Raih Pendanaan 3 Bank Internasional, Konstruksi PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara Dimulai
PLTS Terapung Cirata ditargetkan beroperasi komersial pada November 2022

Oleh : Radar Medan | 03 Agu 2021, 22:51:02 WIB | 👁 1890 Lihat
Nasional
Raih Pendanaan 3 Bank Internasional, Konstruksi PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara Dimulai

RADARMEDAN.COM, Jakarta - Komitmen PT PLN (Persero) untuk meningkatkan bauran energi baru dan terbarukan (EBT) mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk institusi perbankan internasional. Salah satunya, melalui proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata yang telah mencapai kesepakatan financial close pada 2 Agustus 2021.
 
Sindikasi tiga bank internasional yaitu Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), Societe Generale dan Standard Chartered Bank siap mendanai pembangunan PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara ini dengan nilai sekitar USD 140 juta. Ditargetkan, PLTS berkapasitas 145 MWAc tersebut akan beroperasi komersial (Commercial Operation Date/COD) pada November 2022.
 
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini, Kamis, 03 Agustus 2021 menyampaikan, pencapaian tahap financial close ini merupakan hasil dukungan penuh PLN sebagai pembeli listrik PLTS Cirata dan PT PJB (Pembangkitan Jawa Bali), selaku induk dari PT PJB Investasi (PJBI) dan Pembangkitan Jawa Bali Masdar Solar Energi (PT PMSE).
 
Zulkifli pun optimistis pembangkit ramah lingkungan ini bisa beroperasi komersial sesuai jadwal pada akhir 2022. Kehadiran dari PLTS Terapung Cirata akan menjadi revolusi pengembangan EBT di dalam negeri, mengingat pembangkit listrik ini dapat mengimbangi 214.000 ton emisi karbon dioksida.
 
Pembangunan proyek strategis nasional yang juga masuk dalam pilar "GREEN" transformasi PLN ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pencapaian target bauran energi baru terbarukan nasional sebesar 23 persen pada 2025. "Keberhasilan pengembangan proyek ini, ke depannya diharapkan akan mendorong proyek-proyek terobosan di bidang EBT dengan harga yang kompetitif,” ungkap Zulkifli.
 
Diketahui, harga tenaga listrik dari PLTS ini cukup kompetitif, yakni sebesar USD 5,8 Cent / kilowatt hour (kWh).
 
Adapun, PLTS Terapung Cirata akan dijalankan oleh PMSE (Pembangkitan Jawa Bali Masdar Solar Energi) yang merupakan Project Company hasil bentukan dari konsorsium cucu usaha PLN, yaitu PJBI dengan porsi saham 51 persen dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab, Masdar dengan porsi saham 49 persen.
 
Selain dari sisi pengembangan EBT, PLTS Terapung yang ditargetkan bisa menghasilkan energi 245 juta kWh per tahunnya ini memegang peranan penting dalam elektrifikasi dan sisi pengembangan Sumber Daya Manusia. Pembangkit yang menempati area seluas kurang lebih 200 hektare di Waduk Cirata ini akan memasok listrik untuk 50.000 rumah serta menyerap tenaga kerja hingga 800 orang.
 
Direktur Utama PT PJB Gong Matua Hasibuan, menyampaikan rasa bangganya atas kerja keras dari PJBI dan Masdar yang berkolaborasi dengan sangat baik. Sehingga proses pendanaan atas proyek ini didapatkan dalam waktu yang tepat.
 
Dia juga menyampaikan rasa terima kasih untuk para stakeholder yang telah mendukung proyek ini, khususnya kepada kementerian terkait, pemerintah daerah setempat dan seluruh pihak yang telah terlibat.
 
"Kami optimistis sinergi yang sangat baik bersama para stakeholder dapat terus ditingkatkan, sehingga proyek ini mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pengembangan bisnis EBT di Indonesia,” ujar Gong Matua Hasibuan.
 
Dia berharap, kehadiran proyek ini dapat menjadi pionir dan mampu menyulut pengembangan PLTS Terapung yang dapat dikembangkan di waduk lain di wilayah Indonesia.  
 
Sejak penandatanganan kontrak jual beli listrik ( Power Purchase Agreement /PPA) pada 12 Januari 2020 lalu, Proyek PLTS Apung terbesar di Asia Tenggara ini terus memperoleh dukungan dari berbagai stakeholder.
 
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Nugraha Mansury mengatakan, sebagai proyek strategis nasional, PLTS Terapung Cirata diharapkan dapat menjadi percontohan untuk pengembangan pembangkit EBT di daerah lain. Agar Indonesia dapat mencapai target bauran EBT 23 persen di 2025, serta mendukung upaya pengurangan emisi secara signifikan.
 
Selain kerja sama internasional, PLTS Terapung Cirata ini merupakan kerja sama pendirian perusahaan patungan antara BUMN Indonesia, PLN, dengan perusahaan milik negara Uni Emirat Arab, Masdar.
 
"Proyek ini semoga dapat menjadi pondasi dalam memperkuat kerja sama di antara kedua negara. Selain diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dengan menciptakan lapangan kerja maupun mengangkat ekonomi regional. PLTS Terapung Cirata diharapkan dapat menjadi pembelajaran, transfer teknologi dalam pengembangan EBT, dari salah satu global leader pembangkit EBT dari Uni Emirat Arab," ungkap Pahala.
 
Selain proyek ini, masih cukup banyak proyek strategis yang dikembangkan oleh PLN dalam hal pengembangan EBT, termasuk upaya untuk melakukan perubahan pembangkit berbahan bakar fosil ke EBT. Tidak lupa, Pahala berharap setelah proses ini, implementasi ke depan lancar, sehingga stakeholder bisa melihat PLTS Terapung Cirata sebagai proyek strategis nasional yang dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya.
 
Turut hadir dalam acara Deklarasi Financial Close, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Imam Soejoedi, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, serta Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab H.E., Husin Bagis. (ril/EP/Hms)/PE


TAG : ekonomi,teknologi,nasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20221122-WA0015.jpg

Enam Tersangka Korupsi Perjalanan Dinas Fiktif Anggota DPRD Labuhanbatu Ditahan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:26:37, 22 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Polres Labuhanbatu menetapkan enam tersangka dalam kasus dugaan korupsi biaya perjalanan dinas fiktif di DPRD Labuhanbatu. Enam tersangka dalam kasus yang merugikan negara sebesar Rp 5.019.832.500,00 (Lima Miliar Sembilan Belas Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah) itu, resmi . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1667962145030.jpg

PT Waskita Karya akan Bangun Jalan Senilai 2,7 Triliun di Sumut

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔09:54:37, 09 Nov 2022

RADARMEDAN.COM - Direktur Utama PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono menegaskan proyek perbaikan jalan di Sumatera Utara (Sumut) senilai Rp 2,7 triliun akan selesai sesuai target. Sebagai kontraktor proyek tersebut, PT Waskita Karya optimis target progres 33% akhir tahun ini dapat dicapai, dan saat ini sudah berjalan 5%.  Hal itu . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221107-WA0007_compress63.jpg

Inspektorat Provsu Lakukan Pembinaan dan Pengawasan Umum Terhadap Jajaran Pemkab Samosir

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔09:08:47, 08 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Seluruh Pimpinan OPD, Para Camat, Kepala Desa , Kepala Sekolah TK,SD,SMP, SMA/SMK, Kepala Puskesmas/Poskesdes se-Kabupaten Samosir mengikuti Pembinaan, Pengawasan Umum dan Teknis Penyelenggaraan Pemerintah Daerah oleh Inspektorat Propinsi Sumatera Utara yang dipimpin langsung oleh Bapak Inspektur Provsu, Lasro Marbun, SH, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221107-WA0002.jpg

DPC Pospera Dairi Apresiasi Bupati Dairi yang Langsung Respon Keluhan Masyarakat

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:37:40, 07 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Ketua DPC Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Dairi Lambok L Sitanggang apresiasi Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu yang langsung merespon aduan dan keluhan masyarakat, terkait adanya warga kurang mampu yang meninggal disalah satu Rumah Sakit dikota Medan,Sabtu (5/11/2022). Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221101-WA0017_compress86.jpg

Polisi Bekuk Lima Pelaku Pembunuhan di Sei Rakyat

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔23:19:05, 01 Nov 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Lima terduga pelaku pembunuhan terhadap Ruliman Simangunsong alias Acong berhasil diamankan tim gabungan Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu dan Unit Satuan Reserse Polsek Panai tengah. Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti melalui Kanit 1 Reskrim polres Labuhanbatu, IPDA Sarwedi Manurung dan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1667229091661_compress97.jpg

Gubsu Janji Perbaiki Jalan ke Kampung Halaman Jeka Saragih

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔22:16:52, 31 Okt 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sambut kepulangan atlet MMA berprestasi asal Sumut Jeka Saragih di Rumah Dinasnya, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (31/10). Pada kesempatan ini, Jeka Saragih meminta kepada Gubernur Sumut untuk membantu perbaikan jalan ke kampungnya Bah Pasussang, Kecamatan Raya, Kabupaten . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221031-WA0001_compress9.jpg

50 Tahun GKPPD Sukadame, Bupati Dairi Ajak Jemaat Dukung Program Pemerintah

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔22:05:14, 31 Okt 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - GKPPD Sukadame, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi mengadakan pesta Oang-Oang Jubileum 50 tahun, Minggu (30/10/2022). Pesta jubileum tersebut dihadiri Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu dan pimpinan OPD.  Pesta jubileum diawali dengan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221029-WA0001_compress73.jpg

Bupati Samosir Lepas Kontingen Samosir Mengikuti Porprovsu XI Tahun 2022

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔06:49:04, 30 Okt 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Sebanyak 29 Atlet dari 5 Cabang Olahraga dilepas dan diberangkatkan oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST untuk mengikuti pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara XI Tahun 2022 yang akan digelar tanggal 29 Oktober - 5 November 2022 di Medan. Pelepasan kontingen ini dilaksanakan di Tanah Lapang Pangururan, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20221026-WA0002_compress41.jpg

Pasca Gempa Bumi di Taput, TPL Kembali Serahkan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:26:03, 27 Okt 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Sebagai bentuk kepedulian Toba Pulp Lestari (TPL) kembali hadir berkontribusi memberikan dukungan kepada 7 KK masyarakat yang menjadi korban bencana gempa bumi di 4 Desa, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara yang terjadi awal Oktober lalu, Rabu(26/10/2022). Dukungan yang diserahkan oleh TPL . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1664847358195_compress28.jpg

Warga Medan Naik Angkot Bisa Dapat Subsidi, Download Aplikasi Sibonas

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔08:46:30, 04 Okt 2022

RADARMEDAN.COM - Sekitar 900 unit angkutan kota (angkot) di Kota Medan dari berbagai jurusan dalam kota sudah ditempelkan stiker bertuliskan ‘Angkot Bersubsidi Pemko Medan’.  Hal ini berarti mulai hari ini, Senin (3/10/2022) hingga bulan Desember 2022 mendatang masyarakat Kota Medan sudah dapat memanfaatkan subsidi ongkos . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo