Gubernur Sumut Minta Lima Prioritas Pembangunan Tidak Asal Jadi

Oleh : Admin Radar Medan | 13 Apr 2019, 10:25:26 WIB | 👁 1555 Lihat
Metropolitan
Gubernur Sumut Minta Lima Prioritas Pembangunan Tidak Asal Jadi

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 di Hotel Santika Dyandra Medan, Jumat (12/4). Dalam sambutannya, disampaikan ada lima prioritas pembangunan yang diminta agar pelaksanaannya tidak ‘asal jadi’.

“Saya bersyukur karena masih ada yang punya niat membangun Sumatera Utara ini. Seperti disampaikan bahwa Sumut sudah pada posisi yang baik. Ini belum dipimpin sudah dalam posisi itu. Kenapa? Karena potensi wilayah Sumut jauh lebih baik daripada provinsi yang lain,” ujar Gubernur di hadapan seribuan peserta yang hadir dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut.

Gubernur menyebutkan dalam kepemimpinannya, ada program prioritas bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan tema ‘Membangun Desa, Menata Kota’. Adapun yang pertama yakni peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan. Kemudian peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan, penyediaan layanan kesehatan berkualitas serta peningkatan daya saing sektor agraris dan pariwisata.

“Peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, tahun ini naik (menjadi) Rp90.000 (per bulan untuk guru honor). Saya mau 2020 sudah Rp 120.000 (per bulan). Saya butuh sumber daya manusia (SDM), guru kan harus menjadi prioritas. Memang benar, kenaikannya besar. Namun itu tidak masalah, karena kita butuh jangka panjang, guru ini harus benar-benar ada kesejahteraannya,” jelas Edy.

Selanjutnya, Edy menyinggung soal infrastruktur. Perbandingan kondisi jalan nasional di Sumut dibandingkan Riau, Aceh dan Sumbar menurutnya, begitu buruk. Sehingga perlu ada perhatian serius khususnya dari pemerintah pusat.

“Soal pariwisata, kita diminta (target) satu juta orang (wisatawan) datang ke Sumut. Sampai di sini, apa yang mau mereka lihat. Ada Danau Toba, itu dari dahulu sudah ada. Tolong ditata dengan baik, sehingga orang (senang) datang ke sana,” kata Edy.

Lebih jauh ditegaskan Edy, rencana pembangunan disiapkan sedemikian rupa dengan serius. Sebab meskipun sedikit, jika disusun jelas dan baik, lebih baik dari yang banyak tetapi tidak dikerjakan bahkan tak seusai kebutuhan.

“Inikan harus jelas kita ini, Musrenbang itu, biar sedikit rencananya tetapi dikerjakan. Jangan asal lewat (dijalankan), jadi. Sebenarnya kalau dikelola dengan baik, maka Sumut ini bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Saingannya adalah Malaysia dan Singapura,” tegas Edy.

Sementara dua perwakilan pemerintah pusat yakni Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tumpak Haporan Simanjuntak dan Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Subandi Sardjoko memaparkan program pembangunan nasional dari berbagai sektor. Termasuk Sumut yang merupakan prioritas di berbagai bidang. Karena itu pula, beberapa proyek strategis nasional difokuskan ke provisni ini.

“Sumber pertumbuhan utama perekonomian Sumut berasal dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan,” kata Subandi.

Selanjutnya, pihaknya menjelaskan perlu dilakukan review pada efektivitas dan efisiensi program serta identifikasi kerja sama dan kemitraan dalam pembiayaan pembangunan antara pemerintah daerah, pelaku usaha, BUMN dan masyarakat. Termasuk sinergi antara tingkat pemerintahan. Karena itu, pelaksanaan rangkaian Musrenbang di Sumut katanya, perlu difokuskan pada pelaksanaan pertemuan multi sektor dan kewilayahan, agar ada sinergi perencanaan antara pusat dan daerah.

“Kami mohon kerja sama Pemprov. Untuk yang pertama memastikan litigasi dan adaptasi pengurangan resiko bencana dan iklim dengan melakukan kajian lingkungan hidup strategis. Kedua, menajamkan program serta pendetailan pendanaan yang lebih fokus dan terintegrasi dengan program dan kegiatan tingkat nasional termasuk kejelasan lokus kegaitan proyek dan kesiapan yang diperlukan,” sebutnya.

Serta yang terakhir lanjutnya, yakni memperkuat integrasi pendanaan, baik anggaran pendapatan dan belanja dengan APBD termasuk alokasi DAK, BUMN, BUMD dan sumber lainnya. Serta memastikan program berkelanjutan.

Pembukaan Musrenbang tersebut ditandai dengan membunyikan sirene oleh Gubernur yang juga disertai pemberian penghargaan Pembangunan Daerah kepada sejumlah kabupaten kota termasuk dalam hal pengembangan aplikasi e-Musrenbang.

Hadir diantaranya Wakil Gubernur Sumut H Musa Rajekshah, Sekdaprov Sumut Sabrina, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Anggota DPR RI Hinca Panjaitan, para Bupati/Walikota se-Sumut atau yang mewakili, kepala OPD Provinsi Sumut dan Kabupaten/Kota, akademisi, dan dewan pengawas pendidikan.(humas provsu/red).


TAG : sekitar-kita,metropolitan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

pulungan.jpg

Pulungan: Kritik Elemen Masyarakat Terhadap Pj Walikota Pekanbaru Dinilai Terlalu Dini

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔05:44:56, 13 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Pekanbaru, Pulungan menyayangkan sikap beberapa elemen masyarakat yang memberikan statmen atau kritik terlalu dini terhadap Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Dimana Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, bahkan dikaitkan dengan tingginya angka pengangguran dan beberapa . . .

Berita Selengkapnya
teks.jpg

Ini Videonya, Bank Sumut Dimarahi Ketua Komisi C Gegara Bertele-tele Saat RDP dengan Nasabah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔04:10:40, 08 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, Usai dilaporkan Pengacara Poltak Silitonga SH, MH dan Rekan ke DPRD Sumut, Komisi C mengundang kedua belah pihak untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama sejumlah pejabat Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu, 5/6/2024. RDP yang dihadiri sejumlah anggota Komisi C yang diketuai dr. Poradda . . .

Berita Selengkapnya
poranda.jpg

Kasus Jaminan Nasabah Bank Sumut, Poltak Silitonga Minta DPRD Usulkan Copot Pejabat Tidak Becus

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔10:54:28, 06 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Kasus jaminan debitur Bank Sumut atas nama Tianas Situmorang terus berlanjut. Kali ini usai menyurati DPRD Sumut, Pengacara Tianas Situmorang, Poltak Silitonga, SH. MH didampingi Judith Desy Manalu, SH  diundang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Sumatera Utara, Rabu, 5/6/2024 sore. RDP yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240531-WA0205_compress9.jpg

Lantik 129 Pejabat Pemko Medan, Bobby Nasution : Jalankan Amanah, Gerak Cepat Layani Masyarakat

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔23:32:54, 31 Mei 2024

RADARMEDAN.COM -  Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik dan mengambil sumpah janji sebanyak 129 pejabat Manajerial dan Fungsional Pemko Medan di Balai Kota Medan, Jumat (31/5). Selain menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, para pejabat yang baru dilantik juga harus bergerak lebih cepat untuk melayani . . .

Berita Selengkapnya
obaja.jpg

Terima Pajak 107 Milyar, Pemko Medan Tangguhkan Pembongkaran dan Cabut Penyegelan Mall Centre Point

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔18:58:45, 30 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Mall Centre Point telah menyetorkan sebagian kewajiban pajaknya ke Pemko Medan sebesar Rp 107 Milyar lebih dari total tunggakan pajak sebelumnya sebesar Rp 250 Milyar lebih. Melihat itikad baik tersebut, Pemko Medan pun menangguhkan pembongkaran serta mencabut sementara segel Mall Centre Point agar dapat kembali beroperasi. Hal . . .

Berita Selengkapnya
poltak1.jpg

Diperiksa 5 Jam, Pelapor Bank Sumut Berharap Polisi Bekerja Profesional

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:55:19, 29 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tianas Situmorang, didampingi penasehat hukumnya Poltak Silitonga, SH memenuhi panggilan Dirikrimum Polda Sumatera Utara yang akan diperiksa selaku pelapor, Selasa 29/5/2024 sore. Tianas Situmorang (66) hadir di Mapolda Sumut sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Poltak mendampingi Tianas pasca membuat . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo