Masyarakat India Harapkan Emsah Perangin-angin Perjuangkan Libur Nasional Dipawali

Oleh : Radar Medan | 12 Feb 2024, 01:35:05 WIB | 👁 489 Lihat
Politik
Masyarakat India Harapkan Emsah Perangin-angin Perjuangkan Libur Nasional Dipawali

RADARMEDAN.COM - Sejumlah masyarakat keturunan India bertemu dengan Ir. Emsah Perangin-angin, Caleg DPD RI No. 8 di Medan, Sabtu 10 Februari 2023 malam. Dalam pertemuan tersebut, Riswan, warga keturunan India menyampaikan harapannya agar Emsah Perangin-angin kelak dapat memperjuangkan hari libur Nasional Dipawali.

Menurut Riswan, Dipawali merupakan hari raya umat Hindu etnis Tamil yang sudah sejak lama, jika bicara kali Yoga sudah 5.125 kali Yoga, artinya sekian generasinya sudah ada di Indonesia ini. Dipawali merupakan pesta Cahaya Kemenangan Dharma melawan Adharma. Orang-orang India selalu melaksanakan hari raya ini dengan sangat istimewa yang sampai hari ini keistimewaan itu tidak menjadi sebuah titik kecerahan bagi pemerintah untuk menjadikan Dipawali sebuah libur nasional.

"Kami khususnya di kota Medan Bapak Wali Kota sudah memberikan (hari libur-red) namun hal ini diberikan menjadi libur Fakultatif artinya khusus untuk kota Medan dan beberapa daerah-daerah yang lain contoh DKI Jakarta. Harapan kami  Dipawali ini bisa diperjuangkan melalui tingkat DPR RI atau DPD RI yang dalam hal ini bapak Emsah Peranginangin yang berkomitmen akan memperjuangkan hak-hak kita, hak masyarakat khususnya masyarakat India Tamil yang ada di Sumatera Utara bahkan di Indonesia," ucap Riswan.

Menurut pemaparan Riswan, ia merasa kasihan disaat di kota Medan itu libur Dipawali karena fakultatif teman-teman mereka di Deli Serdang, di Kota Binjai teman-temannya di Tebing Tinggi, Asahan mereka enggak libur, mereka harus ambil cuti atau gajinya dipotong dari perusahaan dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

"Harapan kita para keterwakilan DPD RI khususnya Sumatera Utara bisa mengakomodir, bisa memberikan suara dengan lantang, saat adanya rapat atau adanya komitmen di parlemen bahwasannya Dipawali ini bisa menjadi libur nasional hal ini terus kita gaungkan dengan harapan kita agar generasi kita berikutnya akan menikmati hari raya seutuhnya," ucap Riswan.

Ia mencontohkan umat beragama Muslim hari rayanya kalender merah Kristen kalender merah dan lain-lain sehingga menjadi libur nasional.

"Namun kita orang-orang India yang ada hampir 60.000-an di Sumatera Utara bahkan di provinsi-provinsi lain juga banyak orang-orang India, yang merayakan hari raya Dipawali dari agama Hindu tidak pernah adanya libur nasional. Kami harapkan pemerintah pusat bisa memberikan sebuah pencerahan untuk Depawali menjadi libur nasional, harapan kami Bapak Emsah Peranginangin jika terpilih menjadi DPD RI bisa memperjuangkan hak-hak masyarakat kita khususnya masyarakat Hindu yang ada di Sumatera Utara khususnya jenis Tamil dalam kategori Dipawali menjadi libur nasional,"pungkas Riswan.

Emsah Perangin-angin, dalam pertemuan tersebut menyatakan akan memperjuangkan hari libur nasional Dipawali.

"Selaku perwakilan nantinya, saya akan berupaya menyuarakan aspirasi rekan-rekan masyarakat keturunan India Tamil di Medan, tentunya jika ini merupakan aspirasi masyarakat sudah saatnya perwakilan kita dari Sumatera Utara menyampaikan ini melalui DPD RI. Karena itu saya berharap dukungan dan doa dari segenap masyarakat agar memberikan hak suaranya nanti di TPS, khususnya DPD RI No 08 Ir. Emsah Perangin-angin," ucapnya.

Emsah Perangin-angin juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh tim pendukung, tim pemenangan yang ada di seluruh pelosok penjuru Provinsi Sumatera Utara.

"Dengan segala kerendahan hati saya ucapkan terima kasih atas seluruh kontribusi yang telah diberikan buat saya, dalam perjalanan saya, saya mungkin tidak bisa membalas satu persatu jasa-jasa kawan-kawan, yang telah memberikan kontribusi kepada di sepanjang kampanye ini, mulai dari proses bacalon sehingga sah menjadi calon dan hingga masa kampanye pemilu ini, mungkin tidak bisa saya sebutkan satu persatu," ucap Emsah.

Seraya mengucapkan terima kasih, Emsah Perangin-angin juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat provinsi Sumatera Utara dikarenakan luasnya cakupan wilayah sebagai seorang anggota DPD RI dan sempitnya waktu masa kampanye sehingga ia tidak bisa mengunjungi satu persatu seluruh masyarakat.

"Saya mohon maaf tidak bisa tidak bisa mengunjungi satu persatu kabupaten kota yang ada di seluruh Provinsi Sumatera Utara, baik itu tingkat kabupaten baik itu tingkat kota madya baik itu di tingkat kecamatan hingga kelurahan. Dalam kesempatan ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, saya berjanji apabila saya terpilih saya pasti mengunjungi setiap kabupaten kota untuk memastikan bahwasanya terjadi pemerataan pembangunan untuk memastikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat untuk memastikan proses pemerintahan berlangsung dengan baik," ucapnya.

Ia juga berjanji apabila dalam tempo 2 tahun menjabat apabila di ridhoi Tuhan, jika tidak ada dampaknya untuk Sumut ia siap mengundurkan diri.

"Ini untuk memotivasi saya, jika tidak ada dampaknya untuk Sumut saya siap dan wajib mengundurkan diri. Saya mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dapil Sumatera Utara bukan berdasarkan ketokohan bukan berdasarkan populer popularitas bukan berdasarkan pebisnis yang punya duit banyak akan tetapi saya mencalonkan diri berdasarkan rasa optimis dan dengan komitmen untuk mewakili seluruh masyarakat provinsi ada melalui sebuah lembaga tinggi negara yaitu yang namanya DPD RI," ucap Emsah.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat provinsi Sumatera Utara untuk datang ke setiap TPS yang telah ditentukan di seluruh pelosok-pelosok penjuru Sumatera Utara untuk menentukan pilihannya DPD RI kertas warna merah untuk mencoblos nomor punggung 8.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas waktu yang telah diuangkan seluruh masyarakat provinsi Sumatera Utara pada tanggal 14 Februari 2024 nantinya, sehingga meluangkan waktunya datang ke TPS dan mencoblos saya nomor 08, Ir. Emsah Perangin-angin.

Ia juga berkomitmen apabila terindikasi korupsi saya siap langsung mengundurkan diri, dan berkomitmen tidak akan susah untuk dihubungi oleh seluruh masyarakat provinsi Sumatera Utara. 

"Kiranya Tuhan Yang Maha Esa menyertai dan meridhoi perjuangan kita, perjuangan perjuangan Emsah Perangin-angin adalah perjuangan masyarakat provinsi Sumatera Utara menuju Provinsi Sumatera Utara yang sejahtera bermartabat adil dan makmur," pungkasnya. (Heryanson Munthe)/PE


TAG : tokoh,sumut,politik


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

forensik.jpg

Dokter Forensik: Sempurna Pasaribu Masih Hidup saat Rumah Dibakar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:35:04, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Teka-teki apakah korban Rico Sempurna Pasaribu beserta istrinya, Efprida Boru Ginting, anaknya SP (13), dan cucu LS (3), dibunuh baru dibakar rumahnya, Kamis dinihari (27/6/2024) di Jalan Nibung Surbakti, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), terungkap.  Dokter Forensik RS Bhayangkara TK II Medan, dr Ismurizal SpF, . . .

Berita Selengkapnya
kkj.jpg

Diduga Pembunuhan Berencana, Keluarga Rico Pasaribu Jurnalis dari Karo Lapor ke Polda Sumut

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:23:44, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) mengecam dugaan aksi pembakaran rumah jurnalis Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (27/6/2024) lalu. Kebakaran itu menewaskan Rico dan tiga anggota keluarganya. Anak korban yang berinisial EP meyakini, kebakaran itu tidak wajar. EP yang didampingi KKJ . . .

Berita Selengkapnya
sci.jpg

Inilah SCI, Metode Digunakan Polda Sumut Ungkap Tersangka Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:45:53, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Tak butuh lama, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) berhasil menangkap tersangka pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu yang terjadi pada Kamis dinihari (27/6/2024), di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Karo. Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut tak terlepas dari penggunaan metode modern Scientific Crime . . .

Berita Selengkapnya
pembunuhan.jpg

Kematian Wartawan Tibrata di Karo Mengarah ke Pembunuhan, 2 Tersangka Diciduk Bersama Barang Bukti

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:54:26, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Dua tersangka pembunuh wartawan Tribrata TV, dan satu keluarga terjadi pada Kamis (27/6/24) dinihari, berhasil diciduk Polres Tanah Karo. Kapoldasu Komjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, didampingi Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, dalam keterangan konferensi . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20240707-104933_WhatsApp_compress52.jpg

Ratusan Orang Casis Bintara dan Tamtama Kecewa, Ombudsman Bantah Dilibatkan Pengawas Eksternal

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔10:25:45, 13 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Ratusan calon pelamar atau calon siswa Bintara dan Tamtama Polri 2024 kecewa usai menerima pengumuman seleksi di Gedung Auditorium USU, Sabtu 6/7/2024. Ratusan orang yang sebagian besar dari keluarga calon siswa menyoraki Kapolda Sumatra Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat menuju mobilnya di Gedung . . .

Berita Selengkapnya
dprd8.jpg

Hari Pertama Ngantor di Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni Kunjungi Kantor DPRD

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔23:20:01, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Hari ini merupakan pertama kalinya Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni resmi berkantor di Sumut, dan langsung mengunjungi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Sutarto, guna perkuat sinergitas. Kegiatan ini berlangsung di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240627-WA0188_compress2.jpg

4 Orang Tewas, Polres Tanah Karo Lakukan Penyelidikan Terkait Terbakarnya Rumah Wartawan Online

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:57:15, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM,KARO - Sempurna Pasaribu Wartawan Media Online dan keluarganya tewas terbakar di sebuah kios di Jalan Nabung Surbakti, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo Kamis (27/6/2024) dinihari sekira pukul 02.30 WIB. PLH. Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan, S.I.K, M.H, membenarkan terjadinya peristiwa . . .

Berita Selengkapnya
20240621_152452_compress27.jpg

Kasus Pelajar SMP Tewas Mandek, Didampingi LBH Medan Ibu Ini Minta Perhatian Presiden Jokowi

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔12:42:24, 22 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Seorang pelajar SMP inisial MHS (15) diduga tewas usai dianiaya oknum TNI saat menertibkan tawuran. Didampingi Direktur LBH Medan Irvan Saputra, SH. MH, dan Richard D Hutapea (PBH) Sipil Politik LBH Medan selaku Kuasa Hukum Lenny Damanik, mengatakan penganiayaan itu diduga terjadi di dekat rel kereta api di Jalan Pelikan Ujung, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240622-WA0042.jpg

Ratusan Bangunan Mewah di CBD Disoroti DPRD dan Lembaga Swadaya Masyarakat

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔10:41:02, 22 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Lembaga Swadaya Masyarakat yang bernama Barisan Rakyat Peduli Negara (Barapena) Sumatera Utara, menyoroti ratusan  bangunan perumahan mewah diduga berdiri tanpa plang IMB/PBG di Jalan Lapangan Golf (Komplek CBD) Polonia  Kelurahan Suka Damai,  Kecamatan Medan Polonia, Sabtu  (22/6/2024). Kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240614-WA0101_compress58.jpg

Bareskrim Polri Ungkap Laboratorium Ekstasi Clandestine di Medan Area

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔12:51:34, 14 Jun 2024

RADARMEDAN.COM  - Dalam menindak tegas jaringan peredaran narkoba, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan didukung oleh Polda Sumut serta Bea dan Cukai berhasil mengungkap laboratorium ekstasi clandestine. Operasi ini, dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024, berakhir dengan pembongkaran fasilitas pembuatan obat terlarang . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo