Ada 7 Instruksi Bupati Karo Cegah Penyebaran Virus Corona

Oleh : Radar Medan | 12 Mar 2020, 13:48:25 WIB | 👁 1377 Lihat
Kesehatan
Ada 7 Instruksi Bupati Karo Cegah Penyebaran Virus Corona

RADARMEDAN.COM, KARO-Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Kajari Karo, Denny Achmad, Waka Polres Karo, Kompol Hasian Siagian, Asisten 2 Pembangunan, Dapat Kita Sinulingga, Kepala Dinas(kadis) Kesehatan, drg Irna Safrina Meliala, Kakesbang, Tetap Ginting, Kepala Tata Usaha RSUD Kabanjahe Agnes Br Tarigan, Organisasi perangkat daerah(OPD) dan ASN gelar pertemuan kordinasi kesiapsiagaan penyebaran Corona Virus (Covid-19), Kamis (12/3) pukul 11.00 WIB di Ruang Aula Lantai III kantor Bupati Kabanjahe. 

Dalam pertemuan tersebut dibahas antisipasi penyebaran virus Corona untuk wilayah Kabupaten Karo. Bupati Karo Terkelin Brahmana mengeluarkan 7 intruksi kepada SKPD untuk diteruskan ke masyarakat. 

Adapun intruksi, pertama menyebarluaskan himbauan kepada masyarakat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi, agar tetap bersikap tenang, tidak panik, tidak berlebihan membeli kebutuhan dan tidak menimbun bahan kebutuhan pokok serta berperilaku hidup sehat, bersih dan menjaga Kesehatan diri. 

Kedua membentuk Tim terpadu pencegahan dan Penanganan coronavirus disease (covid-19 ) di Kabupaten Karo dan kecamatan masing -masing Dengan melibatkan Forkopimda dan instansi Terkait. 

Ketiga Melaksanakan Kegiatan sosialisasi dan pengendalian Risiko Penularan infeksi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Karo dan kecamatan masing-masing. 

Keempat, membuat dan melaksanakan kebijakan teknis peningkatan kewaspadaan resiko penularan infeksi Covid-19 beserta pencegahan dan pengendaliannya. 

Kelima, menyusun rencana kontijensi bersama Dinas Kesehatan , TNl/POLRI, Rumah Sakit dan seluruh perangkat daerah terkait. Keenam meningkatkan kesiapsiagaan Rumah Sakit rujukan untuk penanganan infeksi Covid-19. Penambahan jumlah tempat tidur, tenaga medis dan peralatan medis lainnya. 

Ketujuh melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan meningkatkan inspeksi dan pemantauan ke pasar dan gudang dalam rangka mencegah potensi penimbunan barang dan Harga kebutuhan pokok , termasuk peningkatan koordinasi bersama asosiasi pedagang dalam rangka memastikan Ketersediaan stok kebutuhan pokok yang memadai dan harga yang terjangkau. 

"Ketujuh intruksi ini, sebagai pedoman agar tidak terjadi kesimpangsiuran dalam mendapat informasi terkait cara penyebaran virus Corona, yang saat ini seluruh dunia digegerkan, dengan bahaya virus tersebut,"katanya. 

Bupati juga mengajak seluruh elemen agar jangan mudah percaya terhadap semua informasi yang beredar di media sosial. Dirinya mengimbau agar melakukan kroscek atas kebenaran informasi yang berkembang agar jangan terjadi kepanikan ditengah masyarakat. 

"Jangan mudah percaya hoaks yang belum jelas sumbernya ketika ada yang memposting di medsos, terkait virus Corona yang mengatakan ada disini, ada disitu. Kita harus bijak, cek kepada yang berwenang, supaya jangan timbul kepanikan, hingga mengganggu aktivitas kerja kita,"ujar Bupati. 

 

MENGHADAPI VIRUS CORONA JANGAN PANIK 

Pada kesempatan yang sama Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, membenarkan pertemuan ini untuk menerima intruksi Bupati, terkait himbauan penyebaran virus Corona (Covid-19). 

" Kita tidak perlu panik dan jangan meyebarkan Informasi yang belum tentu kebenarannya," katanya. 

Disisi lain kata Irma, pencegahan tetap waspada , terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga daya tahan Tubuh. Jika mengalami demam lebih Dari 38'C , batuk Sakit tenggorokan, sesak Nafas, kenakan masker dan segera memeriksakan diri ke Fasilitas kesehatan terdekat yang disediakan pemerintah.

Dikesempatan itu, dr Truli Pardede dari RSUD Kabanjahe selaku pemandu diskusi tanya jawab mengatakan virus Corona (Covid-19) datangnya berasal dari binatang/hewan, ini sesuai hasil yang di assessment pihak kesehatan Dunia. 

Namun, yang perlu kita ingat untuk pencegahan virus Corona, antisipasi dengan cara mencuci tangan dan penggunaan masker yang benar,"kata dr Truli. 

Untuk pemakaian masker tidak boleh berulang ulang dipakai, minimal satu hari masker 4 jam digunakan, setelah itu harus dibuang dan penggunaan masker hanya bagi orang terindikasi sakit, sedangkan tidak sakit tidak perlu pakai masker.

Usai tanya jawab, dr Truli pardede sp.P memperagakan tata cara mencuci tangan dan pemakaian masker yang benar, dengan dipraktekkan langsung oleh Bupati Karo, Kajari Karo dan Waka Polres Karo, dengan dipandu instrukstur dari pihak RSUD Kabanjahe.(RT/RM)


TAG : virus-corona,karo,daerah,kesehatan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo