat diteruskan pada bulan-bulan selanjutnya.

“Bulan Ramadhan ini diharapkan merupakan awal perubahan besar dalam hidup kita semua. Semoga dengan meningkatkan ritme ibadah pada bulan ini tentunya akan menjadi terbiasa dalam menjalankan ibadah pada bulan-bulan selanjutnya. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung,” pungkasnya.

Selanjutnya, dengan penuh semangat ketaqwaan kaum Ibu jama'ah pengajian mendengarkan tausiah yang disampaikan Al Ustadz Susanto yang pada kesempatan ini membahas tentang jenis-jenis orang yang berpuasa menurut Imam Al Gazali yakni, puasa awam, puasa khusus, puasa khusus diatas khusus.

Dalam ceramahnya, Ustadz Susanto menyampaikan menurut yang pertama, ada orang puasa hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi perbuatan maksiat tetap dilakukannya, inilah puasa orang awam. Pada umumnya, mereka mendefenisikan puasa sebatas menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa secara dzahir.

Hal ini, sambung Ustadz Susanto, berbeda dengan tingkatan kedua, yaitu puasanya orang-orang shaleh. Mereka lebih maju dibandingkan orang awam, sebab mereka paham bahwa puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari melakukan dosa. Percuma berpuasa, bila masih terus melakukan maksiat. Karenanya, kelompok ini menilai maksiat menjadi pembatal puasa.

Lebih lanjut Ustadz Susanto menjelaskan bahwa yang ketiga adalah puasa paling khusus. Puasa model ini hanya dikerjakan oleh orang-orang tertentu. Hanya sedikit orang yang sampai pada tahap ini. Pasalnya, selain menahan lapar dan haus dan menahan diri untuk tidak bermaksiat, mereka juga memfokuskan pikirannya untuk selalu mengingat Allah SWT. Bahkan, pikiran selain Allah SWT dan pikiran terhadap dunia dianggap merusak dan membatalkan puasa.

"Dari tingkatan ini, kita mengetahui bahwa ibadah puasa merupakan kesempatan terbesar untuk melatih diri kita supaya lebih baik dari sebelumnya. Semoga puasa kita tidak bersifat formalitas, tetapi juga bermanfaat dan berdampak positif," jelasnya.

Pengajian ini turut dihadiri Kadis P3APM Kota Medan Khairunnisa ST MM serta Kabag Agama Setda Kota Medan Adlan SPd MM. Sebelum meninggalkan pendopo rumah dinas, para jama'ah pengajian Ramadhan diberikan buah tangan berupa makanan ringan untuk berbuka puasa dari TP. PKK Kota Medan.(humas/red)


TAG : sekitar-kita,komunitas


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo