Jeritan Tangis Rosti Simanjuntak saat Autopsi Ulang Brigadir Yoshua
Keluarga Minta Presiden Jokowi Beri Atensi Khusus Kasus Brigadir J

Oleh : Radar Medan | 27 Jul 2022, 12:42:00 WIB | 👁 1653 Lihat
Nasional
Jeritan Tangis Rosti Simanjuntak saat Autopsi Ulang Brigadir Yoshua

RADARMEDAN.COM, JAMBI - Rosti Simanjuntak tidak berhenti menangis sejak tiba dilokasi makam anaknya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (27/7/2022).
Rosti dan keluarganya tiba di lokasi sejak pagi, sebelum makam bintara Polri yang diduga tewas akibat baku tembak dengan Bharada E di rumah kediaman Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) yang lalu digali.

Sejak tiba di lokasi makam, guru sekolah dasar itu sudah histeris melihat makam anaknya. Untai kata kesedihan terdengar kuat dalam jeritan ibu empat anak itu. Dia tidak kuasa melihat makam anaknya yang akan dibongkar.

Sejumlah keluarga dan pengurus ormas Pemuda Batak Bersatu (PBB) setia menemani istri dari Samuel Hutabarat itu. Memberikan dukungan agar kuat untuk mencari kebenaran dibalik kematian anak keduanya yang diduga melakukan pelecehan terhadap istri Ferdy Sambo.

Rosti terus menangis, sesekali menjerit histeris memohon kekuatan dari Tuhan. Sesaat sebelum pembongkaran kuburan dimulai, pihak keluarga dan Ormas PBB melakukan ibadah singkat yang dipimpin pendeta.

Selanjutnya Rosti didudukkan di kursi yang ada di sekitar lokasi. Sejumlah keluarga yang ada di lokasi terlihat ikut menangis.

Ibu Brigadir Yoshua terdengar beberapa kali menyampaikan permintaan tolong kepada Presiden Jokowi agar memperhatikan proses autopsi ini. Dia juga menyampaikan permintaan agar pihak TNI ikut membantu mengungkap kasus ini.

Proses pembongkaran makam Brigadir Yoshua dilakukan setelah ibadah. Sebanyak 5 orang anggota ormas PBB dihunjuk keluarga untuk menggali kuburan tersebut. Proses penggalian kuburan berlangsung selama 30 menit.

Setelah selesai digali, peti mati Brigadir Yoshua diangkat ke atas. Kemudian dibersihkan oleh pihak keluarga. Pihak keluarga meminta untuk membuka tutup peti yang sudah diangkat dari liang lahat. Untuk melihat jasad brigadir Yoshua sebelum dilakukan autopsi ulang.

Setelah dibuka, ditutup kembali dan diangkat ke ambulans untuk dibawa ke rumah sakit lokasi pelaksanaan autopsi. Puluhan orang terlihat mengerumuni makam Brigadir Yoshua di Desa Suka Makmur.

"Pak Presiden, tolong kami," kata salah seorang anggota keluarga Brigadir Yoshua.

Sepanjang langkah kaki Rosti mengikuti pemindahan jasad anaknya dari kuburan ke ambulance diiringi tangisan dan jeritan duka.

"Tolong kami Tuhan, biar terungkap semuanya. Tolong keluarga kami Tuhan," katanya.

Pelaksanaan autopsi ulang terhadap Brigadir Yoshua dilakukan untuk mengungkap fakta atas kematian ajudan Ferdy Sambo tersebut. Banyak pihak menduga kematian tersebut menyimpan misteri.

Terlebih pihak keluarga yang menduga adanya penganiayaan terhadap personel Polri yang dulu bertugas di Jambi tersebut.

Alasan terjadinya pelecehan terhadap istri Ferdy Sambo dinilai tidak benar. Karena selama ini Brigadir Yoshua selalu bercerita tentang kebaikan keluarga Ferdy Sambo dan dia sudah dipercaya mengurusi berbagai hal di lingkungan keluarga Sambo.

Banyaknya luka tidak wajar ditubuh Brigadir Josua dinilai sebagai bentuk adanya tindakan kekerasan dan penganiayaan yang tidak manusia. Pihak keluarga juga menilai keterangan yang diberikan pihak kepolisian atas kematian Josua ditangan seorang personel tamtama tidak masuk akal.

Selain itu, larangan membuka peti jenazah yang sempat terjadi di rumah keluarga Hutabarat dinilai sebagai gambaran adanya kebohongan dibalik kematian Brigadir Yoshua.

Proses ekshumasi dan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J mendapat atensi khusus dari Kompolnas dan Komnas HAM. Pantauan wartawan media ini di lokasi maupun di RSUD Sungai Bahar tempat jenazah Brigadir Yoshua diautopsi disaksikan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dan Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

Choirul Anam dan Poengki juga mendampingi Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan kepada media di RSUD Sungai Bahar. Namun Choirul maupun Poengky saat itu tak memberikan keterangan apa pun.

Usai Irjen Dedi berbicara kepada awak media, mereka bertiga langsung masuk ke rumah sakit. Tim dokter yang melakukan autopsi ulang ini, dipastikan Irjen Dedi bersifat independen dan imparsial.

"Artinya bahwa hasil autopsi ulang yang dilaksanakan pada hari ini, ini memiliki dua konsekuensi. Konsekuensi pertama dari sisi keilmuan harus betul-betul sahih dan bisa dipertanggujawabkan," ucapnya.

"Konsekuensi yang kedua karena ekshumasi ini adalah dalam rangka keadilan dilaksanakan oleh pihak berwenang dan oleh kedokteran forensik ini harus menjadi konsekuensi yuridis, dalam hal ini penyidik," lanjutnya.

Di sisi lain Dedi menyebut proses ekshumasi dan autopsi ulang ini dilakukan sebagai komitmen Polri mengungkap kasus ini.

"Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen dari Bapak Kapolri sesuai arahan dari Bapak Presiden agar kasus ini dibuka secara terang benderang," ucapnya.

Komnas HAM dan Kompolnas memang dilibatkan dalam pengusutan kasus kematian Brigadir J. Mereka masuk dalam tim khusus yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Tim khusus ini dibentuk Kapolri agar pengusutan kasus polisi tembak polisi ini dilakukan secara terang benderang dan transparan. Hal ini untuk menjawab keraguan publik soal penanganan kasus tersebut.

Saat ini proses autopsi sedang berjalan. Pihak keluarga dan kerabat termasuk anggota ormas PBB menunggu proses autopsi di Rumah Sakit. (detiksumut)/pe


TAG : samosir-toba-taput-humbahas,humbang-hasundutan,kriminal,sumut,hukum


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

FB_IMG_1664590010094_compress61.jpg

PSDS Deli Serdang Ditahan Imbang Semen Padang di Liga 2 Stadion Baharoeddin Siregar

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔09:14:35, 01 Okt 2022

RADARMEDAN.COM - PSDS Deli Serdang harus puas berbagi poin kala menjamu Semen Padang pada laga lanjutan Liga 2 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Jumat (30/9/2022). Skor 1-1 menutup laga bertajuk Derby Sumatera ini. Gol PSDS Deli Serdang dicetak strikernya, Purnomo melalui sundulan, pada menit 66. Kemenangan yang . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-09-26_at_3_52_53_PM.jpg

Bobby Nasution Buka Konferda Bara JP Sumut, dan Seminar Topik Pertanahan dan Narkoba

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔16:35:07, 26 Sep 2022

  RADARMEDAN.COM - Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) menggelar Konferensi Pertemuan Daerah se Sumatra Utara di Gedung Madinah Almunawarah Asrama Haji Medan, 24-25 September 2022. sekitar pukul 16.00 WIB. M Bobby Afif Nasution, yang didaulat telah menjadi Anggota Kehormatan Bara JP Sumut kini menjabat  Wali Kota Medan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220923-WA0001_compress36.jpg

Protes Jalan Rusak, Warga Labuhanbatu Tanam 1000 Pohon

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:29:52, 24 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Ratusan warga Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Gegara tidak kunjung diperbaiki, warga kecewa hingga menanam 1000 pohon di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah, Kamis (22/9/2022). Adapun kegiatan penanaman 1000 pohon . . .

Berita Selengkapnya
jln.jpg

Sempat Macet Total, Jalan Lintas Sidikalang- Merek Sudah Bisa Dilalui

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:57:50, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Jalan lintas Merek- Sidikalang yang sempat longsor, Rabu(21/9/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB kini sudah bisa dilalui oleh keendaraan bermotor. Kepala Dinas PUPR Pemkab Dairi, Ir.Hotmaida Dina Uli Butar Butar,MT dan BPBD serta OPD dan perangkat lainnya turun kelokasi dengan menggunakan alat berat dibantu oleh pihak . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220922_074748_compress16.jpg

Polsek Tigapanah Grebek Mesin Judi Ikan-ikan, Dua Pelaku Diamankan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:57:48, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO — Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, beserta jajaran tidak pandang bulu dalam penegakkan supremasi hukum di Kab. Karo. Termasuk mengenai penyakit masyarakat terkait perjudian di wilayah Kabupaten Karo. Kali ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tigapanah berhasil mengungkap perjudian jenis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220921-WA0002_compress47.jpg

KNPI Namorambe Demo Kejati Sumut, Minta Kajati Usut Dugaan Korupsi di Namorambe

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:13:50, 21 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Namorambe kembali menggelar aksi damai dan menyambangi Kantor Kejati Sumatera Utara dan Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang dengan lebih kurang 30 masa yang terdiri dari pengurus PK KNPI Kecamatan Namorambe, masyarakat Namorambe dan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220903-WA0016_compress88.jpg

Harga BBM Naik, Segini Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔19:35:30, 03 Sep 2022

RADARMEDAN.COM — Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax, harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.  " Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1662103992016.jpg

Agar Tidak Menuai Polemik, Pos Retribusi Wisata Air Terjun Sipiso-piso Dipindah Lebih Kedalam

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:44:33, 02 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Agar tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang akan ke Tongging, Paropo dan Silalahi akhirnya Dinas Pariwisata Tanah Karo memindahkan pos pengutipan retribusi agak kedalam pintu masuk Air Terjun.  Kadis Pariwisata Karo Munarta Ginting SP mengatakan terus melakukan perubahan objek agar jangan menjadi polemik kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220830-WA0002_compress20.jpg

Empat Hari Sempat Hilang, Johan Lumbantoruan Ditemukan Tewas di Sungai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔07:46:28, 31 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Johan Lumbantoruan ( 32 ) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Kabupaten Taput ditemukan tewas akibat hanyut di Sungai Sidoras Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Selasa ( 30/8/2022). Diketahui, korban pergi dari rumah tujuan keladang dengan mengenderai sepeda motornya pada hari sabtu ( 27/8 ) sekira . . .

Berita Selengkapnya
lantik6.jpg

Gubsu Lantik Walikota P Siantar dan Walikota Tanjungbalai, Ini Pesannya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:08:27, 22 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rahmayadi melantik Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani dan Walikota Tanjungbalai Waris Tholib. Kepada keduanya, Edy Rahmayadi meminta untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.  Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo