Refleksi 21 Mei, Perhimpunan Pergerakan 98 Minta Pemerintah Usut Kasus Pelanggaran HAM
24 Tahun Reformasi, PP 98 Minta Kawal Perjuangan Reformasi

Oleh : Radar Medan | 21 Mei 2022, 18:50:23 WIB | 👁 1679 Lihat
Komunitas
Refleksi 21 Mei, Perhimpunan Pergerakan 98 Minta Pemerintah Usut Kasus Pelanggaran HAM

RADARMEDAN.COM - Perhimpunan Pergerakan 98 menggelar Halal Bihalal di kawasan Medan Johor, Sabtu 21 Mei 2021. Kegiatan ini di isi dengan talk show dengan menghadirkan pembicara Dosen Perguruan Tinggi di Sumut, diantaranya yang dikenal masyarakat Bang Akbar dan Bang Roy Fachraby. Sejumlah mahasiswa turut hadir, diantarnya dari Universitas HKBP Nommensen, Unimed dan lainnya. Acara digelar sederhana dibawah pohon rindang jelang makan siang.

Usai debat talk show yang dipimpin Rizal, salah satu tokoh pergerakan 98, para pembicara menjawab satu persatu pertanyaan mahasiswa, yang intinya menekankan pentingnya sejarah bahwa bangsa ini diperjuangkan oleh semua etnis, semua agama. Disamping para pembicara, dari tokoh Nahdatul Ulama, Ustadz Zulkarnain, yang juga salah satu bagian dari pergerakan 98 memaparkan pentingnya kebersamaan dalam membangun negeri.

" Cikal bakal Indonesia raya ini adalah sejarah,paham kita tentang sejarah sebelum republik ini, saya kira kita khatam berbicara nasionalis bicara kebhinekaan. Hari ini makin alergi, ketika ada orang Islam ikut membantu memperjuangkan rumah ibadah non muslim, ini banyak yang alergi, Alhamdulillah konsep Islam Nusantara tentang hidup rahmatan lil alamin, diajarkan oleh ulama kita," ujar Ustadz Zulkarnain.

Menurut Ustadz Zulkarnain, kalau belajar agama kitabnya jelas, dan gurunya jelas, insyallah intoleransi diminimalisir. 

Sahat Simatupang, Ketua Perhimpunan Pergerakan 98 dihadapan sejumlah wartawan usai acara mengatakan kegiatan ini merupakan refleksi 24 Tahun Reformasi, mengingatkan pemerintah amanah reformasi.

" Bagi kami kawan-kawan aktifis 98 kegiatan ini menginatkan kembali momentum 24 tahun lalu, kejatuhan orde baru, pemerintah harus menjalankan amanah reformasi, pemberantasan korupsi harus dilanjutkan. Rekan-rekan kami yang tewas harus diusut pelanggarann HAM nya. Kami kecewa ketika Menteri BUMN memberikan hadiah rumah, keinginan kami adalah kasus pelanggaran HAM nya dibuka dan diusut. Bagi kami momentum ini adalah peringatan bahwa oligarki, intoleransi saat ini membajak agenda reformasi. Karena itu kami menginginkan kebangkitan ini agar masyarakat semakin kuat dalam mengawal demokrasi," ujar Sahat.

Sahat menjelaskan agenda reformasi telah dibajak oleh sekelompok orang yang punya kekuatan, punya uang, dan pihaknya memantau hal itu.

Kegiatan ditutup dengan makan bersama, dan hiburan akuistik dari para peserta. 


TAG : sumut,nasional,komunitas


Video Terkait:


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

tjahjo.jpg

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔11:57:37, 01 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh petinggi PDIP Junimart Girsang. Dia mengatakan Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-06-27_at_20_51_31.jpg

Mobil Fortuner Masuk Sungai di Labuhanbatu, Satu Penumpang Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔22:10:15, 27 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Sebuah mobil minibus jenis Toyota Fortuner terperosok masuk ke dalam sungai di Desa Perkebunan Sennah, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Senin (27/6/2022) sekira pukul 17.30 WIB. Mobil milik anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Juhartono tersebut diketahui membawa tiga orang penumpang, dua diantaranya . . .

Berita Selengkapnya
taputdar.jpg

Taput Darurat Moral, Ayah Tiri Tega Rudapaksa 2 Anak Tiri Masih Bawah Umur

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:44:40, 23 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Sulit di mengerti apa yang menjadi faktor penyebab sehingga kasus cabul terhadap anak di bawah umur alih-alih terjadi di Taput. Belakangan ini selalu jadi pembahasan dan pertanyaan dimana kota yang dijuluki sebagai kota wisata Rohani ini kini berulang diterpa peristiwa perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur, baik . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-06-16_at_10_34_26_PM.jpg

Objek Wisata Togaraja Resmi Dibuka, Nikmati Panorama Danau Toba Dari Ketinggian

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔11:51:27, 17 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Pemerintah Desa Partuko Naginjang, Kecamatan Harian resmi melaunching objek wisata " Togaraja", Kamis, 16/06. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh  Pdt. G. Simanjuntak disaksikan Kepala Desa dan warga Desa Partuko Naginjang, dilanjutkan dengan pembukaan selubung nama objek . . .

Berita Selengkapnya
ladang_bawang.jpg

Kejadian di Karo, Bawang Petani Digasak Maling Tengah Malam dari Perladangan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔14:44:57, 09 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Kejadian pencurian kembali terjadi di Karo, tepatnya di desa Pangambatan, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pencurian hasil tani dari desa ini bukan kali pertama terjadi. Adalah penduduk desa Pangambatan Heliana Manjorang (58) ia harus pasrah karena bawangya dipanen pencuri, Rabu 8/6/2022 dini . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-06-06_at_5_56_46_PM.jpg

Pembunuh IRT di Bilah Hilir Meninggal Dunia di Lapas Rantauprapat

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:26:10, 06 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Seorang narapidana tindak pidana kasus pembunuhan meninggal dunia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lobusona Rantauprapat. Napi tersebut adalah Analisa Nduru, warga perumahan FG-KNS PT Hari Sawit Jaya (HSJ), Desa Sidomulyo, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu. Informasi yang diperoleh, napi yang divonis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220603-WA0002.jpg

Menteri Sandiaga Uno: Semesta Dairi Memanggil Konsep Promosi Wisata Yang Kreatif

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔06:32:57, 03 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi kepada Bupati Dairi Eddy Berutu atas penerapan konsep promosi pariwisata yang kreatif. Bagi Sandi promosi yang dibuat Eddy Berutu dengan nama semesta Dairi Memanggil menjadi terobosan baru. "Ini adalah merupakan program terobosan . . .

Berita Selengkapnya
MENTANSAMOSIR.jpg

Temui Mentan, Bupati Samosir Minta Dukungan Program Pengembangan Pertanian

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔19:10:18, 24 Mei 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom  bersama Anggota DPR-RI Fraksi Partai Nasdem Martin Manurung SE.,M.A, mengadakan pertemuan langsung dengan Menteri Pertanian RI, H Syahrul Yasin Limpo, Selasa pagi (24/5/2020) di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta.  Pertemuan ini bertujuan untuk membahas pengembangan . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-05-21_at_6_45_14_PM.jpg

Refleksi 21 Mei, Perhimpunan Pergerakan 98 Minta Pemerintah Usut Kasus Pelanggaran HAM

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔18:50:23, 21 Mei 2022

RADARMEDAN.COM - Perhimpunan Pergerakan 98 menggelar Halal Bihalal di kawasan Medan Johor, Sabtu 21 Mei 2021. Kegiatan ini di isi dengan talk show dengan menghadirkan pembicara Dosen Perguruan Tinggi di Sumut, diantaranya yang dikenal masyarakat Bang Akbar dan Bang Roy Fachraby. Sejumlah mahasiswa turut hadir, diantarnya dari Universitas HKBP . . .

Berita Selengkapnya
aekoghan.jpg

Pembabatan Hutan Desa Berlanjut di Aek Hotang, Puluhan Warga Pangambatan Protes

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:32:45, 19 Mei 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Puluhan warga desa Pangambatan, dusun Aek Hotang, kecamatan Merek, kabupaten Karo mendatangi lokasi pembabatan hutan desa Pangambatan, Rabu 18 Mei 2022. Kedatangan puluhan warga yang kebanyakan adalah wanita membuat ramai seketika lokasi. Terlihat 2 truk "Kingkong" bermuatan Pinus dicegat warga. Seorang warga . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo