Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Nilai Gubsu Rendah Adab, Minta Wagub Jalankan Keteladanan

Oleh : Radar Medan | 29 Des 2021, 18:15:35 WIB | 👁 2017 Lihat
Politik
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Nilai Gubsu Rendah Adab, Minta Wagub Jalankan Keteladanan

RADARMEDAN.COM -  Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara (Sumut) Aswan Jaya menilai sikap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang memaki pelatih biliar Choki Aritonang di depan umum, memperlihatkan rendahnya adab dan mempermalukan diri sendiri. Sikap itu sangat tidak mencerminkan visinya yang ingin membawa Sumut bermartabat.

"Jewer pelatih dengan kata-kata yang tidak pantas, Edy Rahmayadi sebagai gubernur tidak memberikan keteladanan, hanya mempertontonkan rendahnya adab, mempermalukan diri sendiri. Sedikit pun tak mencerminkan visinya untuk membawa masyarakat sumut bermartabat," kata Aswan, Rabu (29/12/2021)

Menurut Aswan, sebaiknya, Musa Rajeksyah sebagai Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) mengambil langkah-langkah untuk menjalankan fungsi keteladanan sebagai pemimpin rakyat di Sumut. Lagipula Wagubsu lebih banyak mengambil peran untuk menyelamatkan Sumut dibanding Edy Rahmayadi yang sudah berkali-kali melakukan tindakan dan mengeluarkan pernyataan yang membuat ricuh.

"Di sisi lain, kita mengetahui bahwa pembangunan di Sumut tidak berjalan dengan baik tapi justru banyak menimbulkan kontroversi, karena itu dalam situasi emergensi seperti ini maka Wagubsu perlu mengambil peran lebih banyak. Kita khawatir, presiden nanti pun akan dijewernya saat hanya karena tidak tepuk tangan saat Edy Rahmayadi pidato. Sumut dalam keadaan darurat kepemimpinan," tegas Aswan, pakar ilmu komunikasi politik ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Edy Rahmayadi memaki Choki di acara pemberian tali asih atlet PON XX Papua Tahun 2021, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Senin (27/12/2021) sore.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini mengusir pelatih cabang olahraga biliar dari dalam ruangan tempat acara tersebut gara-gara tak ikut bertepuk tangan. Gubernur Edy yang dalam sambutannya membakar semangat para atlet. Ia menginstruksikan agar semua memberi yang terbaik, terlebih karena Sumut akan menjadi tuan rumah PON XXI bersama Aceh pada 2024.

Berapi-api Edy memberi motivasi. Para atlet dan hadirin bertepuk tangan menyambut motivasi Edy. Nah, rupanya Edy mendapati ada yang tidak tepuk tangan. Lalu ia memanggilnya untuk maju ke depan. Dengan sigap, orang yang dipanggilnya itu pun maju. Sesampai di atas panggung, Edy menanyakan mengapa tidak ikut bertepuk tangan.

"Kau orang mana ini, saya pengen tau, sok-sokan kali," sebut Edy. "Kau orang mana, masih main?" tanya Edy. "Atlet apa kau, biliar, pelatih? Pelatih aja tak mau tepuk tangan heh," kata Edy.

Edy tak berhenti sampai di situ. Ia terus mengomentari sikap pelatih itu. "Pelatih tak tepuk tangan. Tak cocok jadi pelatih ini. Berdiri yang benar kau, sontoloyo kau," tegas Edy.

Lantas pelatih biliar itu langsung turun dari panggung meskipun belum dipersilahkan Edy Rahmayadi. "Udah pulang, tak usah dipake lagi," tegas Edy.

"Kau langsung keluar, tak usah di sini. Sekarang kita modelnya begitu. Yang tak mau, berdiri, keluar," tegas Edy

Choki dalam pernyataannya keesokan harinya balik membalas. Ia menyebut Gubernur Edy Rahmayadi perlu rajin ke psikolog. Pasalnya, tanpa sebab Edy bisa marah-marah. Dalam kaitan pengembangan olahraga, khususnya biliar, Choki menyebut peran Edy nyaris tidak ada.

"Aku bingungnya, apa yang harus ditepuk tangankan dari beliau. Toh semua-semuanya biasa aja, tidak ada yang spektakuler jadi kenapa hanya karena tidak tepuk tangan, jadi kena marah di depan orang ramai. Marah-marah, maki-maki tak nyambung itu kan aneh, emosional tidak jelas. Kalau marah-marah, maki-maki tapi dunia olahraga maju, ya bagus, ini kan tidak," ujarnya. Choki menyarankan agar Edy rajin konsultasi ke psikolog biar bisa menahan diri dan tahu menghargai orang. (re-MB)/AJ/PE


TAG : politik


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya
meraung.jpg

Namboru Panjaitan ini Menangis Meraung Minta Perhatian Presiden Jokowi dan Menteri LBP

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔07:33:49, 18 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO -  Perayaan HUT RI biasanya dilaksanakan dengan kegembiraan diiringi berbagai pertandingan. Tapi kali ini aksi berbeda dilaksanakan 300an warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara.  Usai melaksanakan upacara kemerdekaan, 17 Agustus 2022 ratusan warga ini menangis menyampaikan . . .

Berita Selengkapnya
upacarapartibi.jpg

Heboh, Upacara Bendera HUT-RI ke-77, 300an Petani Menangis Minta Perhatian Presiden Jokowi

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔17:41:57, 17 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Upacara penaikan bendera biasanya diisi dengan kegembiraan, bahkan tidak jarang diisi dengan pertandingan-pertandingan seru yang meriah. Tapi kali ini situasi berbeda tampak pada warga desa Partibi Lama, kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Warga yang sebagian besar petani ini mengadakan upacara . . .

Berita Selengkapnya
Indonesia_Kuat.jpg

Sambut HUT RI Ke-77, Dosen Se-Indonesia Menulis Buku untuk Indonesia Kuat

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔08:47:25, 16 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI bertema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, sejumlah kademisi lintas perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri mengerjakan penulisan buku secara kolaborasi (15/08/22). Buku ini diberi judul Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar yang dikerjakan sejak 23 Juli-30 Juli . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220809-202143_detikcom_compress55.jpg

Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Ini Pernyataan Lengkap Kapolri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:29:42, 09 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo resmi menyandang status sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Ferdy diduga memerintah Bharada Richard Eliezer membunuh Brigadir J. "Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220804-WA0001_compress41.jpg

Polisi Grebek Jalan Baru Rantauprapat, Sejumlah Sabu Diamankan Bersama Dua Pelaku

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:08:07, 04 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, dan KBO Res Narkoba Polres Labuhanbatu kembali melakukan Pres Rilis terkait pengungkapan kasus Narkotika Gol I bukan tanaman, jenis sabu. Pada pres rilis, Martualesi Sitepu menyampaikan, pengungkapan diawali karena adanya . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1658211930832_compress98.jpg

Warga Partibi Lama Minta Penegak Hukum Usut Mafia Perambah Ribuan Ton Kayu Siosar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔15:03:39, 19 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Warga Desa Partibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo meminta aparat penegak hukum agar mengusut kasus perambah hutan yang terjadi di Siosar.  Para pelaku bebas merambah hutan dengan alasan untuk pembersihan lahan pengungsi gunung Sinabung, faktanya hingga sampai saat ini sudah berapa banyak kayu dari hasil . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-07-17_at_7_49_15_PM.jpg

Kebakaran Hutan di Muara, 1 Orang Warga Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:15:18, 17 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang terjadi di dusun Buntu Raha desa Sitanggor, kecamatan Muara, kabupaten Tapanuli Utara mengakibatkan satu orang warga meninggal dunia. Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi SIK.MH  melalui Kasi Humas , Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, satu  orang . . .

Berita Selengkapnya
KAPOLRS.jpg

Kapolda Sumut Lantik 5 Kapolres Termasuk Kapolres Taput

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔15:35:33, 14 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah kapolres di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Rabu (13/7). Upacara serah terima jabatan (sertijab) kapolres itu pun dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.  Adapun sejumlah kapolres yang . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo