Bupati Dairi Ikuti Web Seminar Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi RI

Oleh : Radar Medan | 15 Jun 2020, 18:28:20 WIB | 👁 143 Lihat
Ekonomi
Bupati Dairi Ikuti Web Seminar Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi RI

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI mengadakan seminar (webinar) dengan tema Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Jumat (12/6/2020). Web seminar yang dilaksanakan melalui video conference, dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Maritim dan Ivestasi) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan yang didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Odo RM Manuhutu, Diikuti Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu.

Menko Maritim dan Investasi dalam kesempatan tersebut mengatakan pariwsata dan ekonomi kreatif ini sangat penting karena di Sumatera Utara banyak sekali tourist destination yang perlu dikembangkan. Sektor UMKM dikatakan Menko Maritim dan Investasi memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap sektor ekonomi karena sektor ekonomi 80% ditopang oleh konstruksi dalam negeri. 

“Sektor UMKM menyerap lebih dari 95% total tenaga kerja (lebih dari 115 juta). Berkontribusi pada 14,4% nilai ekspor non migas, penyumbang 61% PDB Nasional dan investasi di sektor UMKM sebesar 56% dari total investasi yang ada,” jelas Menko Maritim dan Investasi.

Saat ini Beliau katakan masih banyak UMKM yang belum melek digital dan ditengah pandemi covid-19 ini terjadi penurunan penjualan produk UMKM utamanya untuk kategori produk non esensial seperti pakaian dan elektronik. Untuk itu, Menko Maritim dan Investasi mengatakan penjualan melalui online kini menjadi solusi karena mampu bertahan bahkan cenderung mengalami peningkatan dalam jumlah penjualan sekitar 30%. 

“Kini saatnya kita bergotong royong merangkul seluruh UMKM yang ada,” ucapnya. 

Untuk mendorong transformasi UMKM dari offline menjadi online, Menko Maritim dan Investasi RI mengatakan Pemerintah menginisiasi Gerakan Nasional Gotong Royong dengan tema Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Gernas BBI dikatakan Beliau diluncurkan secara resmi oleh Presiden Indonesia Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020 dengan target 2 juta UMKM tambahan yang bergabung ke platform e-commerce. Sesuai dengan data terakhir, Menko Maritim dan Investasi menuturkan lebih dari 300.000 UMKM sudah bertransformasi ke online. 

“Untuk Sumatera Utara, kami harapkan akan banyak UMKM yang bertransformasi ke online. Oleh karena itu, Gubernur Sumatera Utara diharapkan akan dapat mendorong para Pimpinan Daerah se-Sumatera Utara agar masuk ke platform ini,” tuturnya. 

Sementara itu, untuk program pemulihan UMKM, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menko Maritim dan Investasi menerangkan ada beberapa hal yang akan dilaksanakan diantaranya mempercepat pengembangan desa wisata berdasarkan one village one product (OVOP) dengan menampilkan produk kreatif buatan masyarakat desa. Untuk kawasan Danau Toba, Beliau utarakan ada 10 desa yang akan dijadikan sebagai desa percontohan one village one product tersebut.

Usai seminar tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada Pimpinan OPD yang hadir dalam seminar tersebut mengatakan kiranya UMKM bangkit dan dapat berusaha lagi ditengah pandemi covid-19 ini. Pemerintah Pusat dikatakan Beliau menyediakan akses permodalan melalui Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) atau melalui CSR BUMN/CSR PT. Pertamina (Persero) yang dapat digunakan oleh UMKM sehingga UMKM dapat mandiri dan tangguh. Oleh karenanya kepada OPD yang membidangi, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menginstruksikan agar dapat membina, mendorong dan mengembangkan UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diantaranya seperti kuliner, kerajinan, pertanian dan yang lainnya. 

Beliau juga mengatakan OPD terkait untuk membantu para UMKM agar dapat mendapatkan akses permodalan tersebut dengan segera mengusulkan ke Kementerian Pariwisata dan PT. Pertamina (Persero) sebagai bentuk stimulus ekonomi yang telah disiapkan pemerintah dalam penanganan covid-19. Sesuai dengan arahan Menko Maritim dan Investasi tentang transformasi UMKM dari Offline menjadi Online, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menginstruksikan agar segera menindaklanjuti hal tersebut untuk melakukan pembinaan sehingga para UMKM di Kabupaten Dairi dapat melaksanakan transformasi tersebut.

Turut hadir dalam web seminar tersebut Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Sementara itu Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam seminar tersebut didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Charles Bancin, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi Rotua Panjaitan, Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Dairi Evron Pasaribu dan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Kabupaten Dairi Drs. Marisi Sianturi, M.Si.(HM/PR)


TAG : dairi,daerah


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20200704-WA0022_compress95.jpg

Waduk PT Indo Sepadan Jaya Makan Korban, Humas Dikonfirmasi Bungkam

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔16:00:10, 04 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Waduk Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) milik PT Indo Sepadan Jaya di Desa Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu menelan korban jiwa. Lyndia Velesia Sinaga (20) warga Jl Gafuk Puri Linur No 7, Desa Perbaungan, Kecamatan Bilah Hulu tewas tenggelam di dalam waduk, Kamis (2/7/2020) sekira pukul 15.30 . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200704-WA0019_compress54.jpg

Bantah Ada Pungli kepada Napi, Ini kata Kepala Rutan Tanjung Gusta

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔22:23:05, 04 Jul 2020

RADARMEDAN.COM-Terkait pemberitaan, Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Tanjung Gusta Kota Medan, Theo Adrianus Purba membantah adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan pihaknya kepada beberapa napi yang menghuni Rutan Kelas I Tanjung Gusta Kota Medan. "Terima kasih manakala anda berkenan membantu kami memperbaiki institusi ini, saya baru . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200704-WA0004_compress43.jpg

BARAJP SUMUT Kecam Penutupan Jalan Air Terjun Sipiso-piso

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔14:03:26, 04 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Terkait adanya aksi penutupan jalan Air Terjun Sipiso-piso Tongging, Barisan Relawan Jokowi Presiden Sumatera Utara kecam pelaku. Demikian dikatakan Heryanson Munthe, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Relawan Jokowi Presiden wilayah Sumatera Utara kepada media, Sabtu (4/7/2020).  " Kita mengecam pelaku . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200704-WA0014_compress84.jpg

Lagi, Polsek Bilah Hilir Amankan Pengguna Sabu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔13:42:44, 04 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Polsek Bilah Hilir melalui Unit Reskrim kembali amankan seorang terduga pelaku tindak pidana Narkotika jenis sabu di sebuah rumah di Desa Sei Tampang, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu Jum'at (3/7/2020) sekira pukul 11.00 WIB. Kali ini seorang tersangka yang diamankan adalah IR alias Alek (39) warga . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20200704_132219211_compress47.jpg

Kehadiran Mobil Kijang Food Court Langgar Hak Pejalan Kaki dan Berpotensi Merusak Trotoar

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:26:38, 04 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, LANGKAT - Stabat sebagai ibukota Kabupaten Langkat , Sumatera Utara mulai menata diri, khususnya di kawasan perkantoran Bupati Langkat jalan Proklamasi Stabat. Trotoar disisi kiri dan kanan jalan mulai tertata rapi dengan pepohonan menambah asri di seperti yang terlihat depan Kantor Dinas Perhubungan dan Kantor Pujakesuma hingga . . .

Berita Selengkapnya
buka_tongging.jpg

Disaksikan Camat, Kapolsek dan Warga, Buldoser Geser Batu Penghalang Jalan Sipiso-piso Air Terjun

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔09:10:39, 04 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO - Terkait adanya tumpukan batu besar di jalan menuju Air Terjun Sipiso-piso, disaksikan warga sekitar bersama camat Merek, Juspri M Nadeak dan kapolsek Tigapanah AKP. Ramli Simanjorang buldoser geser tumpukan batu. (03/07) sore hari. Informasi yang diperoleh dari Sekcam Merek, Johan Ginting  Camat bersama kasi Trantib . . .

Berita Selengkapnya
pangambatan.jpg

Jalan Air Terjun Sipiso-piso Ditutup OTK dengan Batu Besar, Kadis Pariwisata Akan Lapor Polisi

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔22:34:34, 03 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO - Penghuni Air Terjun Sipiso-piso dikejutkan dengan adanya temuan batu besar di badan jalan menuju area wisata Air Terjun Sipiso-piso. (03/07/2020) pagi hari. Seketika warga pangambatan, bersama kepala Desa, Jonius Simanjorang menuju lokasi dan memberikan informasi ke pihak polsek Tigapanah.  Tiba dilokasi warga . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20200703_210227227_compress87.jpg

2 Pohon Jati Tumbang Menimpa Bangunan dan Pagar Puskesmas Bukit Lawang

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:04:27, 03 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, LANGKAT - Puskesmas Bukit Lawang Kecamatan Bohorok Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ditimpa pohon jati dan mengkibatkan 2 ruangan terkena pohon tersebut, yakni ruangan pelayanan kesehatan gigi dan ruangan tata usaha, Jum'at (3/7/2020) sekira 18.00 WIB.  Hal ini dikatakan Kepala Puskesmas Bukit Lawang E Sembiring. Ia . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200703-WA0001_compress69.jpg

Dugaan Pungli dan Pelayanan Buruk, Ombudsman Sumut Periksa Kadisdukcapil Binjai

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔12:10:49, 03 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, BINJAI - Ombudsman RI Perwakilan Sumut memeriksa Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Binjai, Tobertina Sitepu, Kamis (3/7/2020) sekira 10.15 WIB.  Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Sumut, James Pangabean menjelaskan, Tobertina Sitepu diperiksa atas dua laporan yaitu . . .

Berita Selengkapnya
PETANISIMALINGKAR.jpg

Serikat Petani Simalingkar Bersatu Berjalan Kaki Menuju Jakarta Sampai di Kisaran

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔09:38:59, 03 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, ASAHAN - Serikat Petani Simalingkar Bersatu ( SPSB ) yang berjumlah sekitar  170 orang asal Kabupaten Deli Serdang tiba di Kota Kisaran, tepatnya di depan Kantor Bupati Asahan, sekira pukul 17.30 WIB. Informasi didapat, para petani yang tergabung dalam SPSB akan menuju Ibu Kota Jakarta untuk bertemu Presiden Jokowi, . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution