Wakil Walikota Pematangsiantar Ikuti Sosialisasi QRIS BI

Oleh : Radar Medan | 30 Sep 2020, 18:57:44 WIB | 👁 1131 Lihat
Ekonomi
Wakil Walikota Pematangsiantar Ikuti Sosialisasi QRIS BI

RADARMEDAN.COM, PEMATANGSIANTAR - Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM menghadiri sosialisasi North Sumatera Invest, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), dan Penyerahan Token of Appreciation Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI.

Kegiatan yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara dan Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar itu dilaksanakan di Hotel Niagara Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Rabu (30/9/2020). 

Rangkaian sosialisasi ini dilaksanakan kepada para kepala daerah maupun yang mewakili, di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, yaitu Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), dan LabuhanbatuSelatan (Labusel).

Sesuai press release dari BI, acara dibuka dengan welcoming specholeh Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat. Guna mendukung pencegahan risiko penyebaran Covid-19, pelaksanaan sosialisasi dilakukan dengan sangat memerhatikan penerapan protokol kesehatan.

Disebutkan, investasi merupakan salah satu komponen terpenting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Realisasi investasi yang matang dapat menciptakan lapangan kerja baru serta memberikan multiplier effect pada perekonomian yang secara eksplisit dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menekan tingkat pengangguran. 

Saat ini Provinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di Indonesia. Selain itu, Sumut telah berhasil memposisikan diri sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Sumatera dengan kontribusi sebesar 24,35 % pada triwulan II tahun 2020, serta merupakan pintu gerbang Wilayah Barat Indonesia.  Atas peluang tersebut infrastruktur penunjang investasi terus dikembangkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Di tingkat daerah, bersama unsur Pemerintah Daerah, BI terus berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi melalui investasi. Melalui organisasi lintas instansi yaitu North Sumatra Invest (NSI), Pemerintah Daerah tak henti menggali berbagai potensi yang ada di daerah. Di samping itu, NSI berupaya memberikan kemudahan bagi investor dalam hal perizinan usaha melalui digitalisasi perizinan.

Beberapa concern utama investor atas kondisi iklim investasi di Indonesia yakni regulasi investasi (45 %), ketersediaan infrastruktur (20%), tenaga kerja (18%), kondisi sosial (7%), dan sebagainya (9%). Memfasilitasi kebutuhan investor, North Sumatera Invest melakukan diseminasi data dan informasi melalui platform website dan brown book. Dalam brown book dan website NSI,
 yang dapatdiakses melaluilink : www.northsumatrainvest.id, saat ini sudah tersaji data dan informasi 7(tujuh) proyek investasi clean and clear yang siap dipromosikan. 

Proyek tersebut dibagi menjadi 3(tiga) Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu Toba Caldera Resort, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kawasan lndustri Kuala Tanjung, dan 4 (empat) proyek strategis daerah yaitu Rusnawa Terintegrasi Sei Mangkei, Sport Center, Jalur Kereta Api Siantar-Parapat, dan Light Rapid Transit (LRT) Mebidang.

Proyek- proyek tersebut menjadi fokus pemerintah yang terus dikembangkan secara intensif. NSI berusaha mencari investor-investor terbaik untuk mencapai tujuan perekonomian berkelanjutan.
Adapun tindak lanjut dari sosialisasi ini adalah terus menggali potensi dan peluang investasi yang ada di daerah dan melakukan koordinasi intensif dengan Pemerintah Daerah di tingkat kabupaten/kota untuk menentukan daftar potensi proyek investasi yang layak ditawarkan kepada investor.

Dalam sosialisasi ini, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat, juga memaparkan update mengenai QRIS atas kondisi pandemi Covid-19 ini.

BI melihat optimisme rebound aktivitas ekonomi melalui digitalisasi baik bagi konsumen maupun pedagang/merChanf di berbagai sektor.

BI menerjemahkan optimisme tersebut dengan menempuh beberapa kebijakan baik jangka pendek maupun jangka panjang, yakni memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai, fasilitasi transaksi UMKM, dan percepatan ekonomi keuangan digital.

Langkah konkret kondisi ini direspon dengan penguatan ekosistem digital serta inovasi transaksi dengan digital banking dan secara khusus QRIS pada UMKM seluruh daerah di Sumut. Pembayaran menggunakan QRIS dapat dilakukan tanpa kontak fisik maupun tanpa tatap muka.

Sumut berada di posisi ke-6 provinsi dengan jumlah merchant tertinggi sebesar 190.061 merchant dengan pangsa 4,12%. 
Berbagai upaya yang dilakukan Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut dalam rangka perluasan QRIS. antara lain pelaksanaan pekan QRIS Nasional; implementasi QRIS Homemade Indonesia; dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BI dan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam rangka pengembangan ekonomi digital; sosialisasi QRIS; konser virtual QRIS; serta implementasi QRIS di pasar tradisional dan di rumah ibadah.

Sosialisasi Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI turut menjadi Bagian penting dari agenda kegiatan. 
Pemerintah dan BI meresmikan pengeluaran dan pengedaran UPK 75 Tahun RI berbentuk uang kertas pecahan Rp75.000 bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Pengeluaran dan pengedaran UPK 75 TahunRI merupakan wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

Peresmian tersebut menandai mulai berlakunya uang Rupiah kertas pecahan Rp75.000 sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender), yang sekaligus merupakan Uang Peringatan commemorative notes) di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
UPK 75 Tahun RI ini dapat diimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di mana satu KTP berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI.

BI juga menyediakan alternatif penukaran UPK 75 Tahun RI secara kolektif. Mekanisme penukaran uang Rupiah dapat dilihat lebih lanjut pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id. Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. Acara sosilasasi ditutup dengan penyerahan brown book NSI dan Token of Appreciation UPK 75 Tahun RI kepada para tamu undangan yang hadir.

Turut hadir, Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM, Bupati Labura H Kharuddin Syah, Sekda Batubara H Sakti Alam Siregar SH, Kepala Bappeda Kota Tanjungbalai Ir Ahmad Solihin MM, Kadisperindag Labuhanbatu Chairuddin Nasution SSos, Kabag Perekonomian Pemkab Asahan M Yusup Sihotang MM, dan Asisten II Pemko Pematangsiantar Zainal Siahaan. (AP)/PE


TAG : simalungun,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20201018-WA0006_compress93.jpg

Kreativitas Mahasiswa Asal Pakpak Bharat, Olah Sampah Proyek Jadi Omzet Jutaan Rupiah

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔13:33:31, 18 Okt 2020

RADARMEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Sejak pandemi COVID-19 enam bulan lalu, proses belajar mengajar beralih ke daring. Namun hal itu tak berarti membuat para mahasiswa tidak bisa mengembangkan kreativitas Jawari Hasugian, salah satu mahasiswa asal Singgabur kabupaten Pakpak Bharat yang sedang menjalani semester 3 fakultas hukum di salah satu . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20201017_212113729_compress11.jpg

Sat Narkoba Polres Karo Temukan Perladangan Ganja di Dokan, Cabuti 258 Batang Barangbukti

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:25:28, 17 Okt 2020

  RADARMEDAN.COM, KARO - Satres Narkoba Polres Tanah Karo menemukan ladang ganja di Perladangan Juma Rabin Desa Dokan Kecamatan Merek Kabupaten Karo, dengan jumlah pohon sebanyak 258 batang, dengan rincian lokasi pertama 74 batang dan kedua 184 batang, Sabtu (17/10/2020). Adapun kronologis penemuan ladang ganja itu sesuai data dari . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201017-WA0010.jpg

Walau Hidup Susah, Anak Petani Ini Bisa Raih Gelar Amd R Mik

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔18:29:20, 17 Okt 2020

RADARMEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Seorang anak petani yang tidak memiliki uang pemasukan pasti setiap bulannya membuat Sriani Berutu ini dengan gigih melanjutkan studinya.  Sriani Berutu putri asal Pakpak Bharat ini bercerita kepada RADARMEDAN.COM, jika tidak menyangka bisa lulus dan mendapat gelar Amd R. Mik. Pasalnya kehidupan keluarganya . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201017-WA0001_compress59.jpg

Proyek Jalan Salak-Kuta Liang Rp4,1 M Dibatalkan, DPRD Nilai Dinas PUPR Abaikan Kepentingan Rakyat

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔14:53:25, 17 Okt 2020

RADARMEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Debat anggota DPRD Pakpak Bharat, Selloh Cibro dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Agusman Padang, Jumat 17 Oktober 2020 berjalan alot.  Selloh beberapa kali melontarkan kata-kata 'pedas' kepada Pokja pengadaan barang dan jasa, Agusman Padang soal tidak dilaksanakannya . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201016-WA0046_compress72.jpg

Samsat Kabanjahe Akan Gelar Pemutihan, Denda Pajak dan Biaya BBN Kenderaan Bermotor

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔07:00:08, 17 Okt 2020

RADARMEDAN.COM - Pemerintah provinsi Sumatera utara  mengeluarkan kebijakan pemutihan terhadap sanksi administratif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Kebijakan ini berlaku mulai 15 September hingga 14 November 2020. Stimulus pemutihan ditengah pandemi Covid-19 ini diharapkan mampu menggairahkan . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20201015_183052066_compress5.jpg

Polsek Tigapanah Gelar Rekontruksi Kasus Pembunuhan, Ada 26 Adegan Meninggalnya Rawat Sembiring

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:38:07, 15 Okt 2020

RADARMEDAN.COM, KARO -- Unit Reskrim Polsek Tigapanah, Polres Tanah Karo menggelar Rekonstruksi kasus pembunuhan untuk melengkapi P.19 JPU atas kekurangan berkas perkara Dugaan Pembunuhan dan atau Penganiayaan yang menyebabkan tewasnya seseorang. Sebagimana tertuang pada Laporan Polisi Nomor : LP/509/VII/SU/RES T. KARO/SEK TIGAPANAH, Tanggal 13 . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201014-WA0003_compress95.jpg

Harimau Sumatera Terlihat Berkeliaran di Kawasan Pendakian Gunung Sibayak, Warga Diminta Waspada

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔16:11:59, 14 Okt 2020

RADARMEDAN.COM, KARO ---Seekor Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) beberapa kali terlihat seputar Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan kawasan pendakian Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, dalam kurun waktu 1,5 bulan terakhir. Berkaitan dengan hal tersebut, warga dan wisatawan dihimbau waspada dan berhati-hati jika berada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201013-WA0013_compress59.jpg

Hari Ini Tiga Orang Warga Karo Meninggal Dunia Akibat Terkonfirmasi Covid-19

🔖 KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔22:53:19, 13 Okt 2020

RADARMEDAN.COM, KARO --Kasus terpapar pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Karo semakin meningkat hingga ditetapkannya Kabupaten Karo sebagai zona merah. Hingga hari ini Selasa 13 Oktober 2020, jumlah Pasien yang terkonfirmasi covid-19 naik secara signifikan, Informasi yang berhasil dihimpun dari Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1602521230864_compress55.jpg

Tim Intel Kejatisu Tangkap Mantan Kabag Umum Toba di Medan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔23:52:34, 12 Okt 2020

RADARMEDAN.COM - Tim Intel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara berhasil menangkap salah seorang mantan pejabat Kabupaten Toba. Pejabat yang ditangkap adalah terpidana Erwin Panggabean, mantan kabag umum yang telah di dakwa melakukan tindak pidana korupsi dalam kegiatan pengadaan dan pensertifikatan tanah dalam program penataan, penguasaan, pemilikan, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20201012-WA0014_compress19.jpg

Ungkap Kasus Narkotika 8,3 Kilogram, Kapolda Tegaskan Satu Pelaku Ditembak

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔14:17:51, 12 Okt 2020

RADARMEDAN.COM - Ditengah guyuran hujan yang begitu amat merintih, tak menyurutkan hati jajaran Ditresnarkoba Polda Sumut yang dipimpin oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin M.Si untuk melaksanakan Konferensi Pers tentang pengungkapan kasus menonjol tindak pidana Narkotika jenis sabu seberat 8,3 Kg, pada hari Senin (12/10/2020) . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution

Video Terbaru

Lihat Semua Video