Cristiano Ronaldo, Modal Utama Juventus untuk Sukses di Eropa

Oleh : Admin Radar Medan | 16 Mar 2019, 12:53:52 WIB | 👁 663 Lihat
Olahraga
Cristiano Ronaldo, Modal Utama Juventus untuk Sukses di Eropa

RADARMEDAN.COM - Pada Agustus 2018 lalu, Gregor Robertson, kolumnis The Times, berkunjung ke kota Turin, Italia. Mantan pemain sepak bola profesional itu memang terbiasa berkunjung dari kota ke kota di luar kota yang menjadi markas tim-tim Premier League untuk memberitakan hal-hal menarik yang terjadi di kota tersebut.

Tentu saja ia menulis berita tentang sepak bola. Dan di Turin, Robertson hanya membidik satu orang untuk menjadi sumber beritanya: Cristiano Ronaldo.

Robertson ingin tahu bagaimana tanggapan orang-orang Turin terhadap kedatangan Ronaldo, yang saat itu berstatus pemain anyar Juventus. Sebelumnya, karena Juventus adalah klub besar di Italia, ia menilai respons mereka terhadap kedatangan Ronaldo akan biasa saja. Juventus pernah memiliki Michel Platini, Alessandro Del Piero, hingga Zinedine Zindane, tapi penilaian Robertson ternyata salah: Ronaldo berhasil membuat hampir seisi kota Turin gegap gempita.

Saat Juventus berlatih di Continassa, Turin sebelah utara, fans Juventus berjubel di belakang pagar pembatas untuk melihat sang adibintang. Alessandro, Mattia, Gianluca dan Federica, empat fans Juventus, bahkan rela melakukan perjalanan sekitar 418 km hanya untuk memastikan bahwa mereka tidak sedang mimpi di siang bolong.

“Sampai aku melihat [Ronaldo] sendiri,” kata Alessandro, “aku tidak akan percaya bahwa ini adalah nyata.”

Ronaldo kemudian tiba di tempat latihan Juventus itu, melambaikan tangan, melempar senyum kepada fans Junvetus, dan membuat Gabriella, fans Juventus berusia 54 tahun, tak tahu harus berbuat apa.

“Tekanan darahku meningkat. Aku begitu emosional,” kata Gabriella.

Dan, orang-orang Turin tentu mempunyai alasan mengapa mereka bersikap seperti itu: Ronaldo datang ke Juve untuk meraih gelar Liga Champions, sebuah gelar yang terakhir kali digenggam Juve pada musim 1995-1996 silam.

Mental Juara Ronaldo

Pernyataan itu dilontarkan Ronaldo usai Juventus kalah 2-0 dari tuan rumah Atletico Madrid dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa dan fans Atletico barangkali hanya bisa tertawa melihat tingkah Ronaldo itu.

Sebab, dalam tiga pertemuan melawan Atletico di Liga Champions Eropa, Juve tak pernah menang. Dari sana, karena bertentangan dengan sejarah, pernyataan Ronaldo itu dapat diartikan bahwa ia sedang berusaha untuk menghibur dirinya sendiri.

Namun, pada kenyataannya, Ronaldo ternyata tidak sedang menghibur diri.

Pada pertandingan leg kedua, seakan ingin membuktikan omongannya, Ronaldo lantas mengamuk. Ia berhasil mencetak hattrick, membuat Juve menang 3-0, dan membawa mereka ke babak perempat-final Liga Champions Eropa. Sementara fans Atletico hanya menunduk, penikmat sepak bola hanya bisa geleng-geleng kepala melihat penampilannya.

Lihatlah bagaimana cara Ronaldo saat mencetak dua gol dari sundulan kepala. Tony Cascarino, jurnalis The Times yang semasa aktif menjadi pemain bola terkenal karena kemampuannya di udara, bahkan memujinya setinggi langit.

Cascarino menulis, ”Sundulan Ronaldo seperti ayunan golf yang sempurna, semuanya bekerja secara bersama-sama dan ketika hitung-hitungannya tepat, sundulan itu hampir tidak bisa dihentikan... Cara ia melompat bahkan memberikan kesan bahwa ia bisa berjalan di udara.”

Cascarino lalu menyebut bahwa “Ronaldo dapat melompat seperti seorang basket dengan kekuatan leher seperti seorang petinju.”

Tentu saja kemampuan Ronaldo di udara itu hanya menjadi salah satu alasan mengapa ia mampu membawa Juventus terus melaju. Dan saat ditelisik lebih jauh, Ronaldo jelas mempunyai faktor lain yang bisa membuatnya selalu menang: ia mempunyai mental juara.

Soal mental juara itu, gol penaltinya bisa menjadi contoh. Penalti itu terjadi pada menit-menit akhir pertandingan. Ia akan melakukan duel satu lawan satu dengan Jan Oblak, salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Ronaldo sama sekali tidak takut. Ia membidik bola ke sisi kanan Oblak, menendang bola tanpa ampun, dan berhasil mengubah sejarah – untuk pertama kalinya, Juventus berhasil menang atas Atletico.

Siapa pun Lawan Juve di Perempat-final, Ronaldo Bisa Diandalkan

Menurut Paolo Bandini, dalam salah satu tulisannya Bleacher Report pada 2014 lalu, mental juara adalah salah satu alasan mengapa Juventus selalu gagal di Eropa. Meski mendominasi di Serie A, setiap kali bertanding di Eropa, Juventus justru tampak sebagai sebuah tim yang tak punya kepercayaan diri. Mereka senang bermain bertahan dan saat menghadapi tim-tim besar, mereka juga senang menempatkan diri sebagai “underdog”.

Melihat bagaimana penampilan Juventus saat menghadapi Atletico Madrid pada pertandingan leg kedua, Ronaldo jelas mampu mengubah paradigma Juventus itu. Mantan pemain Real Madrid tersebut seperti mengajarkan kepada timnya bahwa untuk menjadi yang terbaik, mereka harus mampu tampil penuh percaya diri. Kala itu, Juve bahkan berani tampil menyerang tanpa rasa takut, terus meneror pertahanan Atletico di sepanjang pertandingan.

Dari sana, Ronaldo jelas bisa menjadi modal berharga Juventus untuk menjalani babak selanjutnya. Terlebih, calon-calon-calon lawan Juventus pernah menjadi korban ketajaman Ronaldo: gawang Ajax, Barcelona, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Tottenham, hingga Porto pernah dibobol oleh Ronaldo.

Bahkan, karena faktor Ronaldo, Bernardo Silva, gelandang Manchester City, mengaku tidak ingin berjumpa dengan Juventus di babak perempat-final nanti. Saat ditanya jurnalis mengenai kemungkinan ia akan bertanding melawan Ronaldo pada babak perempat-final, Silva menjawab, “Jujur, aku sangat tidak menginginkannya. Aku tahu dia [Ronaldo], aku tahu apa yang bisa dia lakukan.”

Maka, saat akhirnya Juventus akan bertanding melawan Ajax Amsterdam pada babak perempat-final, Juventus seharusnya bisa bermain tanpa rasa takut.(tirto.id)


TAG :


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

FB_IMG_1664590010094_compress61.jpg

PSDS Deli Serdang Ditahan Imbang Semen Padang di Liga 2 Stadion Baharoeddin Siregar

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔09:14:35, 01 Okt 2022

RADARMEDAN.COM - PSDS Deli Serdang harus puas berbagi poin kala menjamu Semen Padang pada laga lanjutan Liga 2 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Jumat (30/9/2022). Skor 1-1 menutup laga bertajuk Derby Sumatera ini. Gol PSDS Deli Serdang dicetak strikernya, Purnomo melalui sundulan, pada menit 66. Kemenangan yang . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2022-09-26_at_3_52_53_PM.jpg

Bobby Nasution Buka Konferda Bara JP Sumut, dan Seminar Topik Pertanahan dan Narkoba

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔16:35:07, 26 Sep 2022

  RADARMEDAN.COM - Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) menggelar Konferensi Pertemuan Daerah se Sumatra Utara di Gedung Madinah Almunawarah Asrama Haji Medan, 24-25 September 2022. sekitar pukul 16.00 WIB. M Bobby Afif Nasution, yang didaulat telah menjadi Anggota Kehormatan Bara JP Sumut kini menjabat  Wali Kota Medan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220923-WA0001_compress36.jpg

Protes Jalan Rusak, Warga Labuhanbatu Tanam 1000 Pohon

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:29:52, 24 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Ratusan warga Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah. Gegara tidak kunjung diperbaiki, warga kecewa hingga menanam 1000 pohon di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah, Kamis (22/9/2022). Adapun kegiatan penanaman 1000 pohon . . .

Berita Selengkapnya
jln.jpg

Sempat Macet Total, Jalan Lintas Sidikalang- Merek Sudah Bisa Dilalui

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔13:57:50, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Jalan lintas Merek- Sidikalang yang sempat longsor, Rabu(21/9/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB kini sudah bisa dilalui oleh keendaraan bermotor. Kepala Dinas PUPR Pemkab Dairi, Ir.Hotmaida Dina Uli Butar Butar,MT dan BPBD serta OPD dan perangkat lainnya turun kelokasi dengan menggunakan alat berat dibantu oleh pihak . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20220922_074748_compress16.jpg

Polsek Tigapanah Grebek Mesin Judi Ikan-ikan, Dua Pelaku Diamankan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:57:48, 22 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO — Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, beserta jajaran tidak pandang bulu dalam penegakkan supremasi hukum di Kab. Karo. Termasuk mengenai penyakit masyarakat terkait perjudian di wilayah Kabupaten Karo. Kali ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Tigapanah berhasil mengungkap perjudian jenis . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220921-WA0002_compress47.jpg

KNPI Namorambe Demo Kejati Sumut, Minta Kajati Usut Dugaan Korupsi di Namorambe

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:13:50, 21 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Namorambe kembali menggelar aksi damai dan menyambangi Kantor Kejati Sumatera Utara dan Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang dengan lebih kurang 30 masa yang terdiri dari pengurus PK KNPI Kecamatan Namorambe, masyarakat Namorambe dan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220903-WA0016_compress88.jpg

Harga BBM Naik, Segini Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔19:35:30, 03 Sep 2022

RADARMEDAN.COM — Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax, harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.  " Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1662103992016.jpg

Agar Tidak Menuai Polemik, Pos Retribusi Wisata Air Terjun Sipiso-piso Dipindah Lebih Kedalam

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔14:44:33, 02 Sep 2022

RADARMEDAN.COM, KARO - Agar tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang akan ke Tongging, Paropo dan Silalahi akhirnya Dinas Pariwisata Tanah Karo memindahkan pos pengutipan retribusi agak kedalam pintu masuk Air Terjun.  Kadis Pariwisata Karo Munarta Ginting SP mengatakan terus melakukan perubahan objek agar jangan menjadi polemik kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20220830-WA0002_compress20.jpg

Empat Hari Sempat Hilang, Johan Lumbantoruan Ditemukan Tewas di Sungai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔07:46:28, 31 Agu 2022

RADARMEDAN.COM, TAPUT - Johan Lumbantoruan ( 32 ) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Kabupaten Taput ditemukan tewas akibat hanyut di Sungai Sidoras Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Selasa ( 30/8/2022). Diketahui, korban pergi dari rumah tujuan keladang dengan mengenderai sepeda motornya pada hari sabtu ( 27/8 ) sekira . . .

Berita Selengkapnya
lantik6.jpg

Gubsu Lantik Walikota P Siantar dan Walikota Tanjungbalai, Ini Pesannya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔22:08:27, 22 Agu 2022

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rahmayadi melantik Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani dan Walikota Tanjungbalai Waris Tholib. Kepada keduanya, Edy Rahmayadi meminta untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.  Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo