Relokasi Kanwil IV, Bank BTN Bidik Peningkatan Dana Murah

Oleh : Radar Medan | 24 Des 2021, 17:05:25 WIB | 👁 1824 Lihat
Ekonomi
Relokasi Kanwil IV, Bank BTN Bidik Peningkatan Dana Murah

RADARMEDAN.COM - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melakukan relokasi Kantor Wilayah (Kanwil) IV dari Batam ke Kota Medan, Sumatera Utara. Dengan relokasi ini Bank BTN optimistis mampu meningkatkan komposisi dana murah menjadi 75% di kawasan Pulau Sumatera.

“Relokasi Kanwil IV BTN ini, kami lakukan untuk mendukung bisnis Bank BTN utamanya pada sektor perumahan. Kami optimistis bisa lebih memperluas ekspansi bisnis pembiayaan perumahan dan mengoptimalkan penarikan dana murah di Pulau Sumatera,” ujar Direktur Distribution and Retail Funding Bank BTN Jasmin pada Peresmian Gedung Kantor Wilayah IV Bank BTN di Medan, Sumatera Utara Kamis (23/12).

Jasmin menuturkan Kota Medan merupakan kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Pulau Sumatera. Potensi ekonomi di wilayah Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan akan mengalami peningkatan seiring kenaikan harga komoditas yang terus meningkat akhir-akhir ini, hal itu tentu akan diikuti turunannya. 

"Di Sumut kita juga melihat adanya pemekaran kabupaten yang dilakukan pemerintah daerah artinya potensi ekonominya terbuka dan akan terus bertumbuh," katanya.

Selain itu, lanjut Jasmin, stakeholder dan pengusaha yang potensial banyak berada di Sumut, Bank BTN berharap ada peningkatan CASA atau dana murah dari sebelumnya sebesar 60%, ke depan bisa menjadi 75% dengan adanya relokasi kantor wilayah di Kota Medan.

Jasmin mengungkapkan, selain untuk mendukung ekspansi bisnis pembukaan Kanwil IV Medan diharapkan akan mempermudah koordinasi dan efektifitas monitoring dengan kantor cabang yang ada di wilayah kerjanya dalam pencapaian kinerja.

“Ini juga akan mempermudah koordinasi dengan regulator seperti OJK yang kantor regionalnya di Sumatera Utara ada di Medan,” ungkapnya.

Menurutnya pemerintah memiliki rencana strategis untuk memeratakan pembangunan Indonesia khususnya di luar Pulau Jawa melalui pengembangan 10 Kota Metropolitan. Adapun 10 Kota Metropolitan tersebut di antaranya Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro) termasuk kawasan yang akan dikembangkan oleh pemerintah. 

“Kota Medan kami pilih bukan saja karena termasuk dalam rencana besar pemerintah, melainkan juga karena kami melihat potensi yang tidak kalah besar dalam hal future development khususnya dalam jasa layanan perbankan,” tegasnya.

Saat ini Kanwil IV membawahi 11 kantor cabang yang meliputi Bandar Lampung, Batam, Bengkulu, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pematang Siantar dan Tanjung Pinang. Adapun hingga akhir November 2021 total aset Kanwil IV mencapai Rp34,75 triliun, outstanding kredit mencapai Rp33,266 triliun dan total DPK sebesar Rp11,65 triliun.  

Jasmin berharap, pengembangan Kanwil IV Medan ini akan mendorong peningkatan dana murah di Pulau Sumatera lebih besar lagi. Saat ini komposisi dana murah di Kanwil IV sebesar 60%, dengan relokasi Kanwil IV ini, Bank BTN optimistis dapat meningkat menjadi 75%. 

Jasmin menjelaskan sektor perumahan memiliki potensi yang sangat besar. Hal ini terbukti ketika sektor usaha lain terkontraksi, sektor perumahan masih tetap tumbuh positif dengan pertumbuhan sebesar 9,4% pada kuartal tiga tahun 2021.

“Sektor perumahan adalah sektor yang resilient, tahan banting,” tambahnya.

Oleh sebab itu di tahun 2022, lanjut dia, Bank BTN juga akan berfokus untuk bertransformasi untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman, dan perubahan perilaku konsumen yang mengalami transisi secara drastis sejak terjadinya pandemi Covid-19.

“Pada 2022 kami akan dengan serius mewujudkan cita-cita kami menjadi bank yang berperan sebagai one stop solution in the housing ecosystem. Kami akan bertransformasi dan memaksimalkan peran digital channel Bank BTN,” papar Jasmin

Rencananya pada tahun depan, Jasmin menjelaskan, Bank BTN akan merilis platform penyediaan properti untuk transaksi jual beli dan persewaan serta membuat platform marketplace untuk produk yang berkaitan dengan perumahan mulai dari material bahan bangunan sampai dengan furniture dan utility pendukung perumahan.

Kemudian, Bank BTN juga akan menyediakan platform service space untuk profesional yang menawarkan jasa yang berkaitan dengan perumahan.

“Adapun saat ini kami juga sedang mengembangkan aplikasi Smart Residence yang akan memudahkan pengelola perumahan untuk mengadministrasikan iuran dan kewajiban tenant dalam lingkungan perumahan,” jelasnya.

Kepala Biro perekonomian Setda Pemprov Sumatera Utara Naslindo Sirait mengungkapkan kehadiran industri perbankan terutama Bank BTN diharapkan bisa membangun ekosistem bersama dengan developer untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sumatera utara. Pemerintah Sumatera Utara terus mendorong pembangunan perumahan yang murah terjangkau bagi masyarakat.

"Pemprov berharap BTN dan para developer di Sumatera Utara untuk mendorong konsumsi masyarakat tumbuh terhadap kebutuhan perumahan ini dan bagaimana mengintegrasikannya dengan kehidupan-kehidupan mereka," pungkasnya.(RIL/KBRN/pe)


TAG : sumut,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

1642981994562-bara-jp.jpg

Bara JP Dukung Pemerintah Keluarkan UU Tentang Pengesahan IKN Nusantara

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔19:40:47, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP) Komaruddien Mangunjaya mengatakan mendukung penuh Pemerintah mengeluarkan Undang-undang yang akan digodok DPR tentang pengesahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  "Dan kami DPP Bara JP dan Seluruh Kader Bara JP semua mendukung atas ditetapkan . . .

Berita Selengkapnya
banpol.jpg

Oknum Banpol Polres Langkat Pemeras Sopir Diciduk di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:24:26, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - Sempat melarikan diri, oknum Banpol Polres Langkat berinisial AR yang disebut-sebut melakukan pemeresan terhadap sopir minibus, akhirnya ditangkap petugas kepolisian di Rantauprapat, Labuhanbatu, Minggu (23/1) pagi. Pemerasan itu dilakukan AR saat menggelar Razia di Jalinsum Medan – Aceh, persisnya di Pos Lantas Polsek . . .

Berita Selengkapnya
tanampohon.jpg

Kado Untuk Bu Mega, PDI Perjuangan Sumut Tanam 35 Ribu Pohon di Sejumlah Daerah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔17:26:57, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Sumatera Utara melakukan kegiatan penanaman 35 ribu pohon serentak di 33 kabupaten/kota Sumatera Utara. Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon mengatakan, penanaman pohon tersebut dalam rangka HUT ke-49 PDI Perjuangan.  "Juga  sekaligus  kado ulang tahun ke . . .

Berita Selengkapnya
eqiluq.jpg

Fenomena Equiluks akan Terjadi di Sejumlah Daerah Termasuk Sumut

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔12:51:35, 24 Jan 2022

RADARMEDAN.COM- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan tiga ibu kota dan 36 lokasi lain di lima provinsi di Indonesia mengalami ekuiluks pada tanggal tertentu di periode Januari-Februari 2022. Tiga ibu kota provinsi di belahan utara Indonesia bakal bisa mengalami fenomena ekuiluks yaitu Tanjungselor (Kalimantan Utara) pada 27 . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220120_071452_compress87.jpg

KPK OTT Bupati Langkat dan Plt Kadis PU

🔖 LANGKAT 👤Radar Medan 🕔07:19:39, 20 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, LANGKAT - Polda Sumut bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin. Bupati Langkat diamankan dari rumahnya di Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Rabu (19/1/2022). Selain Bupati Langkat, Polda Sumut dan KPK . . .

Berita Selengkapnya
rudibatam.jpg

Batam Jadi Rujukan Berabagai Daerah

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔20:59:04, 17 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, BATAM - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan rombongannya, melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam, Senin (17/1/2022). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka misi dagang Bupati Simalungun beserta Pelaku Usaha Cabe dan Telur dengan Distributor Sembako Kota Batam. Rombongan diterima Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil . . .

Berita Selengkapnya
wagubsu1.jpg

Pemprov Sumut Gandeng BWS Revitalisasi Tiga Pesanggrahan Bung Karno

🔖 SEJARAH 👤Radar Medan 🕔07:39:19, 15 Jan 2022

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggandeng Beranda Warisan Sumatra (BWS) merevitalisasi tiga peninggalan sejarah Pesanggrahan Bung Karno di Parapat, Berastagi dan Kotanopan.  Pelestarian warisan budaya ini dianggap penting sebagai penguatan kepribadian bangsa, menjadi destinasi pariwisata dan sumber ilmu pengetahuan bagi para . . .

Berita Selengkapnya
edybobby.jpg

Gubernur Sumut Minta Bobby Tertibkan Bus dan Angkutan Umum di Medan

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔17:47:05, 12 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Binjai dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam pengembangan angkutan massal berbasis jalan/Bus Rapit Transit (BRT) di kawasan perkotaan Medan, Binjai dan . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220111_085904_compress95.jpg

Petugas Kebersihan Bandara Kualanamu Temukan Emas 97 gram di Toilet

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔09:06:52, 11 Jan 2022

RADARMEDAN.COM, DELISERDANG - Emas seberat 97 gram (gr) ditemukan di toilet Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut). Emas tersebut ditemukan oleh Petugas Kebersihan (cleaning service) bernama Dewi Lestari. Asisten Manajer Humas PT Angkasa Pura II (Persero) Kualanamu, Novita Maria Sari, membenarkan penemuan emas . . .

Berita Selengkapnya
ericmangkei.jpg

PLN Pastikan Listrik Aman Saat Kunjungan Menteri BUMN di Sumut

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔20:30:04, 10 Jan 2022

RADARMEDAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara komitmen menjaga keandalan pasokan listrik saat kunjungan kerja Menteri BUMN, Erick Thohir, ke Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Sebagai upaya pemerintah dalam menggerakkan perekonomian di wilayah pinggiran melalui pengembangan KEK menjadi satu . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo