Gubernur Sumut Tonton Film Dokumenter Drama Sisingamangaraja XII
Sejarah dan Pejuang Sumut Harus Dibuat Menarik

Oleh : Radar Medan | 14 Des 2020, 08:22:37 WIB | 👁 1932 Lihat
Seni & Budaya
Gubernur Sumut Tonton Film Dokumenter Drama Sisingamangaraja XII

RADARMEDAN.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyaksikan pemutaran perdana film dokumenter Drama Sisingamangaraja XII garapan Adventure Documentary Festival Academy (ADFA), di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman 41 Medan, Sabtu (12/12) malam. Melalui film ini, diharapkan ada upaya menggali dan menghasilkan tayangan sejarah yang lebih dalam dan menarik.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPP Keluarga Pomparan Si Raja Oloan Brigjen TNI (Purn) Tarida H Sinambela, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Tokoh Masyarakat Datuk Syamsul Arifin, RE Nainggolan, Sanggam Bakara, serta para keturunan Sisingamangaraja XII dan tokoh adat lainnya.

“Sejarah ini (film) juga kan untuk memotivasi anak bangsa. Perjuangan para pahlawan ini kan meningkatkan nilai-nilai kebangsaan kita. Kalau ini (film Sisingamangaraja XII) dijadikan enak dan nyaman ditonton rakyat, nilai sejarah itu jadi tersaring, dapat diterima anak cucu kita,” ujar Gubernur didampingi Plt Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua, Kadis Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut Halen Purba, Staf Ahli Binsar Situmorang dan Kabiro Umum Achmad Fadly.

Dalam sambutannya, Gubernur menceritakan sedikit sejarah kepahlawanan Sisingamangaraja XII yang selama ini menjadi bagian dari pelajaran sejarah di sekolah. Mulai dari komitmen, kerja keras, kesetiaan dan kerelaan berkorban demi mempertahankan tanah leluhur dari penjajahan Belanda, hingga wafat saat berperang melawan penjajah.

Cerita tersebut kemudian menjadi catatan bagi Gubernur melihat kehebatan dan kegigihan orang Batak. “Itulah hebatnya orang Batak. Kalau sudah turun, kepalang tanggung, basah sekalian. Bahkan Batak ini punya lagu kebangsaan,” sebut Edy, yang kemudian menyanyikan lagu ‘O Tano Batak’, dipandu pembawa acara Lamhot.

Edy pun mengakui bahwa nama besar suku Batak seperti menjadi simbol bagi Sumut, khususnya Kota Medan. Untuk itu, ia berharap sejarah pahlawan dari Sumut seperti Sisingamangaraja XII dan lainnya bisa dikenang dan dihargai oleh rakyat, contohnya dengan pembuatan film yang menarik dan lebih menyentuh. Sebab baginya, bangsa yang besar adalah yang menghargai sejarah.

“Sampai-sampai kalau dibilang darimana asalnya, dari Medan, oh... orang Batak. Mari kita besarkan ini, menjadi kebanggaan bagi kita. Kita bangga menjadi Sumatera Utara, menjadi orang Batak,” kata Edy.

Tokoh Masyarakat, Brigjend TNI (Purn) Tarida H Sinambela dalam sambutannya mengatakan, Sisingamangaraja XII dikenal sebagai pemimpin besar, pemimpin masyarakat, pemuka agama serta raja yang juga bisa berperan sebagai tabib. Selama kurang lebih 29 tahun berjuang melawan penjajah bersama para pengikutnya yang rela berkorban, termasuk sejumlah tempat turut dibumihanguskan saat itu.

“Cukup banyak yang berkorban, keluarga di sekitar Bakara banyak dibumihanguskan. Pejuang yang lain juga seperti di Balige dan Laguboti. Kami mohon maaf tidak bisa menyebutkan semua nama-nama pejuang yang ikut berjuang,” kata Tarida.

Sisingamangaraja XII sendiri, lanjut Tarida, dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Soekarno pada tahun 1961. Dilanjutkan dengan pendirian tugu Sisingamangaraja XII di kawasan Teladan Medan.

“Sebagai penghormatan, kami membuat film dokumenter perjuangan Sisingamangaraja XII. Beliau gugur, namun hingga akhir hayatnya, beliau tidak mau menyerah,” sebut Tarida, yang juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang telah memfasilitasi pemutaran film tersebut.

Selain itu, Tokoh Masyarakat Sumut Datok Syamsul Arifin mengapresiasi pemutaran film dokumenter Drama Sisingamangaraja XII tersebut. Sebab pahlawan ini menurutnya tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi dunia, sebagaimana Sumut yang dikenal sebagai daerahnya orang Batak.

“Orang Batak ini seperti batang ubi, dimana diletakkan bisa hidup. Itulah kenapa Sumut ini dikenal sebagai orang Batak,” sebut Syamsul, yang juga mantan Gubernur Sumut ini.

Sedangkan terkait perhatian Gubernur terhadap sejarah dan juga pariwisata Danau Toba, Syamsul Arifin menyebutkan, kepemimpinan Edy Rahmayadi patut diapresiasi. Sebab memimpin Sumut harus penuh keseriusan dan keberanian. Karena itu, tidak akan mudah mencari sosok pemimpin pemerintahan seperti Edy.

“Mencari orang seperti Pak Edy ini sangat sulit. Karena beliau ini tidak ada takutnya. Saya kenal Pak Gub (Gubernur) ini waktu masih Letkol, dan memang begini orangnya. Tetapi pribadinya sangat baik. Maka saya atas nama tokoh masyarakat mengucapkan terima kasih telah menyiapkan tempat kepada abang saya ini (Tarida Sinambela),” pungkasnya.

Acara nonton film dokumenter Drama Sisingamangaraja XII pun diisi dengan kegiatan kuis dengan menjawab pertanyaan seputar film yang dipandu pembawa acara, Lamhot. Ditutup dengan foto bersama dan saling bertukar cendera mata antara Gubernur dan Ketua DPP KP Si Raja Oloan.(Hms)/PE


TAG : budaya,sumut,seni--budaya


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20210117-WA0004_compress91.jpg

Sering Dipanggil Hendra Pakpahan, Tewas di Kamar Kos

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:19:03, 17 Jan 2021

RADARMEDAN.COM,KARO -- Warga kampung Asam Lingkungan II, Kel. Tambak Lau Mulgap I Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo digegerken atas penemuan se sosok mayat, Minggu (17/01) pukul 08.00 WIB. Mendapat informasi tersebut, Kapolsekta Berastagi Kompol L. Marpaung didampingi Wakapolsekta Berastagi AKP Jokner Malau, Kanit Reskrim Polsekta Berastagi . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20210116_194140535_compress20.jpg

Siringoringo Tewas Terinjak Kerbaunya Sendiri di Perladangan Sungai Mandin

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:45:45, 16 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, KARO ---Seorang warga Dusun Simpang Empat Desa Lau Pakam Kecamatan Mardingding Kabupaten Karo Hotlan Siringoringo (60) tewas terinjak kerbau miliknya, Jumat (15/1/2021) sore di perladangan sungai Mandin Desa Lau Pakam. Hal ini dibenarkan Kapolsek Mardingding Iptu Donal Tambunan didampingi Kanit Reskrim Iptu Mastergun Surbakti . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210115-WA0006_compress51.jpg

Tidak Pulang Semalaman, Sinar Sembiring Ditemukan Tenggelam di Persawahan Paya Lah-Lah

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔23:04:34, 15 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Sinar Sembiring Depari (55) warga Desa Lau Solu Kecamatan Mardinding ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa disaluran irigasi parit Sitepu persawahan Paya Lah-Lah dikedalaman tiga meter di Desa Lau Solu Kecamatan Mardinding Kecamatan Mardinding Kabupaten Karo, Jumat (15/1/2021) sekira pukul 15:00 WIB.  Menurut . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210115_144445_compress5.jpg

Beraksi Hari Pekan, 4 Wanita Spesialis Copet Asal Medan Diringkus Polres Taput

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:52:08, 15 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, TARUTUNG - Sebanyak empat wanita komplotan spesialis copet asal kota Medan berhasil dibekuk Satreskrim Polres Taput saat menjalankan aksinya di Pasar Tarutung, Sabtu (9/1/2021) lalu sekura pukul 05.30 wib. Keempat wanita yang berhasil diamankan itu, yakni Nur Aisya Munthe (36), warga Jalan Brigjen Katamso No. 36 Kelurahan Kampung . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210114-WA0006_compress80.jpg

Pembangunan Kantor Camat Delitua Tak Kunjung Selesai

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔12:48:59, 14 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, DELISERDANG-Tahapan pembangunan Kantor Camat Delitua Kabupaten Deliserdang yang bersebrangan dengan Polsek Delitua tetap dilanjutkan meski sudah melewati batas waktu yang ditarget. Hingga kemarin (13/1), progres pembangunan belum selesai. Kalau dilihat dari papan plang, pembangunan kantor Camat Delitua tersebut memakan biaya . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210113_231346_com_facebook_katana_compress60.jpg

Waspada, Info Beredar Uang Palsu di Pajak Roga Berastagi

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔23:24:14, 13 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Masyarakat diharapkan agar berhati-hati dalam transaksi jual beli dagangan pertanian, sebab saat ini beredar uang palsu seperti postingan Lens bre Ribuna yang mengaku mendapat uang palsu pecahan Rp 100 ribuan dari salahsatu pembeli dagangan jualan hasil pertaniannya. Lens bre Ribuna memposting agar masyarakat khususnya . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210113-WA0026_compress84.jpg

Aneh, Air Tidak Mengalir Malah Dewan Pengawas Minta Maaf kepada Konsumen Bukannya Dirut PDAM

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:56:09, 13 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, P Siantar - Terhentinya layanan pendistribusian air hingga sekitar 36 jam lamanya membuat konsumen merana. Akibatnya masyarakat menilai lambannya kinerja PDAM dan minimnya pengawasan oleh dewan pengawas atas kinerja PDAM Tirta Nauli Kota Pematangsiantar selama ini. Saat di hubungi melalui Aplikasi WhatsApp, Rabu (13/1/2021), . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210113-WA0016_compress97.jpg

Prosesi Pemakaman Jenazah Diduga Covid-19, Kapolsek Sumbul Imbau Agar Patuhi Prokes

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔21:30:25, 13 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Kapolsek Sumbul AKP Dedy Syahputra Ginting, SH Mengimbau keluarga korban diduga meninggal karena Covid-19 untuk mematuhi Prokes Pencegahan Penularan Covid-19 dan Pemulasaran Covid-19, Rabu(13/01/2021) di Dusun Lae Tanggiang, Desa Pegagan Julu VI, Kec Sumbul, Kabupaten Dairi. Kapolsek mengimbau agar keluarga korban an. . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210113-WA0010_compress96.jpg

Warga Siantar Berduka, Asner Silalahi Pemenang Pilkada Kota Pematangsiantar Kabarnya Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔12:55:39, 14 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, P Siantar - Peraih suara terbanyak Pilkada Kota Pematangsiantar Asner Silalahi dikabarkan meninggal dunia, Rabu,(13/01/2021) Calon Walikota Asner Silalahi yang berpasangan dengan dr. Susanti meraih suara terbanyak sekitar 74% Suara pemilih di kota Pematangsiantar.   Tetapi belum usai pelantikan, Asner Silalahi . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20210112_085643_compress7.jpg

Longsor Sebelum Pos Polisi Simpang Daulu, Pengendara Diimbau Cari Jalan Alternatif

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔09:00:13, 12 Jan 2021

RADARMEDAN.COM, KARO - Telah terjadi longsor di Jalan Jamin Ginting atau sebelum Pos Polisi Simpang Daulu Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo pada hari Selasa (12/01/2021) sekitar pukul 04 . 00 WIB.  Kepada masyarakat kususnya pengendara agar mencari jalur alternatif jika mau ke Medan maupun sebaliknya. Dilokasi sedang pelaksanaan . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo

Video Terbaru

Lihat Semua Video