Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bungo Provinsi Jambi Silaturahmi dengan Pemko Medan
Tingkatkan Harmonisasi Kerukunan Hidup Umat beragama

Oleh : Admin Radar Medan | 19 Jul 2019, 07:59:25 WIB | 👁 952 Lihat
Sekitar Kita
 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bungo Provinsi Jambi Silaturahmi dengan Pemko Medan

RADARMEDAN.COM - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman menerima kunjungan kerja (kunker) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bungo Provinsi Jambi di Balai Kota, Kamis (18/7). Selain bersilaturahmi, kedatangan rombongan FKUB juga untuk mengetahui sekaligus menyerap berbagai informasi terkait harmonisasi kerukunan hidup umat beragama di Kota Medan, sehingga nantinya dapat diimplementasikan di Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Bungo.

Kepada rombongan FKUB Kabupaten Bungo yang berjumlah 17 orang, Sekda menjelaskan, keberagaman suku, budaya, ras dan agama yang ada di Kota Medan menjadikannya sebagai kota majemuk yang mewakili Indonesia. Di mana setiap masyarakat yang tinggal di Kota Medan hidup dalam harmonisasi dan rasa toleransi yang tinggi meski di tengah-tengah perbedaan. Itu sebabnya Kota Medan dianggap menjadi barometer kota yang berhasil menjaga tatanan hidup masyarakat sehingga tetap aman, damai, rukun dan tentram.

‘’Kami sangat bersyukur hingga sampai saat ini Kota Medan senantiasa aman dan damai. Boleh dikatakan bahwa konflik agama jarang terjadi meski terdapat berbagai suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) di sini. Selain tanggung jawab pemerintah bersama sejumlah stakeholder termasuk FKUB, suasana aman dan nyaman serta damai juga karena peran masyarakat yang menjunjung tinggi nilai toleransi. Artinya, masyarakat menyadari bahwa kenyamanan dan ketentraman hidup bermasyarakat merupakan suatu kebutuhan,’’ kata Sekda.

Sekda selanjutnya memaparkan secara singkat tentang Kota Medan yang terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan, 2001 lingkungan dengan luas wilayah mencapai 265,1 km². Sedangkan untuk jumlah penduduk yang tinggal sebanyak 2,4 jiwa dengan arus komuter lebih dari 500 ribu. Sekda mengutarakan bahwa dengan jumlah penduduk yang banyak dan heterogen, masyarakat tetap hidup dalam bingkai kerukunan.

‘’Selain keberagaman, Kota Medan merupakan salah satu pusat perekonomian regional terpenting di Pulau Sumatera dan menjadi kota terbesar ke tiga di Indonesia sehingga membuat Kota Medan memiliki kedudukan, fungsi dan peranan strategis sebagai pintu gerbang utama bagi kegiatan jasa perdagangan dan keuangan baik secara regional maupun internasional di kawasan Barat Indonesia. Itu sebabnyapercepatan pembangunan difokuskan sebagai kota jasa, industri, perdagangan serta pendidikan,’’ ungkapnya didampingi Kepala Kesbangpol Kota Medan Sulaiman Harahap.

Sekaitan dengan itulah, Sekda mengutarakan bahwa keberagaman yang dimiliki menjadi energi bagi Pemko Medan bersama masyarakat dan sejumlah stakeholder untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kota Medan di masa mendatang. Sebab, kemajemukan yang sudah terjalin dengan baik ini harus terus dijaga dan dipelihara hingga menjadi warisan bagi generasi penerus kelak.

‘’Segala hal terkait keberagaman, harmonisasi dan kerukunan yang kami sampaikan ini, kiranya dapat memberi masukan bagi Kabupaten Bungo dalam menjalankan peran sebagai penyelenggara pemerintahan yang memiliki tanggung jawab menciptakan rasa nyaman dan damai bagi masyarakat. Kami berharap, semua daerah dapat saling menjunjung tinggi nilai toleransi sehingga kerukunan menjadi hal yang mudah untuk kita wujudkan,’’ harapnya.

Sedangkan Wakil Bupati Kabupaten Bungo sekaligus ketua rombongan Syafrudin Dwi Aprianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemko Medan atas sambutan yang diberikan. Dalam kesempatan tersebut, Dwi Aprianto juga mengungapkan apresiasinya atas kekondusifan dan kerukunan hidup masyarakat Kota Medan meski tinggal dalam keberagaman. Kondisi tersebut, ungkapnya, dapat menjadi contoh dan masukan yang baik bagi Kabupaten Bungo untuk mengaplikasikannya di daerah mereka.

‘’Kami berterima kasih atas sambutan baik yang diberikan. Selain itu, kami juga mengaku bangga sekaligus mengapresiasi Pemko Medan serta masyarakat Kota Medan dan sejumlah stakeholder terkait yang memiliki sinergitas tinggi dalam menciptakan suasana aman, nyaman dan adamai di Kota Medan. Semoga hal baik terkait informasi mengenai keberagaman hidup umat beraga di Kota Medan yang hari ini kami dapat, nantinya bisa kami terapkan dan implementasikan di Kabupaten Bungo,’’ pungkas Dwi.

Pertemuan yang dimulai sejak 09.00 WIB tersebut berlangsung dalam suasana penuh keakraban dengan saling bertanya jawab. Acara diakhiri dengan saling bertukar cinderamata dan foto bersama. Turut hadir dalam kesempatan tersebut beberapa perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan serta perwakilan dari FKUB Kota Medan. (humas)/Diesto/PE/red


TAG : daerah,sekitar-kita


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1709879949770_crop_88_compress1.jpg

Unik, Gubsu dan Bupati/Wali Kota Se Sumut Naik Becak Menuju Lokasi Musrenbang

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔13:45:56, 08 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Ada yang unik dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 Sumatera Utara (Sumut). Untuk menuju lokasi Musrenbang di Hotel Santika Dyandra Medan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin yang mengenakan baju adat Toba, naik becak bersama para Bupati/Wali Kota . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo