Wagubsu Minta Fasilitas Pendukung Pariwisata Danau Toba Diperbanyak

Oleh : Admin Radar Medan | 02 Mar 2019, 14:12:43 WIB | 👁 1249 Lihat
Wisata
Wagubsu Minta Fasilitas Pendukung Pariwisata Danau Toba Diperbanyak

RADARMEDAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar pihak terkait dapat memberikan kontribusi mendukung pariwisata berupa fasilitas penunjang. Selain memfokuskan layanan kebersihan, penyediaan informasi dengan konsep edutourism (pariwisata pendidikan).

Pesan itu disampaikan Wagub setelah melihat dan mendengar cerita di balik keberadaan dan keindahan Danau Toba. Mulai dari sejarah, hingga bentuk batuan yang terpampang di banyak lokasi di Pulau Samosir, dengan informasi bagaimana kejadian yang diperkirakan terjadi 500 ribu tahun lalu melalui letusan Gunung Toba. Karena itu perlu dijelaskan kepada masyarakat luas tentang pengetahuan tersebut.

“Ini harus kita buat papan informasi yang lengkap. Karena yang begini kan masyarakat belum banyak tahu tentang sejarah dan hal lain soal terbentuknya Danau Toba ini. Saya juga baru mengetahui sedetail ini,” ujar Wagub, usai mengunjungi sebuah Geosite di kawasan Ambarita, Simanindo beberapa waktu lalu.

Selain papan informasi, Wagub juga mengingatkan bahwa mengandalkan pariwisata, terpenting pertama adalah kebersihan. Sebab jika di satu tempat saja ada sampah yang terbuang tidak pada tempatnya, akan ada nilai buruk tentang itu dari pengunjung, apalagi turis mancanegara yang sangat sensistif soal kebersihan.

“Selain itu, harus dihadirkan di sini tong sampah, seperti di dekat papan informasi nantinya. Nanti kita minta supaya dari Bank Sumut bisa memberikan dana CSR-nya untuk itu. Bisa ke Pemprov, bisa juga ke Pemkab Samosir, biar mereka yang pasang. Jadi nanti titik-titiknya mereka yang tahu,” sebut Wagub.

Program dan rencana tersebut, kata Musa Rajekshah yang lebih dikenal dengan sebutan Bang Ijeck ini, bukan untuk saat ini saja, tetapi untuk keberlangsungan kehidupan dan dunia pariwisata hingga masa mendatang. Karena itu, dirinya menilai bahwa siapapun pemimpinnya, hal seperti ini harus terus berjalan untuk kebaikan masyarakat terutama generasi mendatang.

“Nanti selain tong sampah, perlu juga kita buat (tambah) lampu jalan yang pakai solar cell. Paling tidak beberapa titik ada penerangan,” kata Ijeck.

Setelah Ambarita, Wagub bersama rombongan pun mengunjungi Pantai Batu Hoda dan Pantai Situngkir yang kini banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau masa liburan. Dirinya berharap Pemkab Samosir dapat memberikan perhatian serius dan berkelanjutan kepada dunia pariwisata di kabupaten tersebut. Sebab menurutnya, jika pertanian tidak begitu dapat menjamin peningkatan ekonomi, maka sektor ini pariwisata harus benar-benar memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Kesempatan itu pula, Ijeck meminta agar Bank Sumut sebagai BUMD, bisa hadir di masyarakat, tidak hanya memberikan modal bagi warga yang ingin berusaha, tetapi juga meberikan pelatihan wirausaha kepada penduduk yang berkecimpung di bidang pariwisata.

“Beberapa tahun lalu saya datang dan lari pagi, banyak warga yang membalas sapaan saya, banyak juga yang diam tidak menjawab. Tetapi sekarang, saya lewat, masyarakatnya sudah ramah dan bahkan lebih dulu menyapa saya. Itulah tandanya ada kemajuan selama ini. Karena selain bersih, kita juga harus hadirkan rasa aman dan nyaman, serta ramah tamah kepada tamu,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya itu, Ijcek juga sempat mendatangi satu gerai milik warga penenun kain ulos khas Toba binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut. Di dalamnya bahkan Wagub membeli hasil produk kerajinan tangan dari masyarakat setempat.

Sementara mendampingi Wagub, Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Sumut, Wan Hidayati menyebutkan, bahwa pihaknya berharap Geopark Kaldera Toba (Danau Toba secara menyeluruh) dapat diterima menjadi anggota UNESCO. Sehingga nantinya kawasan taman bumi di provinsi ini mendapat perhatian penuh dari organisasi yang bergerak di bidang tersebut.

“Ya kita terus mengupayakan agar Geopark Kaldera Toba bisa diterima menjadi anggota UNESCO. Kita tunggu dan berdoa, September ini diumumkan. Karena Danau Toba ini punya cerita dan sejarah kejadian sejak ratusan ribu tahun lalu, hingga menjadi seperti sekarang ini. Itulah yang mau kita angkat supaya menjadi daya tarik juga bagi wisatawan mancanegara, selain juga adat istiadat serta lingkungan hidupnya,”kata Hidayati.(Humas Provsu/Riva)

TAG : danau-toba,wisata


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo