Gali Kearifan Budaya Lokal, Dokan Arts Festival 4 Dorong desa Dokan menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan

Oleh : Radar Medan | 25 Mei 2021, 21:10:30 WIB | 👁 9154 Lihat
Seni & Budaya
Gali Kearifan Budaya Lokal, Dokan Arts Festival 4 Dorong desa Dokan menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan

RADAR MEDAN.COM, KARO - Dokan Art Festival#4 merupakan sebuah sebuah festival warga yang berlokasi di Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dokan Art Festival adalah sebuah pagelaran seni budaya dengan usaha menggali kearifan lokal budaya Karo disesuaikan dengan kondisi kekinian pada masyarakat secara umum.

Latar belakang Dokan art festival Desa Dokan memiliki kearifan lokal yang luar biasa, terutama tradisi lisan yang tidak semua mengetahuinya terutama generasi penerus. Kegiatan tersebut dikatakan Direktur Dokan Arts Festival, Brevin Tarigan sebagai upaya untuk mengali kebudayaan di Tanah Karo dan  meningkatkan pariwisata Karo dan kembali menanamkan nilai-nilai lokal kepada generasi muda. 

Festival ini diharapkan dapat mendorong transfer pengetahuan bagaimana tradisi-tradisi  lisan ini bisa diketahui orang banyak. Setiap tahunnya tema Dokan Art Festival berbeda-beda. Sesuai dengan capaian-capaian yang ditargetkan.
 
Pada Festival Dokan Art Festival-4 tahun ini yang diadakan pada tanggal 25-26 Mei 2021 dengan dua pertunjukan besar yaitu Si Beru Dayang  berupa drama tari dan Penganjak Sitajur Kuda yang berupa pertunjukan musikal atau opera musikal. Siberu Dayang adalah istilah masyarakat  Tanah Karo, Sumatera Utara ,untuk menyebut tanaman padi.

Konon, padi atau beras yang kini menjadi makanan pokok masyarakat Tanah Karo merupakan penjelmaan seoarang anak yang bernama Si Beru Dayang. Sedangkan Penganjak Kuda Sitajur merupakan sebuah tradisi lisan pada masyarakat Karo yang menceritakan tentang seorang panglima perang bernama Sitajur dengan menunggangi kuda/penganjak Kuda yang pergi berperang unyuk melawan penjajah.Sitajur melawan penjajah atas dasar mendapatkan informasi bahwa kawasan mereka telah diserang. Saat berada di medan perang,terjadilah pertempuran yang sengit. Hingga pada akhirnya Sitajur harus tunduk kepada penjajah dan harus kehilangan nyawanya akibat ditembak oleh para penjajah.

Kegiatan tersebut dikatakan Direktur Dokan Arts Festival, Brevin Tarigan sebagai upaya untuk meningkatkan kembali pariwisata Karo dan menanamkan nilai-nilai lokal kepada generasi muda.

"Melalui festival inilah kita mendorong transfer pengetahuan bagaimana tradisi-tradisi  lisan ini bisa diketahui orang banyak. Setiap tahunnya tema Dokan Art Festival berbeda-beda. Sesuai dengan capaian-capaian yang ditargetkan," ucapnya.

Adapun kegiatan untuk hari ini pada tanggal 25 Mei 2021 antara lain : Arih  Arih Dokan Arts Festival,Workshop Pembuatan Kulcapi, De Tradisi ,ISBI ACEH Siberu Dayang ( Theatrical Musical )

Kepala Desa Dokan Martinus Sembiring mengatakan Dokan Art Festival diharapkan mampu maju menjadi event tingkat Internasional. Desa Dokan mempunyai potensi yang tinggi seperti Desa Adat, Desa Budaya dan Potensi alamnya yang mendukung untuk meningkatkan wisatawan,karena Desa Dokan merupakan pintu gerbang menuju Danau Toba. Menurut Ojax Manalu Direktur Rumah Karya Indonesia.

Tiga tahun yang lalu Dokan Art Festival sempat tidak dilanjutkan karena banyak hal yang perlu dievaluasi kembali.Pada Dokan Art Festival-4 dimulai dengan semangat baru dan generasi-generasi yang baru.Dan festival ini menjadi satu pemicu untuk mengangkat kearifan lokal di desa tersebut.

Sedangkan tantangan yang kita hadapi tentunya pandemi covid-19 yang membatasi jumlah pengunjung yang ingin datang,karena dalam penyelenggaraan Dokan Art Festival ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga masyarakat yang berada diluar desa Dokan menyaksikannya melalui live streaming. Semoga melalui  adanya kolaborasi,masyarakat mau berlatih, dan setiap bulannya akan melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang mereka kelola sendiri.(MB)/PE


TAG : unik,budaya,parawisata,karo,wisata,seni--budaya


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya
meraung.jpg

Namboru Panjaitan ini Menangis Meraung Minta Perhatian Presiden Jokowi dan Menteri LBP

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔07:33:49, 18 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO -  Perayaan HUT RI biasanya dilaksanakan dengan kegembiraan diiringi berbagai pertandingan. Tapi kali ini aksi berbeda dilaksanakan 300an warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara.  Usai melaksanakan upacara kemerdekaan, 17 Agustus 2022 ratusan warga ini menangis menyampaikan . . .

Berita Selengkapnya
upacarapartibi.jpg

Heboh, Upacara Bendera HUT-RI ke-77, 300an Petani Menangis Minta Perhatian Presiden Jokowi

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔17:41:57, 17 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Upacara penaikan bendera biasanya diisi dengan kegembiraan, bahkan tidak jarang diisi dengan pertandingan-pertandingan seru yang meriah. Tapi kali ini situasi berbeda tampak pada warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Warga yang sebagian besar petani ini mengadakan upacara . . .

Berita Selengkapnya
Indonesia_Kuat.jpg

Sambut HUT RI Ke-77, Dosen Se-Indonesia Menulis Buku untuk Indonesia Kuat

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔08:47:25, 16 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI bertema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, sejumlah kademisi lintas perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri mengerjakan penulisan buku secara kolaborasi (15/08/22). Buku ini diberi judul Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar yang dikerjakan sejak 23 Juli-30 Juli . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220809-202143_detikcom_compress55.jpg

Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Ini Pernyataan Lengkap Kapolri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:29:42, 09 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo resmi menyandang status sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Ferdy diduga memerintah Bharada Richard Eliezer membunuh Brigadir J. "Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220804-WA0001_compress41.jpg

Polisi Grebek Jalan Baru Rantauprapat, Sejumlah Sabu Diamankan Bersama Dua Pelaku

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:08:07, 04 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, dan KBO Res Narkoba Polres Labuhanbatu kembali melakukan Pres Rilis terkait pengungkapan kasus Narkotika Gol I bukan tanaman, jenis sabu. Pada pres rilis, Martualesi Sitepu menyampaikan, pengungkapan diawali karena adanya . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1658211930832_compress98.jpg

Warga Partibi Lama Minta Penegak Hukum Usut Mafia Perambah Ribuan Ton Kayu Siosar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔15:03:39, 19 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Warga Desa Partibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo meminta aparat penegak hukum agar mengusut kasus perambah hutan yang terjadi di Siosar.  Para pelaku bebas merambah hutan dengan alasan untuk pembersihan lahan pengungsi gunung Sinabung, faktanya hingga sampai saat ini sudah berapa banyak kayu dari hasil . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-07-17_at_7_49_15_PM.jpg

Kebakaran Hutan di Muara, 1 Orang Warga Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:15:18, 17 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang terjadi di dusun Buntu Raha desa Sitanggor, kecamatan Muara, kabupaten Tapanuli Utara mengakibatkan satu orang warga meninggal dunia. Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi SIK.MH  melalui Kasi Humas , Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, satu  orang . . .

Berita Selengkapnya
KAPOLRS.jpg

Kapolda Sumut Lantik 5 Kapolres Termasuk Kapolres Taput

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔15:35:33, 14 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah kapolres di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Rabu (13/7). Upacara serah terima jabatan (sertijab) kapolres itu pun dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.  Adapun sejumlah kapolres yang . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo