Bupati Simalungun Berharap Pasar Lelang dapat Memudahkan Petani Memasarkan Hasil Pertanian

Oleh : Radar Medan | 26 Jun 2023, 19:38:22 WIB | 👁 1162 Lihat
Ekonomi
Bupati Simalungun Berharap Pasar Lelang dapat Memudahkan Petani Memasarkan Hasil Pertanian

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi membuka Pasar Lelang Komoditas yang di selenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), di Rest Area yang berlokasi di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (26/6/2023).

Pembukaan pasar lelang komoditas itu di tandai dengan pemberangkatan pengiriman hasil pertanian komunitas jeruk dan kol dari Kabupaten Simalungun ke Pasar Keramat Jati jakarta.

Kepala Dinas Perindag dan ESDM Provsu diwakili Sekretaris Dinas Yossi Sukmono dalam sambutannya yang disampaikan melalui zoom meeting mengucapkan apresiasi atas kesiapan Kabupaten Simalungun dan mendukung program Pemprovsu.

"Saya berharap dapat membantu daerah untuk meningkatkan perekonomian dan juga dapat menjaga inflasi di daerah. Kegiatan ini juga diharapkan akan mampu membantu para petani untuk memasarkan hasil pertanian,"kata Yossi.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya mengucapkan bahwa, pasar Lelang Komoditas ini sangat bagus dan kami mengucapkan terimakasih kepada Disperindag dan ESDM Provinsi Sumatera Utara.

"Begitu pentingnya nya kegiatan seperti ini. Inilah yang dibutuhkan oleh para petani kita di Simalungun dan yang menjadi persoalan dalam peningkatan perekonomian para petani serta untuk penjualan hasil pertanian di Kabupaten Simalungun," ujarnya.

Bupati berharap, kegiatan ini jangan hanya kegiatan seremonial akan tetapi teruslah berkelanjutan. Banyak hasil pertanian yang surplus di Simalungun seperti jahe merah, bawang merah dll.

"Dari segi pertanian kita, Kabupaten Simalungun jangan di ragukan lagi termasuk dari segi hasil pertaniannya. Yang menjadi permasalahan pertanian kita dari segi pemasaran. Kami sangat gembira dengan kegiatan ini, dengan harapan hasil pertanian petani kita dapat di pasarkan," ujarnya.

Selanjutnya Bupati juga berharap, Kabupaten Simalungun menjadi prioritas untuk pasar lelang. "Kalau bisa setiap bulan di laksanakan di Kabupaten Simalungun,"pinta Bupati.

"Dan kami nanti akan mempersiapkan data - datanya untuk hasil pertanian yang ada di Kabupaten Simalungun dan lokasi dimana di lakukan pasar lelang komedi ytas,"kata Bupati menambahkan.

Sebab, kata Bupati, dengan adanya pasar lelang ini tentu akan mengurangi biaya pengeluaran para petani.

"Karena di pasar lelang ini, para petani dapat bertemu langsung dengan para pembeli, sehingga tidak ada lagi biaya lainnya untuk pemasaran hasil pertanian di Kabupaten Simalungun,"ujar Bupati.

Bupati kembali berharap pasar lelang komoditas di Simalungun dapat lebih di kenal di Sumatra Utara bahkan Indonesia, sehingga akan membantu para petani untuk memasarkan hasil pertanian di kabupaten Simalungun.

Dalam kesempatan tersebut, melalui zoom meeting, Analis Perdagangan Badan Pengawas Peradangan Berjangka Komoditas Kementrian Perdagangan Mendro Bayu menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun atas persiapannya memyambut kegiatan pasar lelang.

"Dengan kegiatan ini saya berharap akan meningkatkan transaksi di Kabupaten Simalungun dan dapat mempermudah pemasaran bagi para petani,"kata Mendro.

Mendro juga menginformasikan bahwa kegiatan ini sudah di laksanakan dari tahun 2003, sebagai upaya dari Pemerintah Pusat untuk mempermudah dalam pemasaran hasil pertanian.

"Pasar lelang komoditas di Kabupaten Simalungun ini sangatlah bagus, dan kedepannya diharapkan pasar lelang komoditas ini dapat melakukan transaksi melalui digital atau secara online,"sebut Mendro.

"Dan kedepannya, di Kabupaten Simalungun akan di Bangun Gudang dan kami meminta dukungan dari Bupati Simalungun untuk pembangunan gudang ini, sekaligus menunjukkan langsung pengelolaan gudangnya, baik dari perusahaan daerah maupun swasta,"sambung Mendro.

Dengan adanya gudang ini diharapkan, dapat meningkatkan transparansi pasar lelang komoditas dan dapat bermanfaat bagi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang komoditi tanaman hortikultura yang dipimpin Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi.

Dalam lelang tersebut tercatat 11 komoditi yang berhasil di lelang diantaranya Tomat, Cabe, Jeruk,kentang,Terong, kubis/kol, bawang merah, ubi jalar, buncis dan Sawi Putih,dengan total hasil lelang sebesar Rp. 1.531.500.000,-. (Humas Simalungun)/Jhony/PE


TAG : siantar--simalungun


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1709879949770_crop_88_compress1.jpg

Unik, Gubsu dan Bupati/Wali Kota Se Sumut Naik Becak Menuju Lokasi Musrenbang

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔13:45:56, 08 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Ada yang unik dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 Sumatera Utara (Sumut). Untuk menuju lokasi Musrenbang di Hotel Santika Dyandra Medan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin yang mengenakan baju adat Toba, naik becak bersama para Bupati/Wali Kota . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo