Hadiri KIM Investment Expo 2021, Gubernur Edy Rahmayadi Apresiasi Perhatian Menteri BUMN ke Sumut

Oleh : Radar Medan | 26 Nov 2021, 08:58:07 WIB | 👁 3572 Lihat
Ekonomi
Hadiri KIM Investment Expo 2021, Gubernur Edy Rahmayadi Apresiasi  Perhatian Menteri BUMN ke Sumut

Keterangan Gambar : Menteri BUMN Erick Tohir saat meninjau kawasan industri Medan.


RADARMEDAN.COM - Kehadiran Menteri BUMN RI Erick Tohir ke Kawasan Industri Medan (KIM) dalam rangka membuka kegiatan KIM Expo 2021 mendapat apresiasi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Hal itu karena harapan pembangunan fasilitas pengolahan limbah kini terwujud.

"Saya masuk ke KIM ini, bisa dihitung baru tiga kali. Sebelumnya saya datang, karena untuk urusan limbah. Sudah sejak lama saya ingin ada fasilitas pengolahan limbah di Sumatera Utara," ujar Edy Rahmayadi di lokasi acara, Komplek KIM IV, Jalan Saparua IV, Deliserdang, Kamis (25/11).

Hadir pada acara tersebut, Menteri BUMN Erick Tohir, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Wakil Walikota Medan Aulia Rachman, Wakil Bupati Deliserdang M Yusuf Siregar, Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar serta perwakilan unsur Forkopimda Provinsi. Turut mendampingi Direktur Umum PT KIM Ngurah Wirawan, Direktur Utama PT Adhi Karya Entus Asnawi serta sejumlah pejabat.

Menurut Edy, selama ini permintaan untuk membangun fasilitas pengolahan limbah khususnya bahan beracun dan berbahaya (B3) dari rumah sakit (RS), dimana selama ini masih harus dikirim ke Jawa Barat. Sehingga biaya yang dikeluarkan sangat tinggi.

"Terima kasih karena Pak Menteri mengizinkan. Seperti di Kota Medan, ada lima sungai yang membelah. Itu kondisinya sangat mengkhawatirkan limbahnya. Maka kami berharap semoga ini bisa dipercepat (peningkatan kapasitas). Saya akan fasilitasi apa yang bisa kami siapkan," ujar Edy.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan bahwa beberapa hal yang menjadi fokus perhatian dalam pengembangan kawasan industri di Indonesia. Pertama adalah bagaimana pengolahan limbah bisa dimaksimalkan untuk mendukung program penghijauan. Kedua, bagaimana menciptakan energi terbarukan dari proses mengelola limbah.

"Kita sudah mulai, di KIM ini kerja sama BUMN dan Pemerintah Daerah. Dan yang terakhir, adalah bagaimana pengolahan air bersih. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan kompetisi, terutama untuk produksi dalam negeri," sebut Erick.

Dirinya pun berharap, pada kegiatan yang bertema 'Let's Invest in Medan' tersebut, Sumut menjadi prioritas bagi semua pihak yang ingin menanamkan modalnya di provinsi ini. Sehingga pemerintah tidak lagi memfokuskan pembangunan hanya di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Jawa.

"Kita harus berkolaborasi dalam menghadapi persaingan. Sehingga ketika saya minta tolong (membangun kerja sama) dengan swasta, bukan berarti pemerintah tidak berkontribusi. Karena ini eranya kita harus solutif, saya minta BUMN punya mental melayani, bukan birokrasi," jelasnya.

Senada dengan itu, Direktur Utama PT KIM Ngurah Wirawan menyebutkan bahwa keberadaan kawasan industri tersebut sudah 33 tahun. Sampai sekarang masih terus beroperasi dan berkembang lebih baik lagi.

"Walaupun memang kita akui, agak redup. Karena infrastruktur yang sudah tua dan perlu perbaikan. Terutama bagaimana kita mengatasi banjir," sebutnya, yang berharap dukungan pemerintah setempat.

Selain itu, Ngurah juga meyakini bahwa dengan kegiatan KIM Expo 2021 'Let's Invest in Medan', yang dihadiri Menteri BUMN tersebut, dapat mendorong peningkatan investasi di Sumut, khususnya di KIM.

Dari segi fasilitas pengolahan limbah, Direktur Utama PT Adhi Karya Persero Entus Asnawi menjelaskan fasilitas pengolahan limbah di KIM menjadi yang pertama dibangun di Pulau Sumatera. Dengan begitu, dapat menjawab tantangan yang dihadapi dengan sangat baik. Mengingat pasar untuk pengolahan limbah begitu luar biasa.

"Meskipun kapasitasnya sekarang ini masih terbatas, awal pertengahan tahun depan kita akan tambah lagi. Mudah-mudahan ini menjadi pemicu untuk kawasan industri di Medan (sekitarnya), dan dapat menjawab tantangan dan tuntutan dunia kepada kita dalam menyelesaikan masalah lingkungan," pungkasnya.

Pembukaan KIM Expo 2021 ditandai pemukulan Gordang Sambilan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah, dan lainnya. Sebelum meninggalkan tempat, rombongan meninjau lokasi pameran perusahaan BUMN sekaligus pengguntingan pita stan UMKM.(infosumut /PR) 


TAG : deliserdang,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya
meraung.jpg

Namboru Panjaitan ini Menangis Meraung Minta Perhatian Presiden Jokowi dan Menteri LBP

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔07:33:49, 18 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO -  Perayaan HUT RI biasanya dilaksanakan dengan kegembiraan diiringi berbagai pertandingan. Tapi kali ini aksi berbeda dilaksanakan 300an warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara.  Usai melaksanakan upacara kemerdekaan, 17 Agustus 2022 ratusan warga ini menangis menyampaikan . . .

Berita Selengkapnya
upacarapartibi.jpg

Heboh, Upacara Bendera HUT-RI ke-77, 300an Petani Menangis Minta Perhatian Presiden Jokowi

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔17:41:57, 17 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Upacara penaikan bendera biasanya diisi dengan kegembiraan, bahkan tidak jarang diisi dengan pertandingan-pertandingan seru yang meriah. Tapi kali ini situasi berbeda tampak pada warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Warga yang sebagian besar petani ini mengadakan upacara . . .

Berita Selengkapnya
Indonesia_Kuat.jpg

Sambut HUT RI Ke-77, Dosen Se-Indonesia Menulis Buku untuk Indonesia Kuat

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔08:47:25, 16 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI bertema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, sejumlah kademisi lintas perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri mengerjakan penulisan buku secara kolaborasi (15/08/22). Buku ini diberi judul Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar yang dikerjakan sejak 23 Juli-30 Juli . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220809-202143_detikcom_compress55.jpg

Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Ini Pernyataan Lengkap Kapolri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:29:42, 09 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo resmi menyandang status sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Ferdy diduga memerintah Bharada Richard Eliezer membunuh Brigadir J. "Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220804-WA0001_compress41.jpg

Polisi Grebek Jalan Baru Rantauprapat, Sejumlah Sabu Diamankan Bersama Dua Pelaku

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:08:07, 04 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, dan KBO Res Narkoba Polres Labuhanbatu kembali melakukan Pres Rilis terkait pengungkapan kasus Narkotika Gol I bukan tanaman, jenis sabu. Pada pres rilis, Martualesi Sitepu menyampaikan, pengungkapan diawali karena adanya . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1658211930832_compress98.jpg

Warga Partibi Lama Minta Penegak Hukum Usut Mafia Perambah Ribuan Ton Kayu Siosar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔15:03:39, 19 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Warga Desa Partibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo meminta aparat penegak hukum agar mengusut kasus perambah hutan yang terjadi di Siosar.  Para pelaku bebas merambah hutan dengan alasan untuk pembersihan lahan pengungsi gunung Sinabung, faktanya hingga sampai saat ini sudah berapa banyak kayu dari hasil . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-07-17_at_7_49_15_PM.jpg

Kebakaran Hutan di Muara, 1 Orang Warga Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:15:18, 17 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang terjadi di dusun Buntu Raha desa Sitanggor, kecamatan Muara, kabupaten Tapanuli Utara mengakibatkan satu orang warga meninggal dunia. Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi SIK.MH  melalui Kasi Humas , Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, satu  orang . . .

Berita Selengkapnya
KAPOLRS.jpg

Kapolda Sumut Lantik 5 Kapolres Termasuk Kapolres Taput

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔15:35:33, 14 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah kapolres di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Rabu (13/7). Upacara serah terima jabatan (sertijab) kapolres itu pun dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.  Adapun sejumlah kapolres yang . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo