Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Ini Pernyataan Lengkap Kapolri

Oleh : Radar Medan | 09 Agu 2022, 22:29:42 WIB | 👁 1686 Lihat
Hukum dan Kriminal
Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka, Ini Pernyataan Lengkap Kapolri

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo resmi menyandang status sebagai tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Ferdy diduga memerintah Bharada Richard Eliezer membunuh Brigadir J.

"Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan Saudara FS sebagai tersangka," ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers, Selasa (9/8/2022).

"Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan Saudara J meninggal dunia yang dilakukan oleh Saudara RE atas perintah Saudara FS," imbuhnya.

Kemudian, Ferdy Sambo disebut Kapolri menggunakan senjata Brigadir Yoshua untuk menembak dinding berkali-kali. Hal itu dilakukan Ferdy Sambo untuk merekayasa peristiwa tembak-menembak.

"Kemudian, untuk membuat seolah-olah telah terjadi tembak-menembak, Saudara FS melakukan penembakan dengan senjata milik Saudara J ke dinding berkali-kali untuk membuat kesan seolah telah terjadi tembak-menembak," imbuh Jenderal Sigit.

Jenderal Sigit menegaskan hal ini merupakan komitmennya untuk membuat peristiwa ini terang benderang. Dia mengutip ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya agar mengungkap kasus ini dengan jelas.

"Ini juga merupakan komitmen kami dan juga menjadi penekanan Bapak Presiden untuk mengungkap kasus ini secara cepat, transparan, dan akuntabel dan juga tadi beliau perintahkan jangan ada yang ragu-ragu, jangan ada yang ditutup-tutupi, ungkap kebenaran apa adanya, jangan sampai menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Dan ini tentunya menjadi perintah dan amanat yang tentunya saat ini dan kemarin juga telah kita laksanakan," kata Jenderal Sigit.

Berikut pernyataan lengkap Kapolri:

Saya akan menyampaikan perkembangan terbaru terkait peristiwa tindak pidana yang terjadi di Duren Tiga dan ini juga merupakan komitmen kami dan juga menjadi penekanan Bapak Presiden untuk mengungkap kasus ini secara cepat, transparan, dan akuntabel

Dan juga tadi beliau perintahkan jangan ada yang ragu-ragu, jangan ada yang ditutup-tutupi, ungkap kebenaran apa adanya, jangan sampai menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Dan ini tentunya menjadi perintah dan amanat yang tentunya saat ini dan kemarin juga telah kita laksanakan

Timsus telah melakukan pendalaman terhadap laporan awal tembak-menembak antara Saudara J dan Saudara RE di Duren Tiga yang ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan dan juga dilakukan pemeriksaan di Divpropam Polri dan juga Polda Metro di mana pada saat pendalaman dan olah TKP ditemukan ada hal-hal yang menghambat proses penyidikan dan kejanggalan-kejanggalan yang juga kita dapatkan seperti hilangnya CCTV dan hal-hal lain sehingga muncul dugaan ada hal-hal yang ditutupi dan direkayasa

Oleh karena itu, dalam rangka membuat terang peristiwa yang terjadi, Timsus telah melakukan pendalaman dan ditemukan adanya upaya-upaya untuk menghilangkan barang bukti, merekayasa, menghalangi proses penyidikan sehingga proses penanganannya menjadi lambat. Tindakan yang tidak profesional pada saat penanganan dan olah TKP serta tindakan-tindakan tidak profesional lain pada saat penyerahan jenazah almarhum J di Jambi

Oleh karena itu, untuk membuat dan menghilangkan hambatan-hambatan penyidikan beberapa waktu lalu kami telah mengambil keputusan penonaktifan Kapolres Metro Selatan, Karo Paminal, Kadiv Propam Polri, Karo Provos.

Kemudian Timsus juga telah melakukan pemeriksaan terhadap pelanggaran kode etik profesi Polri ataupun tindakan untuk merusak, menghilangkan barang bukti, mengaburkan dan merekayasa dengan melakukan mutasi ke Yanma Polri dan saat ini semuanya dilakukan pemeriksaan

Kemarin ada 25 personel yang kita periksa dan saat ini bertambah menjadi 31 personel.

Kita juga telah melakukan penempatan khusus pada 4 personel beberapa waktu yang lalu dan saat ini bertambah menjadi 11 personel Polri terdiri dari:

Satu Bintang 2
Dua Bintang 1
Dua Kombes
Tiga AKBP
Dua Kompol
Satu AKP

Dan ini kemungkinan masih bisa bertambah.

Selanjutnya, untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam penanganan kasus ini, kita telah melibatkan pihak-pihak eksternal seperti rekan-rekan di Komnas HAM yang saat ini masih terus bekerja dan juga mitra kami di Kompolnas selaku pengawas kepolisian.

Kami juga telah memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada masyarakat terutama keluarga korban seperti beberapa waktu yang lalu kita berikan ruang autopsi ulang atau ekshumasi dan juga melayani laporan polisi dari pihak korban dan tentunya ini adalah merupakan wujud transparansi yang kami lakukan.

Alhamdulillah saat ini Timsus telah mendapatkan titik terang dengan melakukan proses-proses penanganan dan pemeriksaan secara scientific dengan melibatkan kedokteran forensik, olah TKP dengan melibatkan tim Puslabfor untuk menguji balistik mengetahui perkenaan alur dan tembakan, pendalaman terhadap CCTV dan handphone oleh Puslabfor, biometric identification oleh Pusinafis serta tindakan lain yang tentunya bersifat ilmiah dan juga kami menemukan persesuaian dalam pemeriksaan yang telah kita lakukan terhadap saksi-saksi yang berada di TKP termasuk saksi-saksi lain yang terkait, juga Saudara RE, Saudara RR, Saudara KM, Saudara AR dan Saudara P dan Saudara FS.

Ditemukan perkembangan baru bahwa tidak ditemukan, saya ulangi, tidak ditemukan fakta peristiwa tembak menembak seperti yang dilaporkan.

Saya ulangi.

Tidak ditemukan fakta peristiwa tembak-menembak seperti yang dilaporkan awal.

Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan Saudara J meninggal dunia yang dilakukan oleh Saudara RE atas perintah Saudara FS.

Saudara RE telah mengajukan JC dan saat ini itu juga yang membuat peristiwa ini menjadi semakin terang.

Kemudian, untuk membuat seolah-olah telah terjadi tembak-menembak, Saudara FS melakukan penembakan dengan senjata milik Saudara J ke dinding berkali-kali untuk membuat kesan seolah telah terjadi tembak-menembak

Terkait apakah Saudara FS menyuruh ataupun terlibat langsung dalam penembakan, saat ini tim terus melakukan pendalaman terhadap saksi-saksi dan pihak-pihak yang terkait.

Kemarin kita telah tetapkan 3 orang tersangka, yaitu Saudara RE, Saudara RR, dan Saudara KM.

Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan Saudara FS sebagai tersangka.

Jadi saya ulangi, Timsus telah menetapkan Saudara FS sebagai tersangka.

Terkait dengan pasal apa yang disangkakan dan proses penyidikannya akan dijelaskan khusus oleh Pak Kabareskrim selaku tim penyidik dan juga beberapa hal yang memang akan dijelaskan oleh Pak Irwasum sebagai Ketua Timsus yang mengawali bagaimana proses ini menjadi terang benderang.

Kemudian motif atau pemicu terjadinya peristiwa penembakan tersebut saat ini tentunya sedang dilakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap saksi-saksi, termasuk terhadap Ibu PC.

Terkait dengan penanganan oleh tim Itsus, terkait dengan proses dugaan pelanggaran terhadap kode etik ataupun pelanggaran tindak pidana lain yang ditemukan selain peristiwa utama nanti akan dijelaskan khusus oleh Pak Irwasum dan tentunya juga ada beberapa proses yang akan terus kami lakukan untuk melakukan audit. (Detik)/pe


TAG : nasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

Mix_20240303_151610-780x470_compress71.jpg

Tim Kanada Juara F1 Powerboat Danau Toba 2024

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:52:10, 03 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, BALIGE - Tim Sharjah Rusty Wyatt, pembalap asal Kanada menampilkan pertandingan yang sensasional, timnya raih kemenangan di menit-menit terakhir di Grand Prix F1 Powerboat Pertamina Indonesia di Danau Toba, Minggu, 3/3/2024 pagi. Rusty Wyatt pada putaran terakhir sempat menempati posisi ketiga di belakang . . .

Berita Selengkapnya
20240303_131801_compress46.jpg

Danau Toba Jadi Pelopor Pengembangan Sport Tourism Indonesia

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔17:05:44, 03 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, BALIGE  - Kesuksesan gelaran F1Powerboat Danau Toba 2024 menjadi acuan daerah lain di seluruh Indonesia yang hendak mengembangkan wisata olah raga (sport tourism) internasional.  “Ini bisa dikembangkan di daerah lain agar bisa jadi destinasi sport tourism internasional,” ujar Menteri Pemuda dan . . .

Berita Selengkapnya
20240303_105922_compress83.jpg

18 Pembalap Dunia F1 Powerboat Danau Toba 2024 Hari Ini Berlaga di Balige

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔13:38:23, 03 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, BACOGE - 18 pembalap F1Powerboat Danau Toba 2024 akan memulai pertarungan memperebutkan title juara dunia 2024 pukul 11.10 WIB, Minggu (3/3/2024).  Mereka akan memacu jet airnya untuk menjadi yang terbaik di sirkuit Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Andalan Tim Bình ??nh . . .

Berita Selengkapnya
20240303_101244_compress47.jpg

Lomba Solu Bolon F1 Powerboat 2024 Danau Toba, Tapanuli Utara Juara 1

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔12:16:48, 03 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, BALIGE - Event Internasional F1 Powerboat 2024 Danau Toba,  lomba dayung tradisional asal Sumatra Utara (Sumut) bernamakan Solu Bolon gelar pertandingan final, Minggu 3/3/2024 pagi pukul 10.00 WIB. "Lomba Solu Bolon, Solu Bolon ini adalah perlombaan tradisional dari Sumatera Utara, dipertandingkan untuk . . .

Berita Selengkapnya
20240302_142325_compress35.jpg

Lomba Solu Bolon di F1 Powerboat 2024, Taput dan Samosir Masuk Final

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔00:43:26, 03 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, BALIGE - Event internasional F1 Powerboat 2024, penyelenggara InJourney juga menggelar kejuaraan nasional lomba dayung tradisional asal Sumatra Utara (Sumut) bernamakan Solu Bolon. "Lomba Solu Bolon, Solu Bolon ini adalah perlombaan tradisional dari Sumatera Utara, dipertandingkan untuk memenangkan piala . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240302-WA0133_compress30.jpg

Powerboat F1 Danau Toba, Brimob Polda Sumut Lumpuhkan 8 Drone Liar

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔20:09:49, 02 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, BALIGE - Personel Satuan Brimob Polda Sumut mengambil tindakan tegas terhadap drone liar yang tidak memiliki izin terbang di sekitar venue F1 Powerboat, Sabtu (2/3). Dalam operasi Subsatgas Anti Drone, personel Satuan Brimob Polda Sumut berhasil melumpuhkan sebanyak 8 unit drone yang melanggar aturan terbang di area yang . . .

Berita Selengkapnya
20240302_144426_crop_74_compress77.jpg

Raup Ratusan Ribu, Pedagang Jajanan Minta Powerboat Danau Toba Diadakan Tiap Hari

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:53:11, 02 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, BALIGE - Kemeriahan gelaran Powerboat F1 Danau Toba 2024 yang digelar di Balige 2-3 Maret 2024 memiliki daya tarik sendiri bagi pengunjung. Demikian juga para pedagang, mereka selalu jeli mencari peluang. Mereka lakukan berbagai cara memanfaatkan situasi, bagi mereka yang bermodal bisa menyediakan lapak-lapak tempat . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20240221-212703_WhatsApp_compress3.jpg

Perkara Uang Saksi Caleg Belum Dilunasi, Abang Tikam Adik Kandung

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:41:51, 21 Feb 2024

RADARMEDAN.COM - Satuan Reserse Kiriminal Polrestabes Medan dan Polsek Sunggal membekuk seorang pria karena menikam adik kandungnya sendiri diduga hanya karena uang kekurangan sebagai saksi salah satu Calon Legislatif (Caleg) belum di bayarkan oleh korban. Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Dr. Teddy John Sahala Marbun, SH., M.Hum di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240216-WA0190_compress70.jpg

Polda Sumut Tangkap 3 Pelaku Aniaya Wartawan Suruhan Bandar Narkoba

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:53:53, 16 Feb 2024

RADARMEDAN.COM -Tim Subdit III/Jatanras Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut berhasil meringkus tiga tersangka penganiayaan dan pembakaran mobil wartawan. Dari penyidikan polisi, tiga tersangka terindikasi menerima upah atau bayaran atas perbuatannya dari bandar narkoba. "Sementara ini kita dalami dari pemeriksaan lebih lanjut. Tapi, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240215-WA0090_compress50.jpg

Beredar Video Polisi Bawa Kotak Suara Terombang-ambing di Laut Nias Selatan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:58:31, 15 Feb 2024

RADARMEDAN.COM, NIAS SELATAN - Sehari setelah pemungutan suara Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan melalui PPS desa mulai mengembalikan surat suara pasca Pencoblosan dan logistik lainnya untuk dikumpulkan di pulau Tello. Bripda Eben Zebua salah seorang Polisi yang bertugas di pulau terluar harus berjuang mengarungi . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo