Viktor Sirait : Infrastruktur Dan Tugas Panggilan Pelayanan Membangun Indonesia Maju
Catatan Kecil Firman Jaya Daely Menghormati Viktor Sirait

Oleh : Radar Medan | 19 Feb 2021, 14:50:24 WIB | 👁 499 Lihat
Opini
Viktor Sirait : Infrastruktur Dan Tugas Panggilan Pelayanan Membangun Indonesia Maju

Berduka Cita Mendalam atas wafatnya Ketua Umum DPP Bara JP : VIKTOR SIRAIT, pada hari Kamis, tanggal 18 Februari 2021, jam 03.30, di RS Cibinong. Sebuah "Kepergiaan" akibat serangan jantung dalam usia masih tergolong muda : 47 tahun.

Berita duka ini sungguh-sungguh merupakan sebuah "Kepergian" yang mendadak dan mengejutkan kita semua tetutama yang mengenal almarhum.

Almahum Ir. Viktor Sirait adalah aktifis lurus dan tulus sejak kuliah dan lulus menamatkan studi dari kampus terbaik dan terkenal : Institut Teknologi Bandung (ITB). Seorang aktifis mahasiswa dan aktifis organisasi intra dan ekstra kampus pada zamannya. Bergumul dan bergelut serius, tekun, dan gigih dengan berbagai permasalahan dan tantangan zaman yang serba kompleks, dinamis, dan kompetitif. Proaktif terlibat melakukan pembelaan dan pendampingan rakyat pada masanya. 

Viktor Sirait adalah salah seorang pengusaha yang mandiri dan relatif berhasil. Kemandirian dan keberhasilan ini dilalui dengan penuh dinamika dan tantangan yang serba heroik. "DNA" kepribadian Viktor Sirait sebagai pengusaha, pada dasarnya selalu dan sungguh peduli dan bertanggungjawab untuk memajukan masyarakat dan membangun bangsa.

Perihal ini dipraxiskan melalui tugas panggilan pelayanan profesi yang dijalaninya dan ditekuninya. Intinya adalah sebuah profesi yang bersentuhan dengan infrastruktur dan sejumlah pembangunan terkait lainnya.

Viktor Sirait memilih secara sadar dan dengan confirm atas pilihannya tersebut. Kemudian berdiri tegak dan lurus meyakini pilihannya dan terpanggil untuk segera membumikan sistem nilai perjuangan atas pilihannya tersebut. Viktor Sirait membumikan secara profesional dan dengan analitis bahwa pembangunan kohesivitas infrastruktur, penataan kapasitas sumber daya, penyiapan kualitas kader (SDM), peningkatan relasi-jaringan, percepatan dan pemudahan pelayanan, pada dasarnya mengandung dan memiliki sistem nilai. Ini adalah serangkaian jalan pengabdian dan saluran pelayanan yang mesti ditempuhnya secara serius dan efektif demi membangun dan menumbuhkan nilai-nilai perjuangan dan pengabdian.

Viktor Sirait bersama kawan-kawannya mentransformasi nilai-nilai dan sistem nilai ini ke "wilayah, ke ranah, ke tingkat, ke kawasan" yang lebih luas, yaitu INDONESIA yang berideologi Pancasila dan Berbhinneka Tunggal Ika dalam wadah NKRI. Hingga pada akhirnya, Viktor Sirait bersama kawan-kawannya mendirikan dan mengorganisasikan komunitas relawan Bara JP untuk bersama-sama puluhan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan elemen dan komunitas lain mendukung dan memenangkan JOKOWI menjadi Presiden RI saat Pilpres tahun 2014 dan tahun 2019. 

Viktor Sirait adalah salah seorang yang terkemuka dan terdepan di barisan komunitasnya yang menggerakkan keseluruhan sumber daya, potensi, dan jaringan yang dimiliki. Penggerakkan ini diorientasikan dan diabdikan untuk memajukan masyarakat dan membangun bangsa Indonesia. Penggerakkan ini tentu dengan baik dan benar serta secara obyektif, kritis, positif, dinamis, kompetitif, efektif, inovatif, dan produktif. 

Kandungan pemikiran dan muatan pengabdian Viktor Sirait bagi masyarakat, bangsa, dan negara, pernah terlontar dalam sejumlah dialog dan diskusi kami. Pernah ada sekelumit kecil dialog kami bersama Viktor Sirait suatu saat di pertengahan tahun 2000-an (2005). Ketika itu, saya sebagai salah seorang anak buah dan anggota staf dari Ketua Umum PDI Perjuangan MEGAWATI SOEKARNOPUTRI, yaitu saya sebagai salah seorang Ketua DPP PDI Perjuangan, meminta kepada Viktor Sirait menjadi salah seorang fungsionaris Departemen yang saya bidangi di DPP PDI Perjuangan. 

Viktor Sirait yang memang sejak awal sebelumnya sudah menyatakan keinginan untuk bergabung menjadi fungsionaris Departemen di DPP PDI Perjuangan, pada gilirannya ditugaskan menjadi salah seorang fungsionaris Departemen. Malahan sempat proaktif terlibat selama beberapa waktu. Kemudian memohon maaf dan memohon ijin kepada saya untuk selanjutnya akan kurang aktif dalam kegiatan departemennya. Bersama Viktor Sirait, ada sejumlah fungsionaris departemen DPP PDI Perjuangan di bidang saya yang merupakan anggota dan kader PDI Perjuangan, dengan asal latarbelakang dari berbagai kalangan : profesional, akademisi, politisi (Anggota DPR-RI), kalangan aktifis ideologis dan berpengaruh terutama dari ormas strategis dan besar, khususnya mantan pimpinan dan aktifis ormas kemahasiswaan ekstra kampus yang tergabung dalam komunitas "Kelompok Cipayung". Ada GMNI, GMKI, HMI, PMII, PMKRI.

Saat itu Viktor Sirait amat sibuk dengan kegiatan profesinya di bidang ekonomi dan bisnis bahkan sampai sering keluar kota. Juga mungkin karena Viktor Sirait memiliki passion yang lebih cocok dengan profesi pengusaha dan memilih tumbuh berkembang dalam lingkungan profesi pengusaha. Meskipun pada akhirnya kurang aktif terlibat secara fisik di partai dan dalam sejumlah kegiatan "politik" lainnya, namun Viktor Sirait senantiasa tampil sebagai figur dan kader bangsa yang "ideologis", sama sekali tidak praktis pragmatis. Juga selalu tampil sebagai yang sosok dan SDM yang "Merah Putih", sama sekali tidak partikular primordial sektarian. Viktor Sirait berjalan dengan lingkungan pergerakan dan bergerak dalam suasana perjuangan rakyat. Spritualitas perjuangan ini diletakkan dalam perspektif untuk bergotongroyong memajukan masyarakat dan membangun bangsa Indonesia. 

Viktor Sirait sampai akhir hayatnya memiliki sifaf dan sikap kepribadian yang cerdas, sederhana, santun, bersahaja, tegas, berani, terbuka, arif dan bijak, peduli, berkomitmen, bersosial, responsif, dan sebagainya yang baik dan bajik. Saya pernah meminta sebuah buku kepada Viktor Sirait saat Pilpres tahun 2014. Buku tersebut merupakan buku baru yang sedang dibawanya, yang isinya bermuatan pengulasan dan pembahasan mengenai rekam jejak, prestasi, keberhasilan, dan keunggulan Jokowi (lulusan UGM), Yogyakarta.

Saya juga sesungguhnya sudah memiliki buku yang sama judul dan isinya tetapi saya sedang tidak membawanya saat itu. Padahal saya sudah merencanakan untuk segera menyampaikannya sebagai ole-ole akademik dan bahan bacaan bermanfaat kepada Dubes Indonesia untuk Belanda saat itu Retno Marsudi (lulusan Jurusan Hubungan Internasional FISIPOL UGM, dan kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri RI). Dubes Retno Marsudi rencana berangkat dari Jakarta ke Belanda dengan penerbangan pesawat malam hari, sehingga menunggu beberapa waktu di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten. Saya masih ada sejumlah kegiatan sore sampai malam saat itu, sehingga buku "Jokowi" tersebut diantar ke bandara oleh seorang aktifis profesional dan fungsionaris komunitas Keluarga Alumni UGM (KAGAMA) Yogyakarta bernama Rinina (lulusan Jurusan Hubungan Internasional FISIPOL UGM). Dan kemudian buku tersebut diserahkan kepada Dubes Retno Marsudi yang sedang menantinya di bandara sembari menunggu keberangkatan pesawat ke Belanda. Buku tersebut sesungguhnya adalah tinggal satu-satunya buku terbatas yang dimiliki Viktor Sirait namun rela bersedia memberikannya kepada saya. Pemberian ini semakin menjadi bermakna karena berlangsung dalam waktu singkat dan dalam suasana darurat keberangkatan jauh. 

Victor Sirait, selain sebagai pengusaha, juga sedang menunaikan Tugas Pengabdian Kenegaraan sebagai Komisaris di BUMN Waskita Karya di bawah koordinasi tehnis fungsional Kementeriaan PUPR RI. Tengah menunaikan amanah dan kepercayaan menjadi Ketua Umum DPP Bara JP. Pernah menjadi salah seorang Pengurus Pusat GMKI. Dan masih banyak lagi kegiatan dan tugas panggilan pelayanan lainnya demi untuk Membangun Indonesia Maju.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa Melindungi dan Memberkati keluarga yang ditinggalkan. Juga diberi penguatan, penghiburan, dan pengharapan oleh Tuhan
Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Selamat Jalan Ir. Viktor Sirait. Tuhan Yang Memberi dan Tuhan Yang Mengambil. Rest In Peace. Amin.

 

Firman Jaya Daeli.


TAG : opini,tokoh


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20210304-WA0043.jpg

Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Kabupaten Samosir

🔖 KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔21:41:20, 04 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir mengeluarkan surat perihal jadwal pelaksanaan Vaksinasi covid-19 tahap II untuk pelayanan publik. Sesuai dengan surat Bupati Samosir No. 440. 444/DINKES/III/2021 yang ditanda tangani Plh. Sekda Kabupaten Samosir, Lemen Manurung S.Pd, diterima oleh RADARMEDAN.COM dari Kepala Dinas Kesehatan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210303-WA0014_compress69.jpg

Tim Basarnas Medan Evakuasi Sesosok Mayat Didalam Jurang di Wilayah Kecamatan Merek

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:48:36, 03 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Mendapat laporan dari Kabag Ops Polres Tanah Karo, Kompol.D.Munthe,SH atas adanya penemuan mayat di dasar Jurang diwilayah Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, pada Selasa (02/03) sekira pukul 22.13.WIB. Menindaklanjuti laporan tersebut, Basarnas Medan menurunkan Tim Petugas Siaga Rescuer yang berjumlah 8 orang ke TKP di . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20210302_163819371_compress21.jpg

Wanita Ditemukan Meninggal di Penatapan Desa Daulu, Ini Dia Ciri-cirinya

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔16:44:32, 02 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Berdasarkan informasi dari masyarakat yang layak dipercaya atas ditemukannya mayat di Desa Daulu Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo pada hari Selasa tanggal 02 maret 2021, sekira pukul 10.30 WIB di sebuah kamar warung yang sudah tidak ditempati. Hal ini di sampaikan Kapolsekta Berastagi KOMPOL Lindung Marpaung didampingi . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210302_150810_compress26.jpg

Pelaku Habisi Suami Istri di Binjai Berhasil Dibekuk Polisi

🔖 BINJAI 👤Radar Medan 🕔15:12:14, 02 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, BINJAI - Aparat Reskrim Polres Kota Binjai menangkap Sulistiono alias Sulis (24) warga Dusun IX, Sei Mencirim, Desa Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang di lokasi persembunyiannya di Kabupaten Batubara setelah lima hari dalam pelarian usai melakukan pembunuhan terhadap sepasang suami istri. Kapolres Binjai . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210302_104706_compress49.jpg

Guguran Awan Panas Gunung Sinabung Kembali Terjadi, Ketinggian Diperkirakan 5 Kilometer

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:06:10, 02 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Awan panas guguran gunung api Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara kembali terjadi dengan ketinggian sekitar 5 meter, Selasa(2/3/2021) pagi.  Petugas pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) gunung api Sinabung mencatat, awan panas yang terpantau mengarah ke Timur dan Tenggara gunung tersebut . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210301-WA0000_compress97.jpg

Pria Bersimbah Darah Ditemukan Meninggal Dunia Disamping Alfamidi Negerilama

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔12:48:45, 01 Mar 2021

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Seorang pria bernama Syahputra Dalimunthe, warga Negerilama ditemukan meninggal dunia dengan kepala bersimbah darah. Jasad pria tersebut ditemukan tepat disamping pusat perbelanjaan  Alfamidi Negerilama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Senin (01/3) dini hari. Saat ini, terduga . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210225-WA0023_compress1.jpg

Kuasa Hukum Fauzi Munthe: Penghentian Kasus 4 Nakes oleh Kejari Pematangsiantar Penemuan Hukum Baru

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔20:42:16, 25 Feb 2021

RADARMEDAN.COM, Pematangsiantar- Penghentian perkara atas 4 Tenaga Kesehatan (Nakes) RSUD Djasamen Saragih oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar mendapat tanggapan dari Kuasa Hukum Pelapor (Fauzi Munthe), Kamis (25/02/2021) sore sekitar pukul 16.00 WIB di Kantor LBH AMANAH HAQ, Jalan Ade Irma Suryani Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210224-WA0026_compress57.jpg

Mendadak..!! Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Hentikan Penuntutan 4 Nakes RS Djasamen Saragih

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:53:40, 24 Feb 2021

RADARMEDAN.COM, Pematangsiantar - Kejaksaan Negeri Pematangsiantar menghentikan Kasus pemandian Jenazah wanita oleh terdakwa 4 Tenaga Kesehatan Djasamen Saragih Pematangsiantar Rabu, (24/02/2021).  Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Siantar menggelar Konferensi Pers secara mendadak, yang langsung dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210219-WA0000_compress47.jpg

BaraJP Sumut Berduka, Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden Meninggal Dunia

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔10:16:23, 19 Feb 2021

RARMEDAN.COM - Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Viktor S Sirait meninggal dunia hari Kamis (18/2/2021) dini hari. Viktor dikenal sebagai loyalis yang aktif mendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo selama kontestasi Pilpres. Viktor dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung dan sempat dilarikan ke Rumah Sakit . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210218_174011_compress24.jpg

Kapolda Sumut dan Kabareskrim Polri Berganti, Ini Nama Penggantinya

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔17:44:26, 18 Feb 2021

RADARMEDAN.COM - Sesuai dengan Telegram Kapolri Nomor ST/318/II/KEP/2021 Tanggal 18 Februari 2021 yang diperoleh RADARMEDAN.COM jabatan Kepala Kepolisian Daerah(Kapolda) Sumatera Utara berganti. Dalam TR tersebut Kapolda Sumut dijabat oleh Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulut.  Sementara jabatan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo

Video Terbaru

Lihat Semua Video