Sekdaprov Sumut Yakin Grand Design Transportasi Danau Toba Bisa Direalisasikan

Oleh : Admin Radar Medan | 22 Mar 2019, 14:05:21 WIB | 👁 1524 Lihat
Wisata
Sekdaprov Sumut Yakin Grand Design Transportasi Danau Toba Bisa Direalisasikan

RADARMEDAN.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut), R Sabrina optimis hasil studi Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan untuk Grand Design Transportasi Danau Toba bisa direalisasikan. Hal ini disampaikan Sabrina usai menghadiri Sosiasliasi Monitoring Hasil Studi Grand Design Transportasi Danau Toba dalam Rangka Mendukung Pariwisata di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan, Kamis (21/3).

Pada kesempatan kali ini, Kepala Balitbang Perhubungan, Sugihardjo memaparkan hasil studi yang menunjukkan masalah, solusi dan apa yang sudah dilakukan untuk pengembangan transportasi Danau Toba. Sampai saat ini upaya yang sudah dilakukan untuk prasarana seperti pembangunan pelabuhan Ambarita dengan fasilitas Movable Bridge, peningkatan pelabuhan Ajibata, Simanindo (dengan Movable Bridge) dan Tigaras.

Sedangkan untuk sarana ada tambahan 2 unit kapal ukuran 300 GT dan pembangunan fasilitas docking kapal di Porsea. Untuk angkutan, Kementerian Perhubungan sudah melakukan rampchek terhadap 215 kapal dan terakhir pelaksanaan Bulan Keselamatan Danau Toba.

Selain itu, Balitbang juga sudah mempersiapkan sketchup model Pelabuhan Simanindo kedepannya yang lebih modern dan bisa meningkatkan pelayanan dan keselamatan pelayaran di Danau Toba.

Untuk Pelabuhan Simanindo rencananya akan di bangun di area seluas 8,911 M2 untuk dua dermaga, pertama pariwisata modern 3,480 M2 dan pelabuhan pariwisata 5,430 M2. Satu dermaga ini nantinya direncanakan untuk kapal Roro, dermaga wisata dan dermaga rakyat serta dermaga lainnya untuk wisatawan yang akan mengelilingi Danau Toba maupun yang akan menyeberang dari Pulau Samosir.

"Dermaga ini menggunakan sistem floating wharf untuk kapal rakyat dan wisata,"katanya.

Menurut hasil studi Balitbang Perhubungan, ada 38 pelabuhan yang aktif di Danau Toba saat ini, 26 di Samosir dan 12 di luar Samosir. Ada 6 pelabuhan yang dikelola swasta dan 20 pelabuhan tidak bisa dikunjungi melalui darat. Hal ini juga menjadi perhatian Kementerian Perhubungan, mereka berharap ini bisa ditata kembali demi kemudahan pengawasan keselamatan pelayaran.

Sekda Provinsi Sumut, Sabrina optimis hasil studi Balitbang Perhubungan bisa terealisasikan, tetapi dia juga meminta agar pengembangan ini bisa membantu perekonomian masyarakat setempat, bukan malah membuat mereka terpinggirkan.

“Kita tentu optimis hal ini bisa dilakukan asal kita sungguh-sungguh mengerjakannya. Perlu sinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah untuk merealisasikan ini,” kata Sabrina usai rapat di ATKP Medan, Kamis (21/3).

Diharapkan Sabrina, aspek ekonomi masyarakat setempat menjadi perhatian serius. “Sebab banyak masyarakat setempat yang menggantungkan kehidupannya di situ. “Jangan nanti kita membuat transportasi Danau Toba yang modern dan berstandar internasional, tetapi tidak memikirkan masyarakat setempat,” tambahnya.

Hal ini memang menjadi pertimbangan Kementerian Perhubungan, menurut keterangan Kepala Balitbang Perhubungan solusi yang ditawarkan salah satunya adalah win-win solution. Nantinya akan ada standar tersendiri untuk kapal-kapal daerah yang masih memenuhi kelayakan berlayar.

“Ini masalah legalitas dan operasional. Walau mungkin kapal-kapal asli daerah tidak memenuhi standar internasional, kita bisa membuat kapal-kapal itu memenuhi standar tertentu yang pastinya mengutamakan keselamatan. Intinya standar keselamatan kita tingkatkan,” kata Sugihardjo saat rapat.

Selain itu, aspek ekonomi masyarakat juga harus diperhatikan sesuai dengan permintaan Sekdaprov Sumut. “Kita akan mencari solusinya yang tentunya win-win solution,” tambahnya.

Pada rapat ini turut hadir Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Samosir, Nurdin Siahaan, Kadishub Simalungun, Ramadhani Purba, Kepala Syah Bandar, Sugeng Wibowo, Direktur ATKP Medan, Suyatmo dan OPD terkait. Selanjutnya, pertemuan ini akan kembali di tindaklanjuti minggu depan.

“Permasalahannya cukup banyak setelah kita mendengar laporan dari berbagai dinas di Pemkab dan Provinsi, jadi kita akan lanjutkan pertemuan ini minggu depan untuk bisa membahas lebih dalam lagi,” terang Kepala Balitbang Perhubungan Sugihardjo.(humas/red).


TAG : sumut,danau-toba,wisata,sekitar-kita


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

FB_IMG_1664590010094_compress61.jpg

PSDS Deli Serdang Ditahan Imbang Semen Padang di Liga 2 Stadion Baharoeddin Siregar

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔09:14:35, 01 Okt 2022

RADARMEDAN.COM - PSDS Deli Serdang harus puas berbagi poin kala menjamu Semen Padang pada laga lanjutan Liga 2 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Jumat (30/9/2022). Skor 1-1 menutup laga bertajuk Derby Sumatera ini. Gol PSDS Deli Serdang dicetak strikernya, Purnomo melalui sundulan, pada menit 66. Kemenangan yang . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-09-26_at_3_52_53_PM.jpg

Bobby Nasution Buka Konferda Bara JP Sumut, dan Seminar Topik Pertanahan dan Narkoba

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔16:35:07, 26 Sep 2022

  RADARMEDAN.COM - Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) menggelar Konferensi Pertemuan Daerah se Sumatra Utara di Gedung Madinah Almunawarah Asrama Haji Medan, 24-25 September 2022. sekitar pukul 16.00 WIB. M Bobby Afif Nasution, yang didaulat telah menjadi Anggota Kehormatan Bara JP Sumut kini menjabat  Wali Kota Medan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220923-WA0001_compress36.jpg

Protes Jalan Rusak, Warga Labuhanbatu Tanam 1000 Pohon

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:29:52, 24 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Ratusan warga Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Gegara tidak kunjung diperbaiki, warga kecewa hingga menanam 1000 pohon di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah, Kamis (22/9/2022). Adapun kegiatan penanaman 1000 pohon . . .

Berita Selengkapnya
jln.jpg

Sempat Macet Total, Jalan Lintas Sidikalang- Merek Sudah Bisa Dilalui

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:57:50, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Jalan lintas Merek- Sidikalang yang sempat longsor, Rabu(21/9/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB kini sudah bisa dilalui oleh keendaraan bermotor. Kepala Dinas PUPR Pemkab Dairi, Ir.Hotmaida Dina Uli Butar Butar,MT dan BPBD serta OPD dan perangkat lainnya turun kelokasi dengan menggunakan alat berat dibantu oleh pihak . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220922_074748_compress16.jpg

Polsek Tigapanah Grebek Mesin Judi Ikan-ikan, Dua Pelaku Diamankan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:57:48, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO — Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, beserta jajaran tidak pandang bulu dalam penegakkan supremasi hukum di Kab. Karo. Termasuk mengenai penyakit masyarakat terkait perjudian di wilayah Kabupaten Karo. Kali ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tigapanah berhasil mengungkap perjudian jenis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220921-WA0002_compress47.jpg

KNPI Namorambe Demo Kejati Sumut, Minta Kajati Usut Dugaan Korupsi di Namorambe

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:13:50, 21 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Namorambe kembali menggelar aksi damai dan menyambangi Kantor Kejati Sumatera Utara dan Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang dengan lebih kurang 30 masa yang terdiri dari pengurus PK KNPI Kecamatan Namorambe, masyarakat Namorambe dan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220903-WA0016_compress88.jpg

Harga BBM Naik, Segini Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔19:35:30, 03 Sep 2022

RADARMEDAN.COM — Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax, harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.  " Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1662103992016.jpg

Agar Tidak Menuai Polemik, Pos Retribusi Wisata Air Terjun Sipiso-piso Dipindah Lebih Kedalam

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:44:33, 02 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Agar tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang akan ke Tongging, Paropo dan Silalahi akhirnya Dinas Pariwisata Tanah Karo memindahkan pos pengutipan retribusi agak kedalam pintu masuk Air Terjun.  Kadis Pariwisata Karo Munarta Ginting SP mengatakan terus melakukan perubahan objek agar jangan menjadi polemik kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220830-WA0002_compress20.jpg

Empat Hari Sempat Hilang, Johan Lumbantoruan Ditemukan Tewas di Sungai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔07:46:28, 31 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Johan Lumbantoruan ( 32 ) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Kabupaten Taput ditemukan tewas akibat hanyut di Sungai Sidoras Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Selasa ( 30/8/2022). Diketahui, korban pergi dari rumah tujuan keladang dengan mengenderai sepeda motornya pada hari sabtu ( 27/8 ) sekira . . .

Berita Selengkapnya
lantik6.jpg

Gubsu Lantik Walikota P Siantar dan Walikota Tanjungbalai, Ini Pesannya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:08:27, 22 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rahmayadi melantik Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani dan Walikota Tanjungbalai Waris Tholib. Kepada keduanya, Edy Rahmayadi meminta untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.  Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo