Kepala BNNP Sumut Ajak Bara JP Berantas Penyalahgunaan Narkoba

Oleh : Radar Medan | 21 Sep 2022, 09:30:35 WIB | 👁 376 Lihat
Komunitas
Kepala BNNP Sumut Ajak Bara JP Berantas Penyalahgunaan Narkoba

RADARMEDAN.COM, Deli Serdang - Kunjungan Rombongan dari Dewan Pimpinan Daerah Barisan Relawan Jokowi Presiden Sumatera Utara (DPD Bara JP Sumut) ke BNNP Sumut mendapat apresiasi dari Ka. BNNP Sumut, Brigjen Pol. Toga Habinsaran Panjaitan, Selasa, 20/09/2022 di Kantor BNNP Sumut Jl. Balai Pom No.1, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Toga Panjaitan berharap Bara JP bisa mendorong adanya kerjasama yang baik dengan Pemerintah.

“Kita berharap semua elemen masyarakat bisa mendorong pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Penerintah Daerah,  dalam upaya mensosialisasikan Gerakan Nasional Brantas Narkoba Sumatera Utara, sesuai dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2020, yaitu tentang,  Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” ujar Kepala Badan Nasional Narkotika Sumatera Utara (Ka. BNN Sumut) Brigjen Pol Toga Habinsaran Panjaitan.

Toga Panjaitan lebih lanjut megatakan, oleh karena itu saya berharap adanya hubungan yang baik, antara Badan Naaional Narkotika (BNN) dan Kader Bara JP bersinergy dan  bekerhasama dalam upaya memberantas penyalahgunaan dan peredaran Narkoba, khususnya di Sumatera Utara ini.

Dikarenakan keterbatasan anggaran, Ka BNNP berharap Bara JP mendorong pemerintah untuk mengalokasikan anggaran yang cukup, jangan seadannya saja.

“Untuk itu kami mendorong Bara JP agar menyampaikan ke berbagai pihak, Pemerintah Pusat, Gubernur, Bupati dan Wali Kota se- Sumatera Utara, agar mau tanggap memberikan anggaran rehabilitasi di wilayah masing-masing. Dan syukur Alhamdulillah, saat ini  Pak Gubernur Sumut sudah mau membantu, walau masih jauh dari nilai yang kita anggarkan,” kata Panjaitan.

Dihadapan pengurus Bara JP, Brigjen Toga Panjaitan memaparkan telah lakukan rehabilitasi terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba dengan melakukan pembinaan secara humanis, agar  nantinya ke depan sumber daya manusia (SDM) kita ini, bebas dari Narkoba; dengan demikian  mereka nantinya menjadi peduli dan produktif.

“ Usai kita bina kita berharap mereka Tidak lagi membebani Keluarga; ataupun Pemerintah, sehingga mereka bisa hidup sehat dan dapat diterima kembali di tengah-tengah masyarakat dengan baik," ucapnya.

Toga Panjaitan menambahkan, kepada seluruh masyarakat, atau pun orang tua, agar jangan takut dan khawatir melaporkan jika ada keluarga yang diduga telah candu. Kami menghimbau, untuk segera melaporkan anaknya, saudaranya ke Kantor BNN Provinsi Sumut. 

“Maka petugas kami akan anjurkan untuk direhabilitasi dan  memberikan pembinaan. Karena ada istilah kami, berani lapor, berani  direhab dan kami akan memfasilitasi dengan menggunakan anggaran dana yang dibereikan dari Bapak Gubsu, sehingga mereka natinya; akan direhabilitasi secara gratis, tanpa dipungut biaya,” tambah Panjaitan.

Selain itu juga, dalam upaya kita memberi pembinaan kepada Warga Binaan dengan baik dan benar. Kami juga sangat mengharapkan agar Pemerintah Daerah mau memfasilitasi akan sarana dan prasarana lahan,  dengan memanfaatkan lahan dan gedung-gedung yang tidak terpakai untuk dibuatkan Panti Rehab, dikhususkan kepada warga binaan yang keluarganya ekonomi lemah," pungkas Toga Panjaitan.

Selanjutnya, Ketua DPD Bara JP Sumut Heryanson Munthe, mengatakan, bahwa dari hasil pembicaraan kita tadi, Instasi BNN Sumut, perlu adanya kerjasama dengan Bara JP, untuk mendorong Pemerintah Provinsi, Kota dan Bupati yang ada di Sumatera Utara ini, menganggarkan dana yang mereka (Instansi BNN Sumut-red) keluarkan dalam memberi pembinaan kepada Warga Binaan yang ada diberi pembinaan di Kantor BNN Sumut, 

“Karena menurut pengakuan Pak Toga Panjaitan tadi, anggaran yang mereka (Instansi BNN Sumut) miliki sangat minim. Artinya, dengan minimnya anggaran dana yang dimiliki, maka proses pemberian rehabilitasi terhadap Warga Binaan itu tidak maksimal. Sementara, dengan semakin meningkatnya pengguna penyalahgunaan Narkotika, otomatis kebutuhan anggaran dana untuk proses pasca rehabilitasi itu akan bertambah,” ucap Heryanson.

Ia mengatakan, dari hampir 36 M yang diajukan Instansi BNNP Sumut, direalisasi hanya berkisar 10 M. Artinya hanya sepertiga, sementara Pemerintah menekankan berantas pengedar dan  penyalahan  pengguna Narkoba.

“Jadi, ini seharusnya harus dibarengi keseimbangan antara pemberantasan dengan rehabilitasi dengan dana opeeasional. Bagaimana jalan operasional, tanpa dana logistik,” ujarnya.

Diketahui, dalam kunjungan ini, Ka. BNNP juga mengatakan sesuai undangan, akan menghadiri seminar, dan menjadi salah satu pemateri, terkait Inpres Nomor 2 Tahun 2020, tentang Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)  yang akan diadakan Bara JP saat Konferda pada tanggal 25 September 2022 mendatang di Asrama Haji Medan 

“Disamping itu kita juga diajak mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba,  terutama dengan  Inpres Nomor 2 Tahun 2020, tentang Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), terus digaungkan, sehingga masyarakat terbebas penyalahan pengguna Narkoba" pungkas Heryanson Munthe, didamping Ketua Panitia Koferda Ngadang Ginting, Koordinator Dana Panitia Konferda Drs. Togu Sihite, Anggota OKK Panitia Konferda Mulyadi Sinaga dan Resli Sigalingging. (TS)/PE


TAG : deliserdang-sergai-tebing-tinggi,sumut,komunitas


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20220923-WA0001_compress36.jpg

Protes Jalan Rusak, Warga Labuhanbatu Tanam 1000 Pohon

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:29:52, 24 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Ratusan warga Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Gegara tidak kunjung diperbaiki, warga kecewa hingga menanam 1000 pohon di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah, Kamis (22/9/2022). Adapun kegiatan penanaman 1000 pohon . . .

Berita Selengkapnya
jln.jpg

Sempat Macet Total, Jalan Lintas Sidikalang- Merek Sudah Bisa Dilalui

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:57:50, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Jalan lintas Merek- Sidikalang yang sempat longsor, Rabu(21/9/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB kini sudah bisa dilalui oleh keendaraan bermotor. Kepala Dinas PUPR Pemkab Dairi, Ir.Hotmaida Dina Uli Butar Butar,MT dan BPBD serta OPD dan perangkat lainnya turun kelokasi dengan menggunakan alat berat dibantu oleh pihak . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220922_074748_compress16.jpg

Polsek Tigapanah Grebek Mesin Judi Ikan-ikan, Dua Pelaku Diamankan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:57:48, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO — Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, beserta jajaran tidak pandang bulu dalam penegakkan supremasi hukum di Kab. Karo. Termasuk mengenai penyakit masyarakat terkait perjudian di wilayah Kabupaten Karo. Kali ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tigapanah berhasil mengungkap perjudian jenis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220921-WA0002_compress47.jpg

KNPI Namorambe Demo Kejati Sumut, Minta Kajati Usut Dugaan Korupsi di Namorambe

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:13:50, 21 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Namorambe kembali menggelar aksi damai dan menyambangi Kantor Kejati Sumatera Utara dan Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang dengan lebih kurang 30 masa yang terdiri dari pengurus PK KNPI Kecamatan Namorambe, masyarakat Namorambe dan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220903-WA0016_compress88.jpg

Harga BBM Naik, Segini Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔19:35:30, 03 Sep 2022

RADARMEDAN.COM — Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax, harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.  " Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1662103992016.jpg

Agar Tidak Menuai Polemik, Pos Retribusi Wisata Air Terjun Sipiso-piso Dipindah Lebih Kedalam

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:44:33, 02 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Agar tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang akan ke Tongging, Paropo dan Silalahi akhirnya Dinas Pariwisata Tanah Karo memindahkan pos pengutipan retribusi agak kedalam pintu masuk Air Terjun.  Kadis Pariwisata Karo Munarta Ginting SP mengatakan terus melakukan perubahan objek agar jangan menjadi polemik kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220830-WA0002_compress20.jpg

Empat Hari Sempat Hilang, Johan Lumbantoruan Ditemukan Tewas di Sungai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔07:46:28, 31 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Johan Lumbantoruan ( 32 ) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Kabupaten Taput ditemukan tewas akibat hanyut di Sungai Sidoras Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Selasa ( 30/8/2022). Diketahui, korban pergi dari rumah tujuan keladang dengan mengenderai sepeda motornya pada hari sabtu ( 27/8 ) sekira . . .

Berita Selengkapnya
lantik6.jpg

Gubsu Lantik Walikota P Siantar dan Walikota Tanjungbalai, Ini Pesannya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:08:27, 22 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rahmayadi melantik Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani dan Walikota Tanjungbalai Waris Tholib. Kepada keduanya, Edy Rahmayadi meminta untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.  Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220819-WA0005_compress36.jpg

Seorang Wartawan Dianiaya Sejumlah OTK Bermasker di Labuhanbatu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:38:37, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Seorang wartawan bernama Abi Pasaribu (34) warga Jalan H Adam Malik, Kelurahan Silandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu dianiaya sejumlah orang tidak dikenal (OTK), Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.15 WIB. Wartawan media online itu nyaris tewas dianiaya sejumlah orang di lokasi kantor sebuah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1660922551738_compress90.jpg

Gubernur Sumut Lantik Arief Sudarto Trinugroho Jadi Sekdaprov

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:30:34, 19 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut. Arief pun diingatkan untuk bekerja jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas.  "Tugas anda sudah ditunggu rakyat Sumut. Pastikan anda jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas, " kata . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo