Harga Jahe Turun Drastis, Petani di Sumatera Utara Alami Kerugian

Oleh : Radar Medan | 25 Apr 2021, 00:40:04 WIB | 👁 6221 Lihat
Opini
Harga Jahe Turun Drastis, Petani di Sumatera Utara  Alami Kerugian

Oleh : Mikha Elisa Sestriayu Sirait & Ignatius Soni Kurniawan, S.E., M.Sc

RADARMEDAN.COM - Jahe merupakan tanaman yang berasal dari asia tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer akan khasnya dan dijadikan sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Bahkan digunakan sebagai pengobatan alternatif  di China, India, hingga Timur Tengah.

Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan.

Manfaat tanaman herbal ini juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar.

Bahkan, manfaat jahe disebut-sebut dapat mencegah berbagai kanker. Namun, selain itu terdapat banyak manfaat jahe antara lain seperti mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, membantu proses detoksifikasi mencegah penyakit kulit, anti peradangan. 

Awal pandemic 2020 jahe diburu oleh masyarakat, karena dianggap sebagai peningkat sistem imun tubuh. Bahkan terjadi panic buying saat itu yang mengakibatkan harga jahe melonjak mahal.

Dikarenakan hal tersebut, banyak petani yang memilih bertanam jahe di masa pandemic, salah satunya di Sumatera Utara.

Jahe memiliki masa panen selama 8 sampai 12 bulan, tergantung dari keperluan jahe tersebut. Misalnya saja jika jahe dipergunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti bumbu masak, maka umur panen jahe di kisaran 8 bulan.

Jahe yang ditanam pada umumnya adalah jahe merah, karena jahe merah lebih mahal harganya dibanding dengan jahe putih. Di masa pandemic, untuk harga jahe merah sendiri sekitar Rp.40.000/Kg dan untuk harga bibitnya sekitar Rp.45.000/Kg.

Hanya membayangkan harganya saja bisa membuat orang tergiur, makanya banyak masyarakat yang menanam jahe merah secara besar-besaran dengan luas tanah dari 1 rantai hingga 4 rantai, bahkan ada yang hingga 1 hektar.

Yang paling penting adalah modal, karena menanam jahe juga membutuhkan modal yang cukup besar. Sebab pupuk yang dibutuhkan juga cukup banyak, dan harga pupuk sendiri juga cukup mahal.

Pemberian pupuk dapat dimulai pada saat usia tanaman jahe sudah dua bulan, pupuk yang diberikan adalah  pupuk urea dan SP-36 dengan dosis 10 gram setiap meter persegi. Tanaman jahe merah yang berusia 5 bulan juga bisa diberikan susulan pupuk urea dan KCl dengan dosis takaran yang sama yaitu 10 gram setiap meter persegi.

Naiknya harga jahe merah di Sumut, dinilai sangat membantu dalam  peningkatan ekonomi keluarga yang semakin membaik terlebih dalam masa pandemic. Panen yang diperoleh bisa mencapai Rp.200.000.000 sampai dengan Rp.500.000.000. 

Banyak keluarga terlanjur menyusun rencana seperti merenovasi rumah, membeli kendaraan baik mobil maupun motor, kemudian pendapatan selebihnya digunakan untuk tabungan masa depan. Tidak hanya petani, namun  para pedagang yang menjual jahe juga merasakan keuntungan yang cukup besar. 

Namun, pada akhir Maret lalu terjadi penurunan harga jahe yang sangat drastis. Saat ini, harga jahe merah hanya sekitar Rp.4.000/Kg dan harga bibit jahe merah sekitar Rp.6.500/Kg.

Penurunan harganya hanya bersisa sekitar 10% dari harga sebelumnya. Penyebab turunnya harga jahe adalah karena terjadi panen raya  di Sumatera Utara, hal yang sama juga terjadi panen raya di  Pulau Jawa. Dan selain itu, karena peminat jahe saat ini sudah berkurang atau tidak lagi melakukan aksi borong (panic buying) dengan kata lain tingkat permintaan menurun. 

Banyak masyarakat yang menanggung kerugian akibat turunnya harga jahe tersebut. Setiap harapan dan rencana yang sudah disusun dengan sangat baik tiba-tiba harus hancur lenyap. Bahkan masih banyak masyarakat berharap harga jahe naik setidaknya dengan harga Rp.10.000/Kg, supaya tidak terlalu rugi. Apalagi, saat ini ada informasi beredar bahwa kegiatan sekolah luring atau tatap muka akan segera diberlakukan, para orang tua juga akan mulai memikirkan seperti tiket anaknya kembali ke kota perantauan. Banyak orang tua yang berpikir, jika saja harga jahe masih tetap mahal maka tabungan untuk masa depan dapat digunakan saat situasi yang kadang datang secara mendadak.

Para pedagang jahe juga merasakan penurunan pendapatan karena sepi pembeli. Para pedagang mengatakan sebelumnya yaitu pada awal pandemic mereka dapat menjual jahe hingga 20 kg dalam sehari, namun akhir-akhir ini 20 kg dapat terjual dalam kurun waktu hingga seminggu.

Namun, apapun yang terjadi tentunya bukanlah atas kehendak manusia. Oleh sebeb itu, melalui kejadian ini kita dapat mengambil hikmah yaitu untuk selalu berjaga-jaga atas apapun yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.

*(Penulis adalah Mahasiswa Strata 1 di Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta)


TAG : opini,sumut,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20221122-WA0015.jpg

Enam Tersangka Korupsi Perjalanan Dinas Fiktif Anggota DPRD Labuhanbatu Ditahan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:26:37, 22 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Polres Labuhanbatu menetapkan enam tersangka dalam kasus dugaan korupsi biaya perjalanan dinas fiktif di DPRD Labuhanbatu. Enam tersangka dalam kasus yang merugikan negara sebesar Rp 5.019.832.500,00 (Lima Miliar Sembilan Belas Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah) itu, resmi . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1667962145030.jpg

PT Waskita Karya akan Bangun Jalan Senilai 2,7 Triliun di Sumut

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔09:54:37, 09 Nov 2022

RADARMEDAN.COM - Direktur Utama PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono menegaskan proyek perbaikan jalan di Sumatera Utara (Sumut) senilai Rp 2,7 triliun akan selesai sesuai target. Sebagai kontraktor proyek tersebut, PT Waskita Karya optimis target progres 33% akhir tahun ini dapat dicapai, dan saat ini sudah berjalan 5%.  Hal itu . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221107-WA0007_compress63.jpg

Inspektorat Provsu Lakukan Pembinaan dan Pengawasan Umum Terhadap Jajaran Pemkab Samosir

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔09:08:47, 08 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Seluruh Pimpinan OPD, Para Camat, Kepala Desa , Kepala Sekolah TK,SD,SMP, SMA/SMK, Kepala Puskesmas/Poskesdes se-Kabupaten Samosir mengikuti Pembinaan, Pengawasan Umum dan Teknis Penyelenggaraan Pemerintah Daerah oleh Inspektorat Propinsi Sumatera Utara yang dipimpin langsung oleh Bapak Inspektur Provsu, Lasro Marbun, SH, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221107-WA0002.jpg

DPC Pospera Dairi Apresiasi Bupati Dairi yang Langsung Respon Keluhan Masyarakat

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:37:40, 07 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Ketua DPC Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Dairi Lambok L Sitanggang apresiasi Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu yang langsung merespon aduan dan keluhan masyarakat, terkait adanya warga kurang mampu yang meninggal disalah satu Rumah Sakit dikota Medan,Sabtu (5/11/2022). Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221101-WA0017_compress86.jpg

Polisi Bekuk Lima Pelaku Pembunuhan di Sei Rakyat

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔23:19:05, 01 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Lima terduga pelaku pembunuhan terhadap Ruliman Simangunsong alias Acong berhasil diamankan tim gabungan Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu dan Unit Satuan Reserse Polsek Panai tengah. Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti melalui Kanit 1 Reskrim polres Labuhanbatu, IPDA Sarwedi Manurung dan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1667229091661_compress97.jpg

Gubsu Janji Perbaiki Jalan ke Kampung Halaman Jeka Saragih

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔22:16:52, 31 Okt 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sambut kepulangan atlet MMA berprestasi asal Sumut Jeka Saragih di Rumah Dinasnya, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (31/10). Pada kesempatan ini, Jeka Saragih meminta kepada Gubernur Sumut untuk membantu perbaikan jalan ke kampungnya Bah Pasussang, Kecamatan Raya, Kabupaten . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221031-WA0001_compress9.jpg

50 Tahun GKPPD Sukadame, Bupati Dairi Ajak Jemaat Dukung Program Pemerintah

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔22:05:14, 31 Okt 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - GKPPD Sukadame, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi mengadakan pesta Oang-Oang Jubileum 50 tahun, Minggu (30/10/2022). Pesta jubileum tersebut dihadiri Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu dan pimpinan OPD.  Pesta jubileum diawali dengan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221029-WA0001_compress73.jpg

Bupati Samosir Lepas Kontingen Samosir Mengikuti Porprovsu XI Tahun 2022

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔06:49:04, 30 Okt 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Sebanyak 29 Atlet dari 5 Cabang Olahraga dilepas dan diberangkatkan oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST untuk mengikuti pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara XI Tahun 2022 yang akan digelar tanggal 29 Oktober - 5 November 2022 di Medan. Pelepasan kontingen ini dilaksanakan di Tanah Lapang Pangururan, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221026-WA0002_compress41.jpg

Pasca Gempa Bumi di Taput, TPL Kembali Serahkan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:26:03, 27 Okt 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Sebagai bentuk kepedulian Toba Pulp Lestari (TPL) kembali hadir berkontribusi memberikan dukungan kepada 7 KK masyarakat yang menjadi korban bencana gempa bumi di 4 Desa, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara yang terjadi awal Oktober lalu, Rabu(26/10/2022). Dukungan yang diserahkan oleh TPL . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1664847358195_compress28.jpg

Warga Medan Naik Angkot Bisa Dapat Subsidi, Download Aplikasi Sibonas

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔08:46:30, 04 Okt 2022

RADARMEDAN.COM - Sekitar 900 unit angkutan kota (angkot) di Kota Medan dari berbagai jurusan dalam kota sudah ditempelkan stiker bertuliskan ‘Angkot Bersubsidi Pemko Medan’.  Hal ini berarti mulai hari ini, Senin (3/10/2022) hingga bulan Desember 2022 mendatang masyarakat Kota Medan sudah dapat memanfaatkan subsidi ongkos . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo