Dinilai Langgar PP 54 Tahun 2017, Managemen PT PSU Diminta Dievaluasi

Oleh : Radar Medan | 12 Jan 2022, 17:36:51 WIB | 👁 1880 Lihat
Politik
Dinilai Langgar PP 54 Tahun 2017, Managemen PT PSU Diminta Dievaluasi

RADARMEDAN.COM - PT. Perkebunan Sumatera Utara (PSU) bukan hanya tidak memberikan kontribusi yang berarti terhadap PAD, namun secara terus menerus menggerogoti Penyertaan Modal yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu Sekrataris Fraksi PDI perjuangan DPRD Sumut Ust. Syahrul Efendi Siregar secara tegas meminta kepada Gubernur Sumatera Utara agar mengambil tindakan secepatnya agar permasalahan yang terus terjadi di PT.PSU segera teratasi.

“Banyak persolan yang terjadi di PT PSU sehingga perusahaan tersebut harus dievaluasi secara menyeluruh dan mendasar,” ujar Ust Syahrul dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (11/1/2022).

Permasalahan pertama Kata Ust. Syahrul, terkait informasi akurat yang disampaikan oleh internal PT. PSU tentang adanya tender beras untuk karyawan yang menguntungkan oknum manajemen PT. PSU.

“Informasi yang kami dapat pejabat PT. PSU yang saat ini menjabat sebagai Komisaris melakukan markup harga beras. Dimana Direktur terpilih menghapus tender beras ternyata harga beras hanya Rp. 9.500 per Kilogram, sementara harga sebelumnya Rp. 10.500 per Kilogram, artinya ada Rp. 1.000 per kg yang dimarkup dengan mekanisme tender oleh manajemen sebelumnya,” kata Ust Syahrul.

Terkait temuan penggelapan CPO PKMS Tanjung Kasau lanjutnya, dimana kasusnya berawal dari adanya surat keberatan dari PT. Multimas Nabati Asahan kepada PSU, surat tanggal 27 November 2020, karena PSU tidak dapat memuat CPO sesuai kontrak, dan disebutkan bahwa hal ini sudah berulang kali terjadi.

“Sementara berdasarkan laporan harian group maskep, dilaporkan bahwa stok CPO masih tersedia,dan anehnya  setelah dilakukan pemeriksaan stok CPO dan ditemukan adanya selisih CPO 480.503 yang tidak ada fisiknya,” terangnya.

Yang perlu dicermati dari kasus tersebut ungkap Ust. Syarul, ada kesan pembiaran dan penyelesaian kasus yang bertele-tele, sehingga patut diduga adanya keterlibatan manajemen yang lebih tinggi yang melindungi MASKEP PMKS yang disebutkan sebagai pelaku tunggal. 

“Apalagi kita melihat Kebun-kebun PT. PSU tidak pernah dilakukan perawatan dan pemupukan secara baik, padahal anggaran untuk pemupukan dan perawatan selalu disediakan,” ungkapnya.

Ust. Syahrul juga mengungkapkan beberapa persoaln lain diantaranya, terkait kerjasama PSU dengan Primkopad, yang dalam kontrak kerjasama tidak ada kompensasi biaya. disebutkan tanpa kompensasi karena Primkopad membutuhan tanah timbunan untuk menutup galian c nya. 

“Kerjasama ini perlu ditelusuri dan digali  lebih jauh, selain tidak lazim dalam kontrak kerjasama, apakah senilai kompesasi tersebut, apakah tidak ada hal lain dibalik kerjasama tersebut,” ungkapnya.

Terakhir Ust. Syahrul juga menanyakan soal kehilangan minyak kotor (MIKO) yang tidak diketahui di Pabrik PKS Simpang Gambir. Ia menuturkan hal ini mengindikasikan adanya keterlibatan manajemen.

“Bila pun keterlibatan manajemen tidak dapat dibutikan, setidaknya kehilangan MIKO tersebut menunjukan ada nya pembiaran atas prilaku curang dan culas dalam pengelolaan perusahaan milik daerah,” pungkasnya. (ril AJ/PE)


TAG : sumut,politik,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

tjahjo.jpg

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔11:57:37, 01 Jul 2022

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh petinggi PDIP Junimart Girsang. Dia mengatakan Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-06-27_at_20_51_31.jpg

Mobil Fortuner Masuk Sungai di Labuhanbatu, Satu Penumpang Meninggal Dunia

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔22:10:15, 27 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Sebuah mobil minibus jenis Toyota Fortuner terperosok masuk ke dalam sungai di Desa Perkebunan Sennah, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Senin (27/6/2022) sekira pukul 17.30 WIB. Mobil milik anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Juhartono tersebut diketahui membawa tiga orang penumpang, dua diantaranya . . .

Berita Selengkapnya
taputdar.jpg

Taput Darurat Moral, Ayah Tiri Tega Rudapaksa 2 Anak Tiri Masih Bawah Umur

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:44:40, 23 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Sulit di mengerti apa yang menjadi faktor penyebab sehingga kasus cabul terhadap anak di bawah umur alih-alih terjadi di Taput. Belakangan ini selalu jadi pembahasan dan pertanyaan dimana kota yang dijuluki sebagai kota wisata Rohani ini kini berulang diterpa peristiwa perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur, baik . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-06-16_at_10_34_26_PM.jpg

Objek Wisata Togaraja Resmi Dibuka, Nikmati Panorama Danau Toba Dari Ketinggian

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔11:51:27, 17 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Pemerintah Desa Partuko Naginjang, Kecamatan Harian resmi melaunching objek wisata " Togaraja", Kamis, 16/06. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh  Pdt. G. Simanjuntak disaksikan Kepala Desa dan warga Desa Partuko Naginjang, dilanjutkan dengan pembukaan selubung nama objek . . .

Berita Selengkapnya
ladang_bawang.jpg

Kejadian di Karo, Bawang Petani Digasak Maling Tengah Malam dari Perladangan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔14:44:57, 09 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Kejadian pencurian kembali terjadi di Karo, tepatnya di desa Pangambatan, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pencurian hasil tani dari desa ini bukan kali pertama terjadi. Adalah penduduk desa Pangambatan Heliana Manjorang (58) ia harus pasrah karena bawangya dipanen pencuri, Rabu 8/6/2022 dini . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-06-06_at_5_56_46_PM.jpg

Pembunuh IRT di Bilah Hilir Meninggal Dunia di Lapas Rantauprapat

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:26:10, 06 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Seorang narapidana tindak pidana kasus pembunuhan meninggal dunia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lobusona Rantauprapat. Napi tersebut adalah Analisa Nduru, warga perumahan FG-KNS PT Hari Sawit Jaya (HSJ), Desa Sidomulyo, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu. Informasi yang diperoleh, napi yang divonis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220603-WA0002.jpg

Menteri Sandiaga Uno: Semesta Dairi Memanggil Konsep Promosi Wisata Yang Kreatif

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔06:32:57, 03 Jun 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi kepada Bupati Dairi Eddy Berutu atas penerapan konsep promosi pariwisata yang kreatif. Bagi Sandi promosi yang dibuat Eddy Berutu dengan nama semesta Dairi Memanggil menjadi terobosan baru. "Ini adalah merupakan program terobosan . . .

Berita Selengkapnya
MENTANSAMOSIR.jpg

Temui Mentan, Bupati Samosir Minta Dukungan Program Pengembangan Pertanian

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔19:10:18, 24 Mei 2022

RADARMEDAN.COM, SAMOSIR - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom  bersama Anggota DPR-RI Fraksi Partai Nasdem Martin Manurung SE.,M.A, mengadakan pertemuan langsung dengan Menteri Pertanian RI, H Syahrul Yasin Limpo, Selasa pagi (24/5/2020) di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta.  Pertemuan ini bertujuan untuk membahas pengembangan . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-05-21_at_6_45_14_PM.jpg

Refleksi 21 Mei, Perhimpunan Pergerakan 98 Minta Pemerintah Usut Kasus Pelanggaran HAM

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔18:50:23, 21 Mei 2022

RADARMEDAN.COM - Perhimpunan Pergerakan 98 menggelar Halal Bihalal di kawasan Medan Johor, Sabtu 21 Mei 2021. Kegiatan ini di isi dengan talk show dengan menghadirkan pembicara Dosen Perguruan Tinggi di Sumut, diantaranya yang dikenal masyarakat Bang Akbar dan Bang Roy Fachraby. Sejumlah mahasiswa turut hadir, diantarnya dari Universitas HKBP . . .

Berita Selengkapnya
aekoghan.jpg

Pembabatan Hutan Desa Berlanjut di Aek Hotang, Puluhan Warga Pangambatan Protes

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:32:45, 19 Mei 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Puluhan warga desa Pangambatan, dusun Aek Hotang, kecamatan Merek, kabupaten Karo mendatangi lokasi pembabatan hutan desa Pangambatan, Rabu 18 Mei 2022. Kedatangan puluhan warga yang kebanyakan adalah wanita membuat ramai seketika lokasi. Terlihat 2 truk "Kingkong" bermuatan Pinus dicegat warga. Seorang warga . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo