Pemkab Dairi Gelar Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat SD SMP

Oleh : Admin Radar Medan | 31 Agu 2019, 06:48:23 WIB | 👁 511 Lihat
Daerah
Pemkab Dairi Gelar Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat SD SMP

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Pemerintah Kabupaten Dairi, melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup tingkat SD dan SMP sederajat dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Akademi Perawat Dairi Sitinjo (30/08/2019). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy K. A Berutu, Asisten Administrasi Umum Drs. Sudung Ujung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Posma Tua Manurung, panitia pelaksana, Direktur Akper Robert Silalahi, Pimpinan OPD, Kepala Sekolah, Guru Pembimbing, Tim Juri dan para pelajar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Posma Tua Manurung menyampaikan hari lingkungan hidup sedunia dirayakan pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Tujuan akhir dari kegiatan ini mencari tim terbaik yang dimana nantinya akan diutus ke Provinsi Sumatera Utara.

“Bahwa Kabupaten Dairi di tingkat Provinsi Sumatera Utara saat ini sangat disegani karena setiap tahun dari perlombaan yang dilaksanakan kita tetap mendapatkan juara I” ujar Kadis. Kadis juga menyampaikan kepada pelajar yang mengikuti lomba untuk berkompetisi dengan baik dan kepda tim juri untuk menilai dengan jujur karena pelajar ini yang akan diutus untuk mengikuti lomba yang nantinya akan membawa nama baik Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi Dr. Eddy K. A Berutu menyampaikan bumi kita ini hanya sebagian kecil dari keseluruhan galaksi dan kita Kabupaten Dairi hanya bagian kecil saja dari Asia Tenggara dan NKRI dan kita bisa bayangkan bahwa kita sangat kecil dari alam semesta ini.

“Alam semesta ini dititipkan Tuhan kepada kita, kalau kita tidak bagus merawatnya akan menjadi boomerang bagi kita” ujar beliau. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjaga lingkungannya oleh sebab itu kita harus melestarikan alam itu caranya adalah dengan mulai dari diri sendiri dimana prinsip dari semua itu adalah kepedulian terhadap lingkungan. Bupati juga menyampaikan bahwa tema peringatan hari lingkungan biru langit menggambarkan upaya kita untuk mengendalikan polusi udara yang sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau, untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor maka upayauntuk membuat kota hijau dengan memperbanyak ruang terbuka hijau. Untuk skala nasional pemerintah juga melakuka pengendalian polusi udara,antara lain dengan penerapan penggunaan bahan bakar bersih dengan bahan bakar setara standar euro 4. Penggunaan bahan bakar yang lebih bersih ini berpotensi menurunkan tingkat emisi CO sebesar 55% atau 280.721,8 ton/tahun, pengurangan emisi sulfur dioksida dan sekaligus memberikan keuntungan ekonomi sebesar Rp. 1.970 trilyun dari pengurangan biaya kesehatan.

Bupati juga mengingatkan bahwa isu-isu strategis lingkungan yang dihadapi Kabupaten Dairi saat ini yaitu, degradasi hutan dan lahan, penyediaan air bersih, sanitasi lingkungan dan masalah persampahan.

“Kesadaran masyarakat atas pentingnya pelestarian lingkungan harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga dibutuhkan pendidikan lingkungan yang harus dimulai dari usia dini dimana sebagai contoh lomba pengetahuan lingkungan hidup yang dilaksanakan hari inimerupakan upaya jangka panjang yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnnya, dengan harapan generasi muda ini nantinya akan menjadi pemimpin yang peduli terhadap lingkungan dan diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan” ujar Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan selamat mengikuti lomba pengetahuan lingkungan hidup selamat bertanding, junjung sportivitas dan jadikan lomba ini menjadi ajang bertukar pengalaman, menambah wawasan dan sahabat. “ Selamat Hari Lingkungan Hidup, Selamat untuk Kabupaten Dairi, Selamat untuk Indonesia dan Selamat Untuk Dunia” pungkas Bupati. (Humas/PE/red


TAG : sekitar-kita,pendidikan,komunitas


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya
honorer1.jpg

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔06:38:35, 17 Jan 2023

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Sejumlah guru honorer SMK Negeri 1 Pangkatan di Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara kecewa, pasalnya, jam mengajar guru honorer dikurangi/dipangkas kepala sekolah. Hal itu dikatakan salah . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo