Jelang Debat II Bara JP Minta Prabowo Bicara Pakai Data
Akibat Sering Bicara Tanpa Data

Oleh : Admin Radar Medan | 15 Feb 2019, 21:49:00 WIB | 👁 1467 Lihat
Politik
Jelang Debat II Bara JP Minta Prabowo Bicara Pakai Data

RADARMEDAN.COM, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02 Pak Prabowo Subianto diminta untuk selalu berbasis data dalam memberikan pernyataan kepada masyarakat atau pendukungnya, khususnya menjelang debat kedua yang akan diadakan hari Minggu (17/2). Hal ini rentan menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Lebih jauh, akibatnya muncul suasana tidak kondusif dan berimbas  pada perang kata-kata terutama di media sosial.

Hal ini disampaikan Viktor S Sirait, Pengurus Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) menanggapi beberapa pernyataan kontroversial Prabowo dalam beberapa waktu terakhir.

Ia mencontohkan pernyataan Prabowo soal selang yang dipakai 40 orang pasien cuci darah secara bergantian. Menurut Viktor, pernyataan Prabowo itu menyesatkan karena hal itu tidak benar dan direktur RSCM pun sudah membantah.

"Direktur RSCM sudah membantah secara tegas dan menyebutkan RSCM menggunakan sekali pakai (single use) baik untuk selang hemodialisis maupun dialiser," katanya.

Pernyataan Prabowo lainnya yang menyesatkan, kata Viktor, adalah ihwal potensi negara Indonesia punah jika dirinya dan Sandiaga Uno kalah dalam pemilihan presiden 2019.

“Itu pernyataan yang sangat menyesatkan dan asal bunyi. Bagaimana mungkin Indonesia akan punah hanya karena akan mereka kalah. Indonesia akan tetap melangkah, menuju indonesia maju, masyarakat sejahtera di seluruh tanah air dari Sabang sampai Merauke, Miangas hingga Rote di bawah kepemimpinan bapak Jokowi yang akan memimpin bangsa ini periode kedua lima tahun ke depan,” ujarnya.

Pernyatan lain yang kontroversial, lanjut Viktor, adalah pernyataan Prabowo soal kebocoran anggaran negara sebesar 25% atau sekitar Rp 500 triliun. Menurutnya, Prabowo jangan asal ngomong soal kebocoran negara sementara dia tak dapat menunjukkan buktinya.harusnya pernyataan jni harus diikuti oleh bukti-bukti, sehingga layak untuk diperdebatkan atau didalami.

“Presiden Jokowi sendiri sudah menantang Prabowo kalau punya bukti bawa saja ke KPK. Tapi apa, sampai sekarang Prabowo tidak bisa menjawab tantangan Jokowi itu,” ujarnya.

Yang terbaru, Prabowo mengatakan bahwa harga beras dan daging di Indonesia tertinggi di dunia. Padahal, dari data yang ada, kata Viktor, masih banyak negara yang harga berasnya jauh lebih tinggi dari Indonesia.

Dia memberi contoh harga beras di Indonesia Rp 12.000 per kg atau lebih murah dibandingkan Jepang yang mencapai Rp 59.000 per kg.

“Demikian juga pula harga daging. Harga daging di Indonesia rata-rata Rp 80 ribu sementara di Swiss  mencapai Rp 675.000 per kg serta Hong Kong mencapai Rp 276.000 per kg,” ucapnya.

Dia meminta agar Prabowo dalam setiap pernyataan atau kampanye ke pendukungnya bisa menggunakan data yang akurat sehingga tidak terkesan asal bunyi.

“Pernyataan-pernyataan asal bunyi sangat rentan menimbulkan gesekan di masyarakat. Jangan membuat pernyataan asal bunyi dan menyesatkan hanya demi ambisi kekuasaan. Politik semacam ini sangat tidak sehat,” tutupnya.

Jelang debat calon presiden 2019 kedua menyoal energi, infrastruktur, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup yang akan berlangsung pada Minggu (17/2) besok. Viktor meyakini, dalam debat Prabowo akan melontarkan hal-hal yang sebelumnya sering diucapkannya tiap kali mendapat kesempatan dipanggung.

"Saya yakin, tak ada hal baru dari Prabowo. Minim pengalaman, tak pernah jadi bupati atau walikota, DPR atau gubernur mau langsung jadi presiden. Yang terjadi ya asal bunyi,” katanya lagi.

Untuk itu Viktor berharap rakyat Indonesia meluangkan waktu menyaksikan tiap kali debat pilpres berlangsung.

"Debat itu penting, jadi kita tahu mana yang punya prestasi dan mana yang hobbynya hanya nyinyir," tutupnya. (Berita ini telah dimuat di tagar.id

TAG : nasional,politik


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo