Pemkab Karo Akan Cetak Batu Sinabung Kisah Melawan Lupa Erupsi Gunung

Oleh : Radar Medan | 17 Jan 2020, 08:56:24 WIB | 👁 4137 Lihat
Seni & Budaya
Pemkab Karo Akan Cetak Batu Sinabung  Kisah Melawan Lupa  Erupsi Gunung

Keterangan Gambar : Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH menyaksikan Kepala Bidang Pertamanan dan Lampu Jalan Dinas PUPR, Baron Kaban sedang melakuka pengukuran taman jalan bersama stafnya. Kabanjahe, Kamis 16/1/2020


RADARMEDAN COM, KARO - Pemerintah Kabupaten Karo tertarik dengan gagasan dan ide PWI Kabupaten Karo yang mewacanakan dan menyuarakan melalui media, pembuatan icon "Batu Sinabung" di  taman jalan depan Mesjid Agung Kabanjahe.  Hal ini mendapat respon dan apresiasi dari Bupati Karo Terkelin Brahmana. 

Dikabarkan batu berasal dari erupsi Gunung Sinabung memang nampak seperti bongkahan batuan vulkanik biasa, namun “sisa peninggalan” vulkanik itu ketika diletakkan di lokasi strategis dan tempatnya ditata akan menjadi pengingat melawan lupa historis bencana erupsi Sinabung.

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Camat Kabanjahe Leo Girsang, Kepala Bidang Pertamanan  dan Lampu Jalan Dinas PUPR, Baron Kaban saat melakukan pengukuran lokasi di taman jalan depan Mesjid Agung Kabanjahe, Kamis (16/1/2020) pukul 16.00 WIB. 

Bupati mengatakan dengan adanya nanti icon  “Batu Sinabung” ini terbayang betapa dahsyatnya gejolak gunung api Sinabung setiap kali meletus.

 “Tidak terbayangkan lagi jumlah rumah yang  tertimbun material vulkanik, maupun ternak mati dan warga saat itu harus dievakuasi. Tiga desa yang berada di lingkaran  zona merah Sinabung “sekejap rata” dari peta Kabupaten Karo yang sekarang ribuan warga tiga desa itu sudah direlokasi ke desa Siosar. Peristiwa tersebut bagai  tak akan hilang dari ingatan siapa saja yang menjadi korban,” kata Terkelin Brahmana.

Tentu Taman jalan ini nantinya, sambung Bupati Karo, akan ditata sebaik mungkin dengan mengedepankan relief budaya Karo dan dibuat air mancurnya serta disekeliling lokasi ditanami aneka jenis bunga. Perjalanan erupsi Gunung Sinabung sejak tahun 2010 juga akan dicantumkan dalam  semacam Prasasti dan  ditulis di Batu, untuk memperkenalkan sejarah erupsi Gunung Sinabung

Selain itu, kata Terkelin akan dibuat lampu sorot warna warni, sehingga akan terlihat estetika kota Kabanjahe semakin indah. Konsep disainnya kita serahkan kepada Bidang Pertamanan dan Lampu Jalan Dinas PUPR Kabupaten Karo.

“Kehadiran Batu Sinabung yang akan diletakkan ditaman jalan ini adalah sebagai pengingat akan keagungan Sang Pencipta,” ucapnya.

Rencana pembuatan ikon "Batu Sinabung" akan menggunakan dana CSR, Sebab pembuatan  ini, ditaksir biaya relatif murah,namun manfaatnya sangat besar bagi dunia Parawisata. 

Untuk itu, Pesan dari taman batu Sinabung, sebagai pengingat dan edukasi bagi generasi muda serta juga masyarakat umum, tidak melupakan bencana Sinabung.

“Gunung Api Sinabung sudah memberi kesuburan dan kehidupan bagi tiap makhluk di sekitarnya, tapi ada kalanya ia juga meluluhlantakkan semuanya tanpa tersisa,” tuturnya

Ia juga menambahkan kalau nanti sudah siap direncanakan diresmikan Bupati dan dihadiri Ketua PWI Pusat, Atal S Depari dan Ketua PWI Sumatera Utara H Hermansyah.

Kepala Bidang Pertamanan  dan Lampu Jalan Dinas PUPR, Baron Kaban mengaku ide pembuatan batu Sinabung di taman jalan Simpang Tiga Kabanjahe patut diapresiasi, memang sudah sewajarnya mengingat bencana gunung Sinabung.

“Desain taman ini, akan kami buatkan paling lama satu minggu ini sudah clear,” ujar Kaban. (RT/RM)/PE


TAG : unik,budaya,karo,wisata,seni--budaya


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo