Hadiri KIM Investment Expo 2021, Gubernur Edy Rahmayadi Apresiasi Perhatian Menteri BUMN ke Sumut

Oleh : Radar Medan | 26 Nov 2021, 08:58:07 WIB | 👁 2345 Lihat
Ekonomi
Hadiri KIM Investment Expo 2021, Gubernur Edy Rahmayadi Apresiasi  Perhatian Menteri BUMN ke Sumut

Keterangan Gambar : Menteri BUMN Erick Tohir saat meninjau kawasan industri Medan.


RADARMEDAN.COM - Kehadiran Menteri BUMN RI Erick Tohir ke Kawasan Industri Medan (KIM) dalam rangka membuka kegiatan KIM Expo 2021 mendapat apresiasi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Hal itu karena harapan pembangunan fasilitas pengolahan limbah kini terwujud.

"Saya masuk ke KIM ini, bisa dihitung baru tiga kali. Sebelumnya saya datang, karena untuk urusan limbah. Sudah sejak lama saya ingin ada fasilitas pengolahan limbah di Sumatera Utara," ujar Edy Rahmayadi di lokasi acara, Komplek KIM IV, Jalan Saparua IV, Deliserdang, Kamis (25/11).

Hadir pada acara tersebut, Menteri BUMN Erick Tohir, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Wakil Walikota Medan Aulia Rachman, Wakil Bupati Deliserdang M Yusuf Siregar, Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar serta perwakilan unsur Forkopimda Provinsi. Turut mendampingi Direktur Umum PT KIM Ngurah Wirawan, Direktur Utama PT Adhi Karya Entus Asnawi serta sejumlah pejabat.

Menurut Edy, selama ini permintaan untuk membangun fasilitas pengolahan limbah khususnya bahan beracun dan berbahaya (B3) dari rumah sakit (RS), dimana selama ini masih harus dikirim ke Jawa Barat. Sehingga biaya yang dikeluarkan sangat tinggi.

"Terima kasih karena Pak Menteri mengizinkan. Seperti di Kota Medan, ada lima sungai yang membelah. Itu kondisinya sangat mengkhawatirkan limbahnya. Maka kami berharap semoga ini bisa dipercepat (peningkatan kapasitas). Saya akan fasilitasi apa yang bisa kami siapkan," ujar Edy.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan bahwa beberapa hal yang menjadi fokus perhatian dalam pengembangan kawasan industri di Indonesia. Pertama adalah bagaimana pengolahan limbah bisa dimaksimalkan untuk mendukung program penghijauan. Kedua, bagaimana menciptakan energi terbarukan dari proses mengelola limbah.

"Kita sudah mulai, di KIM ini kerja sama BUMN dan Pemerintah Daerah. Dan yang terakhir, adalah bagaimana pengolahan air bersih. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan kompetisi, terutama untuk produksi dalam negeri," sebut Erick.

Dirinya pun berharap, pada kegiatan yang bertema 'Let's Invest in Medan' tersebut, Sumut menjadi prioritas bagi semua pihak yang ingin menanamkan modalnya di provinsi ini. Sehingga pemerintah tidak lagi memfokuskan pembangunan hanya di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Jawa.

"Kita harus berkolaborasi dalam menghadapi persaingan. Sehingga ketika saya minta tolong (membangun kerja sama) dengan swasta, bukan berarti pemerintah tidak berkontribusi. Karena ini eranya kita harus solutif, saya minta BUMN punya mental melayani, bukan birokrasi," jelasnya.

Senada dengan itu, Direktur Utama PT KIM Ngurah Wirawan menyebutkan bahwa keberadaan kawasan industri tersebut sudah 33 tahun. Sampai sekarang masih terus beroperasi dan berkembang lebih baik lagi.

"Walaupun memang kita akui, agak redup. Karena infrastruktur yang sudah tua dan perlu perbaikan. Terutama bagaimana kita mengatasi banjir," sebutnya, yang berharap dukungan pemerintah setempat.

Selain itu, Ngurah juga meyakini bahwa dengan kegiatan KIM Expo 2021 'Let's Invest in Medan', yang dihadiri Menteri BUMN tersebut, dapat mendorong peningkatan investasi di Sumut, khususnya di KIM.

Dari segi fasilitas pengolahan limbah, Direktur Utama PT Adhi Karya Persero Entus Asnawi menjelaskan fasilitas pengolahan limbah di KIM menjadi yang pertama dibangun di Pulau Sumatera. Dengan begitu, dapat menjawab tantangan yang dihadapi dengan sangat baik. Mengingat pasar untuk pengolahan limbah begitu luar biasa.

"Meskipun kapasitasnya sekarang ini masih terbatas, awal pertengahan tahun depan kita akan tambah lagi. Mudah-mudahan ini menjadi pemicu untuk kawasan industri di Medan (sekitarnya), dan dapat menjawab tantangan dan tuntutan dunia kepada kita dalam menyelesaikan masalah lingkungan," pungkasnya.

Pembukaan KIM Expo 2021 ditandai pemukulan Gordang Sambilan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah, dan lainnya. Sebelum meninggalkan tempat, rombongan meninjau lokasi pameran perusahaan BUMN sekaligus pengguntingan pita stan UMKM.(infosumut /PR) 


TAG : deliserdang,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

1642981994562-bara-jp.jpg

Bara JP Dukung Pemerintah Keluarkan UU Tentang Pengesahan IKN Nusantara

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔19:40:47, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP) Komaruddien Mangunjaya mengatakan mendukung penuh Pemerintah mengeluarkan Undang-undang yang akan digodok DPR tentang pengesahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  "Dan kami DPP Bara JP dan Seluruh Kader Bara JP semua mendukung atas ditetapkan . . .

Berita Selengkapnya
banpol.jpg

Oknum Banpol Polres Langkat Pemeras Sopir Diciduk di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:24:26, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - Sempat melarikan diri, oknum Banpol Polres Langkat berinisial AR yang disebut-sebut melakukan pemeresan terhadap sopir minibus, akhirnya ditangkap petugas kepolisian di Rantauprapat, Labuhanbatu, Minggu (23/1) pagi. Pemerasan itu dilakukan AR saat menggelar Razia di Jalinsum Medan – Aceh, persisnya di Pos Lantas Polsek . . .

Berita Selengkapnya
tanampohon.jpg

Kado Untuk Bu Mega, PDI Perjuangan Sumut Tanam 35 Ribu Pohon di Sejumlah Daerah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔17:26:57, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Sumatera Utara melakukan kegiatan penanaman 35 ribu pohon serentak di 33 kabupaten/kota Sumatera Utara. Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon mengatakan, penanaman pohon tersebut dalam rangka HUT ke-49 PDI Perjuangan.  "Juga  sekaligus  kado ulang tahun ke . . .

Berita Selengkapnya
eqiluq.jpg

Fenomena Equiluks akan Terjadi di Sejumlah Daerah Termasuk Sumut

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔12:51:35, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan tiga ibu kota dan 36 lokasi lain di lima provinsi di Indonesia mengalami ekuiluks pada tanggal tertentu di periode Januari-Februari 2022. Tiga ibu kota provinsi di belahan utara Indonesia bakal bisa mengalami fenomena ekuiluks yaitu Tanjungselor (Kalimantan Utara) pada 27 . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220120_071452_compress87.jpg

KPK OTT Bupati Langkat dan Plt Kadis PU

🔖 LANGKAT 👤Radar Medan 🕔07:19:39, 20 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, LANGKAT - Polda Sumut bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin. Bupati Langkat diamankan dari rumahnya di Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Rabu (19/1/2022). Selain Bupati Langkat, Polda Sumut dan KPK . . .

Berita Selengkapnya
rudibatam.jpg

Batam Jadi Rujukan Berabagai Daerah

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔20:59:04, 17 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, BATAM - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan rombongannya, melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam, Senin (17/1/2022). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka misi dagang Bupati Simalungun beserta Pelaku Usaha Cabe dan Telur dengan Distributor Sembako Kota Batam. Rombongan diterima Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil . . .

Berita Selengkapnya
wagubsu1.jpg

Pemprov Sumut Gandeng BWS Revitalisasi Tiga Pesanggrahan Bung Karno

🔖 SEJARAH 👤Radar Medan 🕔07:39:19, 15 Jan 2022

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggandeng Beranda Warisan Sumatra (BWS) merevitalisasi tiga peninggalan sejarah Pesanggrahan Bung Karno di Parapat, Berastagi dan Kotanopan.  Pelestarian warisan budaya ini dianggap penting sebagai penguatan kepribadian bangsa, menjadi destinasi pariwisata dan sumber ilmu pengetahuan bagi para . . .

Berita Selengkapnya
edybobby.jpg

Gubernur Sumut Minta Bobby Tertibkan Bus dan Angkutan Umum di Medan

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔17:47:05, 12 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Binjai dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam pengembangan angkutan massal berbasis jalan/Bus Rapit Transit (BRT) di kawasan perkotaan Medan, Binjai dan . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220111_085904_compress95.jpg

Petugas Kebersihan Bandara Kualanamu Temukan Emas 97 gram di Toilet

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔09:06:52, 11 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, DELISERDANG - Emas seberat 97 gram (gr) ditemukan di toilet Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut). Emas tersebut ditemukan oleh Petugas Kebersihan (cleaning service) bernama Dewi Lestari. Asisten Manajer Humas PT Angkasa Pura II (Persero) Kualanamu, Novita Maria Sari, membenarkan penemuan emas . . .

Berita Selengkapnya
ericmangkei.jpg

PLN Pastikan Listrik Aman Saat Kunjungan Menteri BUMN di Sumut

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔20:30:04, 10 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara komitmen menjaga keandalan pasokan listrik saat kunjungan kerja Menteri BUMN, Erick Thohir, ke Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Sebagai upaya pemerintah dalam menggerakkan perekonomian di wilayah pinggiran melalui pengembangan KEK menjadi satu . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo