Tingkatkan Kualitas Jalan, Pemprov Sumut Pertimbangkan Teknologi Polimer

Oleh : Admin Radar Medan | 05 Jul 2019, 11:06:11 WIB | 👁 926 Lihat
Teknologi
Tingkatkan Kualitas Jalan, Pemprov Sumut Pertimbangkan Teknologi Polimer

RADARMEDAN.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya untuk mendapatkan cara terbaik dalam memperbaiki dan membangun jalan di daerah ini. Salah satunya dengan mempertimbangkan penggunaan teknologi polimer. Teknologi polimer merupakan teknologi konstruksi jalan yang dikenal lebih kuat, tahan lama, murah dan pemeliharannya lebih mudah dari aspal biasa, sehingga bisa menjadi salah satu solusi masalah jalan di Sumut.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menilai ini salah satu solusi bagus untuk jalan-jalan di Sumut yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat. “Ini teknologi yang bagus, punya ketahanan, kekuatan dan harganya juga lebih murah dari aspal biasa. Kita perlu solusi-solusi seperti ini untuk memberikan jalan yang layak kepada masyarakat Sumut,” kata Musa Rajekshah, saat rapat dengan sejumlah pimpinan Terratech Inc USA, di ruang rapat Lantai 9 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pengeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (4/7).

Polimer yang ditawarkan Terratech mampu menahan beban hingga 30 ton, sama seperti beton, sedangkan rata-rata ketahanan aspal yang banyak digunakan untuk jalan-jalan kota hanya mampu menahan 10 ton. Untuk ketebalannya, polimer Terratech hanya 50mm, sedangkan aspal 100mm dan beton 150mm.

Menurut Musa Rajekshah, teknologi polimer ini patut dipertimbangkan untuk menjawab kebutuhan jalan di Sumut, yang sangat sering menjadi polemik masyarakat. Namun menurutnya masih perlu diperhatikan lagi soal peraturan yang berlaku di Indonesia, termasuk persetujuan dari Kementrian PUPR.

“Apa yang ditawarkan Terratech memang menarik dan cukup menjawab permasalah jalan di Sumut, tetapi kita juga harus memperhatikan regulasi yang berlaku di Indonesia, termasuk izin standar dari Kementrian PUPR dan SSH (Standar Satuan Harga). Namun, secara keseluruhan ini sangat bagus karena polimer menggunakan bahan dasar karet dan merupakan teknologi ramah lingkungan. Jadi, kita akan kaji lagi lebih dalam lagi,” katanya.

Selain mengajak kerja sama dalam masalah konstruksi jalan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Terratech juga berencana untuk membangun pabrik polimer di Sumut. Ini bisa menggairahkan kembali perkebunan karet Sumut yang saat ini mulai berkurang. Ini sesuai dengan misi Kementrian PUPR yang ingin memperluas penggunaan aspal karet untuk jalan-jalan di seluruh Indonesia.

“Sumut pernah jaya di karet dan Terratech punya rencana untuk membangun pabrik polimer di sini. Pabriknya mungkin akan menjadi pabrik Terratech yang paling besar di dunia. Ini akan sangat menguntungkan bagi petani-petani karet di Sumut,” kata Direktur Operasional Terratech untuk Indonesia Muhammad Zulfan.

Turut hadir Asisten Adsministrasi Umum dan Aset Mhd Fitriyus dan Kadis Perumahan, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Pemprov Sumut Effendy Pohan, Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemprov Sumut Ida Mariana. Sedangkan dari pihak Terratech hadir CEO Terratech Zakaria bin Pehin Dato Abdul Aziz, Direktur Pemasaran Indonesia M Mahri, Direktur Teknis Asia Tenggara Abdurrahim, Direktur Teknis Indonesia Adam Chu, Direktur Umum Indonesia Kasmadi dan Direktur Asia Tenggara Iman Shahbudi.** (Humas Provsu)-(Riva)/red


TAG : teknologi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo